Review realme Narzo 20: HP Gaming Powerful Harga 2 Jutaan

#kamisukareviewrealme membidik segmen gaming level harga 2 jutaan, merilis narzo 20. Sangat menarik buat kami, apalagi unit review realme Narzo 20 ini sudah kami pegang. Jadi, kita bisa membedah smartphone ber-tagline ‘Boost The Power’ ini.

Sekilas saja, sang vendor mengklaim jika perangkat adalah Best Value for Money smartphone for gaming di segmen harga Rp 2 Jutaan. Didukung prosesor gaming MediaTek Helio G85, 18W Quick Charge+Mega Battery 6000mAh serta 48MP AI Quad Camera.

harga realme narzo 20

Nah, gambaran sudah didapat, selanjutnya tinggal melakukan ulasan lebih mendalam tentang HP realme harga terjangkau tersebut. Apakah sesuai dikatakan? Tanpa menunggu lama lagi yuk kita mulai saja review-nya.

Review realme Narzo 20

Sebelum mulai, kita bongkar dulu isi dalam kotak penjualan HP. Setelah membuka segel, mengangkat tutup kotak penjualan, kita akan menemukan satu unit review realme narzo 20 series.

Setelah mengeluarkan smartphone dari kotak penjualan, pengguna akan menemukan adapter 18W Quick Charge, kabel USB type-C, buku panduan, kartu garansi serta sim ejector. Tak ada headset dalam paket penjualannya.

unboxing realme narzo 20

Rancangan Bodi

Untuk eksteriornya terlihat ada kemiripan konsep pada unit review realme C11 atau realme C15 yang pernah kami uji. Bedanya, desain HP Realme terbaru memakai tema terinspirasi dari Victory atau kemenangan.

Dipoles menggunakan teknik tekstur khusus untuk mendapatkan sentuhan serta nuansa smartphone premium pada bodi bagian belakang. Untuk warna ada dua yakni silver sword, blue blade.

desain bodi realme narzo 20

Nah, unit review kami mengadopsi warna perak (silver sword). Terlihat premium meskipun terbuat dari plastik polikarbonat. Tetap nyaman dipegang serta minim bekas sidik jari, kemudian juga tak licin di tangan.

Bagian belakang terdapat modul kameranya berbentuk kotak setup empat kamera letaknya pada bagian atas sensor sidik jari. Lalu ada slogan ‘narzo’ di sisi kiri bawah.

Smartphone memiliki port audio 3,5mm di area bawah, kemudian port Type-C serta lubang speaker. Kemudian sang vendor juga menyematkan slot 3 Kartu: 2 SIM ditambah slot buat MicroSD kapasitasnya bisa mencapai hingga 256GB.

sim card slot

Display

Unit review realme Narzo 20 kami dilengkapi layar seluas 6,5 inci 20:9. Punya area poni mungil di bagian dahi, menghadirkan rasio layar 88,7%. Alhasil, bisa menawarkan sudut pandang lebih luas kemudian desain mini-drop yang lebih kecil.

Resolusi layar dipakai HD+, belum Full HD, tapi buat dipakai bermain game, menonton film atau streaming konten video sih sudah aman. Visualnya tetap halus, bidang pandang luas nyaman.

display depan

Tapi kalau dibawa keluar ruangan atau kondisi terik matahari gambar tertampil di layar agak menurun. Pasalnya, smartphone mengadopsi panel IPS, kontrasnya kurang kuat. Keuntungannya ia punya warna lebih natural.

Performa

performa realme narzo 20

Masuk ke bahasan performa, realme Narzo 20 tak mau tanggung-tanggung. Perangkat membenamkan chipset MediaTek Helio G85 sebagai dapur pacunya. Diklaim sebagai chipset berfokus pada mobile gaming.

Tengok saja, GPU Arm Mali-G52 yang dipasang punya kecepatan maksimal 1GHz. Dilengkapi HyperEngine buatan MediaTek. Tak heran buat main game bisa memberikan pengalaman ultra-lancar. PUBG, Mobile Legends, COD dilahap habis.

Tak hanya itu, chipsetnya menghasilkan kinerja tinggi sambil sekaligus memaksimalkan umur baterai karena punya teknologi pengelolaan sumber daya dinamis serta fabrikasi 12nm. Tidak gampang panas saat digenjot.

Didukung CPU delapan-inti, chipset in menggabungkan dua prosesor Arm Cortex-A75 bertenaga yang beroperasi hingga 2GHz, dimana enam prosesor Cortex-A55 beroperasi hingga 1,8GHz.

Sebagai prosesor untuk gaming, Helio G85 meraih skor 200.000+ di Antutu Benchmark, memberikan daya cukup untuk pengalaman gaming mulus.

Buat sektor memori, realme Narzo 20 akan tersedia dukungan RAM 4GB, memori internal 64GB. Buat kebutuhan aplikasi serta game sudah sangat menjanjikan. Begitu juga untuk kebutuhan penyimpanan file kemudian data.

Kamera realme Narzo 20

kamera realme narzo 20

Meski fokus ke segmen performa atau gaming, tapi HP realme terbaru ini tak melupakan sektor fotografi. Unit review realme Narzo 20 memasang konfigurasi Triple Camera terdiri dari:

48MP kamera utama, 8MP ultra-wide-angle 119° dan 2MP lensa makro, punya model rumah kamera baru kekinian. Tertata rapi dalam modul berbentuk kotak pada sudut kiri atas bodi belakangnya.

hasil kamera 1
Ultra Wide Angle
hasil kamera 2
Ultra Macro
hasil kamera 3
Photo Auto
hasil kamera 4
Nightscape
hasil kamera 5
Portrait

Sensor utamanya didukung apertur besar f/1.8, dan lensa 6P, menerapkan mekanisme binning piksel cerdas 4-in-1 Quad Bayer, menggabungkan empat piksel berdekatan menjadi piksel besar. Hasil foto lumayan detil dan masih tetap optimal dalam kondisi minim cahaya.

Selebihnya, lensa ultra wide 8MP bisa dipakai memaksimalkan foto dengan bidang luas. Lensa ultra makro 2MP memungkinkan pengguna lebih dekat, menemukan keindahan dunia mikro pada jarak pemotretan 4cm. Hasilnya tak mengecewakan.

Oh ya, buat Mode Nightscape, realme Narzo 20 punya algoritma khusus sehingga, foto dalam kondisi gelap atau minim cahaya terlihat lebih cantik, cerah, jernih.

Kamera selfie backlight dan normal

Di bagian depan, kamera selfie 8MP sudah mendukung fungsi AI beautification, mode HDR, mode portrait, dan fitur Panoselfie yang bisa membantu Anda mengambil foto selfie dengan sudut lebih luas.

OS & UI

os & ui

Smartphone memakai realme UI berbasis Android 10. realme UI dibangun sangat baik untuk pengalaman Android yang ditingkatkan. Ikon, tampilannya simpel, efisen, dirancang mempertimbangkan 4 hal – warna sistem, ikon, wallpaper, animasi.

Gaya desainnya menghadirkan desain ikon minimalis dinamis, yang lebih jelas teratur. Pengguna tidak hanya dapat mengubah bentuk dan ukuran ikon tetapi juga dapat mengubah ukuran grafik internal ikon.

Dalam hal animasi sistem, realme UI dilengkapi mesin animasi kuantum terbaru, meningkatkan kelancaran layar. Antarmuka unit review realme Narzo 20 terasa mulus, menyenangkan untuk digunakan.

Fitur Lain

kelebihan dan kekurangan realme narzo 20

Smartphone realme ini memiliki sensor sidik jari terbenam di bodi belakang, responnya ultra cepat, hanya 0.27 detik. Selain mendukung pembukaan kunci sidik jari ultra-cepat, juga mendukung pengenalan wajah.

Ada Mode Ganda untuk Berbagi Musik (Dual Mode Music Share). Anda dapat menghubungkan sepasang earbud nirkabel dan earphone kabel secara bersamaan. Ada Mode Fokus yang bisa membantu berkonsentrasi alias lebih rileks.

Mode Gelap bawaan terintegrasi apik di realme UI. Mode ini dioptimalkan untuk dapat bekerja di lebih banyak aplikasi pihak ketiga, latar belakang laci aplikasi yang bergeser dari terang ke gelap ketika Mode Gelap diaktifkan.

Kapasitas Baterai

realme narzo 20 memiliki fitur baterai mega 6000mAh, dengannya Anda dapat menikmati penggunaan tanpa henti, kapan pun Anda mau. Menurut pengujian realme Lab, realme narzo 20 dapat bertahan selama 45 hari dalam mode siaga.

TeleponSpotifyGameInstagramYouTube
Masa Pakai Baterai43,16 jam117,67 jam11,02 jam19,48 jam25,26 jam

Oh ya, smartphone dilengkapi dengan 18W Quick Charge, butuh 30 menit untuk mengisi sampai 29%. Optimasi perangkat lunak membantu penghematan daya baterai di unit review realme Narzo 20 makin efisien.

harga realme narzo 20

Mulai dari Pembekuan Cepat Aplikasi (App Quick Freeze), Pengoptimalan Baterai Layar (Screen Battery Optimization), Screen Battery Optimization, Sleep Standby Mode, Power Saving Mode.

realme narzo 20 dalam mode hemat daya super, hasilnya sangat mengesankan. Anda menghabiskan 5% baterai dalam menggunakan WhatsApp atau YouTube selama hampir 2 jam. Jika Anda memiliki sesuatu yang darurat, waktu panggilan 2 jam sudah lebih dari cukup.

Harga realme Narzo 20

Harga dan spesifikasi realme Narzo 20 mampu mengakomodasi dengan baik kebutuhan para gamers. Semua aspek dipenuhi, bisa menghadirkan smartphone yang mewakili berbagai parameter, mulai harga, daya tahan, performa hingga desain.

Harga opsi memori 4GB+64GB dapat dibeli dengan harga Rp 2.199.000. Untuk ukuran smartphone gaming dua jutaan, suguhan harga dan kombinasi spesifikasinya punya value for money bagus.

Kelebihan dan Kekurangan realme Narzo 20

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan realme Narzo 20 yang wajib disorot. Kelebihan jadi sorotan tentu saja kombinasi baterai 6000mAh dan Quick Charge 18W dalam paket penjualan.

Prosesor Mediatek Helio G85 dalam tubuhnya sangat menjanjikan. Dapur pacu khusus buat gaming ini menjadikannya pilihan smartphone powerful oleh gamer muda menginginkan smartphone kencang dengan harga 2 jutaan.

Tapi ada hal yang juga harus diperhatikan seperti resolusinya masih HD+ serta dukungan layar IPS. Seandainya mengusung panel AMOLED tentu aktivitas gaming makin menjanjikan.

Spesifikasi Realme Narzo 20:

ProcessorMediaTek Helio G8512nm Production Process2.0Ghz
Storage & RAM4GB + 64GBRAM?4GB LPDDR4x dual-channelROM?64GB UFS 2.1Storage expandable up to 256GB
DisplaySize: 6.5 inchesScreen Ratio: 88.7%Resolution: HD+ 720*1600Corning Gorilla Glass 3
ColorBlue BladeSilver Sword 
Charging & Battery18W Quick Charge6000mAh?typ?Includes an 9V/2A charger & cableUSB Type-C port
Camera48MP AI Triple Camera
Primary?48MPf/1.8HDRChroma BoostSlo-mo6P Lens
Ultra-wide Angle:8MPf/2.3FOV 119°
Macro Lens?2MPf/2.4 Aperture
Video720p / 1080p, 30fps1080p, 60fps
AI Front Camera8MP 5P LensAI Beauty HDRPanoramic ViewTimelapse
Cellular & Wireless3-Card Slot2 SIM Slot + 1 MicroSD SlotVoLTE
Wireless network2.4/5 GHz802.11 a/b/g/n/acBluetooth 5.0
NavigationGPS/Beidou/Glonass
Size & Weight164.5mm*75.9mm*9.8mm208g
SensorsMagnetic Induction Sensor / Light Sensor / Proximity Sensor / Accelerometer Sensor / Fingerprint
Operating Systemrealme UIBased on Android 10
Packing Listrealme narzo 209V2A Adapter*1Micro USB Cable*1Important Info booklet with Warranty Card*1Quick Guide*1SIM Card Tool*1Screen Protection Film*1

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”