review1st.com realme C55 NFC adalah sebuah gift terbaru dari sang vendor di segmen menengah. Digadang sebagai produk Champion di lini C Series, smartphone terbaru ini memboyong harga dan spesifikasi terbaik.

Menariknya, Indonesia adalah negara pertama yang disambangi perangkat kali ini. Tentu saja ini tak main-main, dan asyiknya kami sudah memegang unit review realme C55 NFC ini.

realme mengklaim sederet kelebihan yang disodorkan HP terbaru ini mulai dari Champion Camera, Champion Memory, Champion RAM, Champion Charge, dan Champion Design. Untuk membuktikannya, simak review kami berikut:

Review realme C55 NFC

Review realme C55 NFC: Disuntik Kamera & Memori Bertenaga

Cukup optimis dengan kehadirannya, realme berani menegaskan jika realme C55 NFC satu-satunya 64MP Champion Camera dan 256GB Champion Memory di segmen harganya.

Lebih menarik lagi, seri ini memboyong NFC ke dalam C Series untuk pertama kalinya sekaligus sebagai penegasan untuk mengkonfirmasi strategi baru di lini produk ini. Realme setidaknya akan menyematkan satu fitur unggulan dan teknologi strategis pada produk C Series.

Stop di sini dulu. Untuk pembukaan, kita akan bongkar terlebih dahulu paket penjualan yang dibenamkan dalam HP realme terbaru ini. Yuk, kita intip isinya:

Dus unit review realme C55 NFC ini masih sama dengan pendahulunya, dibalut warna kuning polos. Dalam kotaknya, kita akan menemukan unit smartphone, adapter 33W SUPERVOOC 11V3A/5V2A, kabel USB type-C, buku panduan cepat, kartu garansi, pelindung layar dan soft case bodi.

Lumayan kan. Nah, sekarang kita break down satu per satu aspek kunci dari perangkat ini. Yuk!

Kamera Realme C55 NFC

kelebihan dan kekurangan realme  c55 nfc

Sektor ini jadi aspek jagoan, realme C55 NFC. Sulit didebat, apalagi realme mengklaim bahwa perangkat ini adalah satu-satunya HP dengan terobosan kamera 64MP di segmen harganya. Didampingi lensa B&W resolusi 2MP dan kamera selfie 8MP.

Sensor kamera utamanya ternyata memiliki ukuran piksel sebesar 0.7um dan format ptic ½ inci,. Ini adalah sensor yang sama dengan yang digunakan pada realme GT Master.

Dibandingkan realme C35, realme C55 NFCmengalami peningkatan sebesar 54% dalam hal ukuran sensor dan 53,8% dalam hal kejernihan dan resolusi. Beberapa fitur seperti mode malam didukung software ProLight Imaging Technology ala GT 2 Pro.

Beberapa teknologi perangkat lunak pada perangkat ini, membuat hasil fotonya memang lumayan bagus. Algoritma jepretan malam bisa memiliki lebih banyak detil dan meredam noise. Di siang hari, hasilnya lebih impresif lagi. Sayang, untuk rekam video masih terbatas di 1080p @30fps.

Mode yang dibenamkan dalam kameranya antara lain Night Mode, Street Photography dengan Street Filter bergaya film retro klasik, B&W Plus Filter meningkatkan ekspresi cahaya dan bayangan. Dramatic Filter hingga 90s Pop Filter.

Mode lain yang bisa dicoba adalah Bokeh Flare Portrait, AI Color Portrait hingga Starry Mode untuk menangkap bintang-bintang malam. Berikut hasil kameranya:

Street Photography
64MP mode
Auto Mode
Auto Outdoor
Night Mode

Performa

realme c55 nfc

Unit review realme C55 NFC dipersenjatai dengan chipset yang bisa diandalkan di kelasnya, yaitu Mediatek Helio G88. Berkat proses fabrikasi 12nm, perangkat ini menjadi sangat bertenaga dan efisien di lini produk C Series.

Mengandalkan prosesor octa core dengan clockspeed hingga 2,0GHz yang ditandem dengan pengolah grafis GPU Mali G52, perangkat ini optimal dipakai kebutuhan basic. Mulai dari sosmed, nonton video, aplikasi percakapan hingga pekerjaan ringan.

BACA JUGA
Review Xiaomi Smart Band 8 Pro: Solusi Kesehatan Praktis

Melangkah ke kebutuhan lebih berat seperti editing video atau gaming masih powerful. Untuk game berat seperti PUBG Mobile tetap bisa dimainkan dengan kualitas terbaik asalkan menggunakan setting standar.

Asyiknya, kalian bisa install aplikasi dan game sebanyak-banyaknya di HP ini. Pasalnya, realme C55 NFC ini membenamkan RAM 8GB dan 256GB. Gokil sih, ini menjadikannya sebagai salah satu seri menengah bawah dengan varian memori terbesar.

Di atas kertas, memori internal HP ini bisa menyimpan 50.000+ foto/lagu, 860 episode serial TV, atau mengunduh 860 aplikasi di realme C55 NFC. Ini berdasarkan skenario 4MB per foto/lagu, 250MB per episode video HD 720P, dan 250MB per aplikasi.

Belum puas? Ternyata RAM realme C55 5G bisa diperbesar hingga 16GB. Pasalnya, realme mengembangkan Teknologi Dynamic Ram Expansion (DRE) untuk memperluas RAM 8GB hingga 8GB. Jika DRE diaktifkan, C55 NFC sanggup membuka beberapa aplikasi secara bersamaan dan lancar jaya.

Untuk skor Antutu benchmark, perangkat ini mencatatkan skor 262.380.

Rancangan Bodi

realmc c55 nfc

Menawarkan desain segar yang berbeda dari C Series lain, unit review realme C55 NFC ini berupaya mempersembahkan tampilan terbaik di segmen harganya. Berani berbeda sih menurut kami. Satu poin positif buat vendor ini.

Untuk segmen harganya, bodi HP ini cukup tipis, 7,89mm. Tapi yang jelas kami apresiasi adalah bezel right angle-nya ala smartphone flagship. Selain layar jadi lebih terlihat estetik juga tampilan di display enak dilihat. Dipegang pun nyaman tak gampang ternoda sidik jari.

Lalu, kenapa desainnya berbeda? Ternyata jawabannya bisa diihat pada panel belakangnya yang dihiasi garis-garis cahaya seperti curahan hujan nan ekspresif. Bagus lah, ini kali pertama kami melihat pola desain seperti ini.

realme sendiri memang mencari inspirasi dari elemen- elemen alam. Sebanyak 500.000 partikel cahaya membentuk garis mikroskop vertikal, seperti garis- garis hujan, dipadukan dengan warna-warna seperti sinar matahari.

realme melanjutkan mencari inspirasi dari alam, mendapatkan inspirasi dan elemen- elemen alam yang membuat realme C55 NFC menjadi lebih dinamis dan imajinatif. Sebanyak 500.000 partikel cahaya membentuk garis mikroskop vertikal, seperti garis- garis hujan.

Sebenarnya ada dua warna yang dihadirkan realme yaitu Sunshower dan Rainy Night. Dan, kebetulan unit review realme C55 NFC yang kami pegang mengusung warna Rainy Night.

kamera c55 nfc

Kompartemen kameranya juga kelihatan atraktif lho, dirancang berbentuk dua bulatan besar menonjol dalam area ala cermin glossy. Sejauh ini, sih rancangan bodinya termasuk menjanjikan dengan permukaan glossy dan mate, ada glitter sand dan tekstur.

Tapi kita tak bisa begitu saja mengalihkan perhatian dari material bodinya yang terbuat dari polikarbonat. Namun, eksterior berbahan plastik seperti ini masih wajar di kelasnya. Untung saja realme sukses meraciknya, sehingga kelihatan lebih premium.

Realme C55 NFC dirancang menggunakan material 2D dan proses canggih yang menghasilkan efek stereo glowing, sementara sebagian besar kompetitor menggunakan material plastik yang terintegrasi.

BACA JUGA
Review iQOO Z9 5G: Penantang Baru di Harga 4 Jutaan

Selanjutnya, HP realme terbaru ini menanamkan port audio 3,5mm di area bawah, kemudian port USB type-C dan lubang speaker. Pada tray SIM card bisa dibenami dua kartu SIM dan 1 kartu memori sekaligus. Volume, power (sidik jari) di ruas kanan, SIM tray di kiri.

Display

display realme c55 nfc

Pada panel depan kami mendapati bentang layar realme C5 NFC cukup besar, mencapai 6,72 inci.Oh ya, smartphone ini jadi yang pertama membenamkan refresh rate 90Hz di keluarga C-Series. Di sisi tampilan, realme juga mengubah layar water drop menjadi layar punch-hole.

Rasio layar-ke-bodi mencapai 91.4% dengan dukungan resolusi FHD+. Overall, kombinasi komponen utama pada bagian display ini membuat pengalaman visual seri ini lebih maksimal dari generasi sebelumnya.

Unit review realme C55 NFC ini juga didukung dengan touch sampling rate: 180Hz dan kecerahan menapai 680 nits. Saat tertimpa sinar matahari di siang hari, kecerahan layar ini cukup membantu  terutama jika mengatur brightness ke level maksimal.

Transisi layar dan guliran ikon masih oke. Tak ada lag saat kita scrolling dan swipe layar sentuh ke kanan, kiri, depan, belakang. Buat nonton dan main game, visualnya masih enak dan nyaman di mata.

Fitur Lain

Salah satu fitur unggulan realme C55 NFC tentu saja NFC. Didukung dengan teknologi antena umum NFC yang telah diteliti secara mandiri untuk meningkatkan area gesekan NFC serta tingkat akurasinya hingga 2 kali.

Melalui NFC dengan swipe bebas 360°, Anda dapat melakukan tap pada posisi dan sudut mana pun di bagian atas smartphone dengan pengalaman penggunaan NFC yang sangat ditingkatkan.

Dengan dukungan realme UI 4.0 berbasis Android 13, unit review realme C55 NFC ini adalah smartphone C Series pertama yang hadir dengan realme antarmuka paling anyar. Tak heran jika desain visualnya lebih intuitif dan ikon atraktif.

Ada fitur baru yang disebut “Auto Pixelate”. Dengan satu ketukan, fitur ini akan secara otomatis mengenali dan membuat piksel pada foto profil dan nama di tangkapan layar. Buat perlindungan keamanan oke sih.

Ngomong-ngomong soal security, HP ini juga dilengkapi dengan sensor sidik jari yang cepat dan juga face unlock. Selain aman, kita juga bisa membuka kunci layar lebih cepat.

Buat yang doyan hiburan dan multimedia, speaker UltraBoom perangkat ini pun cukup nendang. Audionya lumayan bertenaga dan asyik buat yang gemar Tiktok-an atau nonton film.

Satu lagi, realme C55 NFC juga membenamkan fitur built unik. Lho, sebuah terobosan bernama “Mini Capsule”. Fungsi ini akan beradaptasi dengan layar dan akan mengisi area sekitar kamera punch-hole.

punch hole mini capsule

Banyak hal yang bisa dilakukan mulai dari mengecek pengisian daya, penggunaan data hingga Langkah. Kita bisa memantau aktivitas dengan melihat notifikasi lampu dinamis. Semuanya bisa dipantau berdasarkan warna.

Buat yang masih belum puas dengan memori internalnya, realme juga menambahkan slot microSD di dalam SIM tray  yang mendukung 2 kartu SIM Nano dan 1 kartu MicroSD. Ekspansi memori maksimumnya bisa mencapai 1TB lho.

BACA JUGA
Ini Jajaran Google TV Terbaru dari Xiaomi untuk Kumpul Keluarga

Baterai

Baterai berkapasitas besar selalu menjadi nilai tambah di keluarga C-Series. Begitu juga dengan unit review realme C55 NFC yang kami uji. Seri ini didukung pengisian daya 33W SUPERVOOC tercepat di Segmennya.

realme C55 NFC mengusung fitur pengisian daya 33W tercepat di segmennya dengan baterai besar berkapasitas 5000mAh. Jika bicara pengisian daya, smartphone ini sanggup mengisi daya hingga 50% dalam 29 menit; 100% dalam 63 menit.

baterai hp

Tak hanya itu, dibandingkan dengan pendahulunya, realme C35 yang memiliki daya 18W, realme C55 NFC meningkatkan kecepatan pengisian daya hingga 100%.

Kapasitas baterainya yang jumbo juga cocok buat kalian yang mobilitasnya tinggi atau lebih sering di jalan. Dengan masa pakai baterai hingga 27 hari dalam keadaan siaga dan 27,8 jam untuk menelepon. Pemakaian normal mencapai seharian. Jadi tak perlu sering mengecas.

Soal keamanan, realme mengklaim jika realme C55 NFC dapat menyesuaikan tegangan dan arus secara cerdas. Juga didukung sistem perlindungan 5 inti: Perlindungan overcharge, over- voltage, over-current, over-temperature, dan perlindungan kasus yang ekstrem.

Harga realme C55 NFC

Sebagai salah satu pilihan smartphone serba bisa di segmen harga Rp 2 jutaan, realme C55 NFC adalah salah satu kandidat yang kami rekomendasikan. Sesuai kebutuhan kalangan yang menginginkan perangkat performa tinggi di harga entry level.

Harga realme C55 NFC ditawarkan mulai dari Rp 2.499.000 (6GB/128GB) dan Rp 2.999.000 (8GB/256GB) bisa didapatkan melalui Flash Sale di realme.com/id yang berlangsung dari tanggal 8-10 Maret 2023 pukul 12:00 WIB, dan akan tersedia secara luas di Indonesia pada 11 Maret 2023.

Kelebihan dan Kekurangan realme C55 NFC

Tak perlu dipertanyakan lagi, kelebihan realme C55 NFC yang menjadi sorotan antara lain kameranya yang cukup powerful dengan resolusi hingga 64MP. Soal memori, seri ini menawarkan keuntungan luar biasa berkat RAM 8GB yang bisa diperbesar hingga 16GB dan memori internal 256GB.

Value tambahan yang menurut kami sangat bermanfaat adalah NFC. Di segmen ini, masih jarang smartphone memberikan opsi seperti realme C55 NFC. Tak ketinggalan, kami juga mengapresiasi baterai besar dengan dukungan pengisian cepat SUPERVOOC 33W sebagai keunggulan.

Sementara minus atau kekurangan realme C55 NFC yang ditemukan antara lain ketiadaan rekam video 4K. Tapi sampai saat ini, fasilitas ini memang tak terlalu krusial, kecuali buat konten kreator professional.

Spesifikasi realme C55 NFC

  • Chipset: MediaTek Helio G88
  • Berat: 189,5g
  • Dimensi: 165,65*75,98*7,89mmKamera Belakang:OV64B; Aperture f/1.79; Ukuran SensorBesar 1/2″ Lensa B&W 2MP; Aperture f/2.4
  • Kamera depan: 8MP Aperture f/2.0
  • Layar: 6,72 inci; resolusi 1080x2400p; refresh rate: 90Hz; Rasio layar-ke-bodi: 91,4%; Touch sampling rate: 180Hz; HBM 680nits
  • Pengisian daya: 33W SUPERVOOC
  • Baterai: 5000mAh
  • Warna: Sunshower, Rainy Night
  • Memori: RAM 8GB LPDDR 4X; ROM 256GB eMMC 5.1; RAM Dinamis hingga 16GB; Memori Eksternal hingga 1TB
  • OS: realme UI 4.0 (Berbasis Android 13?,Fitur Mini Capsule
  • Fitur Lain: 200% UltraBoom Speaker, Sensor sidik jari samping, NFC 360° yang disempurnakan
    Indonesia
  • Varian: 6GB+6GB | 128GB; 8GB+8GB | 256GB
Shares: