review1st.com – Metaverse akan kita review secara lengkap demi menjawab salah satu topik paling hangat diperbincangkan di seluruh dunia sejak akhir tahun 2021 lalu dan semakin booming seiring waktunya.

Metaverse adalah istilah yang merujuk pada dunia virtual 3D yang memungkinkan kita melakukan segala macam aktivitas di sana layaknya kehidupan nyata berkat bantuan teknologi canggih.

Namanya pun semakin trending setelah Mark Zuckerberg mengumumkan penggantian nama perusahaan teknologi miliknya, Facebook, menjadi Meta yang terinspirasi dari nama jagad semesta maya baru tersebut.

Apa itu Metaverse?

Metaverse adalah dunia komunitas virtual yang dibangun saling terhubung satu sama lain, di mana orang dapat bertemu, bekerja, dan bermain, bahkan bertransaksi jual-beli layaknya dunia nyata berkat bantuan teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR).

Istilah “metaverse” sendiri bisa ditemukan di beberapa novel Sci-Fi jadul, misalkan saja Snow Crash garapan Neal Stephenson yang rilis tahun 1992, atau yang terbaru seperti Ready Player One karya Earnest Cline di tahun 2011.

Meskipun begitu, konsep dunia komunitas virtual semacam ini sebenarnya bukan hal yang baru. Sejak kemunculan dan perkembangan internet di tahun 1990-an, beragam komunitas online bermunculan lewat beberapa platform media sosial yang eksis saat itu, contohnya AOL Instant Messenger.

Perkembangan internet yang kian pesat juga mendukung kemunculan game-game berbasis dunia virtual, salah satunya yang pertama muncul adalah World of Warcraft yang berjaya pada awal dekade 2000-an.

Saat ini, dunia virtual semakin besar dan menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan manusia. Mulai dari belanja online via situs/aplikasi e-commerce, membuat karya seni, bahkan hingga menonton konser artis terkenal.

Bahkan, pada dunia virtual online sendiri mulai muncul teknologi yang menggabungkan augmented realityvirtual reality, video, avatar holografik 3D, dan sarana komunikasi lainnya.

BACA JUGA
Vivo X100 Series: Memedefinisikan Standar Fotografi Smartphone

Itu sebabnya, metaverse bakal memasukkan seluruh unsur kehidupan manusia ke dalam internet, mulai dari belanja, liburan, fashion, hingga media sosial. Mengingat semuanya akan disatukan ke dalam Metaverse, semua orang bisa menjalani rutinitas virtual layaknya kehidupan sehari-hari.

Bagaimana Cara Kerja Metaverse Crypto?

Cara kerja metaverse tak ubahnya seperti masuk ke dalam dunia virtual yang lengkap. Kamu bisa menemukan banyak sekali unsur kehidupan persis seperti dunia nyata.

Semua ini tentu saja didukung oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih, terutama jaringan internet yang makin cepat dan kompleks dari tahun ke tahun. Tentu saja namanya dunia virtual, metaverse takkan pernah bisa lepas dari internet sebagai akses utamanya.

Selain itu, cara kerja metaverse didukung perangkat yang mumpuni, yakni headphone/headset dan kacamata AR atau VR. Mengingat metaverse sepenuhnya menggunakan dunia AR dan 3 dimensi, keberadaan perangkat ini adalah sebuah kewajiban mutlak jika ingin eksis di metaverse.

Tak hanya itu, diramalkan aneka produk yang mendukung augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) akan makin banyak berada di pasaran, contohnya tangan robot, kacamata VR berteknologi tinggi, hingga aplikasi perangkat lunak terbaru.

Cara Masuk Ke Dunia Metaverse

Kalau kamu sudah tahu sekelumit tentang metaverse, tentunya sekarang kamu penasaran bukan, bagaimana cara untuk masuk ke dunia metaverse yang serba canggih ini?

Berikut Jaka akan memaparkan beberapa langkah yang harus kamu lakukan jika kamu ingin masuk ke dalam dunia metaverse. Simak langkah-langkahnya:

  1. Pilih platform untuk masuk ke platform Metaverse
  2. Pastikan kamu sudah menyiapkan headphone/headset dan kacamata AR atau VR
  3. Daftarkan diri kamu untuk masuk ke platform Metaverse
  4. Jika sudah terdaftar, masuklah ke dunia Metaverse
BACA JUGA
Monitor Gaming dan Bisnis Skyworth oleh Datascrip: Solusi Canggih dengan Harga Terjangkau

Kalau kamu sudah melakukan 4 langkah di atas, kamu sudah bisa menjalani kehidupan virtual yang terasa seperti nyata. Mudah sekali, bukan?

Metaverse dan Dunia Ekonomi Virtual

Nah, pertumbuhan metaverse yang kian besar ini dilirik oleh para investor yang sejak awal tertarik untuk menginvestasikan aset dalam jumlah fantastis di sana. Bahkan, orang-orang bakal bisa membuat NFT sendiri, loh!

Secara khusus, cryptocurrency dan non-fungible token (NFT) diklaim bakal jadi alat pembayaran orang-orang di masa depan. Hal tersebut mengandaikan orang takkan lagi membayar menggunakan uang konvensional yang berbeda antar negara dan seringkali tak stabil.

Tak hanya itu, dinamika perekonomian di metaverse akan semakin jelas terlihat. Bisa jadi, orang akan sibuk membeli baju-baju terbaik untuk karakter avatarnya di dunia maya, atau memilih dekorasi unik di rumah virtualnya.

Ini membuat prospek metaverse nampak menjanjikan di masa depan. Harapannya, umat manusia takkan lagi terpisahkan oleh jarak. Sebaliknya, semua bisa saling menyatu dalam satu semesta yang sama.

Jenis & Contoh Metaverse Terpopuler

Secara garis besar, ada 2 jenis metaverse yang bisa ditemukan di sekitar kita. Yang pertama adalah metaverse yang memungkinkan seseorang untuk membangun lingkungannya dari tingkat paling dasar atau 0.

Metaverse jenis ini menggunakan sistem ekonomi virtual yang belakangan ini sudah terintegrasi dengan baik, yakni cryptocurrency dan non-fungible token (NFT). Kamu bisa membaca ulasan selengkapnya lewat dua banner yang Jaka bagikan di bawah ini.

Berdasarkan pengamatan Jaka, cukup banyak pengguna NFT yang menggunakan platform Decentraland dan The Sandbox sebagai wadah untuk berkreasi sekaligus menjual karya seni mereka kepada para pembeli virtual.

Sementara itu, metaverse yang kedua cenderung lebih reguler dan mudah ditemukan. Hal itu disebabkan konsepnya yang sudah tertanam di berbagai jenis game online. Contohlah saja Roblox, Animal Crossing, bahkan hingga Fortnite.

BACA JUGA
Acer SpatialLabs Eyes Stereo Camera: Merekam Momen dan Pengalaman Terbaik dalam 3D Stereoskopik

Meskipun para developer tidak mendefinisikan game garapan mereka sebagai metaverse, tapi mereka menggunakan prinsip-prinsip yang sama persis seperti yang ditonjolkan metaverse, mulai dari bertemu dan beraktivitas bersama dalam game hingga melakukan transaksi jual beli secara virtual.

Nah, jika kamu masih penasaran dengan contoh metaverse terpopuler dan tercanggih yang saat ini semakin diincar oleh investor kripto, langsung saja cek ulasannya di bawah ini!

1. Decentraland

Decentraland adalah game blockchain pertama yang sukses menunjukkan potensi NFT dan mata uang kripto sebagai penggerak ekonomi dalam permainan. Game ini menawarkan dunia virtual yang bisa dihuni dan dikembangkan oleh pemain.

2. The Sandbox

Metaverse gaming yang dihadirkan dalam The Sandbox memungkinkan pemainnya untuk membeli tanah, membangun gedung di atasnya, lalu menjualnya melalui marketplace NFT. Bahkan, metaverse ini juga memungkinkanmu untuk merancang game sendiri.

3. Axie Infinity

Axie Infinity adalah salah satu pelopor game metaverse dengan popularitas terbesar saat ini. Game NFT yang dikembangkan developer asal Vietnam ini akan mengajakmu untuk mengumpulkan, memelihara, dan mengembangbiakkan monster bernama Axie. Nah, Axie ini bisa dijual dengan harga mahal dalam bentuk NFT, geng!

4. Illuvium

Illuvium adalah game RPG open-world tentang alien yang disebut Illuvials. Di dalam metaverse ini, kamu bisa mengumpulkan, menggabungkan, dan bertarung untuk mendapatkan token $ILV atau bahkan NFT jika kamu beruntung!

5. SecondLive

Berbeda dengan daftar di atas, SecondLive menghadirkan metaverse yang dikemas layaknya sebuah convention. Kamu bisa melihat berbagai komunitas dan platform kripto, serta bertemu dengan para pemain lain secara virtual.

Shares: