Home Gadget Review Oppo Enco Buds: Solusi Earbuds Powerful Harga Terjangkau

Review Oppo Enco Buds: Solusi Earbuds Powerful Harga Terjangkau

review oppo enco buds


review1st.com – Earphone nirkabel semakin familiar dan mulai dikenali pasar. So, hal yang alamiah jika vendor berlomba merilisnya termasuk OPPO yang menghadirkan Enco Buds.

Dan seiring perkembangannya, wearables device seperti earbuds atau TWS terus mengupgrade kualitas audio dan daya tahan baterai. Juga penyempurnaan di berbagai aspek.

Nah, apakah OPPO juga melakukan ini pada Enco Buds? Kebetulan di meja redaksi sudah ada unit review OPPO Enco Buds (2021). Datang dalam kemasan dus kotak berwarna putih dengan desain minimalis modern. Yuk langsung saja kita simak ulasannya.

box kemasan

Review OPPO Enco Buds

Sebagai gadget atau perangkat yang mengandalkan Bluetooth sebagai sarana koneksi, ada beberapa masalah yang kerap menghantui seperti latensi, daya tahan baterai dan kualitas audio. Apakah perangkat ini bisa mengatasi problem tersebut?

Untuk mengetahui jawabannya kita langsung lanjut simak review OPPO Enco Buds. Tapi sebelumnya, kita akan melakukan unboxing terlebih dahulu. Apa saja sih isi yang ada dalam kotak persegi panjang ini.

Dalam paket penjualannya, kami menemukan charging case berdesain ala kapsul bulat lonjong berwarna putih di dalamnya terdapat earbuds, kemudian buku panduan serta eartips yang bisa kita ganti sesuai dengan ukuran telinga.

unboxing

Desain Earbuds

Dilihat dari eksterior, desain charging case cukup familiar dengan bentuk seperti kapsul bulat lonjong. Ukurannya masih aman masuk saku. Sementara buat earbudsnya punya desain khas, mungil dan atraktif.

Di penampang bagian luar masing-masing earbuds terdapat area sentuh yang menjadi kontrol utama buat menjalankan berbagai fungsi. Mulai dari mengatur volume, hingga playback, pause saat menyetel musik. Respon terhadap sentuhan cukup baik.

desain oppp enco buds

Terdapat juga lubang mikrofon. Sementara di area dalam earbuds tertanam dua pin charging untuk mengisi daya melalui case-nya. Juga penanda penggunaan earbuds berupa simbol L (kiri) dan R (kanan) saat dipasang di telinga.

BACA JUGA
Berkolaborasi dengan Maison Kitsuné, Galaxy Watch4 dan Galaxy Buds2 Hadir di Indonesia

Kami memakai eartips bawaan dan memasang earbdus ke rongga telinga. Ternyata saat terpasang benar-benar fit dan langsung menancap dengan baik. Stabil dan tak goyah.

Tapi buat yang merasa belum cocok memakai eartips bawaan mungkin bisa mencoba ukuran lain yang tersedia sehingga pas buat rongga telinga kalian. Unit review OPPO Enco Buds sudah menyertakan 3 ukuran eartips kok, yaitu S, M, L.

Soal daya tahan, unit review OPPO Enco Buds mengantongi rating tahan debu dan air IP54. Lumayan sekedar kena keringat atau percikan air sih aman. Tapi beda soal ya dengan charging case-nya karena tak punya sertifikasi serupa.

Charging Case

harga opppo enco buds

Charging Case Enco Buds dirancang dalam bentuk kapsul dengan bagian membulat di sudut-sudutnya. Dan, unit ini memiliki fungsi sebagai sebagai charging dock dari earbuds. Simpan earbuds di dalamnya dan ia akan mengecasnya secara otomatis.

Nah case ini memiliki port USB type C dan juga lampu indikator. Saat OPPO Enco Buds 2021 ada di dalamnya, si lampu indikator akan memberikan informasi level baterainya. Dalam keadaan tanpa earbuds, indikator akan menunjukkan level baterai case itu sendiri.

Buat informasi saja, indikator merah menandakan daya lemah, kuning pertanda masih cukup ada daya. Sementara jika indikator hijau berpendar maka menunjukkan bahwa daya penuh.

Performa & Kontrol

kontrol earbuds

Koneksi bluetooth dari unit review OPPO Enco Buds ini termasuk mudah dan cepat. Kalian bisa langsung melakukan pairing tanpa ribet. Saat pertama kali, buka case dengan posisi earbuds di dalam.

Nah, setelah earbuds masuk dalam mode pairing, nyalakan bluetooth di HP, pilih “OPPO Enco Buds” setelah terhubung, selanjutnya earbuds akan terkoneksi otomatis ke perangkat kita setiap bluetooth aktif dan earbuds dipakai. Buat pengaturan lebih lengkap bisa pula install aplikasi HeyMelody.

OPPO Enco Buds mengadopsi teknologi Bluetooth 5.2, yang mendukung transmisi Bluetooth binaural low-latency. Hal ini mengurangi masalah interferensi sehingga koneksi koneksi yang dibangun menjadi lebih cepat dan stabil.

BACA JUGA
Spesififikasi Samsung Galaxy Tab S8 Ultra Bocor!

Seperti umumnya earbuds lain, perangkat ini menyediakan kontrol sentuh di bagian mukanya. Masing-masing buds kiri dan kanan memiliki penampang yang responsif terhadap sentuhan.

Beberapa fungsi standar antara lain, tap atau ketuk satu kali pada area sentuh bisa pause atau play musik. Tap sekali kemudian ditahan, kita bisa menaikan dan menurunkan volume.

Sementara tap dua kali membawa ke track atau pilihan berikutnya saat memutar lagu atau video. Juga berfungsi menjawab telepon masuk.

Selanjutnya jika diketuk 3 kali, OPPO Enco Buds memasuki mode gaming. Latensinya lebih rendah, jadi bisa meminimalisir delay audio saat bermain game. Mode gamenya memiliki latensi super-rendah 80 ms, yang artinya mengurangi delay dan meningkatkan sinkronisasi audio-visual saat bermain game.

Kualitas Audio

kualitas audio oppo enco buds

Kualitas audio unit review OPPO Enco Buds ini ternyata cukup istimewa. Bahkan, diadukan dengan earbuds generasi lama keluaran brand ternama yang harganya jauh lebih mahal, output audionya lebih powerful dan lebih nyaring.

Kualitas audio OPPO Enco Buds terdengar jernih dengan suara bass yang berdentum berkat penggunaan koil bergerak 8 mm. Secara umum, semakin besar ukuran koil bergerak, semakin baik kinerja frekuensi rendah.

Semburan audio OPPO Enco Buds terdengar jernih dengan suara bass yang berdentum berkat penggunaan koil bergerak 8 mm. Secara umum, semakin besar ukuran koil bergerak, semakin baik kinerja frekuensi rendah.

Selain output audio untuk sarana hiburan, kualitas mikrofon dan audio yang terdengar oleh lawan bicara saat dipakai bertelepon pun cukup baik.

Unit review OPPO Enco Buds sudah mendukung AAC ( ), protokol transmisi audio definisi tinggi dengan tingkat pengkodean audio tinggi yang mempertahankan lebih banyak detail suara untuk kualitas suara yang lebih baik.

Untuk mengurangi kebisingan, Enco menggunakan algoritma cerdas berbasis model DNN (Deep Neural Nets). Cara kerjanya, suara Anda akan diekstraksi dengan tepat dari kebisingan latar belakang selama panggilan.

Kebisingan latar belakang terutama mengacu pada kebisingan keadaan tunak (steady), yang tingkatnya tidak berubah lebih dari 5 dB di tempat tertentu dan selama waktu tertentu, seperti misalnya kebisingan lalu lintas atau kereta bawah tanah.

BACA JUGA
7 Mouse Gaming Wireless Terbaik Spek Bagus November 2021

Baterai

kelebihan dan kekurangan oppo enco buds

Setelah melakukan pengujian selama beberapa hari, daya tahan baterai unit review OPPO Enco Buds ini cukup baik. Setidaknya sudah bisa memupus stigma earphone wireless yang boros baterai. Gadgwt ini memiliki daya tahan baterai hingga 24 jam.

Pengisian daya 15 menit memungkinkan Anda memutar musik selama satu jam. Sementara pengisian daya pada level 50% setara dengan 6 jam mendengarkan musik terus menerus.

Pengisian penuh earbuds menggunakan case sendiri membutuhkan waktu 2,5 jam. Sementara untuk pengecasan sendiri kita bisa memakai kabel USB-C.

Kesimpulan & Harga OPPO Enco Buds

harga & spesifikasi oppo enco buds

Harga OPPO Enco Buds Dilepas secara daring di Shopee dengan harga Rp 599.000. Menilik harganya yang tergolong ringan di kantong, OPPO Enco Buds hadir dengan persembahan menarik. Aspek utama seperti kualitas audio, daya tahan baterai dan performa cukup memuaskan.

Spesifikasi OPPO Enco Buds (2021):

  • Model: ETI81
  • Model case pengisi daya: ETI82
  • Kualitas audio
  • Driver: Driver dinamis 8 mm
  • Sensitivitas driver: 100,6 dB @ 1 kHz
  • Rentang respons frekuensi: 20 Hz – 20 kHz
  • Bluetooth
  • Codec Bluetooth: AAC / SBC
  • Versi Bluetooth: 5.2
  • Jarak Bluetooth: 10 m
  • Daya Tahan Baterai
  • Jenis baterai: Sel Li-ion yang dapat diisi ulang
  • Kapasitas baterai: 40 mAh (Earbud) / 400 mAh (Case Pengisian Daya)
  • Waktu mainkan musik (50% volume): 6 jam (sekali pengisian) /24 jam (dengan Case Pengisian Daya)
  • Waktu berbicara (50% volume): 4 jam (sekali pengisian) / 15 jam (dengan Case Pengisian Daya)
  • Pengisian
  • Waktu pengisian: 120 menit (Earbud) / 150 menit (Earbud + Case Pengisian Daya)
  • Port pengisian daya: USB Tipe-C
  • Tahan air dan debu
  • Tahan debu & air (Earbud): IP54
  • Berat: 4,0 g/Earbud, 37,0 g/Case Pengisian Daya, 45,0 g/Headphone
  • Ukuran (Case Pengisian): 67,0 mm * 40,4 mm * 27,2 mm
  • Ukuran (Earbud): 22,2 mm * 19,6 mm * 22,7 mm

Previous articleSamsung Galaxy A32 5G, Makin Awesome Maksimalin Hobi Kamu!
Next articleYang Bisa #SobatMegangBanget Lakukan dengan Baterai Super Besar
Ordinary man in this extra ordinary world.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here