Home Review Review realme Note 50: HP Murah Dengan Kualitas Handal

Review realme Note 50: HP Murah Dengan Kualitas Handal

review1st.com – realme terus melakukan gebrakan baru di pasar Tanah Air. Kali ini, sang vendor menghadirkan realme Note 50 perangkat yang dibanderol murah namun memiliki fitur dan kualitas yang unggulan di segmen harganya.

Kehadirannya sejalan dengan transformasi yang dilakukan realme melalui rebranding di awal tahun ini.

HP realme terbaru ini melengkapi jajaran lini produk terbaik yang telah ada sebelumnya.

Kualitas Jempolan Sejutaan, menjadi landasan untuk produk terbaru realme ini, menonjolkan tekad untuk memberikan pengalaman unggul dalam kelasnya.

realme mengklaim seri ini sebagai produk pertama di seri ini akan memimpin di kelasnya dalam hal kualitas, performa, layar, dan desain yang stylish.

Yuk intip berbagai kelebihan realme Note 50 dalam review kami berikut:

Layar dan Kamera

Mengantongi layar HD 6.74 inci dengan kecepatan refresh rate 90Hz, realme note 50 bisa memberikan visual maksimal. 

Tak hanya itu, di sektor fotografi, kamera AI Dual 13MP mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi dan mendukung fitur seperti perekaman video 1080P, mode malam, dan AI scene recognition.

Dalam urusan layar dan kamera, kualitas yang dihadirkan oleh realme Note 50 terbilang unggul dibandingkan dengan smartphone lain di segmen harga yang sama. 

Kami juga punya bebrapa hasil foto dari realme note 50, sebagai berikut:

Desain dan Durabilitas

realme Note 50 membawa desain ramping dan ringan, dengan bezel right angle yang trendy, di mana smartphone lain di rentang harga yang sama umumnya masih membawa desain yang monoton dan terbilang cukup berat.

realme Note 50 telah tersertifikasi IP54 Dust and Water Resistance sehingga tahan terhadap debu dan cipratan air. Ini adalah value menarik di segmen low end.

BACA JUGA
Review realme 12 5G: HP Terjangkau dengan Performa Unggulan

Unit review ini juga tangguh di bagian dalam dan luar. Penutup kaca layar pada realme Note 50 terbuat dari kaca yang diperkuat dua kali sehingga daya tahan lebih baik dalam skenario saat terjatuh. 

Komponen struktural internal pada realme Note 50 dibuat dengan bahan aluminium yang lebih kuat dibandingkan kompetitor di rentang harga sama. 

Di sisi software, realme juga memberikan jaminan kelancaran selama 48 bulan, sehingga pengguna tidak perlu lagi takut jika ingin menggunakan smartphone ini dalam jangka waktu yang lama. 

Performa

Prosesor Octa-core UNISOC T612 membawa kekuatan yang impresif bagi smartphone ini di segmennya, mencetak skor 251.370 pada AnTuTu benchmark.

realme Note 50 unggul dalam game populer seperti PUBG, MLBB, dan Free Fire, memberikan frame rate lebih tinggi dibandingkan kompetitor di segmennya.

Memori dan Baterai

Dengan kapasitas memori hingga 128GB dan RAM dinamis hingga 8GB, realme Note 50 menawarkan ruang penyimpanan besar dan pengalaman pengguna yang lancar.

Baterai 5000mAh memberikan daya tahan luar biasa, dengan referensi penggunaan harian yang mencakup panggilan, siaga, pemutaran audio, dan video.

Telah Menjalani Serangkaian Pengujian

realme Note 50 juga unggul dalam penerimaan sinyal, dengan desain antena yang cerdas di bagian atas dan bawah, memastikan konektivitas yang kuat dan stabil setiap saat. 

realme Note 50 telah menjalani lebih dari 320 pengujian yang ketat di laboratorium internal realme, memastikan performa yang luar biasa bahkan di lingkungan penggunaan yang menantang.

Berikut beberapa hasil tes realme Note 50:

  • 500.000 Kali Power Button Stress Test
  • 20.000 Kali USB Plug-in Stress Test
  • 1000 Kali Squeeze Test dengan Kekuatan 25kg,
  • 14.000 Kali Micro-Drop Test, dll.
BACA JUGA
Review Samsung Galaxy A55 5G: Diperkuat Dengan Fitur AI Pada Kamera

Menurut Krisva Angnieszca, Public Relation Lead realme Indonesia di sela-sela kunjungan pabrik beberapa waktu lalu, perbedaan perangkat ini tidak sekedar spesifikasi tapi kualitas.

Bahkan, review1st sempat diajak mengunjungi langsung tempat produksinya yang berlokasi di Tangerang, Banten.

Kami melihat langsung tahapan pembuatan realme Note 50 di lini perakitannya. Kunjungan ini cukup istimewa karena ini adalah proses perakitan perdana dari seri terbaru realme di seri terbarunya ini.

Pabrik tempat perakitan perangkat realme ini dilengkapi dengan fasilitas mutakhir dengan standar pengerjaan yang tinggi. Hal ini demi memastikan konsumen mendapatkan produk dan hasil akhir mumpuni.

Kesiapan realme dalam menyuguhkan perangkat low end nan berkualitas dilakukan lewat proses Production Line dan Quality Lab.

Production Line

Production Line atau lini poduksi terdiri dari instalasi, testing dan packing. Setiap produk dirakit dengan presisi dan cermat.

Beberapa proses penting yang dilakukan antara lain pemasangan BTB layar, BTB kamera, Current Test, Mesin Testing Kamera & LCD menggunakan mesin semi otomatis.

Hingga Pengecekan Eksternal Unit sebelum handphone dipasarkan dilakukan pengecekan eksternal untuk memastikan kualitas terbaik.

realme note 50

Quality Lab

Setelah perakitan rampung, maka dilakukan uji laboratorium unit sampel dalam Quality Lab. Melewati dua tahap mechanical test dan environment adaptability test.

Beberapa tahapan yang dilalui mulai Drop Test, Lalu Micro Drop Test, Tumbling Barrel Test. Hingga tahapan 6595 + sampai Dust Test.

Setelah tahapan uji sampel sekitar 37 unit ini sempurna, maka produk siap untuk dipasarkan. Dalam hal ini kualitas dan durabilitas realme Note 50 bisa diandalkan.

Detail yang diberikan oleh realme mulai dari tahap produksi serta rangkaian tahap pengujian yang dilakukan pada smartphone ini membuat realme Note 50 memiliki kualitas layaknya smartphone di rentang harga yang lebih tinggi. 

BACA JUGA
Review Redmi Note 13 Pro+ 5G: HP Redmi dengan Kamera Terbaik

Kesimpulan

Dibalik penawaran harga yang murah, namun realme tetap memberikan kualitas terdepan dengan serangkaian insttalasi perangkat keras realme Note 50 hingga beberapa uji coba ekstrem yang umumnya ditemukan pada rentang harga yang lebih tinggi.

Kemudian ponsel ini juga memiliki keunggulan fitur yang menarik di kelasnya seperti IP54 serta jaminan kelancaran selama 48 bulan, yang menjamin pengguna dapat menggunakan smartphone ini untuk jangka waktu yang lama. 

Performa yang bertenaga, kamera yang jernih, desain yang fresh, dan penyimpanan yang luas hingga 128GB juga menjadi alasan mengapa smartphone ini akan menjadi smartphone yang unggul dibanding kompetitor lain di segmen harganya. 

Maka dari itu smartphone ini bisa menjadi pendobrak bagi kompetitor yang bersaing segmentasi low-end.

Bagaimana? Minat membelinya?

realme Note 50 hadir dalam dua warna menarik, Sky Blue dan Midnight Black, dengan pilihan RAM dan ROM yang mencakup 4GB+64GB dan 4GB+128GB.

realme Note 50 varian memori 4GB+4GB*|64GB akan tersedia di Indonesia dengan harga Rp1.299.000, sedangkan varian memori 4GB+4GB*|128GB akan tersedia dengan harga Rp1.499.000.

realme akan mengadakan flash sale untuk kedua smartphone ini dengan menghadirkan harga spesial pada tanggal 25 Februari 2024.

Pada periode Flash sale, realme Note 50 varian 4GB+4GB* | 64GB akan dijual dengan harga Rp999.000 di TikTok dan realme.com sedangkan varian 4GB+4GB* | 128GB akan dijual dengan harga Rp1.399.000 di Lazada dan realme.com.

realme Note 50 juga akan mulai tersedia di realme Brand Store dan toko mitra resmi mulai tanggal 25 Februari 2024.