Review realme Watch S, Smartwatch Terbaik Harga 1 Jutaan

#kamisukareview – Lagi-lagi Realme membuat gebrakan di pasar Indonesia. Asyiknya, kami sudah memegang unit review realme Watch S yang ‘menggebrak’ itu. Amunisi baru yang kami pegang ini semakin memperkokoh eksistensinya di segmen AIoT.

Sebelumnya mereka sudah merilis beberapa wearable device seperti realme Smart Band dan realme Watch. Kini, mereka datang dengan persiapan lebih matang. Dan kami sudah penasaran dengan unit review realme Watch S yang ada di meja redaksi buat diulas secara mendalam.

harga realme watch s

Review Realme Watch S

Dengan harga terjangkau, Realme siap terjun melawan ‘tetangga’ yang sudah lebih dulu bermain di pasar. Sekaligus memperkuat strategi 1+4+N yang sedang sering ditekankan belakangan ini.

Melalui strategi ini, realme tak hanya bermain di pasar smartphone tetapi juga fokus membawa perangkat AIoT serta aksesori yang bisa menemani para konsumen dan realme Fans secara lengkap.

Desain

review smartwatch

Ekspektasi tim redaksi terhadap smartwatch ini biasa saja. Namun, impresi saat memegang unit review Realme Watch S mengubah segalanya. Desain perangkat ini ternyata cukup premium dengan balutan casing dari material aluminium campuran.

Terasa solid dan bukan kaleng kaleng!

Unit review yang kami pegang berwarna hitam dengan desain bulat. Kelihatan mewah berkat frame berwarna krom. Strapnya terbuat dari bahan silikon yang empuk dan nyaman di pergelangan. Tidak membuat iritasi atau alergi kalau buat kami.

Strapnya removable lho, jadi kita bisa menggantinya jika bosan, atau membeli strap lain yang cocok buat kita. Dimensi dan bobotnya menurut kami sudah sangat pas, relatif ringan di 48 gram dengan ketebalan hanya 12mm.

Display

spesifikasi realme watch s

Sebelum membahas panjang lebar, kalian harus tahu jika unit review realme Watch S menyediakan total 103 watch face yang bisa dipilih. Tapi watch face bawaannya sendiri hanya 6, sisanya bisa diunduh dari aplikasi realme Link. Bahkan, kita juga bisa mempersonalisasi sendiri sesuai selera.

watch face

Tampilan visual pada layar warna berukuran 1,3 inci realme Watch S cukup jelas. Hal ini berkat dukungan resolusi 360 x 360 piksel dengan densitas 278 ppi. Layar ini pun dilindungi oleh 2.5 Corning Gorilla Glass 3 yang tahan gores.

Ketahanan smartwatch ini pun teruji untuk air dan debu dengan sesuai standar IP68, sehingga bisa digunakan di berbagai kegiatan. Buat dibawa mandi, cuci tangan tidak perlu repot-repot membukanya. Masih aman.

Oh ya, sensor cahaya pada realme Watch S mampu mendukung penyesuaian kecerahan layar secara otomatis. Selain itu tersedia juga fitur untuk menyesuaikan kecerahan layar dalam lima level. Tingkat kecerahan tertinggi layar sampai 600 nits.

Layar realme Watch S bisa dioperasikan lewat gestur sentuh, dan dibantu oleh dua tombol fisik di kanan. Ada fitur auto brightness, mampu menyesuaikan kondisi cahaya dengan baik. Bahkan, dalam situasi outdoor, display masih tertampak dengan jelas.

Sensor

sensor watch s

Sebagai smartwatch yang diklaim premium, unit review realme Watch S ini sudah melimpah dengan fitur-fitur kesehatan.

Unit review yang kami uji ini sudah menggunakan sensor PPG level atas dari Goodix untuk mengukur detak jantung secara presisi selama 24 jam. Akurasinya juga lumayan baik setidaknya nggak melenceng dari standar.

Kemudian ada fitur buat mendeteksi kadar oksigen dalam darah menggunakan fitur SpO2. Menariknya, akurasi pengukuran kadar oksigen dalam darah ini cukup tinggi.

Yang wajib jadi catatan, tingkat oksigen dalam darah merupakan indikator penting kesehatan fisik. Biasanya penghitungan tingkat oksigen ini dilakukan menggunakan peralatan medis khusus.

Sayang tak ada built-in GPS di perangkat ini. Jadi kalau kalian kebetulan jogging sambil tracking, wajib membawa smartphone. Tapi unit review realme Watch S ini menyertakan penghitung langkah kaki.

Fitur Lain

Berbagai jenis kegiatan olahraga pun didukung realme Watch dengan menyediakan 16 mode olahraga. Tersedia juga pengingat keseharian seperti penghitung gerakan, pengingat berdiri, pengingat minum dan pemantauan kualitas tidur pengguna.

Soal notifikasi, kita bisa menampilkan notif dari berbagai aplikasi yang ada di smartphone. Caranya dengan mengkoneksikan jam pintar ini ke realme Link yang bisa didownload dari Play Store.

Beragam hal bisa dilakukan dari perangkat ini lho. Pengguna bisa dengan mudah menolak panggilan dan membuka penguncian smartphone, mengendalikan musik dan kamera dari realme Watch S. Bahkan, kita bisa mencari smartphone saat kebetulan lupa menaruh lewat jam pintar ini.

Baterai Besar

Buat menjaga unit review realme Watch S ini tetap hidup dalam waktu lama, sang vendor menyematkan baterai dengan kapasitas cukup besar untuk ukuran smartwatch, yaitu 390 mAh.

Seperti beberapa jam pintar lain, pengisian daya Watch S dilakukan secara magnetik. Dan kita hanya memerlukan waktu 2 jam saja buat mengisi daya dari kosong sampai penuh 100%. Untuk daya tahannya, baterai smartwatch ini punya durasi hingga 15 hari.

Harga realme Watch S

Bersama produk-produk realme lain yang diluncurkan pada 5 November 2020 kemarin, realme Watch S dijual perdana di ajang pada Salebration 11.11. Harga resmi realme Watch S adalah Rp1.299.000.

Namun pada 11 November 2020 lalu bisa diperoleh dengan harga Rp999 ribu. Jadi kalian yang dapat duluan di event tersebut termasuk beruntung. Pembelian realme Watch S dapat dilakukan di realme.com, Shopee dan Akulaku.

Kelebihan dan Kekurangan Realme Watch S

Kelebihan dan Kekurangan Realme Watch S

Bicara soal kelebihan dan kekurangan realme Watch S kita akan menemukan beberapa poin. Soal harga misalnya, sektor ini jadi kelebihan Watch S, bisa dibilang ia adalah smartwatch terbaik di kelas harga 1 jutaan.

Nyaris belum ada pesaing sepadan.

Selain itu, unit review realme Watch S yang kami uji menyertakan paket kesehatan lengkap, punya desain premiun, baterai awet dan dukungan aplikasi yang sudah cukup reliable.

Tapi kita juga tak bisa mengesampingkan kekurangan realme Watch S. Pasalnya kita tak menemukan sensor GPS di dalamnya. Kemudian soal dukungan terhadap sistem operasi iOS dan juga ketiadaan always on display.

So, kalian berminat?

Spesifikasi realme Watch S:

  • Layar 1.3? 360 x 360 TFT Touchscreen, 278 PPI, Gorilla Glass 3
  • Warna Hitam
  • Ukuran 12 (H) x 47 (W) x 259.5 (L) mm, lebar strap 22mm
  • Berat 48g
  • Ketahanan IP68 water resistance (1,5m)
  • Konektivitas Bluetooth 5, realme Link app (Android 5.0+)
  • Sensor 3-axis accelerometer, heart rate sensor, rotor vibration sensor
  • Baterai 390mAh, 15 hari pemakaian (20 hari mode hemat daya)
  • Mode olahraga Outdoor Run, Walk, Indoor Run, Outdoor Cycle, Aerobic Capacity, Strength Training, Football, Basketball, Table Tennis, Badminton, Indoor Cycle,  Elliptical, Yoga, Stationary Bike, Rowing Machine and Cricket
  • Harga Rp 1.299.000

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”