Home Laptop Review HUAWEI Matebook D14: Laptop Serbaguna Berdesain Estetik

Review HUAWEI Matebook D14: Laptop Serbaguna Berdesain Estetik

review huawei matebook d14 i3 1115g4

review1st.com – Saat menghadirkan HUAWEI Matebook D14, HUAWEI sudah memahami kebutuhan pasar terhadap laptop serba guna. Pasalnya, seri ini memberikan pilihan terbaik untuk berbagai kalangan mulai dari pekerja kantoran hingga pelajar.

Dibungkus dalam balutan mewah, ergonomis serta performa yang cukup kencang di kelasnya, HUAWEI Matebook D14 mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan mulai dari pekerjaan kantoran, belajar, hingga hiburan.

Nah, di meja redaksi kami sudah memegang unit review HUAWEI Matebook D14 versi Intel Core Gen 11 (i3-1115G4) yang akan hadir untuk pre-order pada 27 Juli 2022 nanti. Selain itu HUAWEI MateBook D14 ini juga hadir dengan versi lain yaitu Intel Gen 11 i5 yang sudah tersedia di pasaran4.

Buat yang penasaran dengan perangkat ini mari kita ulas lebih dalam seperti apa kemampuannya serta kelebihan dan kekurangannya.

Review HUAWEI Matebook D14

HUAWEI Matebook D14 generasi terbaru yang hadir di meja redaksi review1st datang dengan dukungan Intel Core Gen 11 (i3-1115G4) serta grafis Intel UHD. Tak hanya itu, laptop HUAWEI ini dirancang dengan desain premium nan ringkas serta fitur yang cukup lengkap.

Tapi sebelum mulai membahas berbagai aspek penting terkait perangkat ini, kita intip dulu paket penjualan yang disodorkan oleh sang vendor. Di dalam dus kami temukan satu unit laptop, charger adaptor 65W dan kabel data USB type C to Type C. Tak ketinggalan buku panduan dan kartu garansi.

Berikutnya kita ulas satu persatu berbagai aspek penting dari perangkat ini. Yuk kita mulai!

Rancangan Bodi

huawei matebook d14

Dilihat sekilas saja, unit review HUAWEI Matebook D14 berbasis Intel Core Gen 11 (i3-1115G4) yang kami pegang memiliki desain premium dan estetik. Tampilannya atraktif dengan eksterior lipat berkonsep tipis dalam balutan warna silver.

Built quality-nya apik terbuat dari material full aluminium, dalam pegangan terasa solid dan kokoh. Selain itu bodinya yang tidak bulky dan ramping mudah dibawa kemana-mana.

Pihak Huawei mengklaim jika perangkat ini memang dirancang agar tahan banting terhadap berbagai skenario pemakaian. Kualitas material yang bisa meminimalisasi kerusakan akibat benturan dan goresan.

Tak hanya itu, bobot laptop Huawei ini sangat ringan, tak lebih dari 1,5 kg, cocok buat pengguna dengan mobilitas tinggi. Dirancang dengan desain clamshell alias laptop klasik.

Menariknya, kita bisa membuka lipatan laptop dimana engselnya bisa didorong hingga 180 derajat. Selain itu, Huawei juga membenamkan pembaca sidik jari yang diletakkan di ruas kanan keyboard yang sekaligus berfungsi sebagai tombol power.

harga dan spesifikasi huawei matebook d14

Satu lagi catatan pentingnya, demi mengakali bagian atas layar yang bezelnya tipis, Huawei menyembunyikan webcam 720p 30fps di antara tombol F6 dan F7 yang bisa nongol saat ditekan.

BACA JUGA
HP 5G Murah Harga Mulai 2 Jutaan Terbaik di 2022

Minusnya posisi kamera ini mungkin kita tidak bisa langsung berhadapan dengan audiens di laptop saat dengan conference call. Karena kameranya menembak dari bagian bawah, fokus wajah di video dimulai dari bagian dagu.

kamera webcam

Selebihnya, kita akan menemukan aduio dengan dual stereo speaker di bagian bawah bodi. Pada ruas kiri bodi, vendor menyisipkan USB Type C untuk charging, USB 3.1 Gen 1 Type-A serta port HDMI. Sementara di ruas kanan bodi tertanam audio jack combo 3,5 mm dan USB 2.0.

Display

kelebihan dan kekurangan huawei matebook d14

Unit review HUAWEI Matebook D14 ini mengandalkan FullView Display. Disokong dengan panel IPS anti-glare dengan bentang layar 14 inci. Disuplai aspect ratio 16:9 serta resolusi Full HD 1920×1080 piksel.

Jika diamati lebih jauh lagi, perangkat ini memangkas bezel menjadi lebih tipis dari pendahulunya. Laptop ini memiliki 3 bezel di sekitar layar dengan ketebalan hanya 4,8mm.

Alhasil, kita bisa menikmati layar dalam ukuran lebih optimal dalam desain yang lebih ergonomis. Screen-to-body-ratio perangkat ini mencapai 84%. layar ini juga sudah didukung sertifikasi Flicker-Free dan Reduced Blue Light dari TÜV Rheinland3 supaya mata tak cepat lelah saat memakainya.

Saat digunakan dalam kondisi indoor pencayaannya nyaman di mata. Sementara dipakai pada kondisi outdoor siang hari tingkat kecerahan harus dioptimalkan demi mendapat tampilan yang signifikan.

Keyboard

laptop huawei

Untuk pengetikan, unit review HUAWEI D14 menghadirkan Keyboard Chiclet dengan desain dan layout yang identik dengan seri Matebook. Mengadopsi lampu backlight sehingga nyaman digunakan dalam kondisi gelap sekalipun.

Tombolnya empuk dan sesuai dengan komposisi jari kami yang tipikal ‘Indonesia banget’. Jadi saat dipakai mengetik cepat terasa pas dan akurat. Telapak tangan di bisa duduk dengan nyaman di sisi kiri dan kanan touchpad.

Meski tergolong mungil, tapi laptop ini mengandalkan touchpad yang cukup lebar dan besar. Buat saya yang memang menyukai laptop berukuran ringkas, kombinasi keyboard dan touchpad cukup nyaman.

Performa

Saat menghadirkan HUAWEI Matebook D14, Huawei memang sengaja mempersiapkan perangkat dengan harga terjangkau namun bisa mengakamodasi beragam kebutuhan. Tak heran, prosesor yang dibenamkan pun diberi kemampuan memadai. Juga menyertakan sistem operasi Windows 11 Home.

Nah, unit review HUAWEI Matebook D14 yang kami uji menyisipkan Intel Core Gen 11 (i3-1115G4) yang cocok buat segmen menengah. Laptop Huawei ini bisa menjadi pilihan tepat buat pekerja kantoran, mahasiswa hingga pelajar.

BACA JUGA
Huawei Luncurkan Rangkaian Produk HUAWEI Smart Office 2022

Dapur pacu ini mengusung core dengan clockspeed 3Ghz yang mampu menangani kebutuhan basic dengan performa cepat. Aman untuk mengakomodasi kebutuhan pekerja yang banyak mengetik, browsing hingga berkirim pesan lewat email.

Buat kalangan yang juga menggunakannya untuk beragam aktivitas, laptop Huawei ini bisa digenjot untuk keperluan streaming, game ringan hingga editing foto dan video yang tak terlalu berat.

Huawei Matebook D14 ini dibenami GPU Intel Iris Xe Graphics sebagai pengolah grafisnya. Dengan kemampuan menangani game kasual dan rendering gambar tingkat medium. Untuk produktivitas harian yang tidak membutuhkan kinerja berat, seri ini adalah pilihan terbaik.

Tapi buat yang lebih doyan gaming atau content creator yang memerlukan rendering dan grafis tinggi sepertinya memang kurang bertenaga. Buat gamers kalian bisa memilih game kasual seperti Dota 2, CS:Go, Valorant, Fortress 2, Rocket League, atau Farming Simulator.

Dapur pacu ini sendiri masih tetap adem saat dipacu untuk keperluan multitasking, menonton Youtube, live streaming. Digenjot untuk memainkan game pun panasnya masih relatif wajar.

Semuanya berkat sistem pendinginan yang simpel, dengan teknologi kipas shark fin 2.0. Teknologi ini mengandalkan bilah kipas lebih tipis dan lebih banyak. Memiliki solusi penyaringan cerdas untuk mengelola kinerja dan mengurangi kebisingan.

Unit review HUAWEI Matebook D14 yang kami uji mengandalkan RAM 8GB,sementara buat penyimpanan hadir SSD dengan kapasitas storage 256GB. Untuk storage 512 GB tersedia di varian dengan prosesor i5.

logo huawei

Baterai

Seperti yang sudah disebut saat unboxing, unit review HUAWEI D14 dibekali charger adaptor ala smartphone. Port-nya mengandalkan USB Type-C to Type-C yang juga bisa dipakai mengisi ulang perangkat lain.

Kapasitas sebesar ini bisa kita manfaatkan untuk pengoperasian laptop sekitar 10 jam untuk pemakaian kasual sehari-hari. Buat kalian yang lebih sering di luar ruangan, Huawei Matebook D14 adalah pilihan yang tepat. Tipis, ringan dan didukung baterai yang staminanya panjang.

Dukungan charger adaptor 65W memberikan keuntungan tambahan karena pengecasan bisa tambah ngebut. Waktu charging yang dibutuhkan perangkat ini untuk mencapai posisi 100% dari nol kurang lebih sekitar 2 jam.

Fitur Lain

Unit review HUAWEI Matebook D14 ini didukung dengan berbagai fasilitas seperti HUAWEI Control Panel yang memungkinkan screenshot instan hingga screen recording instan.

Lalu terdapat software HUAWEI PC Manager yang mendukung banyak opsi untuk membantu pengguna. Mulai dari optimalisasi pengaturan sistem hingga mengontol dan mengkombinasikan smart device.

BACA JUGA
Review Infinix Hot 12 Play: HP Terjangkau Dengan Baterai Jumbo

Ada lagi fitur HUAWEI Share yang mempermudah kita dalam koneksi dengan perangkat lain via teknologi Wifi, Bluetooth hingga NFC. Kita bahkan bisa melakukan mirroring smartphone HUAWEI ke laptop.

Soal audio, laptop ini disokong dengan Dual Stereo Speaker yang terletak di bagian bawah laptop. Asyiknya lagi, ada software Nahimic untuk mengubah equalizer dan preset audio. Output audionya cukup powerful dan memuaskan.

Untuk webcam, kualitasnya standar tapi sudah cukup bagus sih menurut kami. Kendala hanya pada posisinya yang menyorot dari bawah bukan setara mata. Untuk berhadapan dengan audiens saat conference call atau video call kurang nyaman.

Soal keamanan, sensor sidik jari pada bagian tombol power mempermudah akses masuk saat login perangkat. Cepat dan akurat. Tak perlu repot memasukkan password saat kita hendak buru-buru memakai laptop ini.

sensor sidik jari

Harga HUAWEI Matebook D14

HUAWEI MateBook D14 yang didukung oleh sistem operasi Windows 11 dan prosesor Intel Core Gen 11 (i3-1115G4) ini akan dibanderol di kisaran Rp 6-7 jutaan dan tersedia untuk Pre-Order dari 27 Juli 2022 nanti. Harga yang pas buat kalangan pekerja kelas menengah dan pelajar.

Kelebihan dan Kekurangan HUAWEI Matebook D14

HUAWEI Matebook D14 adalah laptop profesional yang cukup menjanjikan buat segmen menengah. Semuanya hadir dalam satu paket; Harga terjangkau, desain atraktif dan terlihat premium, performa memuaskan, ergonomis dan didukung baterai yang tahan lama.

Namun, setiap produk pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan HUAWEI Matebook D14 yang cukup menonjol adalah desainnya yang premium dengan built quality baik. Selain itu, bentuknya yang simpel dan tipis cocok buat mobilitas pengguna.

Di sektor baterai pun, tampaknya opsi yang ditawarkan sudah sangat memadai. Baterai dengan kapasitas cukup ditunjang charger adapater dengan kemampuan pengecasan cepat.

Soal performa, kami rasa cukup menunjang kinerja kalangan yang membutuhkan perangkat serbaguna. masih aman dipakai produktivitas maupun hiburan.

port laptop

Soal minusnya, ada beberapa kekurangan HUAWEI Matebook d14 yang kami soroti. Ketersediaan port dan fasilitas fisik yang relatif minim. Semisal keterbatasan port USB. Juga posisi webcam yang mungkin kurang nyaman buat sebagian orang.

Selain seri ini, HUAWEI meluncurkan MateBook D15 versi i3-1115G4 secara eksklusif di e-commerce yang bisa di Pre-Order dari 1 Juli-12 Juli 2022. Akan ada diskon hingga Rp1 jutaan sehingga harganya hanya akan di Rp7 jutaan plus berbagai bonus menarik seperti backpack, mouse, dan Office.

REVIEW OVERVIEW
Desain
Display
Performa
Baterai
Previous article5 langkah tingkatkan kebahagiaan dengan HUAWEI WATCH FIT 2 dan GT3 PRO
Next articlePT Synnex Metrodata Indonesia Distributor Resmi Pertama AnyDesk di Indonesia