Home Berita Review realme C51: HP 1 Jutaan Terbaik dari realme, Sudah Ada NFC

Review realme C51: HP 1 Jutaan Terbaik dari realme, Sudah Ada NFC

review realme c51

review1st.com – realme baru saja meluncurkan HP terbaru mereka ke segmen entry level yaitu realme C51. Gebrakannya adalah dengan membawa peningkatan di sektor penting mulai dari pengisian daya, kamera, memori hingga desain, dan juga yang tidak boleh ketinggalan, NFC.

Dengan berbagai keunggulan yang diboyongnya, produk anyar dari lini Champion series ini berusaha menempatkan diri sebagai Entry-level Groundbreaker.

Bisakah realme mendefinisikan ulang pasar entry level dengan  mendobrak semua ekspektasi pasar? Kalian bisa menemukan jawabannya dengan menyimak review realme C51 kami kali ini.

review realme C51: HP 1 Jutaan Terbaik dari realme, Sudah Ada NFC

Review realme C51

realme terlihat memenuhi komitmen “No Leap, No Launch” pada setiap produk terbaru mereka. Tengok saja realme C51 yang kini berfokus meningkatkan fitur-fitur penting bagi penggunanya.

realme mengklaim jika seri ini menghadirkan peningkatan besar pada penyimpanan, pengisian daya cepat, kamera dan desain. Namun, sebelum mengintip terobosan apa saja yang dihadirkan untuk kelas entry level ini, kita intip paket penjualannya.

kelebihan dan kekurangan realme C51

Dus unit review realme C51 dibalut warna kuning polos. Dalam kotaknya, kita akan menemukan unit smartphone, adapter 33W SUPERVOOC 11V3A/5V2A, kabel USB type-C, buku panduan cepat, kartu garansi, SIM ejector dan soft case bodi.

Yups, cukup lengkap kan isi dalam box-nya. Sekarang kita ulas semua parameter kunci yang sering jadi perhatian konsumen. Apakah seri dengan slogan 33W Champion Charge, Up to 4GB+4GB | 128GB bisa memenuhi ekspektasi?

Baterai dan Pengecasan

Digadang-gadang sebagai terobosan baru di kelas entry-level, realme C51 memiliki empat fitur terdepan, salah satunya pengisian daya. Selain mengantongi baterai besar di era pengisian daya cepat seperti sekarang HP realme ini hadir dengan pengisian daya tercepat di segmennya.

Pertama-tama kita bahas baterainya. Unit review realme C51 membawa baterai berkapasitas 5000mAh. Dengan baterai badak seperti ini, kami menikmati masa pakai baterai yang cukup lama. Bisa seharian lebih untuk pemakaian normal (chat, nonton, buka sosmed, telepon).

Tak salah jika perangkat ini bisa menjadi pilihan tepat untuk kalian yang mobilitasnya tinggi. Tidak perlu sering-sering mengecas saat kita sedang di jalan. Di atas kertas, sumber daya smartphone ini bisa mencapai hingga 40 hari siaga, dan 37jam menelepon.

harga realme c51

realme C51 ini bahkan jadi lebih spesial dengan didukung pengisian daya 33W SUPERVOOC Charge yang merupakan piranti pengecasan tercepat di segmennya. Jika bicara pengisian daya, smartphone ini sanggup mengisi daya hingga 50% dalam 28 menit dan mencapai 100% dalam satu jam lebih sedikit. Pengguna di harga 1 jutaan kini sudah bisa mendapatkan fitur ini. 

Soal keamanan, realme mengklaim jika seri ini dapat menyesuaikan tegangan dan arus secara cerdas dengan algoritma pengisian daya lebih baik. Mulai dari penyetelan cerdas VCVT, pengoptimalan pengisian daya trickle VFC dan interval pengisian daya sebesar 90%-100%.

Juga dilengkapi perlindungan pengisian daya dengan sistem proteksi lima inti. Proteksi overcharge, proteksi tegangan berlebih, proteksi arus berlebih, proteksi temperatur berlebih, dan proteksi kasus ekstrem.

Performa dan Memori

review performa hp realme

Mengintip  ke area dapur pacunya, unit review realme C51 yang kami uji mengantongi chipset Unisoc T612. Chipset ini terdiri dari delapan core yang dibuat dengan proses fabrikasi 12 nm dengan clockspeed 18GHz. Kartu pengolahan grafisnya mengandalkan GPU Mali-G57 MP1.

Harganya yang terjangkau tapi tetap bertenaga memberikan kesempatan realme mendorong fitur lainnya ke level terbaik. Di sisi lain, chipset ini menjanjikan untuk mendukung kinerja dan performa HP 1 jutaan.

Ambil contoh, kami memainkan Mobile Legends dengan setting rata kanan, gameplay masih tetap lancar jaya. Permainan masih relatif aman dan minim lag. Panas pada bagian bodi masih relatif normal dipakai bermain 30 sampai 1 jam.

Hasil benchmarknya pun oke buat seri entry level. Seri ini mampu mendapatkan skor AnTuTu Benchmark senilai 255.085 poin. Sedangkan pengujian Geekbench 5, Unisoc T612 mengantongi skor 423 untuk single-core dan 1476 untuk multi-core.

Pada bagian memori, realme C51 sudah mendukung RAM dengan kapasitas 4GB. Menariknya, sektor ini didukung Dynamic RAM Expansion Technology dimana pengguna HP dapat memperluas RAM hingga 4GB menjadi 8GB.

performa hp realme c51

Cukup bermanfaat jika space RAM mengecil akibat banyak aplikasi yang terinstal. Dengan perluasan RAM virtual ini kalian bisa menikmati pengalaman seperti menggunakan smartphone 8GB dan bisa menambah lebih banyak aplikasi.  

Sedangkan untuk penyimpanan internal unit review yang kami uji memboyong memori internal 128GB. Tapi vendor juga menyediakan kapasitas 64GB kok.

Dengan penyimpanan hingga 128GB terbesar di segmennya, kita bisa menyimpan sekitar 28.000 lebih foto dan menyimpan 450+ episode serial TV.

Lebih dari itu, realme C51 juga sudah mendukung 2 kartu SIM Nano dan 1 kartu MicroSD sekaligus dan mendukung ekspansi memori maksimum 2TB. Artinya, kalau kapasitas masih kurang kalian bisa memanfaatkan perluasan memori dari sisi eksternalnya.

Tak ketinggalan, realme membenamkan Operating System realme UI T Edition berbasis Android 13 pada unit review realme C51.  Antarmukanya menampilkan visual khas Google dengan kustomisasi standar.

Kamera

hp 1 jutaan realme c51

Kehadiran kamera terbaik di segmennya pada realme C51 membuat foto yang detail dan tajam dengan resolusi tinggi dapat diwujudkan bahkan di HP 1 jutaan.

Sektor imaging adalah area yang juga diperkuat dalam HP realme terbaru ini. Meskipun ada di kategori seri entry level, smartphone ini sudah dilengkapi kamera utama 50MP dengan bukaan f/1.8 dan lensa 5P.

Sebagai pendamping kamera utama, seri ini juga ditanami lensa B&W dengan aperture f/3.0. Alhasil, realme C51 mampu memproduksi foto dengan bokeh yang baik. Terakhir,  di area depan tertanam kamera selfie 5MP.

Saat menjajal fotografinya, kami bisa menangkap detail yang jelas dan dapat menghasilkan foto dengan piksel besar hingga 8160×6144 piksel terutama di luar ruangan saat siang hari.

Dalam kondisi minim cahaya, jepretannya masih bisa menangkap detil dengan pewarnaan yang artistik terutama saat ada lampu dan cahaya yang membantu.

Selain itu, pengguna dapat menghasilkan gambar terbaik melalui berbagai mode kamera, termasuk Mode Potret, Mode Beauty, HDR, Pengenalan Wajah, Filter, dan Kontrol Efek Bokeh.

Untuk rekam video, perangkat ini hanya mampu melakukan perekaman video dengan resolusi maksimal pada 1080p dengan frame rate 30fps saja. Kameranya bisa diandalkan untuk merekam saat kondisi cahaya melimpah.

Hasil Foto:

hasil foto HP 1 jutaan realme
hasil foto hp 1 jutaan
hasil kamera foto
kamera hp
fotografi
foto kamera hp
hasil kamera

Desain

Tampilan memegang peranan cukup penting setidaknya untuk memberikan impresi awal yang baik pada konsumen. Nah, realme C51 merupakan salah satu HP dengan desain terbaik di segmennya.

Mengusung tampilan yang stylish dan berbeda, seri ini menawarkan dua variasi warna yaitu Mint Green dan Carbon Black. Kebetulan unit review yang kami pegang adalah varian Carbon Black.

spesifikasi realme c51

HP ini memiliki bodi berbasis plastik polikarbonat yang cukup ramping dengan ketebalan 7,99mm. Saat ditimang bobotnya masih aman tak terlalu berat dengan konsep flat dibungkus sudut menyiku.

realme melabeli desain seri ini dengan nama Stylish Glittering Design. Di bawah sorotan cahaya, bodi bagian atas realme C51 menampilkan kilau sementara bodi bagian bawah menampilkan tekstur matte, membuat keseluruhan desain lebih dinamis dan modis.

Di bodi belakang, kompartemen kameranya dirancang dengan konsep mirip-mirip iPhone. Memiliki dua bulatan besar besar menonjol di sisi kiri atas. Terlihat keren sih, membuat kita lupa bahwa ini adalah seri entry level.

Di bagian bawah ada port audio 3,5mm, kemudian port USB type-C dan lubang speaker. Pada tray SIM card bisa dibenami dua kartu SIM dan 1 kartu memori sekaligus. Volume, power (sidik jari) di ruas kanan, SIM tray di kiri.

Display

sistem operasi dan antarmuka

Panel depan berbasis teknologi sentuh kapasitif pada realme C51 mengandalkan bentang 6,74 inci dengan resolusi 720×1600 piksel (HD). Screen-to-body ratio-nya mencapai 90,3 persen dimana bezel yang terpampang memang tak terlalu tipis tapi juga tak terlalu tebal.

Layar pada HP ini didukung dengan refresh rate 90Hz serta touch sampling rate 180Hz, termasuk powerful untuk HP 1 jutaan.

Dalam kondisi outdoor di bawah sinar matahari, layarnya masih bisa mengatasi cahaya dengan baik berkat kecerahan maksimal hingga 560 nits.

Transisi layar dan guliran ikon saat kita menyapu layar dengan jari terasa smooth. Buat menonton dan main game masih oke sih, visual yang tertampil terlihat detil dengan warna yang natural meskipun tak setajam resolusi Full HD.

Fitur Lain

Sebagai terobosan baru di kelas entry-level, realme C51 melakukan lompatan lebih jauh kali ini dengan menghadirkan NFC di rentang harga Rp1 jutaan. Akurasi gesekan NFC-nya cukup baik asalkan kita menempatkan di area yang tepat.

review fitur hp

Satu kelebihan yang kami cermati, smartphone ini memiliki Mini Capsule yang secara konsep mirip-mirip Dynamic Island pada iPhone. Fungsi ini bisa dimunculkan sebagai notifikasi unik di area waterdrop pada bagian atas layar sentuh. Sebuah fitur premium yang tentunya hanya bisa didapatkan pada smartphone dengan harga puluhan kali lipat dibandingkan dengan smartphone ini.

Kita bisa memantau aktivitas dengan melihat notifikasi lampu dinamis. Semuanya bisa dipantau berdasarkan warna. Misalnya saat smartphone dicas, saat baterai penuh, saat baterai mulai habis daya atau saat batas penggunaan data harian tercapai.

Atau bisa juga dipakai untuk memantau statistik langkah. Notch dinamis atau Mini Capsule akan memunculkan notifikasi jumlah langkah dan jarak yang kita tempuh hari ini. .

Buat yang doyan hiburan dan multimedia, speaker UltraBoom perangkat ini pun cukup nendang. Audionya lumayan bertenaga dan asyik buat yang gemar Tiktok-an atau nonton film.

Seri ini juga sudah didukung dengan sensor sidik jari yang menyatu dengan tombol power. Juga memiliki face unlock yang berguna untuk mengunci layar supaya lebih aman dari gangguan orang lain.

Harga realme C51

Sebagai salah satu pilihan smartphone dengan kemampuan lengkap di segmen harga Rp 1 jutaan, realme C51 adalah opsi terbaik yang kami sarankan. Mampu memenuhi ekspektasi kalangan yang menginginkan perangkat performa tinggi di harga entry level.

Harga realme C51 ditawarkan mulai dari Rp 1.899.000 (4GB/128GB) dan Rp 1.699.000 (4GB/64GB) bisa didapatkan mulai 28 Agustus 2023 12:00 WIB di seluruh kanal penjualan resmi realme secara online seperti Shopee dan realme.com, juga offline.

Kelebihan dan Kekurangan realme C51

Kelebihan realme C51 yang menjadi value utama antara lain baterainya yang berkapasitas jumbo 5000mAh. Kami juga mengapresiasi dukungan pengisian cepat 33W SUPERVOOC sebagai value terbaik di segmen entry level.

Dari sisi kamera, kemampuannya memang tak bisa dibilang istimewa namun kualitasnya masih bisa bersaing dengan kompetitor sekelasnya. Begitu juga dengan dukungan memori besar hingga 128GB serta RAM yang bisa diperbesar.

Desain dengan tampilan atraktif juga menjadi hal yang menambah daya tariknya. Termasuk kehadiran NFC sebagai menjadi modal yang membuat valuenya semakin meningkat.

Sementara minus atau kekurangan realme C51 mungkin pada kemampuan rekam video yang belum 4K, yang tentunya dapat dimaklumi untuk HP 1 jutaan