review1st.com – Telkomsel kembali menghadirkan DCE Summit 2024 dengan tema ‘Accelerating SME Growth Thru Digital Skills’ di Bandung (4/7), sebagai bagian dari komitmennya untuk meningkatkan potensi ekonomi digital Indonesia melalui penguasaan digital oleh UKM.

Acara ini merupakan puncak dari Program Digital Creative Entrepreneurs (DCE) yang ketiga, yang telah berlangsung sejak Desember 2023, dan melibatkan sejumlah UKM unggulan dari berbagai sektor di seluruh Indonesia untuk berbagi pengalaman tentang akselerasi bisnis UKM dan pemanfaatan teknologi digital bersama alumni, ahli, dan mentor.

Telkomsel Memperkenalkan UKM Unggulan Indonesia pada DCE Summit 2024

Saki H. Bramono, VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, menyatakan, “DCE Summit 2024 bertujuan untuk memberikan solusi bagi UKM Indonesia dalam meningkatkan kapabilitas, kompetensi, dan kreativitas mereka.

Inisiatif ini sejalan dengan komitmen Telkomsel dalam menciptakan dampak sosial positif melalui praktik bisnis berkelanjutan yang mengutamakan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).

Melalui Program DCE, Telkomsel berbagi pengetahuan dan keterampilan digital yang relevan untuk memperkuat daya saing UKM dan mengoptimalkan potensi bisnis mereka dengan teknologi digital.”

Sejak peluncurannya pada Desember 2023, Program DCE telah berhasil mendaftarkan total 2.102 UKM, di mana 300 UKM terpilih untuk bergabung dalam sesi Onboarding ke ekosistem pengembangan UKM digital Telkomsel, dan 32 peserta mengikuti sesi Pitching Tracks di berbagai kategori.

Di DCE Summit 2024, 12 UKM unggulan dari sektor F&B (Quinn Kitchenz, Rendang Sulaiman, Oh My Gethuk), Fashion (Doyle, Upject, Indri Boutique), Craft (Rajoet Gawenan, Saadi Ganoor, D’Arum), dan Personal Care (Adeos Odor, Empiris Herbal, Nasho) terpilih untuk mengikuti sesi Academy dan Mentoring secara daring sejak Mei 2024.

BACA JUGA
RRQ dan Rak Sebelah Mengenalkan SnackKing untuk Dukung UMKM Lokal Melalui Kolaborasi

Pada tanggal 2-3 Juli 2024 di Bandung, kedua belas peserta berkumpul secara langsung untuk mengikuti agenda Bootcamp dengan para ahli di bidang UKM, Live Shopping untuk meningkatkan awareness produk dan merek peserta, serta Final Pitch untuk bersaing memperebutkan gelar UKM terbaik dari DCE 3.0.

Pada akhir tahap Final Pitch di DCE Summit 2024, UKM Oh My Gethuk dari Malang, Jawa Timur, yang terkenal dengan produk kuliner tradisional singkongnya, dinilai telah mencapai perkembangan dan pencapaian yang signifikan selama periode program. Dengan presentasi terbaiknya, Oh My Gethuk yang didirikan oleh Diva Velda meraih gelar Best of The Best of 3rd DCE.

“Selamat kepada Oh My Gethuk atas penghargaan sebagai UKM terbaik pada DCE tahun ketiga. Kami berharap bahwa jenama dan bisnis digital yang telah berkembang bersama DCE dan peserta lainnya dapat terus tumbuh dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia.

Ke depannya, Telkomsel akan terus mendukung perkembangan UKM melalui program SME impact accelerator DCE, dengan memberikan bantuan dan pendampingan yang sesuai, termasuk pelatihan, pendanaan, serta akses ke pasar dan ekosistem digital Telkomsel,” tutup Saki.

Program DCE telah membantu lebih dari 2.500 UKM lokal sejak peluncurannya pada 2021, dengan mencetak lebih dari 350 UKM unggulan. Sebagai akselerator dampak UKM dari Telkomsel, Program DCE terus berupaya untuk meningkatkan kapabilitas digital UKM, mendorong inovasi, dan memperkuat daya saing mereka sebagai kontributor utama dalam kemajuan ekonomi nasional.

BACA JUGA
Telkomsel Berhasil Meraih Tiga Penghargaan Internasional TM Forum’s Innovation Awards 2024
Shares: