Home Best of The Month Review Realme C21Y: Pas Buat Sekolah Online, Performa Jempolan

Review Realme C21Y: Pas Buat Sekolah Online, Performa Jempolan

Review Realme C21Y: Kelebihan, Kekurangan, Harga & Spesifikasi HP


review1st.com – Permintaan segmen entry level terhadap smartphone terjangkau dengan spesifikasi terbaik mendorong realme menghadirkan C21Y. Seiring kehadirannya, kami sudah memegang unit review realme C21Y ini di meja redaksi. So, kami akan mengulasnya untuk kalian.

realme C21Y hadir dengan slogan “Tiga Kamera, Kualitas Juara”. Vendor menempatkannya sebagai Smartphone Rp 1,5 Juta Powerful Performance King rekomendasi untuk belajar di rumah.

Review realme C21Y

HP realme terbaru ini dihadirkan berdasarkan survei yang digelar tanggal 6-8 Juli 2021. Hasilnya, realme mengetahui smartphone apa yang diinginkan pengguna untuk belajar online di rumah buat pelajar yang menyambut tahun ajaran baru.

Responden umumnya memilih smartphone dengan baterai yang besar. Juga menginginkan smartphone dengan penyimpanan internal yang luas. Tak kalah penting, responden menginginkan smartphone dengan banderol harga sekitar Rp1,5-1,7 juta.

Dan, jawaban dari semua itu adalah unit review realme C21Y yang tengah kami ulas. Sebagai pengganti realme C21, seri ini mendapatkan peningkatan performa tanpa menaikkan harga untuk anak muda di seluruh Indonesia.

review realme c21y

Datang dalam box khas berwarna kuning nan simpel. Berikut isi paket penjualan realme C21Y:

  • Unit smartphone
  • 5V2A Adapter
  • Kabel MicroUSB
  • Kartu Garansi
  • Panduan Cepat
  • Alat Pelontar Kartu SIM
  • Lapisan Pelindung Layar

Nah, cukup pembukaannya sekarang kita lanjut ulas unit review realme C21Y. Yuk!

Baterai

Pertama yang wajib diulas adalah sumber daya smartphone ini. Ternyata realme C21Y sudah disokong dengan baterai besar 5000mAh. Buat mendukung sekolah online sangat cocok, karena bisa dipakai seharian tanpa perlu mengecas ulang.

BACA JUGA
Telkomsel Rilis Serial Inspiratif Mangi-Mangi di MAXstream

Dengan HP realme 1 jutaan ini, kita dapat melakukan panggilan telepon hingga 44 jam, menonton YouTube selama 21 jam, mengikuti pertemuan online sekitar 6 jam dan bermain game sekitar 5 jam.

Lebih jauh lagi, realme C21Y menawarkan penghematan daya seperti: App Quick Freeze yang dapat mengurangi penggunaan daya aplikasi di latar belakang yang diam.

Kemudian ada Screen Battery Optimization yang akan menurunkan beberapa efek tampilan untuk meningkatkan daya tahan smartphone pengguna. Ada juga Sleep Standby Optimization di mana smartphone berjalan dengan mode yang lebih rendah.

Buat pengecasan, smartphone ini hanya menyediakan charger standar 10W dengan dukungan port microUSB yang mendukung OTG Reverse Charging. Untuk mengisi ulang dari nol sampai penuh dibutuhkan waktu dua jam setengah lebih.

Rancangan Bodi

kelebihan dan kekurangan realme c21y

Melihat bagian eksteriornya, unit review realme C21Y ini mengusung desain geometris yang terinspirasi oleh Time Hourglass. Dibalut dalam desain crosshatch yang atraktif, namun juga kelihatan fashionable dan fungsional.

Sebuah garis pita melintang di bagian belakang dari atas ke bawah, merangkai modul kamera dengan logo realme yang tegas untuk membuat desain lebih ikonik dan seimbang.

Oh ya, realme C21Y tersedia dalam dua warna trendi: Cross Blue dan Cross Black. Sebagai catatan penting, realme C21Y juga telah meraih Sertifikat Keandalan Tinggi Smartphone TÜV Rheinland. Sebuah standar tinggi buat keselamatan dan kualitas produk.

Menurut standar sertifikasi Kualitas TÜV Rheinland terbaru, sebagian besar kondisi pengujian didasarkan pada siklus hidup smartphone selama tiga tahun. Sertifikasi Keandalan Tinggi Smartphone TÜV Rheinland berisi 23 tes utama, termasuk:

BACA JUGA
realme Fan Fest 2021 Segera Hadir, Siap-Siap Bongkar Celengan

10 skenario uji penggunaan harian seperti akibat jatuh, pemakaian, dan kerusakan
7 skenario uji lingkungan ekstrem, seperti suhu super tinggi dan rendah, kelembaban tinggi dan rendah, fluktuasi tegangan, masa pakai tombol, listrik statis, tekanan udara.

Kemudian melewati 6 Skenario Uji Keandalan Komponen. Secara keseluruhan, sebagian besar kondisi pengujian Sertifikasi Keandalan Tinggi Smartphone TUV didasarkan pada siklus smartphone selama tiga tahun.

harga dan spesifikasi realme c21y

Display

Unit review realme C21Y sudah dilengkapi layar 6,5 inci resolusi HD+ dengan rasio layar 89,5%. Dengan bentangan yang cukup luas, smartpone ini mampu menghadirkan bidang pandang yang lebih luas, memberikan pengalaman bermain game serta menikmati sajian audio dan video yang sangat baik.

Performa

Smartphone ini disuplai dengan prosesor octa-core 12nm yang memiliki dua klaster, masing-masing berkecepatan 2x ARM Cortex-A75 @1.8Ghz dan 6x ARM Cortex-A55 @1.8GHz. Bisa dimanfaatkan darimg secara optimal dengan kecepatan menjanjikan.

realme C21Y juga memiliki GPU Mali G52 yang hemat energi dengan kecepatan hingga 614,4MHz. realme C21Y tersedia dalam varian dua kapasitas penyimpanan besar; 4GB + 64GB dan 3GB+32GB, yang keduanya dapat diekspansi hingga 256GB.

performa realme c21y

Soal slot kartu, unit review realme C21Y sudah mendukung 3 slot kartu: 2 SIM + 1 microSD. So, kalian bisa dengan leluasa memakai dua kartu operator sekaligus menambah kapasitas penyimpanan hingga 256GB.

realme C21Y menjalankan realme UI berbasis Android 11. Soal privasi tenang saja karena seri ini mendukung pembukaan kunci sidik jari yang sangat cepat serta sudah mendukung pengenalan wajah.

Kamera

kamera realme c21y

Untuk kebutuhan fotografi, realme C21Y hadir dengan konfigurasi tiga kamera. Masing-masing kamera memiliki resolusi: kamera utama 13MP Super jernih, Lensa B&W 2MP, dan Lensa Makro 2MP.

BACA JUGA
5 HP OPPO 5G Terbaik Dengan Spesifikasi Mumpuni

Dengan konfigurasi kamera tersebut, smartphone ini bisa dibilang cukup memuaskan di segmennya. Tak ketinggalan pada bagian depan, terdapat kamera selfie dengan resolusi 5MP.

Dilengkapi dengan fungsi seperti AI beautification, mode HDR, dan mode potret, yang akan memberikan Anda pengalaman kamera yang cukup baik di segmen harganya.

Hasil kamera:

hasil foto
hasil foto
hasil foto

Kelebihan dan Kekurangan realme C21Y

Kelebihan dari unit review realme C21Y ini, ia menawarkan baterai besar 5000mAh dan prosesor octa-core yang tangguh dengan harga sekitar Rp 1,5 juta. Menjadikannya powerful performance king.

Tapi ada juga sedikit minor atau kekurangan yang bisa kita temukan di realme C21Y. Antara lain dukungan charger yang besaran outputnya hanya 10W.

Harga realme C21Y

realme C21Y akan tersedia melalui Flash Sale pada tanggal 21 Juli pukul 09:00 WIB di Shopee, akulaku dan realme.com, dengan harga spesial Rp 1,499,000 (3GB+32GB) dan starter kit Indosat 72GB gratis.

Dapatkan diskon Rp 50.000 untuk realme Buds Q. Penjualan resmi realme C21Y akan berlangsung pada 24 Juli di official realme store, baik online maupun offline di seluruh Indonesia.

Sementara itu, realme C21Y dengan 4GB+64GB ditawarkan dengan harga Rp 1,699,000 gratis starter kit Indosat 72GB, dalam periode Flash Sale tanggal 27 dan 28 Juli jam 12:00 WIB di Lazada, akulaku dan realme.com/id.

Mendukung kebijakan pemerintah untuk tetap dirumah aja, realme Kembali menghadirkan #BelirealmeDariRumah via realme WhatsApp Store ke nomor 0856-0000-0721 yang sudah mendukung pembayaran melalui Cash on Delivery (COD) ke seluruh Indonesia.

Spesifikasi realme C21Y:

RAM & Memori Internal 3GB+32GB 4GB+64GBKapasitas penyimpanan dapat diperluas hingga 256GB
Layar6,5 inci (16,5cm) FullscreenResolusi HD+ 720*1600Rasio Layar 89,5%
WarnaCross BlackCross Blue
Baterai5000mAhMendukung OTG reverse charging 
Kamera 13MP primary cameraf/2.2 aperture5P lensPDAF4x digital zoom
2MP B&W lensf/2.4 aperture3P lensFF
2MP Macro lensf/2.4 aperture3P lens4cm FF
Video720p / 1080p, 30fps
Kamera Depan AI 5MP f/2.4 Aperture3P LensAI Beauty; HDR; Panoramic View; Timelapse
KonektivitasMendukung 2.4G Wi-FiMendukung Bluetooth 5.0VoLTE
Ukuran & BeratUkuran: 165.2mm*76.4mm*8.9mmBerat: 190g
SensorGPS/Beido/GlonassMagnetic Induction SensorLight SensorProximity SensorAccelerometer SensorFingerprint
Sistem Operasirealme UI berdasarkan Android 11
Paket Penjualanrealme C21Y5V2A Adapter Kabel MicroUSB Kartu Garansi Panduan Cepat Alat Pelontar Kartu SIM Lapisan Pelindung Layar 
REVIEW OVERVIEW
Desain
Display
Performa
Kamera
Baterai
Fitur
Previous articleIni yang Bikin Gamer Nyaman Pakai Samsung Galaxy S20 FE
Next articleTelkomsel Ajak Masyarakat Lakukan #YangKitaBisa untuk Saling Bantu Hadapi Pandemi COVID-19
Ordinary man in this extra ordinary world.