Home Berita Review Redmi Note 13 Pro+ 5G: HP Redmi dengan Kamera Terbaik

Review Redmi Note 13 Pro+ 5G: HP Redmi dengan Kamera Terbaik

Review Redmi Note 13 Pro+ 5G: HP Redmi dengan Kamera Terbaik

review1st.comXiaomi membuat gebrakan di tanah air dengan meluncurkan 5 seklaigus lini seri Redmi Note 13 bulan Februari lalu. Tak tanggung-tanggung, mereka memboyong Redmi Note 13 Pro+ 5G, Redmi Note 13 Pro 5G, Redmi Note 13 Pro, Redmi Note 13 5G, dan Redmi Note 13.

Redmi Note 13 Pro+ 5G menjadi varian tertinggi yang diperkenalkan di Redmi Note 13 Series. Dibanderol Rp5.999.000, Redmi Note 13 Pro+ 5G menjaid seri Redmi pertama yang dibekali layar lengkung AMOLED dan ditenagai chipset kencang Dimensity 7200 Ultra.

Seri ini juga menggandeng RAM dan storage terbesar untuk lini seri Redmi. Lalu, apakah spesifikasi gahar yang diusungnya sebanding dengan performanya?

review redmi note 13 pro plus 5g

Desain dan Build Quality

Redmi Note 13 Pro+ 5G memiliki bodi plastik dengan material bagian belakang kaca dual-tone. Ada tiga pilihan warna yang tersedia yaitu Aurora Purple, Moonlight White, dan Midnight Black yang saat ini tengah Kami uji.

Untuk back cover bagian bawah tidak ada masalah dengan jejak sidik jari, namun untuk area di sekitar kamera akan mudah sekali meinggalkan jejak jika disentuh. Jadi kami sarankan untuk menghindari bagian tersebut saat memegangnya.

Di modul bagian atas, terdapat 3 sensor kamera yang dilengkapi dengan lampu kilat LED ganda. Terdapat logo Redmi di bagian kanan yang penempatannya terasa pas, tidak terkesan norak. 

Perangkat ini memiliki sertifikasi tahan debu dan air IP68. Artinya, Kamu tak perlu khawatir jika Redmi Note 13 Pro+ tercebur air, asalkan waktunya kurang dari 30 menit dengan kedalaman 1,5 sampai 2 meter.

Dengan tebal 8,9mm, smartphone ini cukup tipis sehingga nyaman digunakan, bahkan dengan satu tangan, meskipun Kamu memiliki genggaman yang tak terlalu lebar.

Di sisi kanan, terdapat tombol volume up and down didampingi tombol power. Port pengisian daya USB Type C, slot kartu SIM ganda, dan lubang speaker berada di bagian bawah, sedangkan di sisi atas terdapat satu lubang speaker lainnya.

BACA JUGA
Tips Simpan Bahan Makanan Sahur dan Berbuka Puasa dengan Kulkas Samsung

Xiaomi tetap menyertakan fitur andalannya yaitu IR blaster di bagian atas yang dapat Kamu gunakan sebagai remote control untuk berbagai peralatan rumah tangga.

Tombol fisik kali ini lebih tipis dibandingkan model Note 12, mengingat bodi yang diusung Redmi Note 13 Pro+ 5G juga lebih ramping.

Display dan Multimedia

redmi note 13 pro+ 5g

Redmi Note 13 Pro+ 5G dilengkapi dengan panel melengkung CrystalRes 1.5K Flow AMOLED 6,67 inci yang memiliki kecepatan refresh hingga 120Hz.

Spesifikasi ini menjadi daya tarik tersendiri dan merupakan yang pertama diterapkan di seri Redmi Note.

Layar Redmi Note 13 Pro+ 5G juga memiliki kecerahan puncak 1800 nits dan perlindungan Corning Gorilla Glass Victus.

Artinya, Kamu tidak akan mengalami masalah untuk melihat dan mengoperasikan layar meskipun berada di bawah terik matahari.

Menonton video, scroll media sosial hingga browsing internet cukup menyenangkan dengan layar Redmi Note 13 Pro+ 5G. Apalagi output visualnya didukung oleh teknologi Dolby Vision.

Reproduksi warna akurat dan cerah ditambah dengan bezel yang sangat tipis membuat pengalaman menonton menjadi lebih menyenangkan.

Layar Note 13 Pro+ 5G memiliki sertifikasi TUV Rheinland yang pastinya nyaman untuk mata kamu. Untuk keamanan, Redmi menempatkan sensor sidik jari bawah layar.

Note 13 Pro+ 5G memiliki speaker stereo ganda yang cukup keras dengan dukungan Dolby Atmos. Gabungan antara layar yang tajam, suara stereo yang kencang, hingga grip yang nyaman membuat pengalaman nonton Kamu dijamin lebih asyik.

Performa dan Benchmark

hp redmi

Redmi Note 13 Pro+ 5G ditenagai chipset Mediatek Dimensity 7200-Ultra yang diluncurkan pada September 2023 lalu.

Chipset ini dibuat menggunakan proses teknologi 4 nanometer dengan konfigurasi dua CPU Cortex A715 berperforma tinggi yang memiliki clock 2,8GHz dan 6 CPU Cortex A510 hemat daya yang berjalan pada 2,0GHz. Urusan kinerja grafis diserahkan pada GPU Mali-G610 MP4.

BACA JUGA
Intel Memperkuat Kepemimpinan Bisnis di Asia Pasifik dan India

Spesifikasinya semakin gahar dengan kehadiran RAM LPDDR5 12 GB dan penyimpanan UFS 3.1 512 GB.

Dengan spesifikasinya jempolan, Kami tak ragu memainkan game dengan intensitas tinggi seperti Genshin Impact di Redmi Note 13 Pro+ 5G. Dengan mengaktifkan GameTurbo, ini membuat permainan menjadi lebih lancar dari sebelumnya. 

benchmark

Pengujian GeekBench 6, kami mendapatkan skor inti tunggal sebesar 1115 dan inti ganda 2668

Sementara dalam tes Benchmark Antutu kami mendapatkan skor 546215

Urusan konektivitas, Redmi Nota 13 Pro+ 5G dilengkapi dengan dual nano SIM, IR blaster, Bluetooth 5.3, 5G, WiFi 6, GPS dan NFC.

Kamera Redmi Note 13 Pro+ 5G

kamera redmi note 13 pro plus 5g

Beralih ke fitur kamera, Redmi Note 13 Pro+ 5G hadir dengan konfigurasi tiga kamera belakang berupa kamera utama 200MP dengan aperture f/1.65 dan stabilisasi gambar optik, kamera ultrawide 8MP f/2.2, dan kamera makro 2MP f/2.4. 

Hal ini sedikit mengingatkan Kami pada Redmi Note 12 Pro Plus karena kemiripannya. Untuk kamera swafoto alias selfie, Redmi Note 13 Pro+ 5G menggunakan kamera dengan resolusi 16MP.

Kemampuan kameranya untuk menangkap detail obyek cukup mumpuni. Saat mengambil foto di lingkungan yang cukup terang, hasilnya terlihat vivid dan tajam.

Kualitasnya agak menurun saat digunakan untuk mengambil foto di tempat dengan kondisi cahaya kurang.

Kamera belakangnya mampu membuat video 4K pada 30 fps, sementara kamera depan dapat merekam hingga 1080p pada 60 fps. 

Berikut adalah hasil foto yang diambil oleh Redmi Note 13 Pro+ 5G 

Hasil Foto

Mode Auto
hasil kamera redmi note 13 pro+ 5g
Mode Auto
Mode Auto
Mode 1X Zoom
Mode 2X Zoom
Mode 4X Zoom
Mode Portrait
Selfie

Sistem Operasi, Antarmuka, dan Aplikasi

Meskipun Xiaomi sudah emmperkenalkan HyperOS sebagai sistem oeprasi terbarunya, Note 13 Pro+ 5G masih menggunakan sistem operasi MIUI 14 berbasis Android 13. 

Note 13 Pro+ 5G hadir dengan ebebrap fitur menarik diantaranya monitor detak jantung, second display, dan floating windows atau jendela mengambang.

Jika Anda menggunakan layar terpisah dan memiliki dua floating windows secara bersamaan, Anda dapat menjalankan hingga empat aplikasi sekaligus. 

BACA JUGA
Abadikan Momen Spesial di Hari Raya Idul Fitri dengan realme 12 5G

Redmi Note 13 Pro+ 5G  ditenagai dengan baterai berkapasitas 5.000mAh dan dilengkapi dengan dukungan pengisian daya cepat HyperCharge 120W.

Dari hasil pengujian, mengisi daya dari 0-100 hanya membutuhkan daya sekitar 30-40 menit!

Saat digunakan seharian untuk pemakaian normal, dayanya hanya terkuras setengah saja.

Bermain game, mengambil foto, dan menonton video dapat dilakukan seharian tanpa khawatir kehabisan daya. Kalaupun berkurang, kami tak membutuhkan waktu terlalu lama untuk mengisinya.

Kesimpulan

Menjadikan Redmi Note 13 Pro+ 5G sebagai daily driver merupakan keputusan tepat. Tidak hanay bagi Kamu yang sehari-hari menggunakan aplikasi standar, namun juga buat Kamu yang suka nge-game , menotnon konten hingga berfoto ria.

Kombinasi antara spesifikias hardware yang mumpuni, kapasitas penyimanan yang besar, serta daya baterai yang awet dan pengisian super cepat membuat varian tertinggi seri Redmi Note 13 ini sangat layak untuk dipertimbangkan.

Spesifikasi Redmi Note 13 Pro+ 5G:

  • Material layar CrystalRes 1.5K Flow AMOLED 6,67 inci, gamut warna lebar 100% DCI-P3 @2712 x 1220 piksel
  • Corning Gorilla Glass 5, sertifikasi TÜV Rheinland: Bebas Flicker, Ramah Sirkadian, Cahaya Biru Rendah
  • kecepatan refresh 120Hz, 1800 nits (puncak), Dolby Vision
  • Chipset Dimensity Mediatek 7200-Ultra
  • Octa-core (hingga 2,8GHz)
  • GPU ARM Mali-G610 MP4
  • 8GB, RAM LPDDR5 12GB (hingga +8GB RAM Ekstensi memori 3.0)
  • 256GB, internal UFS 3.1 512GB penyimpanan
  • Tanpa slot kartu memori
  • Kamera utama 200MP
  • 8MP ultra lebar
  • 2MP makro
  • Kamera depan 16MP
  • Kartu SIM ganda
  • 5G
  • WiFi 6
  • Bluetooth 5.3
  • GPS
  • NFC
  • IR Blaster
  • Speaker ganda
  • Tanpa audio 3,5 mm
  • USB Type-C
  • Xiaomi MIUI 14 berbasis Android 13
  • Sensor sidik jari dalam layar
  • Baterai 5.000mAh, 120W Turbo Charging
  • IP68 tahan debu dan air
  • Berat: 204,5 gram
  • Dimensi: 161.4mm x 74.2mm x 8.9mm
  • Varian warna: Midnight Black, Moonlight White, Aurora Purple