Home Berita ThinkBook Plus Menciptakan Kembali Design Layar Putar Baru

ThinkBook Plus Menciptakan Kembali Design Layar Putar Baru

review1st.com – Pada perhelatan CES® 2023 hari ini Lenovo mengumumkan produk dengan model baru yang inovatif dari seri ThinkBook Plus dengan konsep khas ala Lenovo dengan bentuk layar PC yang dapat diputar dengan kemampuan berputar ganda dengan menampilkan panel OLED di satu sisi dan layar e-Ink berwarna-warni di sisi lain.

Lenovo juga meluncurkan laptop ThinkBook 16p Gen 4 yang ditenagai oleh komponen berkinerja tinggi termasuk prosesor Intel® Core™Generasi ke-13  hingga grafis diskrit NVIDIA GeForce® RTX™ 4060.

Laptop ini menampilkan  Lenovo Magic Bay dengan desain aksesori modular inovatif yang dilengakpi konektor pin magnetik sehingga memungkinkan ekspansi dengan mudah untuk LenovoWebcam Magic Bay 4K, aksesori Lenovo Magic Bay LTE atau Lenovo Magic Bay Light.

Selanjutnya, Lenovo juga telah memperkenalkan Dock Nirkabel ThinkBook 13x Generasi ke-2 terbaru yang unik dan menggabungkan beberapa teknologi nirkabel untuk menciptakan docking tanpa kabel sebagai solusi pengisian daya.

Terakhir, Lenovo meluncurkan juga portofolio Tiny form factors terbaru. ThinkCentre neo 50q adalah desktop dengan space-saving sebesar 1L yang dirancang khusus untuk pelanggan UKM.

“ThinkBook telah menjadi merek laptop premium dengan portofolio lengkap untuk menjawab kebutuhan pengguna dengan bisnis kecil yang modern,” kata Eric Yu, Senior Vice President Lenovo SMB and Commercial Product Center di Intelligent Devices Group.

“Laptop ThinkBook terbaru ini bersama dengan aksesori Magic Bay semakin menunjukkan inovasi dalam teknologi dan pengalaman pengguna yang ingin dihadirkan oleh ThinkBook.” 

Fitur Layar Putar Terbaru pada Komputasi Hybrid 

Sejak diluncurkan pada tahun 2020, ThinkBook Plus telah menjadi perangkat yang unik dan inovatif untuk para UKM termasuk juga ThinkBook Plus Generasi ke-2 dengan layar e-Ink Generasi ke-3 dengan layar sekunder 8 inci di samping keyboard.

Lenovo menuliskan sejarah melalui inovasi-inovasinya pada  twist form factors sejak tahun 2005 dengan tablet ThinkPad™ X41 dan juga ThinkPad Twist dari tahun 2012.

ThinkBook Plus Twist dikonsep ulang dengan mengintegrasikan dua layar berputar yang inovatif dan menawarkan keserbagunaan multimode sekaligus meningkatkan pengalaman pengguna di berbagai area melalui laptop unik generasi terbaru.

Selain mempertahankan atribut inti dari ThinkBook Plus Generasi ke-2, tim desain dan teknik Lenovo juga mendengarkan saran dan masukan dari pengguna untuk mengimplementasikan berbagai peningkatan dan inovasi untuk ThinkBook Plus Twist:

  • Prosesor Intel Core Generasi ke-13
  • Bezel 13,3 inci dengan 2.8K layar OLED yang bisa di sentuh dan diputar
  • Layar e-Ink 12 inci yang berwarna-warni di penutup atas dengan kecepatan refresh 12Hz dan kaca sentuh yang ditingkatkan 
  • Meningkatkan  kinerja dan stabilitas konektivitas nirkabel pada jaringan yang didukung

 Intel Wi-Fi 6E1 

  • Dukungan pena pada Layar OLED dan e-Ink dengan masa pakai baterai hingga 18 bulan

ThinkBook Plus Twist sangat serbaguna dengan beberapa mode yang dapat dikonfigurasi ke dalam format clamshell atau format tablet, keduanya memprioritaskan layar OLED atau layar e-Ink berwarna-warni dengan hadirnya engsel putar yang unik. 

Pelaku bisnis yang kerap melakukan perjalanan akan menyukai fitur layar e-Ink dalam mode laptop untuk “mengetik” maupun sebagai “kertas elektronik”  pada mode tablet memungkinkan mereka dengan mudah menyusun, mengedit, dan mengoreksi dokumen melalui keyboard atau pena.

Tampilan e-Ink dapat mengurangi ketegangan mata pengguna dalam waktu penggunaan yang lebih lama dan juga ini akan lebih mengurangi daya yang dibutuhkan, sehingga daya akan bertahan lebih lama.

Untuk alur kerja dokumen atau gambar yang lebih canggih, pengguna dapat beralih ke mode tablet OLED dan berinteraksi menggunakan pena pada layar yang jelas dengan kualitas 400nit 2.8K

Pekerja dengan mobilitas tinggi juga akan dapat menikmati dan memanfaatkan fungsi-fungsi  ini karena pengguna dapat melihat dan mengetahui tanggal pertemuan pada kalendernya dan email juga akan muncul di layar e-Ink saat bepergian.

BACA JUGA
HP OPPO Terbaik 2023, Kualitas Bagus (Update Januari)

Kemudian pelanggan juga akan dengan mudah beralih ke mode tampilan laptop OLED dengan memutar dan menekan tombol untuk berpartisipasi dalam konferensi video melalui kamera FHD dan audio dengan kualitas suara yang luar biasa, berkat mikrofon ganda yang menawarkan peredam suara cerdas untuk mengurangi kebisingan yang dihasilkan dari lingkungan sekitar.

Sementara dalam mode laptop OLED, pengguna dapat memanfaatkan secara maksimal prosesor Intel Core Generasi ke-13 dan Windows 11 yang memberikan produktivitas yang tinggi untuk seorang pekerja keras.

Di penghujung hari, pengguna dapat mengalihkan ke mode tablet OLED untuk bersantai dengan layanan streaming favorit atau beralih ke mode tablet e-Ink untuk beberapa bab buku baru terlaris. 

ThinkBook Supercharged dengan Lenovo Magic Bay yang unik untuk Power User 

ThinkBook 16p Gen 4 dengan opsi aksesori Lenovo Magic Bay  mampu menghasilkan daya dan produktivitas yang luar biasa. Sekilas spesifikasi teknisnya menegaskan bagaimana performa kredensial.

Prosesor terbaru dari Intel Core H-series generasi ke-13 dengan grafis diskrit opsional hingga NVIDIA GeForce RTX 4060, opsi tampilan hingga 165hz 3,2K panel 16 inci dengan dukungan Dolby Vision® , memori DDR5 dan dukungan SSD ganda hingga 2TB penyimpanan2 menjadikannya ThinkBook paling kuat, ideal untuk beban kerja intensitas tinggi, pemrosesan gambar dan video, dan untuk bermain game.

Bagaimanapun inovasi akan tetap melampaui spesifikasi teknis. ThinkBook 16p Gen 4 memperkenalkan kembali rancangan ulang pertama dari portofolio PC yang telah dirancang dengan mempertimbangkan pengalaman pengguna yang lebih baik, dengan lebih banyak fitur yang dapat digunakan melalui kolaborasi konferensi video dan pengalaman mobilitas, berkat solusi yang dihadirkan oleh Lenovo Magic Bay.

Baterai 80Whr berkapasitas lebih tinggi dengan kemampuan pengisian daya dengan cepat menawarkan daya tahan baterai yang sangat baik dan lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk terhubung ke daya AC.

Touchpad kaca yang lebih besar dirancang untuk memudahkan proses input,  dan kebutuhan konferensi difasilitasi dengan kamera FHD dan empat speaker Harman Kardon yang menghadap ke pengguna yang mampu menghadirkan audio yang sangat imersif dalam panggilan konferensi atau bermain game.

Mikrofon ganda peredam bising dirancang agar rekan satu tim dapat mendengar suara pengguna walaupun kebisingan yang ada di lingkungan sekitar saat kita bekerja atau bermain.

Fitur unik powerhouse ini adalah konektor pin pogo magnetik yang berada di bagian atas layar, yang dirancang dan disesuaikan dengan aksesori modular Lenovo Magic Bay.

Aksesori ini, dapat digabungkan secara opsional dalam konfigurasi tertentu pada ThinkBook 16p Generasi ke- 4, dan dapat memanfaatkan ThinkBook menjadi studio video untuk kebutuhan streaming di rumah, atau menawarkan manfaat tambahan kemampuan konektivitas 4G LTE3 untuk bekerja dan bermain saat bepergian.

Dengan dihadirkannya perangkat lunak Lenovo View, kamera  terintegrasi FHD dapat dirasakan keunggulannya melalui Webcam Lenovo Magic Bay 4K yang dapat dilepas dan menggabungkan kedua sumber tersebut dalam satu video.

Di antara fungsi-fungsi lainnya, pelacakan wajah secara otomatis dan sistem pengenalan papan tulis di mana perangkat lunak dapat menghapus apa pun yang menutupi tulisan dan gambar, menjadikan hal ini sebuah sistem yang mampu menghasilkan gambar yang lebih jernih.

Tiga aksesori Lenovo Magic Bay terbaru sangat mudah digunakan dengan adanya koneksi pogo pin yang dapat diperpanjang tanpa memerlukan kabel tambahan, dongle, atau power pack.

Webcam Lenovo Magic Bay 4K dibuat untuk konferensi video dan streaming dengan resolusi tinggi. Fitur ini mencakup fokus dan pembingkaian secara otomatis dengan pilihan untuk sisi penglihatan, Webcam ini juga dapat juga menyesuaikan cahaya sekitar secara otomatis, dan mempunyai resolusi maksimum hingga 4K pada 30fps.

Untuk keamanan tambahan, kamera dilengkapi rana privasi elektronik yang terintegrasi. Engsel 270 derajat memungkinkan webcam berputar ke berbagai sudut yang memberi pengguna fleksibilitas.

BACA JUGA
Samsung Memperkenalkan Sensor Gambar 200 Megapiksel Terbaru

Mereka juga dapat menggunakan kamera yang menghadap ke depan untuk memotret diri mereka sendiri ataupun diputar menghadap ke arah lain untuk mendemonstrasikan produk atau menangkap peserta atau lokasi lain.

Lenovo Magic Bay Light dirancang untuk mengatasi salah satu tantangan yang paling sering terjadi pada saat konferensi video atau streaming.

Seperti pencahayaan yang kurang baik sering menyebabkan pengguna merasa frustasi, baik ketika pencahayaan yang terlalu gelap atau terlalu terang, dan cahaya sekitar seringkali juga menimbulkan bayangan yang tidak diinginkan.

Dengan diluncurkannya Lenovo Magic Bay Light dapat membantu dalam menghadirkan kecerahan hingga 200 lux yang dapat disesuaikan dengan  konsumsi daya yang minimal.

Ini juga dapat langsung terhubung dengan mudah ke ThinkBook 16p Gen 4, karena lampu akan menyala secara otomatis saat kamera internal diaktifkan dan hasil video akan tampak profesional saat kita berada dimana saja.

Pada kenyataannya, bekerja (atau bermain) dari mana saja sudah menjadi hal yang biasa. Konektivitas, bagaimanapun, seringkali menjadi tantangan yang dirasakan pengguna disebabkan berada di lokasi yang cukup terpencil ataupun hotspot Wi-Fi publik yang tidak aman.

Sehingga perancangan Lenovo Magic Bay LTE mampu untuk mengatasi tantangan-tantangan konektivitas tersebut. Dengan menawarkan kecepatan 4G LTE3 untuk fleksibilitas yang diperlukan pengguna saat bepergian, Lenovo Magic Bay LTE juga menyertakan indikator LED untuk menunjukkan status koneksi dan port USB Type-C dengan kabel untuk kompatibilitas dengan laptop lain. 

Nirkabel merupakan Masa Depan pada Docking

Lebih lanjut, Lenovo untuk pertama kalinya memperkenalkan solusi pengisian daya nirkabel berfitur lengkap  untuk ThinkBook 13x Generasi ke-2.

Hal ini telah diumumkan pada perhelatan CES pada tahun 2022, ThinkBook 13x Generasi ke-2 menghadirkan fitur aksesori opsional yang mampu melakukan pengisian daya laptop nirkabel 65W dan perangkat seluler lainnya.

Menjelang tahun 2023, Lenovo meluncurkan juga solusi docking nirkabel terbaru yang lengkap, ThinkBook Wireless Dock untuk ThinkBook 13x Generasi ke-2.

Dengan menggabungkan beberapa teknologi mutakhir untuk tujuan mengubah cara kita dalam memanfaatkan penggunaan dock, solusi baru ini menggunakan Wi-Fi 61, Power-by-Contact, dan pengisian daya nirkabel universal untuk mengatasi masalah yang biasa terjadi pada multi kabel.

Sehingga ThinkBook Wireless Dock berkembang dari penggunaan secara “plug and play” menjadi yang lebih sederhana yaitu  dengan “put and play”. 

Penggunaan Power-by-Contact untuk mengisi daya laptop secara nirkabel merupakan terobosan teknologi yang mentransfer daya menggunakan elektroda konduktif yang terhubung ke sirkuit penerima dan ke baterai penerima.

Dipasangkan dengan bantalan pengisi daya nirkabel yang menyediakan hingga 10W untuk perangkat cerdas dan aksesori yang mendukung pengisian daya nirkabel universal yang ditempatkan pada nirkabel khusus dock.

Pengguna akan merasakan pengalaman yang lebih mudah karena mereka cukup meletakkan laptop ke papan pengisi daya dan informasi koneksi diambil secara otomatis dari dok nirkabel melalui Wi-Fi.

Selain itu, saat melepas laptop, koneksi secara otomatis terputus setelah beberapa detik, mencegah sisa koneksi data yang mempunyai potensi merusak keamanan laptop.

Dengan adanya performa tinggi Wi-Fi 61, docking nirkabel juga memungkinkan pengguna untuk menikmati pengalaman layar ganda latensi rendah yang mengesankan hingga 4K pada resolusi 60Hz bersamaan dengan kecepatan transfer data yang luar biasa.

Dock nirkabel mencakup tiga port USB-A, satu port USB-C, dan konektor ramping Lenovo untuk menyalurkan daya ke solusi docking nirkabel.

BACA JUGA
Laptop 4 Jutaan Terbaik Januari 2023: Spek Dewa

Dock Nirkabel akan dihubungkan secara eksklusif dengan ThinkBook 13x Gen 24.

Produk Esensial dalam Bisnis untuk meningkatkan Produktivitas dalam ruang kerja yang modern – Tiny ThinkCentre neo Terbaru

Produk ini merupakan hasil demonstrasi ide besar yang berawal dari ide kecil, ThinkCentre neo 50q Gen 4 adalah salah satu iterasi terbaru dalam jajaran PC desktop ThinkCentre neo yang dimiliki Lenovo dengan prioritas utama yaitu UKM dan perusahaan sejenisnya.

Produk ini dirancang juga dengan memprioritaskan produktivitas, kolaborasi, dan keberlanjutan. Tampilan modern dari desktop ThinkCentre Tiny klasik, ThinkCentre neo 50q Gen 4 menawarkan kekuatan bagi pelaku bisnis dengan diperkuat oleh prosesor Intel Core Generasi ke-13 terbaru yang dikemas dalam sasis space-saving 1L yang menampilkan ventilasi tersembunyi yang terpasang di bezel depan.

Juga menyediakan hingga 1 TB penyimpanan SSD super cepat2 dipasangkan dengan penyimpanan HDD2, dan memori DDR4 hingga 32 GB, hari kerja akan cepat berlalu dengan diluncurkannya aplikasi yang mampu berproses lebih cepat dan lancar.

ThinkCentre neo Ini digabungkan dengan konektivitas Wi-Fi 61 dengan banyak pilihan port, termasuk port BTB yang dapat disesuaikan, membuat pengguna tetap produktif dengan perangkat yang mudah dan sederhana.

Lenovo ThinkCentre neo 50q Generasi ke-4 tersedia dengan Windows 11 atau IGEL OS yang sudah diinstal sebelumnya.

Mereka yang memiliki IGEL akan divalidasi sebagai tingkat IGEL Ready Advanced Level,yang  artinya mereka akan terus diuji dan divalidasi oleh IGEL dengan sistem operasi versi terbaru, hal ini membantu pelaku bisnis dalam menyederhanakan dan mengamankan penerapan ruang kerja dengan alat seperti cloud juga mendukung pengguna dengan peningkatan produktif dan pengalaman di lingkungan kerja yang modern saat ini.

Selain itu, ThinkCentre neo 50q Gen 4 memberikan keamanan yang ditingkatkan melalui Lenovo ThinkShield yang menyediakan perlindungan keamanan yang mudah dan holistik, memberikan kepastian kepada perusahaan bahwa perangkat keras, perangkat lunak, jaringan, dan lokasi data mereka akan lebih aman.

Semua ini mencangkup form factor rendah halogen yang modern, namun produk ini juga masih memperhatikan kesadaran lingkungan, dengan menampilkan prosesor mobile yang hemat energi.

Bezel terrazzo-adorned  yang menarik juga dibuat dengan  85% konten daur ulang post content consumer (PCC) sedangkan bagian bezel lainnya dibuat dengan 35% PCC dan kemasannya terbuat dari Ocean Bound (OBD) plastic  yang bebas cat juga bahan baku. 

Sebagai salah cara dalam membantu lingkungan, Layanan pengurangan emisi CO2 milik Lenovo dapat ditambahkan ke perangkat ThinkBook dan ThinkCentre untuk membantu dalam mengimbangi emisi karbon yang dihasilkan di seluruh siklus hidup rata-rata produk.

Ini berfungsi sebagai cara yang mudah dan transparan untuk mendukung salah satu proyek Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim.  

Harga dan Ketersediaan di AS

  • ThinkBook Plus Twist akan mulai dijual dari harga  $1649 diharapkan akan tersedia mulai Juni 2023. 
  • ThinkBook 16p Gen 4 akan mulai dijual dari harga $1349 diharapkan akan tersedia mulai Mei 2023
  • Aksesori Lenovo Magic Bay akan tersedia secara eksklusif dengan ThinkBook 16p Gen 4 . Silakan hubungi tim lokal untuk opsi harga bundel yang akurat.
  • Dock Nirkabel ThinkBook untuk ThinkBook 13x Gen 2 akan tersedia di pasar tertentu sebagai konfigurasi bundel. 
  • ThinkCentre neo 50q Gen 4 dengan OS Windows 11 akan mulai dijual dari harga $xxx dan diharapkan akan tersedia mulai XXX 2023. Hubungi perwakilan penjualan lokal untuk mengetahui harga perangkat dengan IGEL OS.

Kunjungi kitLenovo StoryHub CES 2023untuk gambar dan spesifikasi lengkap, dan Showcase dan Halaman Acara untuk detail lebih lanjut.

Previous articleKyndryl Ungkap Delapan Tren Teknologi Perlu Diperhatikan di 2023
Next articlePaessler Memperkuat Kehadiran di Asia Pasifik