Home Best of The Month Review POCO F4 GT, HP Spesial Buat Para Gamers

Review POCO F4 GT, HP Spesial Buat Para Gamers

review poco f4 gt

review1st.com – Unit review POCO F4 GT, seri terbaik dari lini smartphone flagship POCO akhirnya mendarat di meja redaksi. Dengan tema ‘Fearless’ yang diusungnya, perangkat ini berani menawarkan gebrakan baru buat para gamers.

Dalam sebuah sesi jumpa pers, POCO F4 GT diklaim bisa menjadi pilihan terbaik bagi penggunanya. Smartphone ini bisa diberdayakan untuk meningkatkan produktivitas, gaming, multitasking, maupun fotografi.

Nah, review POCO F4 GT kali ini menjadi ajang pembuktikan apakah kinerja, performanya sesuai dengan klaim di atas. Sekaligus kita bongkar juga kelebihan dan kekurangan smartphone ini.

Review POCO F4 GT, HP Spesial Buat Para Gamers

Review POCO F4 GT

Mengusung embel-embel sebagai smartphone flagship, perangkat ini tentu saja dijejali spesifikasi racikan istimewa dari sang vendor. Tapi sebelum memulai ulasan lengkapnya, kita unboxing dulu HP POCO terbaik ini:

Dusnya dibuat dari material berkualitas dengan konsep desain berwarna kuning yang atraktif. Saat dibongkar, kami menemukan 120W Hyper-Charge adapter, kabel data Type-C dengan desain L-shape.

Unit review POCO F4 GT yang kami keluarkan dari dus dibalut warna Stealth Black. Tapi sebenarnya ada opsi warna lain seperti Cyber Yellow dan Knight Silver.

kelebihan dan kekurangan poco f4 gt

Selanjutnya kami juga menemukan buku panduan singkat dan kartu garansi, SIM Card Ejector, soft case transparan, adapter audio dari type C ke port 3.5mm.

Itu saja yang kami temukan dalam paket pembeliannya. Lumayan lengkap sih. Sekarang saatnya kita ulas lebih jauh aspek penting dan spesifikasi POCO F4 GT ini. Yuk!

Performa POCO F4 GT

POCO mempersenjatai POCO F4 GT dengan prosesor octa-core 5G tercanggih Snapdragon 8 Gen 1. Sudah melalui proses fabrikasi 4nm serta disokong clockspeed 3.0 Ghz.

Soal performa tak perlu dipertanyakan lagi. Di atas kertas, tercatat jika chipset terkuat ini mempunyai prosesor yang menghasilkan performa CPU 20% lebih cepat dan peningkatan performa GPU hingga 30%.

Jadi saat pengujian, kami tak bisa memungkiri keistimewaan performa dan kinerja. Sudah jelas ngebut dan minim lag. Tak ada indikasi tersendat atau lag.

Semua aspek operasional bekerja maksimal. Mulai dari transisi antar menu, pergerakan layar, eksekusi aplikasi dan game berjalan smooth.

Aktivitas multi tasking tak ada masalah, meski kita membuka banyak aplikasi sekaligus. Apalagi seri ini didukung Android 12 dan antarmuka MIUI 13.

Pengalaman penggunaan dengan berbagai skenario, misalnya sebagai dailydriver, nonton streaming hingga digempur game berat masih tetap memuaskan.

Tak ada panas saat digeber game berat sekalipun. Mungkin berkat CyberEngine super wideband X-axis linear motor, dan LiquidCool Technology 3.0.

BACA JUGA
#POCOnyaPromo Kemerdekaan Ke-77 RI POCO F4 dan POCO F4 GT

Ya, sistem penyebar panas paling canggih dengan VC ganda 4.860mm2 pada POCO F4 GT ini memungkinkannya bisa tetap stabil dan selalu berada dalam performa puncak. Smartphone tetap adem sehingga kerjanya tetap bagus.

Dalam hal memori, unit review POCO F4 GT yang kami uji memiliki RAM 12GB LPDDR5 dengan kecepatan hingga 6.400Mbps, bisa ditambah memori virtual 3GB. Juga mengantongi 256GB UFS 3.1 ROM dengan peningkatan kecepatan hingga 25%.

Artinya, buat kalian yang gemar menumpuk aplikasi dan game, menyimpan film, video dan macam-macam file, kapasitas memorinya sudah aman buat menampungnya.

Hanya saja, POCO memangkas slot microSD di smartphone ini, jadi kalian tak bakal bisa menambah memori eksternal.

Untuk Antutu benchmark, smartphone ini mencatatkan skor 921634. Sementara raihan skor Geekbench di aspek multi core meraih nilai 3343 dan single core meraih angka 1181.

antutu poco f4 gt

Fitur Spesial

Pertama kalinya POCO F4 GT menghadirkan L1+R1 trigger, yang mampu memberikan pengalaman mengontrol dengan tingkat presisi yang tinggi.

Meski POCO tidak mengklaimnya sebagai smartphone gaming, namun fasilitas ini membuatnya jadi powerful buat dipakai bermain game.

Keunikan L1+R1 Trigger buat pro-player gameplay adalah response lebih cepat, less display blocking. Dengan 1st CyberEngine X-axis linear motor.

Pop up trigger ini didesain dengan teknologi magnetic levitation technology yang sanggup melewati 1,5 juta tekanan dengan mudah, dan telah melalui pengujian di lebih dari 100 game populer.

Saat bermain game dengan unit review POCO F4 GT memang sangat membantu. Trigger ini mampu memberikan pengalaman mengontrol dengan tingkat presisi yang tinggi.

Dipakai bermain PUBG misalnya, mempermudah jari kita saat gameplay. Kita bisa melakukan customize, misal menjadikan trigger sebagai tombol menembak dan scope. Asyik sih.

harga poco f4 gt

Dalam kondisi normal, L1+R1 triggers juga dapat digunakan menjadi shortcut untuk mengaktifkan kamera, video recording, atau lampu kilat

Disamping itu, POCO F4 GT juga menyediakan fitur gaming turbo performance untuk semakin meningkatkan kemampuan smartphone saat bermain game.

Fitur spesial lain, POCO F4 Pro dilengkapi Symmetrical quad speakers, Dolby Atmos, dengan Hi-Res Audio certified, Hi-Res Audio Wireless certified. Juga mempunyai Quad speaker dolby dengan 3 mic setup.

Lebih jauh lagi, POCO F4 GT sudah dibenami dengan NFC, side fingerprint sensor dengan AI Face Unlock. Dan tak ketinggalan IR blast yang bisa mengubah perangkat jadi remote control peralatan elektronik di rumah.

Kamera

kamera

Dari sisi kamera, unit review POCO F4 GT didukung 64MP main camera dengan sensor Sony IMX686 berukuran 1/1.73″ dengan aperture: ƒ/1.9 , 8MP ultra-wide camera, dan 2MP macro camera.

BACA JUGA
Rasakan Audio Yang Bombastis Dari Razer Leviathan V2 X PC Terbaru

Sementara kamera depan dilengkapi 20MP front camera dengan sensor Sony IMX596. Secara teknis, kualitas yang ditawarkan dalam urusan imaging sangat jempolan.

Fitur otomatis pada kamera utamanya bisa memproduksi foto outdoor dengan komposisi warna dan pencahayaan seimbang. Dalam kondisi low light atau malam, tetap bisa mengoptimalkan outputnya.

Hasil panoramic dan lebih estetik bisa diciptakan kamera ulltra-wide. Karena memilikinsudut bukan lensa hingga 120°. Buat foto jarak dekat ada macro camera dengan aperture: f/2.4.

Kualitas kamera depannya pun sangat baik. Untuk foto indoor, outdoor hingfa low light, 20MP front camera dengan sensor Sony IMX596 dan aperture f/2.4 tak bakal mengecewakan.

Buat rekam video, pengguna bisa merekam video mulai dari 720/30 fps hingga kualitas 4K/60fps didukung stabilisasi OIS.

Rekam videonya bahkan bisa dipercantik dan menghasilkan video bokeh. Ada juga fasilitas video pendek, vlog serta dual video.

Hasil Foto:

hasil foto
Mode 64MP
hasil foto
Wide Angle lens
hasil foto
Wide angle lens
hasil foto
Mode portrait
hasil foto
Mode Makro
Auto outdoo
r
Night mode
Night mode
Auto indoor
Selfie: Portrait vs Auto

Baterai POCO F4 GT

baterai

Bicara soal baterainya, unit review POCO F4 GT ini hadir dengan dukungan baterai dual-cell berkapasitas 4700mAh. Nah yang membuat istimewa, ia didukung 120W HyperCharge, pertama di keluarga POCO.

Tak hanya itu, seri ini juga ternyata membenamkan teknologi MTW (Multiple Tab Winding), yang membuat pengisian daya tetap efisien pada saat bermain game.

Teknologi AdaptiveCharge meminimalkan jumlah waktu yang dibutuhkan baterai dalam kondisi 80-100% pada saat overnight charging, sehingga baterai menjadi lebih awet.

Keamanan pengisian ulang baterai juga ditingkatkan melalui 53 perlindungan keamanan yang disematkan pada baterai dan sistem pengisian daya.

Smartphone ini bisa bertahan seharian buat pemakaian kasual atau basic harian. Yang lebih menarik, saat baterai habis, POCO F4 GT hanya membutuhkan waktu sekitar 17 menit saat dicas dalam kondisi nol hingga 100%.

Display

display

Buat layarnya, POCO F4 GT memberikan pengalaman visual kelas flagship dengan display 6.67” flat AMOLED. Memiliki brightness 800nits (typ), touch sampling rate 480Hz, dan refresh rate 120Hz.

Dilengkapi dengan 10-bit TrueColor Display, warna yang dihasilkan lebih hidup dan nyata hingga satu miliar warna, dan disetel secara presisi.

Ada juga high frequency PWM dimming mampu melindungi mata tanpa mengorbankan akurasi warna dalam kondisi cahaya rendah.

Semua kombinasi ini menurut kami sudah lebih dari cukup untuk memberikan pengalaman terbaik. Baik buat pengguna biasa maupun gamers.

BACA JUGA
Review ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

Tak ketinggalan layar POCO F4 GT ini sudah diproteksi salah satu perlindungan layar terkuat, Corning Gorilla Glass Victus. Tapi kalau bisa sih tetap pasang anti gores terpisah kalau kalian ingin merawatnya dengan baik.

Rancangan Bodi

poco f4 gt

Meski orientasinya pada performa dan harga, tapi POCO F4 GT ini tak mau begitu saja mengesampingkan soal desain.

Rancangan bodi tetap dibuat premium meskipun form factornya standar dalam balutan material polikarbonat pada panel belakangnya. Frame dibuat kokoh dari elemen solid.

Penampakannya mewah dengan konsep ala perangkat gaming. Rumah kamera di sudut kiri atas diracik dalam kotak persegi berdesain atraktif.

Bagian bawah ditanami port USB Type-C, mic dan grill speaker. Sementara di ruas kiri ada SIM tray, tombol volume dan mic.

Pada ruas kanan, ada tombol power sekaligus sensor sidik dan trigger L1 + R1. Terakhir di bagian atas ada grill speaker, mic

Harga POCO F4 GT

POCO F4 GT warna Stealth Black, Knight Silver, dan Cyber Yellow juga bisa didapatkan dalam satu varian tertingginya 12/256GB mulai dari Rp. 8.999.000.

Semua perangkat ini sudah bisa didapatkan melalui di PO.CO.ID dan berbagai official store POCO Indonesia di Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, JD.ID, dan Akulaku.

Selain itu juga bisa didapatkan secara offline di POCO Store dan mitra penjualan resmi POCO di Xiaomi Store, Xiaomi Shop, Urban Republic, dan Erafone.

Kelebihan dan Kekurangan POCO F4 GT

POCO konsisten menghadirkan produk yang diklaim mempunyai performa ekstrem dan harga ekstrem. Tapi semua hal ini tetap berujung pada kelebihan dan kekuranganya.

Dan seperti biasa, ini adalah aspek terakhir sebelum kalian memutuskan membelinya. Kalian wajib tahu apa saja kelebihan dan kekurangan POCO F4 GT.

Kelebihan paling menonjol menurut kami ada di sisi performa dan baterai serta pendukungnya. Dengan harga tak sampai 10 juta, seri ini punya prosesor terbaik dan memori besar.

Tak hanya itu, untuk menunjang kinerja gaming, bahkan vendor menyematkan tombol khusus L1+R1. Memorinya pun superior dengan RAM 12GB dan internal 256GB.

Di sektor baterai, kapasitasnya sudah cukup besar dan dilengkapi HyperCharge 120W. Pengecasannya sudah pasti maksimal.

Kekurangan POCO F4 GT yang kami perhatikan adalah ketiadaan slot microSD. Sehingga kita tidak bisa melakukan ekspansi memori.

Untuk kamera dan display, kami rasa sudah cukup powerful. Mungkin yang agak disayangkan, vendor tidak menambahkan lensa telephoto untuk memperkuat konfigurasi kameranya.

REVIEW OVERVIEW
Desain
Display
Performa
Kamera
Baterai
Previous articleOPPO Gelar Kampanye #77PortraitAnakBangsa
Next articleTelkomsel Hadirkan Kenyamanan Konektivitas Digital Untuk Rangkaian G20 di Bali
review-poco-f4-gt review1st.com - Unit review POCO F4 GT, seri terbaik dari lini smartphone flagship POCO akhirnya mendarat di meja redaksi. Dengan tema 'Fearless' yang diusungnya, perangkat ini berani menawarkan gebrakan baru buat para gamers. Dalam sebuah sesi jumpa pers, POCO F4 GT diklaim bisa menjadi pilihan...