Home Review Review Redmi Note 11 Pro 4G: Harga Terjangkau, Spek Maksimal

Review Redmi Note 11 Pro 4G: Harga Terjangkau, Spek Maksimal

Review Redmi Note 11 Pro

review1st.com – Berdatangannya smartphone terbaru ke pasar tak menghalangi niat kami untuk menulis review Redmi Note 11 Pro. Biarpun perangkat ini bukan keluaran ‘fresh’ sebulan terakhir, tapi kami penasaran dengan value for money yang disuguhkannya.

Jujur saja, kami cukup excited saat memegang unit review Redmi Note 11 Pro ini. Ada beberapa aspek, termasuk kelebihan dan kekurangannya yang membuatnya masih layak masuk radar persaingan di segmen harga Rp 3 jutaan.

Review Redmi Note 11 Pro: Harga Terjangkau, Spek Maksimal

Review Redmi Note 11 Pro 4G

Sebelum memulai ulasan, ritual pertama kami adalah melakukan unboxing handphone. Masih banyak kalangan yang ingin tahu apa saja isi yang dibenamkan dalam paket penjualan Redmi Note 11 Pro 4G. Yuk langsung saja kita intip!

Box unit review Redmi Note 11 Pro memboyong konsep yang simpel dengan foto produk di bagian depan dan dus dengan bahan berkualitas yang didominasi warna putih.

Kelebihan dan kekurangan redmi note 11 pro

Saat dibongkar isinya, kami menemukan 1 unit HP dengan dua lembar kertas yang merupakan kartu garansi serta buku panduan, di penutupnya terselip colokan sim tray.

Kemudian, kami menemukan head charger 67 watt dengan kabel data Type-C serta casing karet. Pelindung smartphone ini dengan bahan karet yang lentur dan tebal ini menurut kami adalah menjadi benefit buat konsumen.

Tak ada headset atau aksesoris lain yang dibenamkan dalam box-nya. Satu catatan lagi, vendor sudah melapisi layar sentuhnya dengan pelindung anti gores. Lumayan buat menjaga panel depan ini tetap terlindungi.

Rancangan Bodi

Secara desain, konsep yang dibawa perangkat ini terlihat simpel tapi ternyata ada beberapa aspek yang melebihi ekspektasi. Dirancang dengan konstruksi batang standar smartphone sentuh, tapi menerapkan desain bodi tepi datar.

Material panel belakang Redmi Note 11 Pro ini berkonsep flat edge terbuat dari elemen seperti kaca yang terasa kokoh. Mengusung warna Graphite Gray bertema matte tapi bisa menampilkan kilauan cahaya. Lalu diperkuat built quality frame yang solid.

Overall, saat dipegang terasa nyaman, meski penampang belakangnya licin, tapi kedua sisinya kesat sehingga tak mudah tergelincir dari tangan. Di sisi kiri atas tertanam modul kamera berbentuk kotak.

Tampilan rumah kameranya yang berbentuk persegi panjang sangat artistik. Hanya saja, memiliki dua lapisan yang menonjol keluar. Dengan penutup seperti jendela kaca.

Harga redmi note 11 pro

Jujur saja, rumah kamera HP Redmi ini mudah tergesek saat ditidurkan di permukaan datar. Untung saja, casing karet yang dibenamkan dalam paket penjualan bisa melindunginya.

Dan untuk memberikan perlindungan lebih, layar Redmi Note 11 Pro diproteksi oleh Corning Gorilla Glass 5. Bisa meminimalisir dampak benturan terhadap panel sentuh.

Lebih jauh lagi, HP Redmi ini juga telah memiliki sertifikasi IP53 Splash-proof tested. Artinya, Note 11 Pro tetap aman saat terkena debu maupun percikan air di setiap sudut.

Catatan penting dari konstruksi bodinya, unit review Redmi Note 11 Pro ini memiliki dual speaker super linier yang terletak di bagian atas dan bawah. Jarang lho, kombinasi ini ada di smartphone mid range.

BACA JUGA
Asus ROG Phone 6 Series Rilis, Ini Harga & Spek-nya

Tombol volume dan power yang berfungsi sebagai sensor sidik jari ada di ruas kanan. Di ruas bawah, selain speaker dan mic, tersemat juga SIM tray (1 SIM + 1 slot hybrid) dan port USB Type C. Ruas atas ditanami port audio 3,5mm dan sensor infra merah.

Oh ya, seri ini juga memiliki pilihan warna lain yang tak kalah menarik yaitu Polar White dan Star Blue.

Display

Unit review Redmi Note 11 Pro ini mengedepankan bentang layar 6,67 inci yang disuntik resolusi 2400 x 1080 piksel alias Full HD+. Berbasis teknologi Super AMOLED Dot Display dengan refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 360Hz.

Buat warna, seri ini memiliki color gamut yang support DCI-P3 sehingga mampu memberikan warna dan detail lebih hidup. Menariknya, peak brightness mencapai hingga 1200 nits untuk memastikan kejernihan layar, bahkan di siang hari yang cerah.

Spesifikasi redmi note 11 pro

Dalam pengujian kondisi outdoor dimana terik matahari menimpa layar, kami masih tetap bisa memantau antarmukanya. Hanya saja, pengaturan brightness harus disetting ke level tertinggi.

Dengan perpaduan fitur dan teknologi layar yang cukup bagik, smartphone ini istimewa saat dipakai menonton film atau streaming video di Youtube. Layarnya yang lega mungkin bisa menambah kepuasan.

Tak hanya itu, refresh rate 120Hz sangat bermanfaat buat gamers yang agak rewel soal gameplay. Selain respon terhadap sentuhannya bagus, tampilan setiap game bisa dimaksimalkan ke level terbaiknya.

Kamera

Kamera

Jika berbicara soal teknis, kehadiran konfigurasi empat kamera di bodi belakang unit review Redmi Note 11 pro adalah bekal berharga buat berkompetisi dengan kompetitor. Tinggal bicara bagaimana experience saat digunakan.

Quad camera berbasis AI pada smartphone ini membawa sensor utama berbasis Samsung HM2 berkekuatan 108MP dengan ukuran 1/1,52″, pixel binning technology 9-in-1 serta dual native ISO.

Sebagai penyokongnya, ada 8MP ultra-wide angle camera 118 derajat, 2MP macro camera untuk menangkap detail dari jarak dekat, dan 2MP depth camera untuk memproduksi foto portrait dengan efek bokeh natural.

Kemudian di sektor depan, perusahaan mematri kamera selfie ke dalam punch hole di bagian dahi layar. Kameranya mengedepankan resolusi 16MP.

Sebagai salah satu ujung tombak perangkat, kamera HP ini mendapat polesan cukup serius. 108MP AI yang dibenamkan bisa menangkap gambar dengan detil bagus dan nyata di kondisi outdoor.

Tapi di kondisi minim cahaya atau low light, terasa ada penurunan detil atau ketajaman yang agak merosot. Pun begitu hasilnya masih tetap halus dengan tingkat pencahayaan optimal.

Ini berkat teknologi pixel binning serta dual native ISO yang bisa menghasilkan gambar optimal dengan rentang dinamis dan kinerja warna lebih tinggi.

Selebihnya, dukungan 8MP ultra-wide angle camera hadir buat yang suka memotret lebih estetik dengan sudut hingga 118 derajat, Kamera macronya pun cukup baik menangkap detil jarak dekat meski hanya resolusinya hanya 2MP.

Soal efek bokeh, jepretan portrait dan gambar backgroundnya yang berkesan blur tampil cukup natural. Kemudian kamera depannya pun sudah cukup memuaskan buat selfie dan vlog.

BACA JUGA
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A04 Resmi Diungkap

Sayangnya, buat rekam video hanya ada 2 opsi yaitu 720p @30 fps dan 1080 @30 fps. Tapi buat pelengkap, ada tambahan perekaman video macro dengan pilihan resolusi serupa.

Di kamera depan pun opsi yang ditawarkan sama hanya saja tak ada fitur rekam video macro. Tambahan yang diberikan di area depan adalah movie frame, dengan tambahan efek unik ala rekaman film.

Fitur tambahan seperti Pro (manual), slow motion, short video, panorama, timelapse, night mode, long exposure. Semuanya mudah diakses dan cukup user friendly, membuat urusan fotografi dan videografi relatif mudah dan simpel.

Untuk foto kita bisa melakukan hingga 10x digital zoom. Sementara buat rekam video kita bisa melakukan perbesaran hingga 6x dengan pilihan lensa bervariasi wide, ultra wide.

Hasil Kamera:

Performa Redmi Note 11 Pro

Performa mediatek helio g96

Kini pengguna smartphone sudah semakin akrab dengan chipset Mediatek yang kualitasnya semakin bisa diandalkan. Nah, seri ini pun mengantongi chipset Helio G96 yang diklaim punya kelebihan cukup tangguh buat gaming.

Chipset dengan prosesor octa core ini dirancang melalui proses pabrikasi 12 nanometer (nm) dan mempunyai dua inti berarsitektur ARM Cortex-A75 dengan clockspeed hingga 2,05 GHz serta 6 Cortex-A55 berclockspeed 2m0 GHz.

Untuk pengolah grafisnya, hadir GPU Mali-G57 MC2 yang sudah cukup bagus dalam menampilan visual dan rendering. Kombinasi CPU dan GPU ini sudah sangat memuaskan buat segmen mid range.

Beberapa poin yang bisa di-highlight dari chipsetnya adalah optimalisasi baterai, kinerja gaming dan kemampuannya grafis di segmen menengah. Tak mengecewakan saat digenjot bermain PUBG Mobile, Mobile Legends dan game mainstream.

Panas pada bagian bodi saat digeber bermain game dalam waktu lama tetap konsisten dan wajar. Ini bisa terjadi karena unit review Redmi Note 11 Pro sudah dibekali LiquidCool Technology.

Teknologi pendinginan level flagship ini mampu menjaga temperatur dalam batas wajar, untuk memastikan performa dalam pemakaian jangka panjang. Bisa meredam panas sehingga kinerja tetap optimal.

Hasil benchmark Antutu & Geekbench

Soal memori, unit review Redmi Note 11 Pro yang kami uji membenamkan RAM 8GB dengan internal 128GB. Tapi jika ingin alternatif lebih murah ada juga varian 6GB/128GB kok.

Dibantu juga dengan ekspansi RAM hingga 3GB jika storage buat penyimpanan aplikasi menipis. Bahkan saat memori internal sudah terpakai masih ada slot buat menambah memori eksternal via kartu microSD.

Baterai

Baterai redmi note

Perangkat Redmi Note 11 series sudah dibekali baterai berkapasitas besar 5.000mAh. Dukungan baterai berkapasitas besar menjadi keuntungan buat pengguna HP ini. Buat yang butuh smartphone tahan lama, seri ini akan sangat membantu.

Baterai Redmi Note 11 Pro yang kami ulas bisa bertahan seharian buat pemakaian normal. Tapi untuk dipakai terus menerus buat gaming hanya bisa berkisar 6-8 jam.

Hal menarik yang disodorkan Redmi di sektor daya ini adalah pengecasannya yang super ngebut. Dilengkapi dengan 67W turbo charging yang disertakan dalam paket penjualan. Membuat pengisian daya begitu cepat, mencapai 50% hanya dalam waktu 15 menit saja.

BACA JUGA
Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y35: Cek Sebelum Beli

Fitur Lain

Lepas dari spesifikasi kunci yang ditawarkan, unit review Redmi Note 11 Pro ini menghadirkan experience audio lengkap dengan suara stereo imersif untuk bermain game atau menonton video. Ini jarang ada di mid-range lain lho.

Dengan dukungan speaker stereo seperti ini, output audio yang menyembur dari perangkat terasa lebih kuat dan nendang. Tidak terlalu keras, tapi keluaran bass dan treble lebih powerful dan ‘ngangkat’.

Buat keamanan lockscreen, seri ini memberikan pengalaman membuka layar dengan mudah dan aman. Mulai dari AI Face Unlock, side-arc fingerprint sensitif dan responsif hingga kode rahasia.

Konektivitasnya didukung kehadiran Wi-Fi 802.11, sensor Bluetooth 5.1, IR Blaster, serta Near-field communication (NFC) untuk mendukung aplikasi pembayaran digital secara nirkontak (contactless).

Selain kehadiran NFC di HP yang juga masih bisa dibilang spesial di segmen menengah, seri ini juga dilengkapi IR Blaster, solusi remote control cadangan buat perangkat dan gadget di rumah.

Soal antarmukanya, Redmi Note 11 Pro ini memakai MIUI 13.0.2 berbasis Android 11. Seperti biasa, interface dibangun dengan ciri khas Xiaomi yang mengandalkan ikon besar tapi terlihat simpel dan enak dilihat.

Selain itu user experience dirancang lebih gampang diakses, animasi seperlunya serta navigasi yang tak ribet. Pengaturan homescreen biasa memakai app drawer atau klasik dengan metode swipe layar untuk akses aplikasi.

Kelebihan dan kekurangan

Harga Redmi Note 11 Pro

Secara keseluruhan, Redmi Note 11 Pro memiliki desain yang mewah layaknya flagship dengan dimensi 164.19mm x 76.1mm dan ketebalan hanya 8.12mm, serta berat 202 gram. Jawara di kelas mid-range ini memiliki 3 pilihan warna, yaitu Graphite Gray, Polar White, Star Blue.

Vendor ini masih sangat siap berkompetisi dengan pesaingnya. Harga unit review Redmi Note 11 Pro dibanderol dengan angka yang masih wajar dan terjangkau, bahkan membuatnya masih bisa bersaing dengan keluaran terbaru sekalipun.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 11 Pro

Ada banyak keunggulan Redmi Note 11 Pro, terutama jika melihat harga jualnya. Panel sentuh berbasis AMOLED dengan refresh rate 120Hz adalah value yang menarik buat para gamers, juga pengguna kasual yang gemar menonton film.

Kehadiran kamera 108MP di segmen harganya pun termasuk nilai tambah bagus. Kelebihan lain unit review Redmi Note 11 Pro ini adalah dukungan NFC, baterai besar berkapasitas 5000mah yang diperkuat pengecasan cepat 67W.

Aspek performa yang berujung pada pemilihan chipset Mediatek ketimbang Snapdragon memang jadi salah satu pertimbangan. Tapi so far, kinerja perangkat terasa bagus dengan kemampuan operasional baik.

Kekurangan Redmi Note 11 Pro yang mungkin bisa kami highlight lebih pada minimnya dukungan untuk fitur video. Serta fisik modul kamera yang menonjol keluar. Jika tak dilindungi casing, maka area ini sangat rentan gesekan dan goresan.

REVIEW OVERVIEW
Desain
Display
Performa
Kamera
Baterai
Previous articleKamu Wajib Tahu! 3 Cara Buat Kontenmu Bisa Masuk FYP TikTok
Next articleOPPO Perkenalkan True Wireless Stereo Enco Buds 2 Melalui Acara Silent Disco
Ordinary man in this extra ordinary world.
review-redmi-note-11-pro review1st.com - Berdatangannya smartphone terbaru ke pasar tak menghalangi niat kami untuk menulis review Redmi Note 11 Pro. Biarpun perangkat ini bukan keluaran 'fresh' sebulan terakhir, tapi kami penasaran dengan value for money yang disuguhkannya. Jujur saja, kami cukup excited saat memegang unit review Redmi...