Home Best of The Month Review realme 9i: HP Dua Juta Pilihan yang Serba Bisa 

Review realme 9i: HP Dua Juta Pilihan yang Serba Bisa 

Review realme 9i: HP Dua Juta Pilihan yang Serba Bisa 

review1st.com – Mencari smartphone dengan harga terjangkau di kisaran 2-3 jutaan bukan pekerjaan mudah. Karena banyak perangkat di segmen ini bertebaran. Tapi realme tetap optimistis menghadirkan realme 9i.

Untuk memberikan gambaran seputar perangkat ini, kami sudah memegang unit review realme 9i. Dengan slogan ‘Level Up the Power’ sang vendor memboyong smartphone barunya dengan beberapa peningkatan kemampuan buat bersaing dengan kompetitor.

Penasaran? Kita simak review lengkapnya beserta kelebihan dan kekurangannya.

Unboxing realme 9i

realme 9i diklaim bisa memberikan pengalaman high end di segmen harga 2 jutaan. Mereka mempertegasnya dengan positioning The Most Powerful 33W & 6nm Processor Smartphone.

Seperti biasa, kami membuka ulasan dengan membongkar isi dalam paket penjualan atau dus perangkat ini. Box realme 9i masih serupa dengan keluarganya yang lain, didominasi warna kuning dengan sentuhan hitam.

unboxing review realme 9i

Mari kita unboxing! Komponen yang ada di dalamnya antara lain unit smartphone, adapter charging 33W Dart Charge, casing silicon, kabel USB Type-C, buku panduan, kartu garansi, dan pelontar kartu SIM.

Rancangan Bodi

Unit review realme 9i dirancang dalam balutan bodi polikarbonat yang dibungkus dengan finishing metallic. Meskipun materialnya terbuat dari plastik tapi sudah dipoles dengan reflective coating.

Kebetulan kami memegang varian dalam warna Prism Blue. Terlihat manis, dengan kilauan cahaya yang memantul dari permukaan panel belakangnya.

Tekstur prismatik dalam cahaya menunjukkan ritme seperti warna dan menawarkan nuansa visual. realme memberinya sebutan “cahaya dalam gerakan”.

kelebihan dan kekurangan realme 9i

Saat dipegang terasa enak dan tak mudah tergelincir dari jari. Built quality-nya cukup solid dan presisi hanya saja mudah ternoda sidik jari.

Bodinya ergonomis. Pas. Tak terlampau besar ataupun kecil, juga tak terlalu tebal. Hal ini dicapai dengan mengoptimalkan struktur internal ponsel, sehingga membuat ponsel lebih tipis dan ringan.

Tombol power diterapkan di ruas kanan sekaligus berfungsi sebagai sidik jari. Di ruas kanan ada tombol volume serta sim tray yang terdiri dari kombinasi microSD dan dua kartu SIM.

realme 9i memiliki dua speaker satu di ruas bawah bersama USB type C, port audio 3,5m  serta mic. Satu speaker lagi terletak di bagian dahi persis di pinggiran atas.

Display

realme 9i mengadopsi panel sentuh berbasis LCD dengan bentang layar 6.6 inci. Layar seukuran ini sudah ditanami resolusi Full HD+.

harga realme 9i

Layarnya aman dan enak sih buat menonton Youtube bermain game ataupun streaming film. Apalagi realme juga menambahkan 90Hz Smooth Display yang Adaptif.

Menawarkan banyak opsi: Statis – 30Hz; Film – 48Hz; Teleplay – 50Hz; Video – 60Hz; Permainan – 60/90Hz; Streaming – 90Hz.

BACA JUGA
Review HUAWEI Matebook D14: Laptop Serbaguna Berdesain Estetik

Tampilannya terlihat smooth. Terutama saat mode 90Hz diaktifkan, scrolling menu dan transisi layar terasa begitu enak dilakukan sekaligus nyaman dilihat.

Performa

Selidik punya selidik, realme ternyata mendorong performa segmen (i) series ke level lebih tinggi. Debut Snapdragon 680 dengan fabrikasi 6nm dan konsumsi daya rendah adalah kali pertama di segmen ini.

Sekedar catatan saja, dibandingkan dengan prosesor Snapdragon 662 generasi terakhir, Snapdragon 680 memiliki peningkatan 25% dalam performa.

Konfigurasi prosesornya antara lain: 4 x Cortex -A73 2.4GHz dan 4 x Cortex-A53 1.9GHz. Alhasil, menjalankan aplikasi lebih lancar, lebih gesit, dan loading halaman tambah cepat.

Selain itu, terjadi peningkatan 10% dalam performa grafis. Snapdragon 680 mengadopsi GPU Adreno 610 yang sudah mendukung teknologi 90Hz refresh rate di realme 9i.

Frame rate lebih tinggi, pengalaman bermain game lebih lancar, lag lebih sedikit. 25% peningkatan performa AI dengan mesin AI generasi ketiga Qualcomm.

Buat operasional basic, seperti utak-atik email, membuka Youtube, menonton streaming realme 9i bisa bekerja dengan sangat baik. Tak ada lag atau bug yang mengganggu.

Sementara dalam hal gaming, performanya tetap bisa diandalkan. Mobile Legends hingga PUBG Mobile bisa digenjot dengan stabil. Smartphone tetap lumayan adem dengan panas wajar.

Dalam hal penyimpanan, unit review realme 9i yang kami gunakan menawarkan RAM 4GB dan memori internal 64GB. Perlu diketahui bahwa realme 9i juga ada varian memori 6GB/128GB. Juga tersedia slot microSD yang mendukung penyimpanan hingga 1TB.

ram dan memori

Seri ini mendukung virtual memori. Mengadopsi teknologi DRE untuk mengatasi turunnya performa yang disebabkan oleh kurangnya memori pada smartphone.

Teknologi ini mampu mengubah ROM menjadi RAM virtual untuk memperluas RAM. realme 9i dapat memperluas RAM 6GB hingga 5GB untuk menikmati pengalaman seperti smartphone dengan RAM 11GB.

Baterai

Chipset yang dibenamkan dalam unit review realme 9i ini juga berdampak positif pada konsumsi daya yang lebih hemat. Dibandingkan dengan prosesor 12nm, prosesor 6nm memiliki kerapatan transistor 211% lebih tinggi, dengan kerapatan transistor  114 juta transistor per milimeter persegi.

Secara teknis, prosesor 6nm mengkonsumsi daya 62% lebih sedikit dan memberikan performa 46% lebih banyak daripada prosesor 12nm. Juga memiliki kenaikan relatif lebih rendah dan frame rate lebih stabil.

baterai

Menariknya lagi, konsumsi daya rendah prosesor 6nm secara efektif memperpanjang masa pakai baterai. Dibandingkan dengan baterai 8i berkapasitas 5000mAh yang sama, masa pakai baterai 9i meningkat sebesar 46%.

Di atas kertas baterai 5000 mAh pada realme 9i memiliki 995 jam standby, 48,4 jam panggilan telepon, 20,7 jam Whatsapp, dan 116,3 jam mendengarkan musik.

Pengalaman kami menggunakan smartphone yang tersedia hampir di seluruh realme Official Stores online ini, baterainya bisa bertahan seharian lebih untuk pemakaian normal.

BACA JUGA
Review ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300): Laptop Sekaligus Tablet

Tapi buat yang ingin masa pakai baterai lebih lama ada beberapa opsi optimalisasi tersedia, antara lain: Super Power Saving Mode, App Quick Freeze, Screen Battery Optimization dan Power Saving Mode.

Lebih istimewa lagi, realme melengkapi baterainya dengan solusi 33W Dart Charge pertama di segmen ini. Teknologi ini bisa mengisi daya ponsel hingga 100% dalam 70 menit.

Kami sudah beberapa kami mengulas smartphone realme dan kami cukup terkesan dengan fitur Super Power Saving Mode. Fitur tersebut bisa diandalkan dalam keadaan darurat namun lowbat karena kami bisa memilih 6 aplikasi penting dan smartphone akan secara agresif memperpanjang masa pakai. 

Selama fitur ini diaktifkan, kami tetap bisa berbalas pesan WhatsApp dan Telegram, memulai navigasi melalui Google Maps, bertelepon, membuka Instagram bahkan memesan transportasi online. 

Kamera realme 9i

kamera

Unit review realme 9i versi Indonesia membenamkan triple camera dengan sensor utama 50MP: FOV: 77 derajat dan bukaan f/1.8. Kemudian ada lensa potret hitam putih 2MP:  f/2.4 dan FOV: 89,1 derajat. Dan terakhir lensa macro 2MP: 4cm, f/2.4 dan FOV: 88,8 derajat.

Fungsi fotografinya cukup lengkap mulai dari: Mode 50MP, Video, Night Mode, Panoramic view, Expert, Timelapse, Portrait Mode, HDR, Ultra macro, AI Beauty, Filter, Super Text, Slow Motion.

Kamera depan realme 9i memakai sensor Sony IMX 471 16MP. Mempunyai sudut lebar 79.3° dan memiliki bukaan f/2.1. Kamera ini dilengkapi metode pengambilan selfie dengan menunjukkan telapak tangan.

Untuk hasil kameranya, realme 9i bisa memotret foto yang cukup baik. Dalam kondisi outdoor, jepretannya cukup baik meski terkadang eksposure agak berlebih. Dibantu dengan AI, hasilnya menjadi lebih jempolan.

Buat kondisi minim cahaya atau malam, kamera smartphone ini masih bisa memproduksi foto dengan baik. Meski masih ada noise tapi ketajamannya bisa diandalkan. Pakai fitur Night Mode, kita bisa menerapkan efek  untuk mendapatkan foto-foto malam yang istimewa.

realme 9i bisa merekam video 1080p pada 30fps. Hasilnya lumayan, hanya saja dalam kondisi banyak goncangan kurang begitu memuaskan. Kameranya bisa menyesuaikan kondisi pencahayaan saat merekam video.

Hasil Kamera:

Auto mode (backlight)
Auto mode
Night mode w/ effect
Night mode
Auto mode w/ AI
Auto mode HDR
Ultra macro

Fitur Lain

Sensor sidik jari atau fingerprint scannernya relatif responsif terhadap sentuhan jari kita. Hanya dalam sepersekian detik kita bisa membuka kunci layar. Begitu juga dengan face unlock yang ditanamkan di realme 9i ini.

Kehadiran speaker dual stereo dengan resolusi tinggi memberikan keuntungan tambahan. Apalagi sudah mendukung sertifikasi ganda Hi-Res. Suaranya sih lebih nendang daripada speaker mono.

BACA JUGA
Realme Rilis Narzo 50 5G dan Realme 9i

Sayangnya, tidak ada fasilitas pendukung seperti NFC di unit review realme 9i yang kami uji. Selain itu smartphone ini juga belum mendukung jaringan 5G.

Namun itu semua sepadan dengan harga dan kualitas yang ditawarkan, mengingat fast charging 33W Dart Charge kini hadir lebih terjangkau. 

Antarmuka

antarmuka

realme 9i menanamkan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka realme UI 2.0 yang berjalan di atasnya. Interface kustom ini sedikit membedakan dari pengalaman menggunakan stock Android.

Secara personal saya pribadi lebih menyukai penggunaan antarmuka yang sudah dicustom ketimbang memakai Android bawaan.

Kita dimudahkan dengan kehadiran aplikasi tambahan seperti galeri foto, kustomisasi tema hingga file manager. realme sudah menyertakan beragam aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Yang membedakan dengan Android bawaan ada banyak muatan aplikasi tambahan membebani kinerja. Tapi tak jadi soal karena memang tidak begitu signifikan.

Kelebihan dan Kekurangan realme 9i

Kompetisi di segmen harga 2 jutaan relatif ketat. Di segmen ini vendor harus bisa menyuguhkan produk dengan kemampuan lengkap. Tapi tetap ada kelebihan dan kekurangannya, tak terkecuali realme 9i.

Kelebihan realme 9i yang menonjol terletak di sektor performa chipset dan daya tahan baterai dan fast charging 33W. Dual speaker stereonya juga jadi nilai tambah. 

Dukungan display dengan refresh rate 90Hz dan kemampuan kamera masih jadi penawaran menarik di kelasnya.

Kekurangan perangkat ini belum didukung jaringan 5G, namun saat ini bukan suatu masalah besar. Untuk bodi plastiknya kami anggap minus skala minor karena tertutupi desain dan built quality yang bagus.

Harga realme 9i

realme 9i sudah tersedia di pasar Tanah Air dengan varian 4GB dan RAM 64GB serta RAM 6GB dengan RAM 128GB. Warna yang tersedia adalah Prism Black dan Prism Blue.

Harga realme 9i varian 4GB + 64 GB Rp 2.649.000 dari Rp 2.699.000. Dan untuk 6GB + 128 GB menjadi Rp 2.949.000 dari Rp 2.999.000. Penawaran tersebut berlaku selama masa pre-order 24-27 Mei 2022 dan Flash sale pada 28 Mei 2022.

Spesifikasi realme 9i:

  • OS: Android 11, realme UI 2.0
  • Display: 6.6 inci, 2412×1080 90Hz LCD display
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 680
  • GPU: Adreno 610 GPU
  • RAM/ memori internal: 4GB/64GB atau 6B/128GB
  • MicroSD: Ada, up to 1TB
  • Kamera utama: 50Mp main camera, f/1.8, 2Mp black & white lens, f/2.4, 2Mp Macro lens, f/2.4 aperture
  • Kamera selfie: 16M,  f/2.1
  • Sensor sidik jari: Ada
  • Konektivitas: Bluetooth 5.0, GPS, Glonass, Galileo, BeiDou, Dual SIM
  • Baterai: 5000mAh, 33W charging
  • Warna: Prism Blue, Prism Black
  • Dimensi: 164.4 x 75.7 x 8.4mm
  • Berat: 190g
REVIEW OVERVIEW
Desain
Display
Performa
Kamera
Baterai
Previous articleXiaomi dan Leica Umumkan Kerja Sama Strategis Jangka Panjang
Next articleS Pen di Galaxy S22 Ultra 5G Bisa Dipakai Bikin NFT Mumpuni
Ordinary man in this extra ordinary world.