review1st.com – Akhir 2019, dunia digemparkan oleh perusahaan gadget Samsung yang meluncurkan perangkat smartphone terbarunya yaitu Samsung M30s. Perangkat terbaru dari seri Samsung Galaxy M ini hadir dengan spesifikasi unggul dan fitur-fitur yang mendukung produktivitas manusia modern.

Salah satu spesifikasi paling membanggakan yang dimiliki oleh Galaxy M30s ini adalah kapasitas baterai jumbo yang sangat memuaskan. Peluncuran gawai ini dimulai dengan flash sale yang dilaksanakan di berbagai platform E-Commerce terpercaya di Indonesia.

[bacajuga number=5 tag=”hp-baru”]

Spesifikasi Samsung

Samsung Galaxy M30s menawarkan spesifikasi smartphone flagship yang tersedia dengan harga ramah di kantong. Berikut adalah ulasan spesifikasi yang dimiliki oleh Samsung Galaxy M30s:

1. Desain Body dan Layar

Dari segi body, smartphone Samsung Galaxy M30s ini mengusung desain yang langsing dan sangat elegan. Dengan ukuran 159 x 75.1 x 8.9 mm membuat perangkat ini cukup nyaman di genggaman. Smartphone ini juga cukup ringan dengan berat sekitar 188 gram.

Penampilan perangkat ini juga terlihat sangat elegan dengan sentuhan waterdrop notch pada layar. Variasi warna yang ditawarkan oleh Galaxy M30s ini pun cukup beragam. Smartphone Samsung Galaxy ini hadir dengan 3 variasi warna, yang cocok untuk generasi muda hingga kaum eksekutif: Opal Black, Sapphire Blue, dan Pearl White.

Dari segi layar, Samsung Galaxy M30s ini mengusung layar Super AMOLED seluas 6.4 inch yang sangat lapang. Dengan persentase antara layar:body sebesar 84.2% membuat layar dari perangkat smartphone ini terlihat semakin luas. Tak hanya itu, resolusi yang diusung oleh smartphone ini adalah sekitar 1080 x 2340 pixel.

2. Dapur Pacu

Performa dari Samsung Galaxy M30s ini didukung oleh tipe chipset Exynos 9611 dengan daya output mencapai 10 nm. Didukung dengan prosesor berjumlah 8 inti membuat perangkat smartphone ini memiliki performa perangkat yang optimal.

Galaxy M30s ini juga diperkuat dengan tipe kartu grafis Mali-G72. Untuk sistem OS, Samsung menanamkan OS Android 9.0 (Pie) yang dipadukan dengan tipe antarmuka One UI.

3. Kapasitas Memori

Samsung Galaxy M30s hadir dengan 2 pilihan kapasitas RAM yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Kapasitas RAM yang tersedia untuk tipe smartphone Samsung Galaxy ini adalah 4 GB dan 6 GB.

Untuk kebutuhan penyimpanan aplikasi dan data-data di dalam smartphone, Samsung M30s ini menawarkan 3 variasi memori internal, yaitu: 64 GB (untuk RAM 4 GB), 128 GB (untuk RAM 4 GB), dan 128 GB (untuk RAM 6 GB).

4. Sektor Kamera

Untuk spesifikasi di sektor kamera, Samsung Galaxy M30s ini hadir dengan triple camera yang disematkan pada bagian punggung smartphone. Triple camera tersebut terdiri dari kamera utama beresolusi 48 MP, lensa ultrawide beresolusi 8 MP, dan lensa kedalaman dengan resolusi 5 MP.

BACA JUGA
29 Tahun Telkomsel: Transformasi Digital yang Membawa Dampak Positif bagi Indonesia

Sedangkan, untuk kamera selfie, smartphone Samsung Galaxy ini mengusung resolusi lensa sebesar 16 MP dengan kualitas HDR.

5. Baterai

Sektor baterai menjadi spesifikasi unggulan yang diusung oleh Samsung Galaxy M30s. Samsung Galaxy ini didukung oleh kapasitas baterai tanam seluas 6000 mAh. Dukungan baterai jumbo tersebut membuat smartphone Galaxy M30s ini memiliki daya tahan yang patut diacungi jempol.

Selain itu, Samsung juga membekali perangkat ini dengan fitur Fast Charging dengan daya output 15W. Anda pun tidak perlu menunggu waktu yang terlalu lama untuk melakukan pengisian daya baterai.

Kelebihan Samsung M30s

Melihat ulasan spesifikasi di atas, tentunya Anda menjadi paham mengapa Samsung Galaxy M30s menjadi salah satu perangkat smartphone terbaik yang diluncurkan oleh Samsung.

Gawai ini memang memiliki serangkaian kelebihan yang membuatnya dapat bersaing dengan smartphone flagship sekalipun. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ulasan kelebihan yang dimiliki Samsung Galaxy M30s:

1. Kapasitas Baterai Jumbo yang Tangguh

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, salah satu keunggulan yang ditonjolkan oleh perangkat Samsung Galaxy M30s ini adalah kapasitas baterai jumbo yang sangat memuaskan. Anda bahkan akan sulit menemukan smartphone berdaya baterai 6000 mAh yang tersedia dengan harga di bawah 3 juta, seperti Samsung Galaxy ini.

Dengan daya baterai yang setara dengan smartphone gaming ini, Anda dapat menjalankan berbagai macam aplikasi selama berjam-jam dan hingga sepuasnya. Anda dapat bermain game favorit maupun streaming film favorit tanpa perlu khawatir baterai akan habis di tengah-tengah keseruan.

Berdasarkan pengamatan yang dimuat di Digit.In, baterai smartphone Samsung Galaxy M30s ini mampu bertahan selama 2 harian untuk penggunaan sedang.

Bahkan, situs 91mobiles juga sempat melakukan uji benchmark yang mencatat durasi kemampuan bertahan dari baterai ini dapat mencapai 2 hari 12 menit untuk penggunaan medium. Tak heran, banyak gamer yang berbondong-bondong ingin membeli perangkat Samsung Galaxy ini.

2. Performa Chipset yang Sangat Bisa Diandalkan

Keuntungan lainnya dari memiliki Samsung Galaxy M30s adalah performa chipset yang sangat membanggakan. Chipset Exynos 9611 yang digunakan oleh Samsung Galaxy ini merupakan salah satu chipset terbaik yang banyak digunakan oleh smartphone flagship.

Dukungan 8 inti yang terdapat di dalamnya membuat chipset ini mampu mengolah data secara lebih maksimal. Hal ini dikarenakan sistem octa-core tersebut dibagi menjadi beberapa kluster.

Kluster yang pertama terdiri dari 4 buah core jenis Cortex-A73 dengan daya 2,3 GHz yang berfungsi untuk mengoptimalkan performa smartphone saat Anda membuka aplikasi.

BACA JUGA
RRQ Monyet: Pro Player Asal Bali Gabung untuk Bawa Tim RRQ Menuju Kejayaan di VALORANT Champions

Bahkan, Anda dapat membuka beberapa aplikasi sekaligus tanpa perlu khawatir smartphone akan macet atau lagging.
Empat core sisanya, yaitu Cortex-A53 dengan daya 1,7 GHz berperan penting untuk menjaga efisiensi dari daya baterai.

Dengan demikian, sebanyak atau selama apapun aplikasi yang Anda buka, chipset tersebut tetap mampu melakukan pemrosesan data tanpa berakibat pada borosnya daya baterai. Inovasi ini tentunya menjadi salah satu daya tarik utama untuk memiliki perangkat Samsung Galaxy M30s ini.

Dari sektor pengolahan grafis, Samsung Galaxy M30s dibekali dengan GPU tipe Mali-G72 MP3. Untuk kebutuhan gaming, smartphone Galaxy M30s ini tentunya sangat mumpuni.

Berdasarkan skor benchmark yang ditampilkan oleh Antutu, skor dari Samsung Galaxy M30s ini mencapai angka 152428. Uji benchmark lainnya dilakukan oleh Geekbench yang mampu mencapai angka 5.329 untuk uji multi-core dan 1.674 untuk single-core.

Dengan skor yang sangat tinggi tersebut memungkinkan Anda untuk memainkan aplikasi game PUBG Mobile dan Asphalt 9. Anda juga tidak akan mengalami kesulitan saat memainkan aplikasi game berkapasitas sedang hingga berat lainnya.

Dukungan kapasitas RAM seluas 4 GB atau 6 GB yang mumpuni juga membuat performa smartphone ini menjadi semakin maksimal.

3. Tampilan Layar yang Kaya Warna dan Memukau

Tak hanya dari segi dapur pacu saja, Anda juga akan dimanjakan oleh Samsung Galaxy M30s ini dengan tampilan layarnya yang memukau. Perangkat smartphone ini mengusung layar tipe Super AMOLED yang merupakan salah satu tipe layar terbaik dari Samsung.

Luas layar selebar 6,4 inch jadi terasa semakin lapang dengan dukungan desain bezel waterdrop notch yang elegan. Layar Super AMOLED yang diusung oleh Galaxy M30s ini menyajikan tampilan grafis yang tajam dengan warna yang sangat kaya dan realistis.

Aktivitas menonton drama Korea lewat situs Netflix maupun aktivitas menonton game jadi terasa semakin menyenangkan.

4. Resolusi Kamera Belakang Perangkat yang Mengagumkan

Aspek lain yang membuat Samsung Galaxy M30s panen pujian adalah spek kamera belakangnya. Perangkat smartphone ini mengusung triple camera yang disematkan pada bagian punggung. Resolusi kamera utama dari smartphone ini sendiri sudah cukup besar, yaitu sekitar 48 MP.

Performa dari kamera utama tersebut semakin baik dengan dukungan lensa ultrawide beresolusi 8 MP dan depth sensor yang memiliki resolusi 5 MP.

Hasil foto yang diperoleh akan sukses membuat Anda terkesima. Kamera belakang dari smartphone ini mampu menghasilkan kualitas gambar yang jernih, tajam dan minim noise.

5. Kualitas Audio Terbaik Membuat Segala Aktivitas Terasa Menyenangkan

Tak hanya menonjolkan sisi grafis yang sempurna, Samsung Galaxy M30s juga mengusung sistem audio yang menonjol. Perangkat smartphone ini dibekali dengan spek audio tipe stereo dengan kualitas suara yang jernih dan minim distorsi.

BACA JUGA
Review Samsung Galaxy A35 5G: HP Tahan Air dengan Kamera Mumpuni

Anda tidak hanya dapat mendengarkan audio lagu maupun audio game dengan leluasa. Bahkan, aktivitas menjawab panggilan pun akan terdengar jelas.

Kekurangan Samsung Galaxy M30s

Terlepas dari berbagai keunggulannya, Samsung Galaxy M30s tetap memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah ulasan kekurangan dari Galaxy M30s yang perlu untuk dijadikan bahan pertimbangan:

1. Kualitas Foto Low-Light yang Kurang Bagus

Dari segi spesifikasi kamera belakang, Samsung Galaxy M30s memang sangat unggul. Kualitas foto yang Anda peroleh pun sangat memuaskan jika dilakukan di pagi atau siang hari.

Namun, sedikit disayangkan kualitas foto yang diambil saat malam hari kurang memuaskan. Hasil foto yang diambil dalam kondisi low light menggunakan perangkat smartphone ini menunjukkan banyaknya distorsi sehingga mengakibatkan detail dari objek menghilang.

Hal tersebut diperparah dengan beberapa bagian yang terlihat blur. Jika Anda mencari smartphone untuk kebutuhan night photography, spek kamera dari smartphone ini kurang mampu untuk mengakomodasi kebutuhan.

2. Spek Kamera Selfie Kurang Maksimal

Di era ramainya generasi muda yang melakukan selfie atau merekam video tiktok, kehadiran kamera depan yang mumpuni sangatlah dibutuhkan. Spesifikasi kamera depan yang diusung Samsung Galaxy M30s sebenarnya memang cukup bagus.

Namun, dibandingkan dengan spek kamera dari smartphone dengan harga yang setara, resolusi yang ditawarkan kamera selfie dari gawai ini memang kurang optimal. Hal tersebut tentunya sedikit disayangkan.

Terlebih, karena sebenarnya Samsung bisa saja membekali perangkat ini dengan lensa kamera depan yang lebih garang.

3. Pengisian Daya Cepat yang Hanya Berdaya Output 15W

Diimplementasikannya fitur Fast Charging untuk perangkat Samsung Galaxy M30s sebenarnya sudah sepatutnya diapresiasi. Namun, fitur Daya Cepat tersebut dirasa memiliki daya output yang terlalu kecil.

Terlebih lagi, untuk mengisi daya baterai Galaxy M30s yang berkapasitas 6000 mAh. Agar baterai dapat terisi dengan lebih cepat, Samsung seharusnya menambahkan daya output dari fitur Fast Charging tersebut. Hal itu dilakukan agar perangkat ini mampu bersaing dengan perangkat smartphone dengan fitur yang sama.

[bacajuga number=5 tag=”hp-dibawah”]

Demikianlah ulasan spesifikasi lengkap beserta review kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Samsung Galaxy M30s. Dengan kisaran harga 3 jutaan, spesifikasi yang dimiliki Galaxy M30s memang cukup mumpuni.

Tentu saja, gawai dari Samsung ini memiliki kelebihan dan beberapa kekurangan yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.

Shares: