review1st.comGalaxy A55 5G menjadi andalan terbaru Samsung di segmen mid range. Membawa peningkatan signifikan di sektor kamera, seri ini dibekali artificial intelligence (AI).

Seperti biasa, HP Samsung terbaru ini juga memboyong chipset yang lebih mutakhir guna menunjang performanya. Beberapa update juga disisipkan pada aspek-aspek tertentu.

Untuk lebih jelasnya, ikuti review Samsung Galaxy A55 5G kami berikut.

Review Samsung Galaxy A55 5G:

Review Samsung Galaxy A55 5G

Apa saja yang diberikan Samsung dalam paket penjualan perangkat ini? Kami melakukan unboxing dus Galaxy A55 5G yang berukuran ramping 

Di dalam kotak, terdapat satu unit smartphone, kabel USB type-C, buku panduan cepat, dan kartu garansi. Tidak tersedia adaptor charger.

Kelebihan dan Kekurangan Galaxy A55 5G

Itu dia kelengkapannya, sekarang kita ulas secara mendalam unit review Samsung Galaxy A55 5G-nya.

Rancangan Bodi

Masih mewarisi garis desain yang dirancang dengan estetika khas Galaxy, HP Samsung terbaru ini tampil familiar. Mungkin bisa dibilang ‘Samsung banget’.

Dari sisi eksterior, Galaxy A55 5G membawa konsep frame samping yang flat atau datar. Menggunakan bahan kaca pada bagian belakang dan logam pada bagian sampingnya. 

harga samsung galaxy a55 5g

Kami memegang unit review Samsung Galaxy A55 5G dengan warna Awesome Navy. Satu dari tiga opsi warna atraktif seperti Awesome Iceblue dan Awesome Lilac.

Tampilannya terlihat simpel, ergonomis tapi tetap menyiratkan aura elegan dan premium. Apalagi material bodinya terbuat dari bahan berkualitas dan solid dengan efek glossy.

Deretan tiga sensor kamera berjajar vertikal di sisi kiri atas bagian bodi belakangnya. Panelnya yang glossy tak terlalu licin saat dipegang.

Selain penampilannya enak dilihat, Galaxy A55 5G juga dirancang untuk memberikan kenyamanan pengguna yang maksimal.

Memiliki dimensi yang pas di tangan (161.1×77.4×8.2mm) dan bobot yang ringan (213g), perangkat ini nyaman digenggam dan mudah dibawa ke mana-mana.

Enak saat ditimang dan terasa kokoh karena frame logamnya. Menurut kami, built quality-nya cukup bagus.

Soal durabilitas, Galaxy A55 5G ini mengantongi sertifikasi IP67. Artinya, perangkat ini memiliki daya tahan baik dalam menangani debu ringan dan percikan air.

BACA JUGA
vivo X Series: Pilih X Figure yang Cocok untuk Gaya Hidup Anda

Galaxy A55 5G juga dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang meningkatkan kenyamanan pengguna, seperti sensor sidik jari dalam layar dan eSIM.

Display

samsung galaxy a55

Sektor ini selalu menjadi aspek yang menjanjikan dari Samsung.  Visual yang tertampil di layar menjadi jembatan dalam memberikan pengalaman terbaik di smartphone.

Nah, Galaxy A55 5G menyuguhkan layar yang ditenagai panel Super AMOLED 6,6 inci dengan resolusi FHD+ dan refresh rate 120Hz.

Layarnya yang berkonsep Infinity-O menyajikan visual yang sangat detail dan mulus. Pengalaman menonton terasa imersif.

Kita dapat menikmati konten multimedia dengan kualitas gambar yang jernih dan warna yang hidup, baik saat menonton film, bermain game, atau menjelajahi internet.

Lebih dari itu, refresh rate 120Hz pada layar Galaxy A55 5G memberikan responsivitas yang tinggi dan pengalaman pengguna yang lancar. Gerakan dan animasi terasa lebih halus 

Pokoknya, dari mulai scrolling halaman web hingga bermain game, layar pada perangkat ini mampu memberikan performa visual yang memuaskan.

Tambahan lain seperti vision booster bisa meningkatkan kecerahan layar di bawah sinar matahari. Selain itu, ada sertifikasi SGS eye care untuk mengurangi emisi Blue Light.

Kamera

Galaxy A55 5G dilengkapi dengan triple camera belakang dengan kamera utama 50MP, lensa ultra-wide 12MP, dan lensa makro 5MP.

Pada generasi terbaru ini, Samsung menyematkan kemampuan Nightography yang disempurnakan, Galaxy A55 5G dapat mengambil foto yang lebih jernih dan hidup bahkan dalam kondisi pencahayaan yang redup. 

Kamera perangkat ini juga dibenami teknologi AI. Dengan AI Image Signal Processing (ISP) yang menghasilkan gambar lowlight terbaik pada Galaxy A series.  

hasil kamera hp samsung
Night Mode 3X Zoom
Night Mode 1X
Night Mode 0,5X

Tak ketinggalan fitur Optical Image Stabilization (OIS) dan Video Digital Image Stabilization (VDIS) yang menjaga kestabilan. Alhasil, hasil foto dan video tetap maksimal bahkan dalam kondisi gerakan.

Hasil jepretannya memuaskan baik dalam kondisi terang maupun minim cahaya. Kalian bisa memilih beberapa opsi aspek rasio mulai dari 4:3, 16:9 dan 1:1.

Portrait Mode (Indoor)
Night Mode 3X Zoom
Night Mode

Mode Night Portrait dan video HDR 12-bit juga bisa membuat tampilan orang-orang di setiap gambar terlihat bagus.

BACA JUGA
OPPO A3 Pro 5G Bersama Mobile Legends: Bang Bang - Pengalaman Hiburan Optimal

Lebih dari itu, kita juga bisa memanfaatkan banyak fasilitas dalam kameranya mulai dari fitur Pro, slow motion, hyperlapse, panorama, portrait , fun mode hingga filter.

Samsung juga menyertakan lensa macro dan lensa ultra wide angle untuk fotografi yang lebih spesifik dan estetik.

Auto Mode
Super Macro
hasil kamera hp samsung
Auto Mode

Buat merekam video, kamera utamanya ini bisa mengabadikan konten bergerak pada resolusi maksimal Ultra HD 30fps.

Kemudian ada kamera depan 32MP yang menghasilkan foto selfie yang cerah dan detail. Dengan fitur seperti Super HDR Video juga membantu dalam meningkatkan kualitas video selfie.

Performa

benchmark

Samsung membekali Galaxy A55 5G dengan chipset Exynos 1480 yang diproduksi dengan teknologi 4nm. Chipset ini mampu menyuguhkan kinerja tinggi tapi tetap hemat daya.

Di atas kertas dapur pacunya mengantongi peningkatan performa GPU hingga 32% dan CPU 15% dari pendahulunya.

Dalam pengujian, ternyata Galaxy A55 5G mampu memberikan pengalaman multitasking yang baik. Kita dapat menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan minim lag.

Perangkat ini juga nyaman digunakan untuk gaming. Berkat peningkatan kemampuan CPU dan GP,  gameplay terasa lebih smooth dan waktu loading lebih cepat. 

Game seperti PUBG Mobile, Free Fire atau Mobile Legends bisa dimainkan tanpa kendala di setting medium.

Untuk konfigurasi storage, unit review Galaxy A55 5G yang kami uji mengandalkan memori internal 256GB UFS 2.2 Flash dengan dukungan RAM 8GB LPDDR4x. Serta slot untuk microSD  hingga 1TB.

Pada bagian sistem operasinya, smartphone mengedepankan Google Android 14 yang ditandem dengan antarmuka kustom khas Samsung generasi terbaru, One 6.1.

Seperti seri sebelumnya, Samsung selalu memberikan major update berkala pada antarmuka ini. Sebuah keuntungan buat konsumen.

Baterai

Baterai yang tahan lama adalah suatu keharusan saat ini. Untungnya, Galaxy A55 5G menghadirkan baterai 5.000mAh yang menawarkan performa tahan lama untuk penggunaan sehari-hari.

Baterai berkapasitas besar ini mampu bertahan seharian untuk berbagai aktivitas basic. Seperti menelepon, chat, membuka sosial media dan lain-lain.

Intinya, kita lebih leluasa browsing internet, streaming musik, menonton film, bermain game, tanpa harus takut habis baterai di jalan.

BACA JUGA
EraJaya Active Lifestyle Bagikan Dividen 51 Miliar Rupiah di Tahun Pertama

Sebagai pendukung, unit review Galaxy A55 5G mendukung fitur fast charging 25W. Dengan adaptor pendukung yang optimal, kita dapat mengisi ulang daya baterai hingga 53 persen dalam waktu 30 menit saja.

Smartphone ini cocok untuk pengguna yang aktif dan membutuhkan perangkat yang dapat menemani mereka sepanjang hari tanpa perlu khawatir tentang baterai habis.

Fitur Lain

Galaxy A55 5G menawarkan pembaruan sistem operasi Android dan One UI hingga empat generasi, serta pembaruan keamanan selama lima tahun. 

Samsung Knox Vault memberikan perlindungan tambahan terhadap data pribadi pengguna, termasuk foto dan video yang diambil dengan kamera Galaxy A55 5G. 

Fitur Secure Folder dan Auto Blocker juga meningkatkan keamanan data dengan memungkinkan pengguna untuk melindungi file-file penting dan memblokir malware potensial.

Seri ini juga sudah membenamkan NFC. Kehadiran NFC sendiri sangat membantu buat kalian yang terbiasa memanfaatkan e-money. Pengisian saldo jadi lebih mudah dan praktis.

paket standing grip case galaxy a55 5g
Standing Grip Case Samsung Galaxy A55 5G

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A55 5G

Samsung Galaxy A55 5G memiliki kelebihan yang bisa menjadi value buat kalangan yang disasarnya. Namun, kami juga menemukan beberapa minornya.

Secara garis besar, seri ini memboyong kemampuan menjanjikan pada beberapa sektor.

Antara lain kameranya yang menjanjikan dan kompetitif. Kemudian display-nya yang selalu jadi andalan berkat kualitas terbaik yang disuguhkan.

Hal lain yang menjadi kelebihan tentu saja baterainya yang berkapasitas besar. Untuk dapur pacunya memang bukan yang terbaik di kelasnya tapi sudah cukup memuaskan.

Beberapa minornya mungkin ketiadaan port audio 3,5 mm yang buat sebagian kalangan tertentu masih terasa penting.

Lantas kemampuan fast chargingnya yang kami rasa perlu didorong lagi kecepatannya. 

Harga Galaxy A55 5G

Galaxy A55 5G hadir dengan pilihan warna yang kece seperti Awesome Iceblue, Awesome Navy, dan Awesome Lilac. 

Tersedia tiga pilihan varian: 8GB+128GB dengan harga Rp. 5.999.000, varian 8GB+256GB pada harga Rp. 6.499.000, dan yang terakhir ada varian terbaru yaitu 12GB+256GB di harga Rp. 6.899.000.

Shares: