review1st.com – Banyak kalangan Indonesia yang ingin hijrah ke luar negeri misalnya AS tertarik dengan biaya pendidikan yang murah dan dukungan pemerintahnya. Istilah Student Loan Consolidation adalah salah satu pemikat.

Apa itu Student loan consolidation?

Apa itu Student Loan Consolidation?adalah proses di mana Anda mengambil pinjaman baru, yang kemudian digunakan untuk melunasi pinjaman mahasiswa lain yang berjalan.

Alih-alih memiliki banyak pinjaman dan pembayaran pinjaman, Anda hanya memiliki satu. Anda dapat menggabungkan semua pinjaman mahasiswa federal (negeri) dan sebagian besar pinjaman mahasiswa private (swasta).

Jumlah uang yang berhak Anda pinjam tergantung pada biaya kuliah Anda untuk tahun tertentu. Jika Anda lulus dalam empat tahun, kemungkinan besar Anda akan memiliki empat pinjaman—bahkan lebih, jika Anda juga mengambil pinjaman pribadi untuk dana tambahan.

Loan Consolidation dapat membuat hidup Anda sederhana, tetapi Anda harus melakukannya dengan hati-hati untuk menghindari kehilangan manfaat yang mungkin Anda miliki saat ini—atau yang memenuhi syarat untuk—dari pinjaman yang Anda miliki sekarang.

Tetapi pertama-tama Anda harus yakin apakah Anda memenuhi syarat untuk melakukan konsolidasi. Baru setelah itu Anda harus mulai mencari opsi pinjaman terbaik yang tersedia untuk Anda.

Persyaratan Kelayakan untuk Student Loan Consolidation

Dalam kebanyakan kasus, Anda dianggap memenuhi syarat untuk mengkonsolidasikan pinjaman Anda jika Anda:

  • Saat ini tidak bersekolah atau terdaftar dengan status paruh waktu
    Sedang melakukan pembayaran pinjaman atau sedang dalam masa tenggang pinjaman
    Memiliki riwayat pembayaran yang baik (artinya Anda tidak default pada pinjaman Anda)
  • Membawa setidaknya $ 5.000 hingga $ 7.500 dalam bentuk pinjaman
  • Meskipun Anda tidak perlu memenuhi jumlah minimum untuk menggabungkan utang di bawah Direct Consolidation Loan, program pemberi pinjaman swasta dan perusahaan pinjaman cenderung meminta saldo pinjaman minimum.
  • Anda tidak dapat menggabungkan pinjaman mahasiswa swasta dengan pinjaman mahasiswa federal, dan Anda hanya dapat mengkonsolidasikan pinjaman yang Anda pegang atas nama Anda.
  • Ini berarti bahwa Anda tidak dapat mengkonsolidasikan pinjaman Anda sendiri dengan pasangan Anda atau dengan pinjaman yang mungkin diambil orang tua Anda untuk membiayai pendidikan perguruan tinggi Anda.
BACA JUGA
Wajib Tahu! Galaxy Tab S9 FE Samsung untuk Mahasiswa Aktif dengan Segudang Kegiatan

Pro dan Kontra Student Loan Consolidation

Meskipun proses konsolidasi akan menyederhanakan hidup Anda dan mempermudah memastikan Anda mengetahui pembayaran pinjaman, ada beberapa hal negatif yang perlu Anda pertimbangkan.

Kelebihan

  • Memperlancar proses pembayaran tagihan Anda
  • Memperpanjang jangka waktu pembayaran Anda
  • Menurunkan suku bunga Anda
  • Beralih dari pinjaman dengan suku bunga variabel ke pinjaman dengan suku bunga tetap
  • Menurunkan jumlah pembayaran bulanan
  • Masuk ke rencana pembayaran alternatif
  • Pelunasan bertahap (pembayaran bulanan mulai rendah, lalu meningkat)
  • Pembayaran yang sensitif terhadap pendapatan (pembayaran bulanan adalah persentase dari pendapatan sebelum pajak
  • Mendapatkan manfaat peminjam

Kekurangan

  • Membayar lebih banyak dalam total bunga
  • Memiliki total jumlah pelunasan pinjaman yang lebih besar
  • Terlilit hutang lebih lama (jika memperpanjang masa pinjaman)
  • Kehilangan manfaat peminjam dari pemberi pinjaman Anda saat ini (yaitu diskon suku bunga, rabat
  • Harus membayar kembali manfaat peminjam (yaitu potongan harga, keringanan biaya)
  • Kemungkinan penalti pembayaran di muka
  • Hilangnya masa tenggang atas pinjaman awal, jika ada
  • Jika Anda menggabungkan campuran pinjaman federal dan swasta, kehilangan perlindungan yang diberikan pinjaman mahasiswa federal.

Keuntungan dari Konsolidasi

Perhatikan bahwa beberapa keutungan Student Loan Consolidation hanya berlaku untuk pinjaman federal atau hanya untuk pinjaman pribadi.

Inilah salah satu alasan bahwa, jika Anda memiliki kedua jenis pinjaman, Anda mungkin ingin menggabungkannya secara terpisah (lihat di bawah). Juga: Anda juga dapat selalu memisahkan pinjaman tunggal yang memiliki manfaat peminjam yang sangat baik.

BACA JUGA
Blibli PayDay Gadgetronic Sale 2024: Temukan Gadget dan Elektronik Favoritmu!

Berlaku untuk Semua Pinjaman

  • Memperlancar proses pembayaran tagihan Anda: Dengan hanya satu pinjaman, Anda hanya memiliki satu tanggal jatuh tempo pembayaran untuk diingat dan satu cek untuk ditulis.
  • Memperpanjang jangka waktu pembayaran Anda: Dengan pinjaman baru, Anda dapat memperpanjang jumlah waktu yang harus Anda bayar, seringkali antara 12 dan 30 tahun (naik dari standar 10).
  • Menurunkan jumlah pembayaran bulanan: Memperpanjang jangka waktu pinjaman berarti Anda akan membayar lebih sedikit setiap bulannya.
  • Mendapatkan keuntungan peminjam: Pemberi pinjaman akan sering menawarkan pemegang pinjaman manfaat tertentu (diskon untuk pembayaran otomatis, catatan pembayaran tepat waktu, dll.) untuk menjadi peminjam yang baik.
  • Jika pemberi pinjaman Anda tidak memberikan manfaat apa pun, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengkonsolidasikan pinjaman Anda dengan pemberi pinjaman yang melakukannya.
  • Jika Anda menggabungkan campuran pinjaman federal dan swasta, kehilangan perlindungan yang diberikan pinjaman mahasiswa federal.

Hanya untuk Pinjaman Swasta

Menurunkan tingkat bunga Anda: Jika Anda memiliki satu atau lebih pinjaman mahasiswa swasta dan telah meningkatkan skor kredit Anda sejak memperoleh pinjaman Anda, Anda mungkin dapat memenuhi syarat untuk pinjaman konsolidasi dengan tingkat bunga yang lebih rendah.

Beralih dari pinjaman variabel ke pinjaman dengan suku bunga tetap: Jika Anda memiliki pinjaman pelajar swasta dengan suku bunga variabel yang berbeda, Anda mungkin dapat menggabungkan dan mendapatkan satu pinjaman baru dengan suku bunga tetap—langkah yang bagus jika suku bunga turun secara signifikan sejak kamu sekolah.

Hanya untuk Pinjaman Negeri

Masuk ke rencana pembayaran alternatif: Konsolidasi dapat membuat Anda memenuhi syarat untuk program pinjaman federal yang membuatnya lebih mudah untuk melunasi pinjaman Anda.

Pembayaran bertahap memungkinkan Anda untuk memulai pembayaran dengan jumlah bulanan yang lebih rendah, kemudian secara bertahap meningkatkan jumlah pembayaran tersebut setiap dua tahun.

BACA JUGA
XL Axiata Memperkuat Komitmen Keberlanjutan dengan Edukasi Pengelolaan Sampah

Pembayaran yang peka terhadap pendapatan, yang menghitung jumlah pembayaran bulanan Anda sebagai persentase.

Kekurangan Dari Konsolidasi

Kekurangan Student Loan Consolidation ini berlaku untuk semua jenis pinjaman.

Membayar lebih banyak bunga total: Itu karena Anda akan memulai jam pembayaran kembali pinjaman dan mungkin akan lebih lama. Oleh karena itu, meskipun tingkat bunga Anda sama atau lebih rendah, kemungkinan besar Anda akan membayar lebih banyak bunga.

Memiliki jumlah pembayaran pinjaman total yang lebih besar: Lebih banyak bunga berarti total pembayaran pinjaman Anda kemungkinan akan lebih tinggi.

Terlilit hutang lebih lama (jika Anda memperpanjang masa pinjaman): Seperti yang telah dibahas di atas.

Kehilangan manfaat peminjam dari pemberi pinjaman Anda saat ini (yaitu, diskon suku bunga, rabat): Jika manfaatnya benar-benar subur untuk pinjaman tertentu, Anda tidak perlu memasukkannya ke dalam konsolidasi.

Harus membayar kembali manfaat peminjam (yaitu rabat, keringanan biaya): Faktorkan ini, jika ada, ke dalam total biaya pinjaman konsolidasi Anda sebelum Anda memutuskan untuk mengkonsolidasikan, dan pinjaman mana yang akan dimasukkan dalam campuran.

Kemungkinan penalti pembayaran di muka: Ingatlah hal ini saat Anda menjadwalkan konsolidasi pinjaman Anda.

Hilangnya masa tenggang untuk pinjaman awal, jika ada: Pinjaman pelajar sering kali memiliki masa tenggang pasca-kelulusan sebelum Anda harus memulai pembayaran. Pinjaman konsolidasi Anda mungkin tidak akan memiliki ini.

Jika Anda menggabungkan campuran pinjaman federal dan swasta, kehilangan perlindungan yang diberikan pinjaman mahasiswa federal: Selidiki program Pinjaman Konsolidasi Langsung federal untuk mengkonsolidasikan pinjaman federal Anda.

Nah, buat kalian yang tertarik ingin tinggal keluar negeri karena faktor pendidikan, mungkin Student Loan Consolidation bisa jadi salah satu titik cerah.

Shares: