Home Best of The Month Review Acer Aspire Vero 14: Laptop Ramah Lingkungan nan Powerful

Review Acer Aspire Vero 14: Laptop Ramah Lingkungan nan Powerful

Review Acer Aspire Vero 14 vero 2022

review1st.com – Generasi terbaru laptop ramah lingkungan dari Acer kembali mendarat di Indonesia. Adalah Acer Aspire Vero 14″ (AV14-51) yang tampil dengan ciri khas material bodi terbuat dari komponen daur ulang sekaligus memboyong prosesor terbaik di segmennya.

Kebetulan unit review Acer Aspire Vero keluaran 2022 sudah ada di meja redaksi. Laptop ini terlihat lebih kompak dari pendahulunya dan dibenami 12th Gen Intel® Core™ i5-1235U processor dan Intel® Iris® Xe Graphics.

Selanjutnya, untuk mengetahui lebih mendalam soal laptop ini, ulasan kami berikut mungkin bisa membantu memberikan banyak insight seputar Acer Aspire Vero 14.

Review Acer Aspire Vero 14

Sebelum masuk ke berbagai aspek penting dari perangkat ini, seperti biasa kami akan mengintip terlebih dahulu paket penjualan yang dibenamkan yang disodorkan Acer.

Aspire Vero 14 inci ini dikemas dalam kotak yang dibuat dengan menggunakan kertas daur ulang hingga 90%. Acer juga menghilangkan semua kemasan busa LDPE tanpa mengurangi kualitas pelindungnya.

Selain itu, untuk lebih mengurangi dampak terhadap lingkungan, Acer tidak menggunakan plastik sebagai pembungkus adaptor charger. Menariknya, komponen di dalam kotak kemasan dapat dirakit dan digunakan kembali sebagai stand laptop ergonomis.

Tak hanya itu, kotak kemasan ini bisa dengan mudah dirakit dan digunakan kembali sebagai kotak penyimpanan atau pot tanaman, sehingga memberikan fungsi baru untuk memperpanjang masa pakainya.

Di dalam dus kami mendapati satu unit laptop, charger adaptor 65W dan kabel bertipe USB C. Tak ketinggalan buku panduan dan kartu garansi.

Itu dia hasil unboxing Acer Aspire Vero 14. Selanjutnya, kita bahas satu per satu komponen penting dari perangkat ini. Yuk kita mulai!

Rancangan Bodi

Review Acer Aspire Vero 14: Laptop Ramah Lingkungan nan Powerful

Sama seperti generasi tahun lalu, Acer Aspire Vero AV 14-51 ini dibuat berdasarkan konsep “R-E” (REview, REthink, REcycle dan REduce). Laptop ini dibuat dengan plastik Post Consumer Recycled (PCR) yang ramah lingkungan.

Acer menerapkan komposisi 30% plastik PCR untuk membuat seluruh sasis dan bezel layar, serta 50% plastik PCR pada bagian keyboard caps. Ini menarik sih, karena konsep ramah lingkungan bukan sekedar gimmick saja.

Lebih jauh lagi, Aspire Vero dibuat tanpa menggunakan cat, sehingga menghasilkan warna dan tekstur yang unik.

Berbeda dengan Aspire Vero sebelumnya, kali ini Aspire Vero hadir dalam warna biru laut (Marianna Blue) yang berasal dari sampah-sampah plastik dengan warna yang sama di lautan.

Untuk mempertegas status sebagai laptop ramah lingkungan, tombol R dan E pada keyboard sengaja didesain terbalik. Memperkuat pesan penting dari konsep “R-E” yang dimiliki oleh Acer.

Pada bagian touchpad-nya, Acer menggunakan teknologi OceanGlass yang juga dibuat dengan material plastik yang didaur ulang dari sisa sampah plastik di lautan. Dilengkapi Smart Fingerprint Reader yang mampu membaca sidik jari secara cepat.

Keyboardnya pun memiliki tuts yang pas dengan jari tangan orang Indonesia seperti kami. Posisi tangan saat mengetik relatif nyaman. Apalagi keyboard ini didukung backlight yang selain mempercantik tampilan juga efektif dipakai dalam kondisi minim cahaya.

Secara fisik, perangkat ini juga terlihat lebih ergonomis dan kompak berkat layarnya yang kini berukuran 14 inci. Meskipun terbuat dari material daur ulang, tampilannya terlihat estetis dan terasa kokoh saat dipegang.

Di ruas kanan hanya terdapat port USB-A 3.2. Ruas kiri berisi lebih banyak port konektivitas mulai dari DC-in, USB-C berstandar Thunderbolt 4, HDMI, USB-A 3.2 dan audio combo jack. Tapi tak ada slot kartu memori.

Layar

Meski memboyong konsep ramah lingkungan, Acer tetap serius menjaga kualitas produk ini. Lihat saja sektor layar yang dilengkapi panel IPS 14 inci resolusi Full HD.

Visual yang tertampil pada unit review Acer Aspire Vero 14 ini terlihat jernih dan kaya warna, didukung dengan area pandang yang lebih luas. Disempurnakan 100% sRGB demi menjamin warna cerah dengan akurasi tinggi. Sebelumnya mengadopsi 45% NTSC.

Performa

Di bagian dapur pacu, Aspire Vero 14 (AV14-51) mengantongi Intel® Core™ i5-1235U Processor. Sementara untuk pengolahan grafis mengandalkan kinerja optimal dari Intel® Iris® Xe Graphics.

Prosesor generasi terbaru 12th Gen Intel® Core™ Processors ini dirancang dengan arsitektur hybrid mutakhir dengan total 10 Core (2P Core + 8E Core), 12 threads dan frekuensi maksimal 4.40 GHz.

Alhasil, kombinasi dapur pacu dan pengolah grafis ini membuat multitasking yang kami jalankan di laptop bergerak tanpa hambatan. Membuat pekerjaan dan aktivitas kami jadi lebih efisien.

Tak ketinggalan, laptop ini dibekali juga dengan RAM Dual Channel 8GB LPDDR4X dan penyimpanan internal berupa SSD NVME G4 512 GB yang bisa diupgrade dengan mudah.

Sebagai catatan tambahan, Aspire Vero 14 merupakan laptop yang sudah tersertifikasi Intel® Evo™ platform. Mengakomodasi pengguna seperti kami yang pekerjaan dan tugas sehari-hari banyak mengandalkan laptop.

Laptop berbasis Intel® Evo™ platform memberikan jaminan responsivitas, daya tahan baterai, konektivitas, audio, layar, dan desain tipis serta ringan yang luar biasa yang dibutuhkan untuk bergerak bebas dan tetap produktif.

Menurut kami, unit review Aspire Vero 14 cocok buat mendukung beragam tugas, mulai dari office hingga pembuatan konten. Laptop ini juga sesuai untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi dan memudahkan berbagai aktivitas.

Dilengkapi dengan sistem operasi Windows 11 Home, kita lebih leluasa dan fleksibel dengan segala skenario penggunaan. Mempermudah kita dalam menjalankan aktivitas kantoran, produksi konten ataupun hiburan.

Fitur dan Baterai

Soal fasilitas, ternyata Acer Aspire Vero dilengkapi fitur yang cukup memanjakan pengguna. Misal modul kamera canggih 1080P @30 FPS yang dilengkapi mikrofon dengan teknologi Purified Voice with AI Noise Reduction.

Sektor audionya bagaimana? Tenang saja karena dibenamkan Acer TrueHarmony yang menghasilkan kejernihan suara untuk dan dari pengguna. Semburan suaranya cukup powerful kok.

Ada juga Acer VeroSense yang merupakan software yang memudahkan pengguna memilih mode penggunaan yang dioptimalkan untuk efisiensi daya dan daya tahan baterai. Ada empat mode mulai dari Performance, Balanced, Eco, dan Eco+.

Nah, menyambung ke soal baterai, unit review Acer Aspire Vero 14 ini bisa digunakan hingga kurang lebih 16 jam sesuai pemakaian. Cocok lah buat kamu yang biasa bekerja di luar seharian tanpa charger.

Daya tahan baterai yang lebih baik ini berkat dukungan Intel® Evo™ Platform. Dan tentu saja support dari sumber daya berkapasitas 53Whr yang tergolong besar di kelasnya.

Pada bagian pengisian daya, laptop ini didukung teknologi fast charging lewat adapter charger 65W berjenis USB-C. Pengisian daya selama 30 menit bisa dipakai durasi 4 jam penggunaan. Adaptor ini mendukung instant wake.

Kesimpulan

Sebagai generasi terbaru laptop ramah lingkungan, Acer Aspire Vero 14 (AV14-51) adalah alternatif menyegarkan di pasaran tanpa mengorbankan desain dan performa.

Konsep bahan daur ulang ini patut mendapat acungan jempol karena kepedulian Acer terhadap lingkungan. Tak hanya itu, tampilan generasi baru ini lebih kompak dengan dukungan performa terbaik 12th Gen Intel® Core™ Processors yang disertifikasi Intel® Evo™ Platform.

Harganya pun kompetitif dengan performa yang termasuk powerful. Apalagi laptop ini juga dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan SSD yang cepat dan upgradeable.

Harga dan Ketersediaan

Aspire Vero generasi terbaru tersedia di Indonesia dengan harga Rp 10.699.000.
Harga yang terjangkau ini menjadikannya sebagai laptop Intel® Evo™ platform Generasi ke-12 berharga paling kompetitif saat ini di pasaran.

Bahkan, pelanggan akan mendapatkan perlindungan 3 (tiga) tahun servis, 1 (satu) tahun suku cadang dan ekstra 1 (satu) tahun Accidental Damage Protection (ADP) untuk setiap pembelian Acer Aspire Vero.

Acer sudah melengkapi laptop ini dengan sistem operasi Windows 11 Home terbaru dan pre-installed Microsoft Office Home & Student 2021 yang siap digunakan.

Spesifikasi Acer Aspire Vero 14 (AV14-51):

• CPU : Intel® Evo™ Platform & Intel® Core™ i5-1235U processor
• Memory : 8GB LPDDR4X Dual Channel
• Storage : 512 GB SSD NVMe Gen4
• LCD : 14.0″ display with IPS (In-Plane Switching) technology, Full HD 1920 x 1080, high-brightness (300 nits) Acer ComfyView™ LED-backlit TFT LCD, 16:9 aspect ratio, color gamut sRGB 100%
• Graphics : Intel® Iris® Xe Graphics (80 EU)
• Bluetooth : Bluetooth 5.2
• Wifi : Intel® Wireless Wi-Fi 6E AX211 with MU-MIMO
• Features : FHD Camera, Thunderbolt 4, Acer PurifiedVoice, VeroSense
• Camera : FHD camera (1920 x 1080) resolution
1080p HD video at 60 fps with Temporal Noise Reduction
• Speaker : Acer Purified.Voice technology with two built-in microphones. Compatible with Cortana with Voice
• I/O Port : 1x Thunderbolt 4 port, 2x USB 3.2 Gen 1 (Type-A, 1x with USB Charging), 1x RJ45
• Material : PCR with Rubber, Laser Finishing
• Security : Smart Fingerprint Reader (on touchpad)
• Keyboard : Backlight Keyboard