Review realme narzo 30A: HP Gaming Sejutaan Dengan Helio G85

review1st.com – realme mendatangkan gebrakan baru di segmen smartphone gaming lewat realme narzo 30A. Dan kebetulan kami sudah mengantongi unit review realme narzo 30A. Jadi, buat yang penasaran tinggal kita bongkar habis-habisan. 

Pihak realme sempat membeberkan beberapa kelebihan narzo 30A buat mendukung gaming. Antara lain baterai jumbo 6000mAh dengan 18W Quick Charge, prosesor Mediatek Helio G85. Termasuk desain yang eye catching.

Lewat slogan “Power Up the Game”, smartphone baru ini hadir sebagai “Best Value Gaming Smartphone Harga 1 Jutaan“. Namun apakah klaim di atas kertas ini bisa dibuktikan? Yuk simak review kami.

unboxing realme narzo 30a

Review realme narzo 30A

Lini produk narzo ini sepertinya tengah membuka jalan di segmen HP gaming. Pergerakannya semakin kencang saja. Tak heran jika pasar mulai akrab dengan kehadiran seri ini. realme narzo 30A menjadi tambahan menarik untuk semakin memperkuat positioning ‘narzo’.

Seperti biasa, kita bongkar terlebih dahulu paket penjualan dari unit review realme narzo 30A yang tengah kami pegang. Desain dan skema warna baru kotak kemasan agak berbeda dari biasanya dengan warna biru.

Kotak kemasan realme narzo 30A memperkuat karakter realme narzo yang energik, berani, dan cerdas. Saat membuka kotak terdapat unit smartphone, adapter 18W Quick Charge, kabel USB type-C, buku panduan cepat, kartu garansi dan pelindung layar yang sudah terpasang.

Performa

prosesor mediatek helio g85

Menurut kami, realme narzo 30A adalah teman bermain game yang menjanjikan. Disempurnakan dengan chipset Mediatek Helio G85 yang bertenaga. Prosesor ini memiliki fitur octa-core yang kuat dengan clock hingga 2.0GHz.

Buat sektor grafisnya diperkuat dengan GPU ARM Mali-G52. Untuk ukuran HP sejutaan, perpaduan prosesor dan pengolah grafisnya menjadikan realme narzo 30A sebagai perangkat gaming yang powerful.

Sangat ideal untuk penggunaan umum dan gamers karena dapat menangani sebagian besar aplikasi menengah dan berat yang umum digunakan. Buat main Mobile Legends masih bisa setting rata grafis tinggi atau high relatif aman.

Sementara untuk PUBG Mobile pengaturan grafis standar, gameplay masih tetap menjanjikan, tak ada lag berarti. Sebagai prosesor untuk gaming, Helio G85 meraih skor 200.000+ di AnTuTu Benchmark.

Unit review realme narzo 30A yang kami pakai mengandalkan RAM 4GB LPDDR4x dan ROM 64GB. Seri ini juga punya opsi memori tambahan via kartu microSD hingga 256GB.

Kapasitas Baterai realme narzo 30A

baterai narzo 30a 6000mah

Sebagai HP gaming, sektor ini sangat menarik karena realme narzo 30A punya mega baterai 6000mAh. Keuntungan yang juga jadi nilai lebih smartphone ini adalah dukungan 18W Quick Charge yang hanya membutuhkan waktu hanya 30 menit untuk mengisi 25% daya.

Menurut pengujian realme Lab, realme narzo 30A dapat bertahan selama 46 hari dalam mode siaga, bahkan jauh lebih baik daripada beberapa flagship lainnya.

Dengan pengisian balik OTG khusus, realme narzo 30A juga dapat menjadi penghemat baterai Anda. realme narzo 30A mendukung pengisian daya cepat 18W, mengisi daya dalm waktu singkat.

Hasil Tes Ketahanan Baterai:

TeleponSpotifyGameWhatsappYouTube
Masa Pakai Baterai52 jam114 jam10 jam28 jam27 jam

Kapasitas 6000mAh adalah pondasinya, optimasi perangkat lunak yang canggih dapat membuat perbedaan yang lebih besar. Pembekuan Cepat Aplikasi (App Quick Freeze), Pengoptimalan Baterai Layar (Screen Battery Optimization) diterapkan pada unit review realme narzo 30A. 

App Quick Freeze dapat secara cerdas membekukan aplikasi yang jarang digunakan untuk mengurangi penggunaan daya pada aplikasi yang berjalan di latar belakang. 

Screen Battery Optimization akan sedikit menurunkan beberapa efek tampilan tanpa pemberitahuan untuk meningkatkan daya tahan baterai. Anda juga dapat mengaktifkan Sleep Standby Mode untuk menghemat daya ketika tidur. 

Jika Anda ingin daya tahan lebih lama lagi, Anda dapat mengaktifkan Power Saving Mode yang akan mengurangi tingkat kecerahan layar, mempersingkat waktu layar-mati ke 15 detik dan menonaktifkan sinkronisasi di latar untuk lebih jauh memperpanjang masa pakai baterai.

Dalam mode ini, Anda dapat memilih 6 aplikasi yang paling banyak digunakan untuk tetap aktif untuk memperpanjang usia baterai yang sangat lama. Menurut penelitian realme pada perilaku pengguna, kebanyakan orang hanya menggunakan 6 aplikasi ini di 70-80% dari semua waktu penggunaan telepon.

So, mode hemat daya super sangat meningkatkan masa pakai baterai tetapi tanpa mengorbankan penggunaan sehari-hari.

Tak hanya itu, dalam kapasitas baterai tersisa 5% saja, realme narzo masih dapat menjalankan fungsi telepon hingga 2,5 jam, memutar musik selama 6 jam, membalas pesan di WhatsApp selama 80 menit, hingga menambah waktu siaga selama 3 hari.

Rancangan Bodi

Smartphone gaming ini ternyata punya konsep desain menarik. Memakai desain garis diagonal yang berbeda dari biasanya, khas gaya anak muda. realme menyebutnya dengan Diagonal Stripe Design.

Tampilan bodi belakang menciptakan ruang visual yang seolah bergelombang dan apik. Warnanya sendiri ada dua yakni hitam laser dan biru laser.

Unit review yang kami pegang mengusung warna hitam laser. Build quality realme narzo 30A cukup solid dan kokoh. Beda dari beberapa seri sejutaan umumnya yang terasa ringkih dan ‘plastik’ banget.

Buat gamers bakal cocok karena permukaan bodinya terasa nyaman dipegang serta minim bekas sidik jari. Juga kesat dalam pegangan sehingga tak mudah tergelincir alias tak licin.

Modul kameranya berbentuk kotak dengan setup tiga kamera letaknya di atas sensor sidik jari. Smartphone ini memiliki port audio 3,5mm di area bawah, kemudian port USB type-C dan lubang speaker. Pada tray SIM card bisa dibenami dua kartu SIM dan 1 kartu memori sekaligus.

Display

layar realme narzo 30a

Di bagian panel depan, unit review realme narzo 30A ini dilengkapi bentang layar 6,5 inci dengan rasio layar 20:9. Cocok buat penikmat film dan game lantaran bidang pandangnya luas. HP gaming terbaru realme ini juga menghadirkan rasio layar hingga 88,7%.

Tak banyak gangguan visual yang membatasi layar sentuhnya. Struktur internal layar realme narzo 30A mengadopsi proses tumpukan yang ditingkatkan, bagian dan komponen lebih dekat satu sama lain sehingga area poni berkurang (sebesar 30,9% dibandingkan dengan dewdrop).

Oh ya, panel sentuhnya sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 3 sehingga cukup tahan banting. Sementara resolusi layar yang dipakai HD+. Masih oke buat dipakai bermain game, menonton film. Visualnya masih kelihatan smooth.

Kamera

kamera realme narzo 30a

Unit review realme narzo 30A dilengkapi dengan kamera belakang ganda 13MP dengan lensa aperture besar f/2.2 untuk memberikan cahaya ekstra ketika memotret malam hari. Ada Mode Super Nightscape yang bisa membantu mengambil bidikan malam yang cerah dan jernih tanpa tripod.

Kamera pada seri ini juga didukung dengan filter malam yang sebelumnya tersedia pada seri flagship. Ada tiga filter dengan cermat — Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold — masing-masing dengan gaya uniknya. Hasilnya cukup menakjubkan menurut kami.

hasil foto narzo 1
Night Mode (Modern Gold)
hasil foto narzo 2
Night Mode (Normal)
hasil foto narzo 3
Night Mode (Cyberpunk)

realme narzo 30A juga menyertakan Chroma Boost, yang menghasilkan foto yang lebih berwarna, hidup dan menarik. Oh ya, kamera belakang ini juga sudah dilengkapi sensor B&W untuk foto bokeh.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie berdefinisi tinggi 8MP dilengkapi AI Beauty, Portrait Mode, dan fitur lainnya. Hasilnya pun cukup memuaskan.

hasil foto narzo 4
Hasil foto Auto
hasil foto narzo 5
Hasil foto Auto HDR

Kamera HP realme ini menyediakan banyak mode mulai dari Super Nightscape Mode, Night Filters, Chroma Boost, Beauty, Filter, HDR, Panoramic view, Portrait, Time-lapse, Slo-mo, Expert. realme Narzo 30A bisa merekam video full HD pada 30fps dan juga slow motion.

OS & UI

android 10

realme UI yang berbasis pada Android 10, sudah dibangun dengan lebih baik mendekati antarmuka Android murni. realme merancang UI dengan mengingat preferensi dan estetika konsumen muda. 

Alhasil, realme UI akan terasa mulus dan menyenangkan untuk digunakan. HP ini pun terasa lancar dimana waktu booting aplikasi berkurang 25% dan kelancaran keseluruhan meningkat 20%.

Ikon dan tampilannya simpel, efisen, dirancang dengan mempertimbangkan 4 hal – warna sistem, ikon, wallpaper, dan animasi. Dalam hal warna, realme UI menggunakan warna dengan saturasi dan kecerahan tinggi untuk membangun skema warna otentik, membawa semangat dan kesegaran. 

realme ui

Gaya desain ini menghadirkan desain ikon minimalis dan dinamis, yang lebih jelas dan teratur. Pengguna tidak hanya dapat mengubah bentuk dan ukuran ikon tetapi juga dapat mengubah ukuran grafik internal ikon. 

Menariknya, pembaruan realme UI 2.0 yang lebih halus dan minimalis akan segera hadir. So, kita tunggu saja.

Fitur Lain

kelebihan dan kekurangan realme narzo 30a

HP realme terbaru ini mendukung pembukaan kunci sidik jari ultra-cepat, juga mendukung pengenalan wajah, yang dapat dengan mudah dibuka dengan satu klik atau pandangan, nyaman untuk dibuka dan aman untuk privasi.

Ada juga Mode Ganda untuk Berbagi Musik (Dual Mode Music Share) sangat berguna ketika dua pengguna mencoba menikmati video atau lagu yang sama pada waktu yang sama dari perangkat yang sama. 

Anda dapat menghubungkan sepasang earbud nirkabel dan earphone kabel secara bersamaan, sehingga Anda berdua dapat mendengarkan lagu yang sama yang diputar dari smartphone realme yang sama. 

Kemudian ada Mode Fokus ini membantu Anda berkonsentrasi dan rileks, tanpa terganggu dari ponsel Anda. Lantas ada fitur screenshot mnggunakan 3 jari, Perlindungan Informasi Pribadi hingga Mode Gelap bawaan terintegrasi dengan apik di realme UI. 

Harga realme narzo 30A

HP realme keluaran terbaru ini sepertinya akan menjadi salah satu kandidat pilihan HP gaming sejutaan terbaik. Mampu mewakili permintaan konsumen yang membutuhkan perangkat murah dengan kemampuan terbaik di sektor 

Harga realme narzo 30A dibanderol Rp 1.899.000 dengan dukungan RAM 4GB dan memori internal 64GB. Tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Laser Blue dan Laser Black.

Penasaran kan? realme narzo 30A sudah bisa didapatkan di platform e-commerce seperti Shopee (http://bit.ly/realme-narzo-30A), akulaku dan situs resmi realme (http://bit.ly/realme-narzo-30A-official) dapatkan juga free paket data sebesar 36GB dari Indosat dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Kelebihan dan Kekurangan realme narzo 30A

harga realme narzo 30a

Seri narzo adalah smartphone yang berorientasi pada kinerja untuk gamer muda. Tak heran jika seri ini punya kelebihan di sektor prosesor dengan chipset MediaTek Helio G85. Desainnya pun cukup atraktif dengan built quality baik.

Kemudian keunggulan realme narzo 30A yang tak kalah penting adalah dilengkapi dengan baterai besar 6000mAh dengan pengisian daya cepat 18W Quick Charge kombinasi powerful di rentang harga sejutaan.

Tapi ada catatan lain yang harus diperhatikan. Seri ini hanya punya resolusi HD+ dan kamera standar. Sebenarnya tak jadi masalah, apalagi seri ini lebih fokus pada performa gaming.

Nah, gimana tertarik memboyong HP ini?

Spesifikasi Realme Narzo 30A:

ProcessorHelio G85 Gaming ProcessorOcta-core 12nm Processor, up to 2.0GHzGPU: Mali-G52
Storage & RAM4GB + 64GBRAM?4GB LPDDR4x ROM?64GB Storage expandable up to 256GB
Display6.5” (16.5cm) Mini-drop FullscreenScreen-to-body Ratio: 88.7%Resolution: HD+ 720*1600 269 PPIPeak brightness: 570nits (Sunlight Mode)Corning Gorilla Glass 3
ColorLaser BlueLaser Black
Charging & Battery18W Quick Charge6000mAh?typ?Includes an 9V/2A charger & cableUSB Type-C port
Camera13MP AI Dual Camera13MP Primary Cameraf/2.2 aperture5P lensPDAF
B&W Portrait Lensf/2.4 aperture
Photography Functions:Super Nightscape Mode, Night Filters, Chroma Boost, Beauty, Filter, HDR, Panoramic view, Portrait, Time-lapse, Slo-mo, Expert
Video Recording:Support 1080P/30fps video recordingSupport 720P/30fps video recordingSupport 720P/120fps slow motion video recording
8MPAI Front Cameraf/2.0 aperture5P lens
Photography Functions:AI beauty, Portrait Mode, filter, HDR, Panoramic View, Time-lapse
Video Recording:Support 1080P/30fps video recordingSupport 720P/30fps video recording
Cellular & Wireless3-Card Slot: 2 SIM Slot + 1 MicroSD SlotWireless?Supports 2.4G/5G Wi-Fi802.11 a/b/g/n/acSupports Bluetooth 5.0
NavigationGPS/AGPS/Beidou/Glonass
Size & WeightLength: 164.5mmWidth: 75.9mmDepth: 9.8mmWeight: 207g
SensorsMagnetic Induction Sensor / Light Sensor / Proximity Sensor / Accelerometer Sensor / Ultra-fast fingerprint sensor
Operating Systemrealme UI Based on Android 10*realme UI 2.0 update coming soon.
Packing Listrealme narzo 30A9V2A Adapter*1USB Type-C Cable *1Important Info booklet with Warranty Card*1Quick Start Guide*1SIM Card Tool*1Screen Protection Film*1

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”