review1st.comrealme kembali melakukan gebrakan dengan merilis realme 11 Pro+ 5G.Jagoan dari keluarga Number Series ini memboyong kamera dengan kemampuan setara flagship dengan resolusi terbesar di industri yakni 200MP.

Dan buat yang penasaran dengan kehadirannya, tim redaksi review1st sudah memegang unit review realme 11 Pro+ 5G. Yuk simak ulasan lengkap perangkat yang akan kami bedah di meja redaksi.

Review realme 11 Pro+ 5G

Review realme 11 Pro+ 5G

realme 11 Pro+ 5G diklaim sebagai menjadi smartphone pertama di dunia dengan 200MP 4x SuperZoom Camera. Artinya, meskipun membidik segmen menengah tapi menawarkan kemampuan fotografi setara flagship.

Di atas kertas, pengalaman fotografi yang disuguhkan cukup lengkap dalam hal kemampuan zoom, piksel tinggi, dan aspek lainnya.

Tapi realme juga tidak begitu saja meninggalkan hal lain seperti peningkatan yang komprehensif dalam hal desain, tampilan, baterai besar hingga memori.

kelebihan dan kekurangan realme 11 pro+ 5g

Kita unboxing terlebih dulu paket penjualannya yuk. unit review realme 11 Pro+ 5G ini mengusung dus khas yang didominasi warna kuning dengan variasi aksen hitam.

Saat membongkarnya, kami menemukan kelengkapan terdiri dari unit HP realme, adapter charging 100W, casing silicon, kabel USB Type-C, buku panduan, kartu garansi, dan pelontar kartu SIM.

Kamera realme 11 Pro+ 5G

kamera realme 11 pro+ 5G

Ulasan kita mulai dari sektor kamera. realme 11 Pro+ 5G adalah salah satu ujung tombak yang memiliki kemampuan kamera papan atas. Bahkan seri ini berani mengusung slogan sebagai smartphone pertama di dunia yang mendukung 200MP 4X SuperZoom Camera.

Secara teknis, boleh dibilang kemampuan kamera realme 11 pro+ 5G ini memang cukup powerful.  Mendukung sensor utama Samsung ISOCELL HP3 dengan output langsung 200MP diklaim mampu menghasilkan piksel tertinggi di industri smartphone.

Dilengkapi sensor besar 1/1.4 inci, aperture besar F/1.69 dan sensor, perpaduan 2,24?m piksel tunggal. Tak hanya itu, seri ini menyematkan teknologi SuperOIS yang bisa menghasilkan pengambilan gambar stabil dan jernih untuk foto dan video.

harga realme 11 pro+ 5G

Untuk keperluan lain, realme juga menyisipkan kamera ultrawide 8MP dan lensa makro 2MP. Satu lagi, realme 11 Pro+ 5G didukung kamera Sony 32MP dengan lensa sudut lebar 90 derajat untuk hasil selfie yang bisa diandalkan.

Oh ya, perangkat ini juga didukung algoritma berbasis AI yang bisa membuat hasil jepretan menjadi lebih optimal dan terlihat istimewa dalam berbagai kondisi cahaya dan situasi.

Dilengkapi Tetra2pixel Technology, Super QPD Autofocus hingga  HyperShot Imaging Architecture 2.0 hingga AI Scene Enhancement.

Bahkan realme menggandeng Lonely Planet sebagai Global Photography Partner untuk menghasilkan filter menarik (Cinematic, Crisp, dan Tranquil) dan watermark edisi khusus.

Saat pengujian, kami mencoba beberapa mode kamera andalan seperti Street Photography Mode 4.0. Di dalamnya ada fitur menariknya juga yaitu Auto Zoom.

hasil kamera
hasil kamera

Kemudian kami mencicipi 200MP Mode untuk foto dengan resolusi tinggi dan tak ketinggalan menjajal 4x Lossless Zoom yang menjadi andalan perangkat ini.

hasil kamera 3
hasil kamera 4x zoom

Dalam berbagai kondisi pencahayaan, hasilnya ternyata memuaskan. Baik dalam kondisi dalam ruangan maupun luar ruangan foto bisa menangkap banyak detail, kontras yang menjanjikan dan warna yang atraktif.

BACA JUGA
realme C65: Smartphone Unggulan dengan Jaminan Performa 4 Tahun Tanpa Lag

realme 11 Pro+ 5G juga menyuguhkan pilihan mode kamera yang menarik mulai dari Super NightScape untuk memotret di malam hari. Ada juga Moon Mode dimana pada jarak fokus di atas 10x, algoritma AI Scene Recognition pada realme 11 Pro+ 5G akan mampu mendeteksi penampakan bulan.

Ada mode Handheld Starry Sky Mode yang dilengkapi teknologi First StarLight Algorithm dan Super OIS.

Pada mode ini, realme 11 Pro+ 5G dapat memotret langit berbintang yang terang dan jelas melalui Dynamic Exposure Adjustment, AI Multi-frame Noise Reduction, dan Star Alignment Algorithm. Kedua fitur ini merupakan yang pertama hadir di smartphone realme. 

night mode
mode malam
mode malam 2

Smartphone ini juga cukup stabil untuk merekam video. Didukung dengan kemampuan rekam video 720p hingga 4K dengan opsi hingga 60fps. Ada juga fitur video yang juga bisa kita gunakan untuk berkreasi seperti slow motion hingga hyperlapse.

Rancangan Bodi

realme menyebutkan jika seri ini membawa premium lychee vegan leather design dengan tekstur mewah. Dan memang teskturnya sangat mewah dengan detil yang premium. Ada dua pilihan warna Sunrise Beige dan Oasis Green.

Kebetulan kami memegang warna Sunrise Beige. Oh ya, tampilan produk ini adalah hasil kerja realme Design Studio, bersama dengan Matteo Menotto, mantan desainer grafis dan tekstil Gucci.

Menurut kami output kerjasama ini cukup atraktif. Desain Sunrise Beige yang terinspirasi jalanan perkotaan saat matahari terbit terlihat elegan dalam balutan konsep leather berwarna kuning pucat.

desain

Bodi belakangnya memiliki pola jahitan 3D buatan tangan dengan efek realistis bertekstur membuatnya terlihat modis. Sekaligus menjadikan tampilannya terlihat mewah layaknya smartphone flagship..

Kreasi modul kamera belakangnya pun unik dengan bentuk membulat besar di bagian tengah atas. Ini membedakannya dan membuatnya unggul dari seri menengah lain di pasaran.

Desain layar melengkung pada panel depan memberikan pengalaman bezel-less yang nyaman saat dipegang. Area layar sentuh ini menyematkan punch hole di bagian depan.

Pada ruas samping kanan terdapat tombol power dan volume. Sedangkan bagian bawah berisi corong mic, port USB type-C, kisi-kisi speaker, dan dual SIM tray.

Lebih jauh lagi, dari segi durabilitas, realme 11 Pro+ 5G sudah melewati 320+ pengujian yang ketat untuk menjamin kualitas ketahanannya.

Display

realme 11 Pro+ 5G ini memboyong teknologi layar yang cukup impresif di kelasnya. Secara tampilan terlihat premium berkat layar lengkung 6,7 inci berbasis OLED display dengan  0.65mm second-generation tempered high-strength protective glass.

display

Menariknya lagi, HP realme ini mengedepankan 2160Hz Curve Vision Display yang mengantongi dimming frequency tertinggi di industri. Frekuensi peredupan meningkat 4,5 kali lipat, akurasi warna tetap maksimal dalam cahaya gelap dan mengatasi masalah flicker pada kecerahan rendah.

Kemudian layar lengkungnya memiliki proporsi layar 93,65% dengan bezel tipis dengan dukungan refresh rate 120Hz yang sangat memanjakan mata. Juga dilengkapi dengan TÜV Rheinland Low Blue Light Certificate untuk perlindungan mata.

Display luas, nyaman di mata, smooth, dengan transisi halus dan cepat pada perangkat ini cocok buat kita yang menyukai streaming, nonton film ataupun bermain game. Disempurnakan dengan HyperVision Mode untuk meningkatkan kualitas gambar video.

BACA JUGA
TECNO SPARK 20 Pro+ Memenangkan Platinum Winner di MUSE Design Award 2024

Lebih jauh lagi, seri ini dibekali tampilan 1,07 miliar warna, 100% P3 wide color range, resolusi 2412×1080 FHD+, 5000000:1 contrast ratio, 360Hz touch sampling rate hingga 1260Hz instantaneous sampling rate. Juga sudah mendapat sertifikasi HDR 10+.

Tak ketinggalan 16x Touch Resolution, resolusi sentuh tertinggi di industri, dapat dengan cepat merasakan posisi jari pengguna sehingga bidikan di game FPS jadi lebih mantap dan akurat.

Di bawah paparan sinar matahari langsung, panel displaynya bisa tetap terlihat optimal menggunakan kecerahan otomatis. Ini berkat dukungan kecerahan hingga 800 nits, kecerahan puncak hingga 950 nits, sunlight screen dan 20000-level brightness adjustment.

Baterai

Dengan dukungan 100W SUPERVOOC, baterai 5000mAh pada smartphone ini bisa mencapai kapasitas 100% dalam waktu 26 menit. Dalam kondisi darurat, kita bisa mengisi 17% dalam waktu charging hanya 3 menit.

Baterainya sendiri bisa bertahan seharian lebih dalam pemakaian normal. Secara teknis perangkat ini mendukung 29,09 jam telepon, 404,88 jam siaga biasa, 23,36 jam mendengarkan musik, 18,86 jam menonton video, dan 8,29 jam bermain game.

Satu hal menarik, realme 11 Pro+ 5G merupakan perangkat yang didukung dengan pengisian daya Flash Charge GaN 100W pertama di segmen harganya.

realme melengkapinya dengan full-link GaN dari adaptor ke smartphone. Kepala pengisi daya GaN 100W berukuran kecil tapi memiliki pembuangan panas dan pengisian daya cepat. Dilengkapi juga kabel Class 6 energy efficiency cable dengan efisiensi konversi pengisian daya lebih tinggi

Selain pengisian daya cepat, realme 11 Pro+ 5G juga dilengkapi dengan 38 level keamanan untuk memastikan keamanan pengisian daya tinggi dari pengisi daya, kabel data, port pengisian daya smartphone ke sel baterai.

Untuk memberikan kenyamanan lebih, opsi pengisian daya dapat ditingkatkan dalam berbagai suasana. Melalui Extreme Cold Mode, Long-Term Charging Protection, Charging Speed for Aging Battery, Battery Health Tracking, dan fitur lainnya.

Performa

Bicara sektor dapur pacu, unit review realme 11 Pro+ 5G ini membenamkan chipset Dimensity 7050 5G. Chipset ini sudah mendukung jaringan 5G untuk memberikan jaminan internet cepat dan juga performa yang powerful di kelasnya.

Mengintip jeroannya, SoC besutan Mediatek ini memiliki CPU dengan 2 inti Cortex A78 dan 6 inti Cortex A55. Masing-masing mengandalkan clockspeed maksimal 2,6 GHz dan 2,0 GHz. Sementara pengolah grafis atau GPU-nya menggunakan Mali-G68 MC4.

Chipset ini termasuk irit daya karena dibangun dengan fabrikasi 6 nm (TSMC). Didukung 12GB+12GB Dynamic RAM. Sayangnya, tak tersedia slot untuk memori eksternal. Tapi dengan memori internal bawaan berkapasitas 512GB hal ini tak jadi masalah.

Skor AnTuTu yang berhasil diraih adalah 566.479. Adapun skor GeekBench 6 di skenario single-core serta multi-core secara berurutan yakni 956 dan 2213.

benchmark

Performanya cukup bagus. Tak ada gangguan lag atau hang saat pemakaian sehari-hari. Untuk penggunaan basic secara umum masih aman. Game 3D standar seperti PUBG, Mobile Legends bisa dimainkan tanpa ada masalah.

BACA JUGA
Review Samsung Galaxy A35 5G: HP Tahan Air dengan Kamera Mumpuni

Fitur Lain

Buat para fans realme, kalian bisa tersenyum puas karena realme 11 Pro+ 5G ini sudah mengantongi realme UI 4.0 dan Android 13. Sejauh ini antarmuka baru tersebut terasa lebih ngebut, smooth dan transisinya sangat halus dengan grafis dan animasi lebih atraktif.

Dilengkapi fitur cerdas seperti Adaptive Sleep, Smart Notification Hiding, Attenuated Incoming Call Ringtone Under Gaze, Smart AOD playlist, Personalized Sticky Note Doodles. Opsi kustomisasi dan personalisasi lebih kaya.

Untuk konektivitas, dibenamkan WiFi 6 dan Bluetooth 5.2. Buat security kalian sudah dimanjakan dengan in-display fingerprint sensor dan face unlock wajib disorot. Fitur-fitur di atas merupakan yang pertama kali dicoba. Semuanya bisa bekerja maksimal, cepat dan responsif.

Unit review realme 11 Pro+ 5G ini juga membenamkan 360 derajat NFC. Dengan susunan antena ganda dapat meningkatkan area sentuh kartu sebesar 40%, dan jarak pemindaian kartu sebesar 10% dibandingkan dengan NFC tradisional.

Pada bagian audio, Dual Speaker dengan Dolby Atmos dan Hi Res Two-factor Authentication dapat memberikan efek suara yang luar biasa saat menonton film atau mendengarkan musik.

Kemudian tak ketinggalan hadirnya teknologi Tactile Engine 2.0. Untuk memberikan kenyamanan saat mengetik, mengambil foto, atau memainkan pertempuran sengit dalam game.

spesifikasi realme 11 pro+ 5G

Kelebihan dan Kekurangan realme 11 Pro+ 5G

Ada beberapa kelebihan realme 11 Pro+ 5G yang cukup menarik. Paling pertama adalah kemampuan kameranya yang bisa mewakili kebutuhan banyak segmen melalui berbagai fitur variatif dan handal.

Dukungan resolusi besar, Super OIS, mode kamera yang atraktif menjadi modal bagus untuk digemari. realme membawa pengalaman smartphone photography lebih baik melalui smartphone ini.

Kelebihan lain ada di sektor eksterior, dimana realme 11 Pro+ 5G membawa desain mewah dan premium digabung dengan desain curve dan tampilan fashionable. Baterai juga menjadi sektor menarik berkat 100W SUPERVOOC dan adapter Flash Charge GaN 100W.

Sementara untuk minornya, kami sedikit was-was soal display curve yang rentan terkena benturan. Namun begitu, realme sudah menyiasatinya dengan melakukan berbagai pengujian terhadap smartphone ini, serta menyediakan screen protector bawaan.

Solusinya juga bisa dengan menggunakan casing pelindung tambahan. Oh, ya perangkat ini juga tidak menyediakan slot buat kartu memori lho. Tapi sebenarnya tak terlalu jadi persoalan karena kapasitas memori internalnya sudah sangat besar.

Nah itu dia kelebihan dan kekurangan utama realme 11 Pro+ 5G yang menurut kami layak disorot. Bagaimana? Tertarik membelinya?

Harga realme 11 Pro+ 5G

realme 11 Pro+ 5G disokong dengan berbagai kelebihan yang membuatnya layak dikatakan membawa upgrade yang signifikan dibanding pendahulunya, bahkan smartphone lain di rentang harga yang sama.

Sebagai smartphone flagship kelas menengah, seri ini dibanderol seharga Rp 6.899.000 untuk memori 12GB/512GB dan mulai bisa dibeli di ecommerce dan mulai tanggal 25 Juli melalui Flash Sale.

realme 11 Pro+ 5G ditawarkan dengan bundling kuota 50GB post-paid Indosat, realme Buds T100, dan realme Care+.

Shares: