Yuk Intip OPPO Reno5 Sebelum Rilis Resmi

review1st.comOPPO kembali memperkenalkan perangkat terbaru, Reno5. Perangkat suksesor dari Reno4 ini membawa keunggulan pada sisi videografi. Selain videografi, perangkat ini juga menawarkan pengisian daya cepat dan tampilan stylish.

Nah, dalam waktu dekat, HP OPPO keluaran terbaru ini akan segera dirilis oleh sang vendor. Sebelum resmi masuk Indonesia, ada baiknya kita intip beberapa spesifikasi dan fitur yang sudah diungkap OPPO Indonesia.

TAMPILAN

Proses Diamond Spectrum

Hal yang luar biasa tentang Fantasy Silver adalah warna ini dapat memproyeksikan ribuan warna jika dilihat dari sudut yang berbeda. Masing-masing warna ini bersinar dan berkilau dengan cara yang khas.

Reno Glow

Menggunakan proses Diamond Spectrum sebagai dasarnya, OPPO Reno5 Fantasy Silver memberikan sentuhan akhir pada ponsel dengan efek Reno Glow yang telah disempurnakan.

Dengan ukiran laser yang disempurnakan, Reno Glow menciptakan efek visual berkilau dengan sentuhan gradasi yang lebih halus pada penutup belakang perangkat, membawa kilauan warna selalu berubah secara dinamis, dan lebih berwarna jika dibandingkan dengan Reno4.

Tipis, Mudah Digengam

Jika ada satu kesamaan untuk semua smartphone seri Reno, kesemuanya dirancang tipis, ringan, dan mudah digunakan. Tidak terkecuali seri OPPO Reno5.

Meskipun ponsel cerdas ini dilengkapi perangkat keras yang spesifikasinya lebih tinggi, ukuran dan berat OPPO Reno5 tetap dibuat seminimal mungkin.

Ketebalannya telah dipadatkan menjadi hanya 7.7mm (*Fantasy Silver kira-kira 7.8mm karena efek warna tambahan), dan berat total ponsel cerdas ini hanya 171 gram.

Untuk mencapai bodi yang kompak dan ringan, OPPO terus mengoptimalkan penggunaan tata letak komponen pada ruang internal.

Pemrosesan desain semakin ditingkatkan dengan mengurangi ketebalan penutup layar OPPO Reno5 sebesar 0.1mm dan panjang motherboard sebesar 0.6mm, yang berdampak positif membuat ponsel lebih ringan dan lebih mudah digunakan.

OPPO Reno5 menggunakan desain 2.5D di bagian depan dan desain 3D di bagian belakang. Untuk mencapai hal ini, bingkai TP panel depan telah direkayasa secara khusus untuk menciptakan transisi yang mulus dan alami.

Pada saat yang sama, lengkungan pada tepi bingkai diperhalus sehingga membuat genggaman OPPO Reno5 terasa lebih nyaman.

Tampilan Layar

Sebagai perangkat berteknologi tinggi, OPPO Reno5 tidak hanya memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa, namun juga berkontribusi pada desain ponsel nan ringkas.

Layar AMOLED 6,4 inci menawarkan pengalaman visual yang lebih memukau dengan mendukung kecepatan refresh rate 90Hz. Selain itu, OPPO Reno5 membawa tampilan edge-to-edge, dengan rasio layar-ke-bodi sebesar 91,7%.

Hal ini dapat dicapai berkat kemasan COF canggih, yang semakin mempersempit bingkai bawah ponsel sekitar 27%. Jika dibandingkan dengan Reno4, ukuran bingkai tersebut menyempit dari 5,53 mm menjadi 3,98 mm.

OPPO Reno5 juga menghadirkan tampilan depan dengan mengusung desain kamera swafoto model punch-hole. Di bagian belakang perangkat, matriks Quad-Cam atau susunan keempat kamera yang dirancang sebagai bentuk ‘L’ terbalik.

Keempat kamera tersebut diletakkan pada sebuah bingkai dengan sudut-sudut membulat. Tidak hanya fungsional, bagian dekoratif ini menambahkan perubahan warna yang kontras pada desain.

FITUR KAMERA

AI Highlight Video

Fitur pertama di industri yang menggunakan algoritma AI untuk mendeteksi kondisi cahaya dan secara otomatis menerapkan perhitungan yang diperlukan berdasarkan skenario yang berbeda. Fitur ini tersedia untuk kamera depan dan belakang.

Dalam cahaya redup, Kamera akan mengaktifkan algoritma Ultra Night Video untuk mengoptimalkan kualitas video malam hari terlihat cerah, tajam, dan alami.

Dalam keadaan dengan cahaya latar belakang kuat, HDR Live otomatis bekerja menghasilkan subjek dan latar belakang yang dapat terlihat sama jelasnya melakukan optimalisasi khusus untuk potret saat mendeteksi subjek manusia.

AI Mixed Potrait

Melalui fitur ini, OPPO Reno5 memiliki kemampuan menggabungkan video portrait dengan video latar belakang. AI Mixed Portrait menghadirkan efek video dengan eksposur ganda pada smartphone untuk pertama kalinya, memungkinkan efek artistik belum pernah dilihat.

Fitur ini menghadirkan dua mode artistik yang berbeda sehingga pengguna dapat menyesuaikan saat video portrait dapat menyatu dengan video yang menjadi latar belakang.

Dual-view Video

Dual-view Video merupakan fitur yang memungkinkan video ditangkap melalui kamera depan dan belakang secara bersamaan. Perekaman ganda dengan perspektif berbeda ini dapat dengan mudah menyatukan pengguna dan objek yang direkam dalam sebuah bingkai video sama.

AI Color Potrait

AI Color Portrait merupakan fitur yang mendukung fungsi foto dan video, membuat latar belakang menjadi hitam dan putih sekaligus menjaga objek manusia dalam warna yang sebenarnya.

Fitur ini menampilkan warna yang sangat jelas dan kontras yang membuat foto terlihat seperti sebuah karya seni yang akan menjadi tren di kalangan anak muda. Lebih menarik lagi, AI Color Portrait juga tersedia untuk merekam video.

AI Monochrome Video

AI Monochrome Video merupakan gabungan dari tiga jenis filter video, yang menambahkan efek yang menyerupai dalam film layar lebar yang hanya mempertahankan hanya warna merah, hijau atau biru dari objek dalam video, sementara lingungan yang lain dalam video akan ditampilkan dalam warna hitam dan putih. Fitur ini juga mendukung real-time preview.

Image Clear Engine (ICE)

Image-clear Engine (ICE) berfungsi mengoptimalkan kemampuan OPPO Reno5 dalam memperoleh tangkapan gambar cepat.

Bidikan Jernih untuk Subjek Bergerak

ICE memungkinkan OPPO Reno5 untuk mengambil foto potret yang lebih jelas bahkan saat subjek bergerak. Ini adalah fitur hebat untuk menangkap gambar olahraga atau mengambil gambar anak-anak ketika bermain.

Bidikan Jernih untuk Pengambilan Cepat

ICE membantu merekam gambar yang tajam dan jelas saat bergerak. Pengguna cukup mengangkat tangan untuk langsung mengaktifkan kamera untuk pengambilan cepat kapan namun tetap memiliki bidikan yang sangat jelas.

AI Scene Enhancement

Memanfaatkan AI Scene Enhancement, OPPO Reno5 dapat memberikan pengoptimalan yang disesuaikan untuk warna/saturasi/kecerahan untuk pemandangan tertentu yang dikenali oleh algoritma AI saat mengambil foto.

Ultra-Clear 108MP Image

OPPO Reno5 dapat mengambil foto dengan resolusi hingga 108MP dari kamera belakang, memberikan kejernihan, serta detail dan tekstur yang sangat kaya. Kemampuan menangkap detail tinggi memungkinkan pengguna untuk memperbesar gambar beberapa kali dan tetap mendapatkan gambar yang jelas.

Ultra-Night Selfie Mode

Didukung oleh kamera depan 44MP, OPPO Reno5 menawarkan Ultra Night Selfie Mode untuk mengoptimalkan foto dan mencerahkan lingkungan kurang cahaya dan subjek foto.

Ultra-Dark Mode

Mode akan berjalan secara otomatis di lingkungan yang sangat gelap. Dengan fitur ini, OPPO Reno5 dapat menangkap apa yang hampir tidak terlihat oleh mata telanjang.

Night Flare Potrait

Night Flare Portrait adalah fitur eksklusif OPPO yang menciptakan potret malam yang jernih dan cerah dengan efek bokeh alami.

SOLOOP

Editor video pintar eksklusif OPPO SOLOOP, sekarang dapat diakses dari antarmuka kamera dan menawarkan fitur terbaru yang lebih menarik untuk membuat video potret dengan mudah.

Fitur SOLOOP baru di OPPO Reno5 meliputi:

Auto Generate:

Pengguna dapat menambahkan filter, musik atau memilih template langsung dari antarmuka kamera. Video dapat dibagikan secara instan atau diedit menjadi film pendek.

Shoot Like an Influencer with SOLOOP Templates:

Pengguna dapat mengakses template video yang sedang tren langsung dari antarmuka kamera dan cukup mengikuti panduan untuk membuat video yang menarik.

PERANGKAT KERAS

50W Flash Charge

50W Flash Charge memiliki daya puncak 66,6% lebih tinggi dari OPPO Reno4 (30W) sebelumnya, menghadirkan pengalaman pengisian daya yang lebih cepat ke OPPO Reno5.

Kini OPPO Reno5 hadir dengan adaptor SuperVOOC di dalam kotak. 50W Flash Charge memiliki 5 tingkatan perlindungan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan saat melakukan pengisian daya yang terletak pada adapter, kabel dan juga perangkat. 50W Flash Charge telah mendapatkan sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk pengisian daya cepat.

Dengan 50W Flash Charge, OPPO Reno5 dapat memperoleh waktu selama 3 jam untuk memainkan video hanya dengan 5 menit pengisian daya, 31 menit pengisian akan menghasilkan 80% tingkat kepenuhan baterai dan akan penuh 100% dalam waktu 48 menit.

50W Flash Charge memiliki kompabilitas dengan protokol SuperVOOC, Qualcomm Quick Charge 2.0 dan Power Delivery hingga 15 Watt.

Snapdragon 720G

OPPO Reno5 dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 720G SoC dengan proses fabrikasi 8nm. OPPO Reno5 menawarkan konfigurasi RAM 8GB dan ROM 128GB.

PERANGKAT LUNAK

Always-On Display

Pengguna dapat mengatur tampilan layar yang selalu aktif dan mempersonalisasi konteks, font (ukuran/warna), dan tata letak tampilan untuk menonjolkan kepribadian mereka melalui kreasi AOD.

Flex Drop

Aplikasi dapat ditampilkan dalam keadaan layar penuh, layar kecil (interaktif), dan layar mini (hanya tampilan). Melalui kombinasi layar penuh dan kecil/mini dapat mewujudkan kemampuan multi-tasking dan memberikan peralihan yang mulus antar layar.

Three-finger Translate with Google

Fitur ini merupakan hasil kerjasama OPPO X Google, yang mempermudah alur terjemahan, memungkinkan pengguna menelusuri berita atau pertukaran bahasa asing di ponsel dengan nyaman dan cepat.

Tidak hanya teks, tetapi juga berbagai bahasa dalam gambar dapat dengan mudah diterjemahkan, membuat pengguna memahami pesan yang ingin disampaikan pihak lain dalam hitungan detik.

Gaming Shortcut Mode

Luncurkan aplikasi game di Game Space secepat kilat lewati waktu memuat aplikasi, antarmuka, dan dengan cepat masuk ke dalam permainan.

Membuka permainan yang digemari akan memakan banyak memori, fitur ini mengurangi waktu tunggu (waktu pemuatan latar belakang, LOGO studio) sebelum mulai memasuki permainan.

Berdasarkan tes yang dilakukan di lab OPPO, peluncuran permainan Arena of Valor dipercepat 15 detik dengan bantuan fitur ini.

Bullet Screen Message

Alih-alih pemberitahuan berupa banner, notifikasi dalam bentuk bullet notifications memungkinkan pengguna untuk langsung menerima pesan penting tanpa memblokir layar permainan atau mempengaruhi permainan. Aplikasi yang didukung termasuk WhatsApp, Telegram, Line, Messenger, dan SMS.

Gamer Mode

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk benar-benar fokus dalam permainan dengan memblokir pesan dan menonaktifkan layar dan tombol telepon yang sebenarnya.

Mode ini juga akan menyembunyikan bilah status; tombol navigasi dan gesture; menonaktifkan layar mati, menonaktifkan floating windows, Assistive Ball, Quick Return Button, dan Smart Sidebar untuk memastikan pengalaman bermain game tanpa gangguan.

Adjustable Gaming Touch

Panel sentuh dan pengoptimalan algoritma sentuh, dikombinasikan dengan TouchBoost, memungkinkan pemain mengubah parameter sentuh (seperti daya respon, kehalusan, dan sensitivitas giroskop). Fitur ini juga memberi pengguna konfirgurasi yang digunakan oleh pemain profesional.

Information Security Certificate

Metode enkripsi terkemuka di industri diadopsi untuk menyimpan dan mentransfer data pribadi pengguna. Upaya telah diakui oleh organisasi pihak ketiga termasuk ISO, ePrivacy, dan TrsustArc.

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”