review1st.com – Momen Ramadan-Lebaran tahun 2024 menjadi peluang bisnis online yang menguntungkan bagi pelaku usaha di Indonesia, terutama yang tergabung dalam platform Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia.

“Era Ramadan-Lebaran 2024 dimanfaatkan oleh Tokopedia dan TikTok untuk menggalakkan kolaborasi yang beragam, seperti program Beli Lokal dan Ramadan Ekstra Seru, yang mendukung lebih dari 21 juta penjual di Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia, khususnya brand lokal,” ungkap Nuraini Razak, E-Commerce Communications Director Shop | Tokopedia.

Tren belanja online masyarakat pun mencatat lonjakan signifikan, dengan kategori Groceries, Rumah Tangga, dan Fashion menjadi yang paling diminati di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024.

Tokopedia juga mencatat tren belanja yang serupa di berbagai pulau di Indonesia. Di Sumatra dan Jawa, Groceries, Rumah Tangga, dan Fashion menjadi yang terlaris, sementara di Kalimantan, Elektronik, Groceries, dan Rumah Tangga mendominasi.

Di Sulawesi, Groceries, Elektronik, dan Fashion menjadi kategori paling populer, sedangkan di Papua, Elektronik, Groceries, serta Olahraga dan Hobi mendominasi.

Di Shop | Tokopedia dalam aplikasi TikTok, Fashion Muslim Perempuan, Skincare, dan Makanan Ringan menjadi kategori produk yang paling diminati.

Kampanye ‘Ramadan Ekstra Seru’ dari Tokopedia dan Shop | Tokopedia memberikan dorongan signifikan pada penjualan berbagai kategori produk. Produk groceries dan elektronik mengalami peningkatan hampir 2 kali lipat selama kampanye tersebut, sementara produk fashion melonjak hampir 2,5 kali lipat.

BACA JUGA
ASUS ExpertBook Terbaru Melampaui 40% TKDN

Selain itu, TikTok melalui Shop | Tokopedia juga mencatat peningkatan penjualan rata-rata pelaku usaha yang mengikuti kampanye Ramadan Ekstra Seru lebih dari 3 kali lipat dibandingkan dengan rata-rata mingguan pada bulan Februari 2024.

Kampanye ‘Beli Lokal’ terus didorong oleh Tokopedia dan TikTok untuk mendukung brand lokal dan UMKM. Penjualan beberapa brand lokal di Tokopedia meningkat hingga 9 kali lipat selama Ramadan 2024, dengan volume pesanan meningkat 2,5 kali lipat pada aplikasi TikTok.

Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia juga membagikan kisah inspiratif dari brand lokal seperti Tulus Skin, Jenna and Kaia, dan Hijrahfood Meatshop, yang telah membantu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia selama Ramadan-Lebaran.

Dari kisah sukses Tulus Skin yang mengalami peningkatan penjualan signifikan hingga 5 kali lipat sejak bergabung dengan Tokopedia, hingga Jenna and Kaia yang mampu meningkatkan penjualan hingga 3 kali lipat dengan bergabung dalam berbagai kampanye online di Tokopedia.

Hijrahfood Meatshop juga berhasil memanfaatkan platform Tokopedia untuk meningkatkan penjualan daging rendang hingga 10 kali lipat selama Ramadan-Lebaran 2024. Dengan dukungan dari Tokopedia dan TikTok, brand lokal semakin dikenal dan menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam berbelanja online.

Shares: