MacBook Air (M1) vs MacBook Air (Intel): Pilih Mana?

#kamisukareview – Seiring kehadiran laptop terbaru Apple, banyak yang langsung penasaran bagaimana perbandingan Macbook Air (Intel) vs Macbook Air (M1). Kami akan review lebih dalam seputar kedua laptop atraktif ini.

New MacBook Air 2020 adalah salah satu laptop pertama yang didukung oleh Apple Silicon, tetapi bagaimana perbandingannya dengan MacBook Air yang dijalankan Intel yang belum sampai setahun pasca dirilis pada awal tahun ini?

Perbandingan Macbook Air (M1) vs Macbook Air (Intel)

Perbandingan Macbook Air (M1) vs Macbook Air (Intel)

New MacBook Air 2020, bersama dengan MacBook Pro 13 inci dan Mac mini, adalah tiga laptop pertama dalam dua tahun transisi Apple ke chip berbasis ARM miliknya sendiri.

Jajaran Mac telah didukung oleh Intel selama lebih dari satu dekade, jadi peralihan ini pasti akan membawa beberapa perubahan menarik ke MacBook Air. Meski begitu, ini masih awal untuk Apple Silicon.

Mungkin sulit untuk memutuskan apakah M1 layak untuk mendapat apresiasi, terutama mengingat betapa mengesankannya kinerja dari MacBook Air saat ini.

Berikut kami berhasil merangkum data kelebihan dan kekurangan antara New MacBook Air 2020 berbasis chip M1 besutan Apple Silicon dibandingkan dengan MacBook Air 2020 yang didukung Intel.

Tanggal Rilis

Apple merilis MacBook Air 2020 bertenaga Intel terbaru delapan bulan yang lalu di bulan Maret, masih tergolong sangat baru dan laptop tersebutdipastikan masih belum ketinggalan zaman.

MacBook Air dengan chip M1 akan tersedia dari Apple Store tertentu dan melalui toko resmi Apple mulai 17 November mendatang, dengan pre-order yang telah dibuka sekarang.

Harga MacBook Air (M1) vs MacBook Air (Intel)

MacBook Air 2020 (Intel) dan New macBook Air 2020 (M1) memiliki harga yang sama, artinya tidak perlu membayar terlalu mahal untuk chip baru tersebut.

Harga untuk MacBook Air Intel mulai dari $ 999 (Rp. 14.225.000) saat peluncuran. Ultrabook ini sudah tidak lagi tersedia dari Apple Store, tetapi banyak dealer terus menyimpannya.

Harga MacBook Air dengan M1 bervariasi tergantung pada spesifikasi, tetapi harga yang disediakan berkisar mulai dari $ 999 (Rp. 14.225.000).

Model dasar chip M1 dengan CPU Octa-Core, GPU tujuh Core, dan penyimpanan 256GB. Ada juga opsi untuk meningkatkan ke CPU Octa-Core, dengan GPU Octa-Core dan penyimpanan 512GB seharga $ 1249 (Rp. 17.800.000)

Sementara kedua laptop ini diluncurkan dengan harga yang sama, namun harga MacBook Air (Intel) saat ini tampaknya lebih murah dari keduanya, meskipun selisihnya tak terpaut jauh

Spesifikasi Macbook Air (M1) vs Macbook Air (Intel)

Seperti harganya, spesifikasi untuk kedua MacBook Air hampir identik. Perbedaan yang paling jelas adalah prosesor dan apa yang diperlukan untuk kinerja ultrabook dan masa pakai baterai.

Kamu dapat melihat semua spesifikasi secara sekilas pada tabel perbandingan di bawah ini:

MacBook Air with M1MacBook Air with Intel
PriceFrom £999From £999
Display13.3-inch, 2560×160013.3-inch, 2560×1600
ProcessorApple M1Up to 10th Gen Intel Core i7
GPUApple M1Intel Iris Plus Graphics
RAMUp to 16GBUp to 16GB
StorageUp to 2TB SSDUp to 2TB SSD
Dimensions304 x 212 x 16.1 mm304 x 212 x 16.1 mm
Weight1.29kg1.29 kg
Colour optionsGold, Space Grey and SilverGold, Space Grey and Silver

MacBook Air 2020 hadir pada bulan Maret dengan Intel Core i3 Generasi ke-10 sebagai model dasarnya, dengan opsi untuk meningkatkan ke Core i7. New Macbook Air 2020 dilengkapi dengan Apple M1 baru.

Prosesor i7 mencakup empat inti, sedangkan M1 mengemas delapan – empat inti kinerja dan empat inti efisiensi. M1 juga menyertakan hingga GPU delapan inti, sedangkan MacBook lama memanfaatkan Intel Iris Plus Graphics.

Performa

Performa chip Macbook Air (M1) vs Macbook Air (Intel)

Secara kinerja, kedua Macbook Air ini tergolong cukup bertenaga. Untuk versi Intel, model dasar i3 tidak memiliki masalah mengikuti 30 tab Chrome plus, panggilan video dan pemberitahuan obrolan, serta pengeditan foto RAW dan permainan ringan.

Meski Intel Iris Plus tidak dirancang untuk menangani beban kerja yang berat, tetapi untuk penggunaan sehari-hari laptop ini bekerja dengan sangat baik. Menurut Apple, kelebihan Macbook Air (Intel) berhenti sampai sini.

CPU MacBook Air berbasis Apple Silicon dikatakan tiga setengah kali lebih cepat dari pendahulunya laptop. Juga memungkinkan grafik lima kali lebih cepat dan pembelajaran mesin sembilan kali lebih cepat.

Sedangkan kinerja SSD dua kali lebih cepat untuk impor file secepat kilat, dan masa pakai baterai adalah yang terlama yang pernah tercatat di MacBook Air.

Seri berbasis chip M1 menawarkan hingga 15 jam penjelajahan atau 18 jam pemutaran Apple TV dibandingkan dengan 11 jam penjelajahan Air yang didukung Intel atau 12 jam pemutaran Apple TV.

Itu adalah peningkatan empat hingga enam jam berkat arsitektur Arm. Tetapi tampaknya Air yang memiliki peningkatan kinerja yang cukup besar memang terdapat pada chip M1.

Keyboard

Apple membuang keyboard kupu-kupu yang kontroversial awal tahun ini, yang berarti Intel dan M1 Air memiliki fitur Magic Keyboard yang ditingkatkan.

Kedua keyboard memiliki lampu latar dan menyertakan sensor Touch ID dan trackpad Force Touch untuk mendukung gerakan Multi-Touch. Tidak ada yang dilengkapi dengan Touch Bar, Appple memasang fitur itu untuk model Pro-nya.

Desain & Fitur

Desain MacBook Air tampaknya tidak berubah sama sekali, dengan perbedaan terbesar terjadi di balik kapnya.
Kedua laptop ini memiliki dimensi super-tipis yang sama dan berat yang hanya 1,29kg. Keduanya juga tersedia dalam warna Silver, Gold, dan Space Grey.

Tata letak port sedikit berbeda, dengan Macbook Air (M1) mengemas dua port Thunderbolt / USB 4, sedangkan versi Intel telah terjebak dengan Thunderbolt 3 / USB-C. Keduanya menyertakan jack headphone 3.5mm dan kamera 720p FaceTime HD.

harga macbook air 2020

Kesimpulan

Apple tampaknya tidak banyak berubah dalam delapan bulan sejak meluncurkan MacBook Air 13 dengan Intel. Perubahan terbesar adalah pengenalan prosesor M1, yang tampaknya menawarkan peningkatan kinerja yang substansial.

Semuanya lebih cepat dengan Apple Silicon, dari CPU hingga GPU hingga SSD. Masa pakai baterai juga jauh lebih lama. Desainnya, di sisi lain, tidak banyak berubah.

Jika kamu baru saja mencari MacBook Air 2020 dan menyukai suara dan ingin menghemat sedikit uang, lihat Air yang didukung Intel. Jika tidak, MacBook Air baru dengan M1 bersiap-siap untuk diupgrade.

Bagaimana perbandingan Macbook Air (M1) vs Macbook Air (Intel) ini? Kalian suka yang mana?