Home Review Review Samsung Galaxy M34 5G: HP Serba Bisa Buat Digital Native

Review Samsung Galaxy M34 5G: HP Serba Bisa Buat Digital Native

review samsung galaxy m34 5G

review1st.com – Smartphone serba bisa di segmen menengah semakin banyak bermunculan di pasaran. Galaxy M34 5G adalah salah satunya. Seri terbaru besutan Samsung ini diklaim cocok buat ngonten dan memaksimalkan lifestyle.

Mengusung spesifikasi yang berimbang dan bertenaga di semua lini, seri ini adalah opsi yang patut dipertimbangkan. Pada Galaxy M34 5G, Samsung memperkuat beberapa area penting seperti kamera, baterai dan layar.

Hal di atas tak lain untuk menjawab kebutuhan pengguna smartphone saat ini. Terutama untuk mengakomodasi aktivitas para digital native, dari scrolling medsos, streaming, gaming, dan juga ngonten kekinian.

Tertarik dengan perangkat ini, yuk simak review lengkap Samsung Galaxy M34 5G kami.

kelebihan dan kekurangan galaxy m34 5g

Review Samsung Galaxy M34 5G

Galaxy M34 5G mengusung persenjataan yang cukup lengkap untuk memenuhi harapan para digital native. Kemudian dari sisi harga dan tampilan, untuk segmen menengah seri ini siap bersaing.

Tapi seperti biasa, sebelum melanjutkan ulasan lengkapnya, kita bongkar dulu isi paket penjualannya. Langsung saja kita intip.

Saat membuka kotak penjualan dus berwarna putih dan berukuran ramping,   kami menemukan satu unit Galaxy M34 5G, kabel USB type-C, buku panduan cepat dan kartu garansi. Samsung tak menyertakan head charger.

Itu saja saja isi dalam paket penjualannya. Sekarang kita bahas semua faktor penting yang ada dalam smartphone ini. Kita akan ulas semuanya termasuk kelebihan dan kekurangan Galaxy M34 5G ini.

Desain

samsung galaxy m34

Jika melihat tampilan eksterior dari unit review Galaxy M34 5G, kita akan teringat jajaran produk menengah lain dari Samsung yang sudah dirilis sebelumnya.

Buat seri kelas menengah, desainnya menurut kami sudah oke. Tampilannya terlihat simpel namun estetik. Seri ini menyediakan pilihan warna Midnight Blue, Prism Silver, dan Dark Blue.

Kami memegang warna Midnight Blue yang kelihatan premium. Saat ditimang material bodinya berkualitas dan solid, mencerminkan built quality yang serius.

Bagian belakangnya dirancang dengan tiga kamera belakang berderet vertikal pada bagian sisi kiri atas. Ada ornamen tambahan berupa lampu flash di sebelahnya.

Ruas kiri dibenami slot SIM Card sementara ruas kanan tertanam tombol power yang sekaligus sebagai sensor sidik jari dan volume. 

Di dalam SIM tray kalian akan menemukan slot buat dual SIM card. Kalian juga bisa memasangkan kartu microSD juga.

Sementara di area bawah terbenam port USB type C, lubang speaker, mikrofon dan port jack audio 3,5mm. 

Display

samsung galaxy m34 5g

Perangkat kelas menengah Samsung umumnya mengusung display mumpuni. Begitu pula dengan Samsung Galaxy M34 5G.

Seri ini mengadopsi layar seluas 6,5 inci berkualitas FHD+ Super AMOLED. Panel ini mampu menampilkan warna yang lebih hidup dan terlihat natural.

Selain itu, di bawah terik matahari, panel sentuh jenis ini mampu memancarkan tampilan maksimal karena mengusung adaptive brightness.

Unit review Samsung Galaxy M34 5G mengandalkan 10 multi touch point dan 240Hz touch sampling rate. Jadi respon terhadap sentuhannya sangat baik.

Lebih jauh, dengan dukungan refresh rate 120Hz, tampilan di layar, gerakan dan transisi terasa lebih mulus. Buat menonton video atau bermain game, tampilannya sangat memuaskan.

Asyiknya lagi, tampilannya disokong  kecerahan 1.000nits dan fitur Vision Booster yang meningkatkan visibilitas tampilan di layar di bawah terangnya pencahayaan outdoor. 

Proteksi dari bahaya blue light juga ditingkatkan sehingga nonton atau gaming lebih nyaman di mata. Experience saat menonton video, bermain game atau hal berbau grafis jadi sangat maksimal dalam berbagai kondisi.

Layar Galaxy M34 5G juga sudah dilindungi oleh Gorilla Glass 5, tangguh dan mampu melindung layar dari goresan dan benturan ringan.

Kamera Samsung Galaxy M34 5G 

hp samsung

Kamera menjadi sektor menjanjikan di perangkat ini. Seperti disebutkan di awal, kamera belakang pada Galaxy M34 5G terdiri dari tiga buah sensor yang berbaris vertikal.

Layout pada kamera utama di bodi belakang ini terdiri dari lensa utama 50MP diperkuat oleh Optical Image Stabilization (OIS) untuk foto dan video yang lebih stabil.

Kemudian Samsung menanamkan lensa ultra-wide 8MP untuk foto-foto estetik pada angle yang lebih lebar. Dan terakhir adalah lensa macro 2MP untuk memotret obyek kecil.

Dengan komposisi kamera seperti ini, kita bisa melalukan eksplorasi yang leluasa dalam hal fotografi. Konten kreator bisa menghasilkan foto dalam banyak opsi.

Untuk hasil foto yang tajam dan detil bisa memanfaatkan lensa 50MP. Begitu juga untuk foto estetik dan macro photography

Di sektor depan, tertanam kamera selfie 13MP. Bisa digunakan buat merekam foto selfie atau vlogging dengan kualitas cukup baik.

Untuk memperbaiki kualitas atau hasil foto yang kurang memuaskan, HP Samsung terbaru ini menyertakan AI Image Enhancer untuk meningkatkan kualitas foto dan Object Eraser. 

Hasil Kamera:

hasil kamera galaxy m34 5G
hasil kamera galaxy m34 5G
hasil kamera galaxy m34 5G
hasil kamera galaxy m34 5G
hasil kamera
hasil kamera

Performa

Guna memaksimalkan pengoperasian perangkat, Samsung membenamkan chipset 5nm Exynos 1280. Dukungan dapur pacu ini membuat performa dan kinerja Galaxy M34 5G bisa diandalkan.

Selain itu, perangkat ini juga mengantongi memori besar dengan dukungan 8GB RAM dan internal storage 128GB yang bisa diperluas dengan kartu memori eksternal microSD hingga 1TB. 

Buat ekspansi memori, ada opsi RAM Plus dimana kapasitas memori bisa ditingkatkan lagi dengan memanfaatkan ruang storage yang masih tersisa. RAM Plus bisa ditingkatkan mulai dari 2GB, 4GB, 6GB, hingga 8GB.

Tak heran, prosesor kelas menengah yang menjadi jantung Galaxy M34 5G ini nyaman untuk penggunaan harian. Aktivitas seperti browsing, chatting hingga scroll Instagram dan Tiktok nyaris tak ada gangguan.

Aktivitas multi tasking aplikasi standar pun bisa tetap berjalan smooth dan halus. Untuk gaming, permainan seperti PUBG Mobile, Free Fire atau Mobile Legend bisa berjalan dengan baik sesuai setting optimalnya.

Fitur Lain

Galaxy M34 5G bisa dikoneksikan ke perangkat Galaxy lain dan berbagi konten secara mudah. Selain itu, kita bisa menghubungkan smartphone ini ke laptop Windows.

Oh ya, smartphone seri M ini sudah mengadopsi fitur NFC. Dengan demikian produk ini bisa membantu pemiliknya yang sudah terbiasa beraktivitas dengan bantuan uang elektronik. 

Kita cukup meletakkan kartu uang elektronik di bagian belakang untuk mengetahui sisa saldo atau bahkan mengisinya juga melalui bantuan aplikasi mobile banking.

Saat kami gunakan, unit review Galaxy M34 5G menyematkan sistem operasi One UI 5.1 yang berbasis Android 13. Hebatnya, kita bisa upgrade OS sampai empat generasi dan security update selama 5 tahun. 

Untuk keamanan, tersedia proteksi berlapis yang kuat dari Samsung Knox untuk melindungi data-data dan privasimu yang sangat berharga.

Buat mendukung multimedia dan hiburan, Galaxy M34 5G sudah menyematkan speaker mumpuni yang diperkuat teknologi Dolby Atmos, untuk output suara yang jernih dan bertenaga.

Baterai

Buat sumber daya, Samsung Galaxy M34 5G dibekali baterai masif 6.000mAh, yang sudah mendukung fast-charging 25W sehingga bisa diisi ulang sampai 43% hanya dalam waktu 30 menit saja. Kapasitas akan mencapai 100% hanya dalam 90 menit.

Alhasil, tak perlu lama-lama menunggu full charge atau terikat pada powerbank, smartphone ini siap menemanimu ngonten seharian atau hal lain yang kamu mau.

Kapasitas baterai yang masif itu juga memungkinkan kamu nonton seri terbaru ataupun video-video lama kamu sepuasnya. Mengecek draft-draft konten videomu sebelum di-upload ke medsos, sudah pasti aman, walau jauh dari colokan listrik.   

Kelebihan dan Kekurangan Galaxy M34 5G

Samsung Galaxy M34 5G menyodorkan opsi lengkap di segmen menengah. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan smartphone yang bisa menjadi bahan pertimbangan.

Kelebihan Galaxy M34 5G terutama di aspek kamera dan baterainya yang cukup mumpuni di segmen menengah bawah. Sangat kompetitif dan bisa diandalkan.

Kapasitas memori yang cukup besar juga jadi menguntungkan pengguna. Plus dukungan fitur seperti NFC dan Dolby Atmos sebagai pelengkap di sektor produktivitas dan multimedia.

Layarnya pun handal khas Samsung dengan teknologi terbaik di kelasnya. Membuat desainnya yang premium jadi lebih impresif.

Sektor yang mungkin jadi minor perangkat ini mungkin kemampuan fast chargingnya yang mesti ditingkatkan. Pasalnya kapasitas baterainya cukup besar 

Harga

Galaxy M34 5G hadir dengan 3 pilihan warna yang elegan: Midnight Blue, Prism Silver, Dark Blue, dan tersedia pada harga retail yang direkomendasikan Rp 4.099.000.

Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

  • Layar: 6,5 inci Super AMOLED 1080Ă—2340 (FHD+) 120 Hz max refresh rate 
  • Kamera Belakang: 50 MP (OIS) + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 13 MP
  • Memori & Storage: 8GB + 128GB. Eksternal: MicroSD (hingga 1TB)
  • Baterai : 6.000mAh (typical) 
  • Konektivitas: USB Type-C, Wi-Fi, USB 2.0, jack 3.5mm, Bluetooth 5.3, NFC 
  • Sensor: Accelerometer, Fingerprint Sensor, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Light Sensor, Virtual Proximity Sensing
  • Dimensi: 167.7 x 77.2 x 8.8 mm
  • Bobot: 208g
  • Jaringan: 5G