Home Best of The Month Review realme narzo 50A: Powerful Buat Gaming

Review realme narzo 50A: Powerful Buat Gaming

review realme narzo 50a kelebihan kekurangan dan harga hp


review1st.com – Generasi baru smartphone gaming terjangkau kembali terjun di pasar Indonesia. Adalah realme narzo 50A yang kini sudah mendarat, memboyong paket spesifikasi powerful buat gaming di rentang harga 2 jutaan saja.

Kehadiran smartphone ini tentu saja menjadi iterasi generasi sebelumnya sekaligus menggilas para pesaing di segmen yang sama. Mengusung slogan Mighty Performance Inside, realme ingin memamerkan kekuatannya pada para gamers.

BACA JUGA
realme narzo 50A & narzo 50i Segera Serbu Indonesia

Oh ya, realme narzo 50A merupakan generasi ketiga dari sub-brand realme yang fokus pada kinerja kuat dengan harga kompetitif sehingga cocok untuk kalangan lebih muda, pecinta gawai pintar bahkan pecinta mobile game.

Penasaran kan? Simak ulasan lengkap realme narzo 50A berikut.

review realme narzo 50a

Review Realme Narzo 50A

Sebagai informasi, perubahan besar dijejalkan pada realme narzo 50A. Antara lain dari sisi kamera, baik dari sisi jumlah kamera menjadi tiga dan besaran megapiksel maupun dari sisi sistem operasi yang sudah berbasis Android 11.

Lebih dari itu, smartphone realme terbaru ini tetap mempertahankan performa dari sisi prosesor seri G garapan Mediatek. Lantas baterai jumbo dan pengisian cepat serta desain atraktif.

Apakah realme narzo 50A bakal menjadi smartphone gaming kuat dan terbaik di harga Rp 2 jutaan? Kita bakal langsung kupas tuntas dimulai dari unboxing paket penjualannya yang dikemas dalam warna biru.

Saat kotaknya dibongkar kita akan menemukan unit smartphone, adapter 18W Quick Charge, kabel USB type-C, buku panduan cepat, kartu garansi dan pelindung layar yang sudah terpasang serta soft case bodi.

kelebihan dan kekurangan realme narzo 50a

Performa

Menurut kami, keluarga narzo memang partner bermain game yang tepat. Tengok saja, unit review realme narzo 50A disuplai dengan chipset Mediatek Helio G85 nan bertenaga.

Lebih dalam lagi, prosesor ini dibenami dengan fitur octa-core yang kuat dengan clock hingga 2.0GHz. Kemudian buat pengolah grafisnya, ditancapkan GPU ARM Mali-G52 yang bisa menghadirkan kualitas luar biasa serta menyodorkan gaming experience terbaik.

spesifikasi realme narzo 50a

Tak heran, lantara prosesor ini memang diperuntukkan untuk gaming, Helio G85 berhasil mencapai skor sebesar 200,000+ di AnTuTu Benchmark. Alhasil bisa menyediakan tenaga cukup buat pengalaman bermain game yang mulus.

Unit review realme narzo 50A ini terbukti memuaskan saat digenjot bermain game ataupun membuka aplikasi menengah dan berat.

Dijajal bermain intens dalam durasi panjang masih konsisten tak ada panas berlebih. Masih wajar dan tak ada panas menyengat atau berlebihan.

Tapi saran kami sih jangan digeber terlalu ekstrim, tetap beri waktu istirahat yang cukup, karena smartphone juga manusia, harus dirawat dan disayang sekali-kali.

Game seperti Mobile Legends masih bisa setting rata kanan, grafis tinggi bisa dilahap tanpa gangguan. Buat game yang lebih berat seperti PUBG Mobile pengaturan grafis standar, gameplay masih tetap menjanjikan, tak ada lag berarti.

Di sektor memorinya, vendor juga sudah mengamankan dengan kapasitas memadai. Unit review realme narzo 50A yang kami pegang mengusung RAM 4GB LPDDR4x dan ROM 64GB.

Seri ini juga punya opsi memori tambahan via kartu microSD hingga 256GB. Selain itu, buat yang ingin memori internal lebih besar, realme menyediakan opsi RAM 4GB dan memori internal 128GB.

Baterai realme narzo 50A

Buat smartphone gaming, realme tak ingin main-main, makanya vendor membenamkan baterai berkapasitas 6000mAh.

Ini membuat pengguna bisa bermain game sambil melakukan banyak aktivitas lain seharian. Tentunya tanpa takut kehabisan daya.

Berdasarkan pengujian lab realme, realme narzo 50A dapat bertahan selama 53 hari dalam mode siaga, jauh lebih baik dibandingkan dengan beberapa smartphone lainnya.

Hasil Uji Daya Tahan Baterai:

TeleponSpotifyGameWhatsAppYouTube
Daya Tahan Baterai (jam)4811182827

Lebih lanjut, unit review realme narzo 50A ini pun didukung dengan pengisian cepat 18W. Berguna sekali mengingat kapasitas baterainya yang jumbo.

Untuk mengisi daya dari nol sampai penuh, baterai perangkat ini membutuhkan waktu 2 jam lebih. Chargernya didukung OTG pengisian daya terbalik khusus, realme narzo 50A juga dapat menghemat masa pakai baterai.

Kalau masih belum puas, kalian bisa menggunakan fitur penghemat baterai. App Quick Freeze dan Pengoptimalan Baterai Layar sudah diterapkan di realme narzo 50A.

App Quick Freeze dapat dengan cerdas memberhentikan aplikasi yang jarang digunakan. Pengoptimalan Baterai Layar secara tanpa sadar akan menurunkan sedikit beberapa efek untuk meningkatkan daya tahan baterai.

Ada juga pengoptimalan mode siaga, kemudian ada mode hemat daya dan bahkan mode hemat daya super. Dalam mode ‘super’ ini, pengguna dapat memilih 6 aplikasi yang paling sering digunakan agar tetap aktif untuk mencapai masa pakai baterai yang lebih lama.

Kami telah menguji narzo 50A dalam mode hemat daya super, dan hasil yang didapatkan sangat mengesankan. Pengguna tetap dapat menggunakan WhatsApp selama 120 menit dalam kondisi baterai 5%.

Jika pengguna dalam keadaan darurat, waktu panggilan 2 jam+ pun juga cukup untuk sebagian besar keadaan. Dan jika pengguna dalam keadaan sedang mencari tempat untuk mengisi baterai, waktu siaga selama 3+ hari sangat memudahkan bagi pengguna hingga saat menemukan pengisi daya.

Rancangan Bodi

harga realme narzo 50a

Memperhatikan aspek desain, ternyata unit review realme narzo 50A masih mempertahankan warisan Desain Garis Diagonal nan otentik. Senada dengan desain pendahulunya, realme narzo 30A.

Tampilan ini sendiri mematahkan pemikiran visual konvensional horizontal dan vertikal. Menciptakan perasaan visual ketidakstabilan, dan kemudian rasa ketidakseimbangan ini menciptakan “sense of motion”, yang akan memberi kita semua sebuah kesan visual baru.

Desain ini menggunakan visi yang lebih bebas dan personal untuk mengekspresikan pesan dan emosi, membuat gambar menjadi dinamis dan lebih menarik secara visual.

Lebih dari itu, perubahan terbesar yang menonjol di bodi belakangnya, adalah integrasi modul sidik jari dan modul kamera dalam modul rektangular yang sama.

Alhasil, konsep di atas ini dapat membuat desain bagian belakang lebih rapi secara keseluruhan dan memberikan tampilan yang serasi.

Soal warna unit review realme narzo 50A yang kami pegang mengusung warna Oxygen Blue. Tapi ada juga opsi lain yakni Oxygen Green. Meski dari plastik build quality solid dan kokoh.

Cocok buat gamers lantaran permukaan bodinya terasa nyaman dipegang serta minim bekas sidik jari. Juga kesat, sehingga tak mudah lepas dari pegangan tangan.

Selanjutnya, realme narzo 50A menanamkan port audio 3,5mm di area bawah, kemudian port USB type-C dan lubang speaker. Pada tray SIM card bisa dibenami dua kartu SIM dan 1 kartu memori sekaligus.

Display

display

Area depan unit review realme narzo 50A mengadopsi panel sentuh dengan bentang layar 6,5 inci. Bisa memberikan experience yang baik buat gaming atau nonton film karena layarnya luas, bidang pandangnya pun besar.

Lebih dalam lagi, struktur internal layar smartphone mengadopsi proses tumpukan yang telah ditingkatkan. Secara kreatif menarik bagian dan komponen lebih dekat dengan satu sama lain.

Tak heran jika area poni bisa ditekan (sebesar 30,9% dibandingkan dengan poni dewdrop normal). Inilah yang membuatnya mampu menyuguhkan rasio layar hingga 88,7%.

realme narzo 50A menyematkan resolusi layar 720×1600 piksel atau HD+ dengan kecerahan hingga 570 nits. Cukup terang, smooth, detail dan warna akurat, nyaman di mata.

Kamera

kamera realme narzo 50a

realme menegaskan narzo 50A mengalami peningkatan ke kamera triple 50MP, yang membuatnya menonjol dari persaingan di segmen ini. Tak hanya itu, kamera utamanya mengadopsi sensor gambar 50MP dengan area yang luas.

Disokong aperture besar f/1.8 yang dapat menangkap cahaya yang cukup sehingga membuat hasil jepretan kamera lebih jernih dan cerah. Selain itu, unit review realme narzo 50A mendukung PDAF yang membuat fokus lebih cepat dan tepat.

Fitur yang terbenam, antara lain Zoom 10x. Kemudian ditanamkan lensa makro buat kalangan yang mencintai fotografi makro. Jarak fokus super dekat buat memotret detail.

Aspek lain yakni lensa B&W memberikan efek artistik khusus untuk jepretan kamera, yang mereproduksi foto dalam format hitam dan putih, memberikan eksposur lebih tinggi dan meningkatkan kontras antara gambar terang dan gelap.

Night Filter jadi pendukung menarik di kamera realme narzo 50A. Bahkan kini ditambahkan dua Night Filter baru: Astral dan Dazzle. Sebelumnya ada Cyberpunk, Flamingo, Modern Gold.

Nah, yang menarik dicatat, realme menanamkan resolusi ultra tinggi 50MP. Sangat cocok untuk memotret bangunan perkotaan. Ketika diperbesar hingga 50% atau 100%, pengguna tetap dapat melihat detail bangunan.

Di bagian depan, ada kamera yang beresolusi tinggi 8MP dilengkapi AI Beauty, Portrait Mode, dan fitur lain. Hasil jepretannya pun relatif tak mengecewakan.

Buat yang suka membuat konten video, narzo 50A mendukung rekaman video dengan resolusi 1080P/30fps, resolusi 720P/30fps dan rekaman video slo-mo dengan resolusi 720P/120fps.

Hasil Kamera:

Auto Outdoor
Auto Indoor
Auto 1X
Auto 10x zoom
Night mode dengan effect
Night mode
Ultra macro mode
50MP mode

Antarmuka & Fitur Penting

realme UI yang berbasis pada Android 11, sudah dibangun dengan lebih baik mendekati antarmuka Android murni. realme merancang UI dengan mengingat preferensi dan estetika konsumen muda.

Unit review realme narzo 50A ini bisa berakselerasi dengan baik. Booting aplikasi cepat dan memuaskan. Di sisi lain, ikon dan tampilannya simpel, efisien dengan animasi atraktif.

fitur lain

Lantaran buat anak muda, realme UI menggunakan warna dengan saturasi dan kecerahan tinggi untuk membangun skema warna otentik, membawa semangat dan kesegaran.

Oh ya, smartphone ini punya sensor sidik jari ultra-cepat, juga mendukung pengenalan wajah. Ada juga Mode Ganda untuk Berbagi Musik (Dual Mode Music Share).

Tersedia juga fitur screenshot menggunakan 3 jari, Perlindungan Informasi Pribadi hingga Mode Gelap bawaan terintegrasi dengan apik di realme UI.

Harga realme narzo 50A

Seperti pendahulunya, keluarga narzo selalu menjadi kandidat pilihan di segmen smartphone gaming 1-2 jutaan. Mengakomodasi demand anak muda yang butuh smartphone terjangkau dengan spesifikasi tinggi.

Harga realme narzo 50A (4/64GB) dibanderol mulai dari Rp 1,989,000 untuk Early Bird Sale 4 Nov 2021 12:00 WIB. Flash Sale 11 Nov 2021 00:00 WIB di Shopee, akulaku & realme.com.
Sementara untuk varian narzo 50A (4/128GB) dibanderol Rp 2,199,000. Pre-order 11 – 17 Nov 2021 di Shopee, akulaku & realme.com

Kelebihan dan Kekurangan realme narzo 50A

Sebagai smartphone gaming terjangkau, narzo 50A nyaris tak memiliki cela. Mewakili kebutuhan kalangan muda yang butuh perangkat kinerja tinggi tapi harga tetap ringan di kantong.

Kelebihan realme narzo 50A ada pada prosesor dengan chipset MediaTek Helio G85. Juga desain atraktif dengan built quality bagus. Tak ketinggalan baterai besar 6000mAh dengan pengisian daya cepat 18W Quick Charge.

Namun kami juga menyoroti sedikit kekurangan realme narzo 50A, yakni resolusi layarnya yang masih HD+. Tapi sebenarnya masih wajar di level harganya.

Nah, bagaimana? Tertarik memboyongnya?

REVIEW OVERVIEW
Desain
Display
Performa
Kamera
Baterai
Previous articleLINE Webtoon Mengumumkan Konten HYBE Original Yang Menampilkan BTS, TXT, DAN Enhypen
Next articleOPPO Gallery Hadir dengan Konsep Baru ‘Find Deeper’