review1st.com – Sony memperkenalkan ZV-E1 terbaru, kamera vlog lensa tukar dengan sensor full-frame 35mm berkualitas tinggi. Kamera ini menjadi bagian atas jajaran kamera Vlog Sony, menawarkan E-mount Sony dan performa canggih.

Dengan gambar sinematik, gradasi kaya, noise rendah, dan sensitivitas tinggi, hasilnya sangat memukau.

Bodi kamera ini yang ringkas dan ringan memberikan mobilitas luar biasa untuk vlogger dan content creator.

Dengan pengoperasian yang disempurnakan, para pengguna bebas berkreasi dan berbagi konten di platform apapun.

Fitur utama ZV-E1:

  • Kamera vlog dengan lensa yang dapat ditukar full-frame terkecil dan teringan di duniaii
  • Sensor CMOS Exmor R™ back-illuminated full-frame dengan 15+ stop garis lintang dan sensitivitas tinggi
  • Sistem E-mount Sony
  • Mesin pemrosesan gambar BIONZ XR™
  • Real-time Recognition AF berbasis AI dan Real-time Tracking yang Tangguh
  • 4K 60p, 4K 120p yang Dapat Ditingkatkan
  • Cinematic Vlog Setting termasuk S-Cinetone 
  • Stabilisasi gambar optik 5-sumbu dalam bodi dan stabilisasi Mode aktif Dinamisv
  • Framing Otomatis dan Framing Stabiliserviii berbasis AI
  • S-Gamut3.Cine/S-Log3 dan S-Gamut3/S-Log3
  • Fungsi Breathing Compensation
  • Product Showcase Setting dan one-touch Bokeh Switch 
  • Mikrofon 3 Kapsul Cerdas dengan direktivitas variabel
  • Layar LCD sentuh vari-angle untuk memudahkan pemantauan 
  • Konektivitas smartphone yang mudah dan stabil
  • Didesain dengan mempertimbangkan keberlanjutan

Koji Sekiguchi, President Director PT Sony Indonesia mengungkapkan, “ZV-E1 telah didesain untuk memberikan pengalaman pembuatan konten terbaik bagi para vlogger dan content creator kelas atas yang ingin meningkatkan konten mereka. Kamera ini adalah kamera yang luar biasa bagi para kreator yang menginginkan kamera vlog pembuatan konten terbaik yang didukung oleh teknologi AI untuk menghasilkan konten terbaik.”

Gambar ekspresif yang menekankan subjek

ZV-E1 adalah kamera vlog khusus dengan sensor CMOS Exmor R full-frame 35mm, 12,1 megapiksel sensitivitas tinggi dan bokeh indah.

Dengan kekuatan pemrosesan 8 kali lebih besar, BIONZ XR™ meningkatkan sensitivitas gambar, gradasi warna, dan performa noise. Mesin ini mampu mengolah data sensor gambar dalam waktu nyata, termasuk pengambilan gambar 4K pada 120p. Selain itu, BIONZ XR juga meningkatkan kecepatan dan presisi AF.

Video 4K (QFHD) berkualitas tinggi dapat direkam dengan pembacaan full-frame pada 10-bit 4:2:2 tanpa memerlukan 40 pixel binning. Hal ini membuat keuntungan ekspresif dari format full-frame tersedia untuk perekaman video sekaligus menghasilkan rekaman 4K resolusi tinggi tanpa moiré atau jaggies.

Dengan kekuatan pemrosesan 8 kali lebih besar, BIONZ XR™ meningkatkan sensitivitas gambar dan gradasi warna. Performa noise juga ditingkatkan.

Mesin ini mampu mengolah data sensor gambar secara real-time, termasuk pengambilan gambar 4K pada 120p.

BIONZ XR juga meningkatkan kecepatan dan presisi autofocus untuk performa yang lebih baik.

Garis lintang 15+ stop memungkinkan untuk menangkap gambar yang terlihat natural dalam berbagai macam situasi pencahayaan tanpa kehilangan detail sorotan atau bayangan. Rentang ISO standar meluas dari 80 hingga 102400 untuk foto dan film. Rentang yang diperluas untuk foto adalah 40 hingga 409600, dan rentang yang diperluas untuk film adalah 80 hingga 409600.

Mengubah aspirasi sinematik menjadi kenyataan

ZV-E1 menciptakan konten menonjol dengan Cinematic Vlog Settings – cara intuitif untuk rekaman vlog sinematik. Pilih Look dan Mood yang sesuai untuk menciptakan adegan yang terlihat seperti film.

Cinematic Vlog Setting termasuk Looks yang menghasilkan tampilan sinematik dengan warna natural, sorotan halus, dan tampilan kulit yang sempurna. Moods menegaskan warna tertentu, dan kecepatan transisi AF dapat disesuaikan. Tambahan frame rate 24 fps dan rasio aspek layar lebar Cinemascope (2,35:1) meningkatkan kesan sinematik.

BACA JUGA
Hyundai N Pamerkan IONIQ 5 N TA Spec dan Kerjasama dengan Gran Turismo di Nürburgring 24 Hours

Untuk tampilan yang benar-benar sinematik, ZV-E1 memiliki fitur S-Cinetone. Berdasarkan teknologi Sony Cinema Line, S-Cinetone menghasilkan mid-tone natural yang penting untuk warna kulit yang tampak sehat agar dapat menghasilkan kualitas sinematik.

Pilihan Creative Look baru memudahkan menciptakan tampilan menarik pada foto dan video langsung dari kamera.

10 Creative Look tersedia sebagai preset yang dapat digunakan atau disesuaikan.

My Image Style baru memungkinkan pengambilan gambar dalam mode Intelligent Auto atau Scene Selection.

Ikon pada monitor touch-sensitive memudahkan penyesuaian latar belakang bokeh, kecerahan, dan nada warna, serta memilih Creative Look.

Teknologi terdepan AI plus menghasilkan gambar yang memukau secara konsisten

Real-time Recognition AF menggabungkan unit pemrosesan AI inovatif untuk mengenali pergerakan secara akurat. Teknologi estimasi pose manusia digunakan untuk mengenali postur tubuh dan kepala dengan ketepatan tinggi. Pelacakan dapat dilakukan bahkan pada subjek yang membelakangi kamera.

Unit pemrosesan AI mampu membedakan subjek dengan postur tubuh yang berbeda. Pengenalan wajah individu juga telah ditingkatkan, sehingga pelacakan dapat dilakukan dalam situasi yang menantang. Fleksibilitas lebih lanjut diberikan dengan kemampuan pengenalan subjek seperti Burung, Serangga, Mobil/Kereta Api, dan Pesawat Terbang.

Keandalan dan presisi dalam pengambilan foto dan video semakin ditingkatkan melalui penggunaan teknologi Real-time Recognition AF.

ZV-E1 memiliki Real-time Trackingiv berbasis AI yang dapat diaktifkan dengan menentukan subjek dan menekan separuh tombol shutter. Kamera akan secara otomatis melacak subjek, sehingga pengguna bebas berkonsentrasi pada framing dan komposisi.

Kamera terbaru ini dilengkapi dengan Hybrid AF cepat untuk akuisisi yang cepat dan pelacakan yang tangguh, serta pengaturan AF yang mendetail untuk ketepatan dan kontrol terbaik.

Unit stabilisasi kompak dan presisi dengan sensor gyro dan algoritma optimasi mencapai stabilisasi hingga 5,0 step pada ZV-E1. Goyangan kamera terdeteksi dan dikoreksi dalam 5 axis, memberikan stabilisasi efektif dalam kamera vlog dengan berbagai lensa E-mount.

Stabilisasi mode aktif dinamis sekitar 30% lebih efektif dibandingkan Mode Aktif yang disediakan pada model sebelumnya. Hal ini membuatnya lebih mudah dibandingkan sebelumnya untuk merekam vlog yang mulus dan stabil, sambil bergerak untuk ekspresi yang berani dan dinamis.

Fitur luar biasa ZV-E1: Auto Framing AI untuk wawancara, pertunjukan musik, memasak, dan lainnya.

Auto Framing AI ZV-E1 secara otomatis memotong frame saat merekam, menjaga subjek menonjol.

Framing terus disesuaikan untuk mengikuti subjek, pengoperasian pengambilan gambar tunggal juga terbantu.

Pilih subjek dengan mudah melalui monitor kamera touch-sensitive atau aplikasi Creator’s App pada smartphone.

Breathing Compensation mempertahankan sudut pandang yang konsisten saat pemfokusan, menciptakan efek pemfokusan dramatis.

Fitur Multiple Face Recognition menyesuaikan bokeh dan fokus pada beberapa wajah dalam group selfie atau portrait.

ZV-E1 dilengkapi dengan Framing Stabiliserxxxiv yang menjaga posisi subjek dalam frame tetap stabil. Teknologi AI dan stabilisasi gambar Mode aktif Dinamis menjaga subjek mulus dan stabil selama pengambilan gambar handheld. Dengan fitur ini, pengguna dapat menciptakan video yang ekspresif dan mulus.

Dengan warna kulit ZV-E1 yang dioptimalkan, hasil foto dan video terlihat alami dan indah. Baik untuk selfie maupun vlogging.

Kamera ini memiliki fitur Bokeh Switch untuk latar belakang bokeh yang lebih baik dan efek kulit halus saat merekam video.

Tentunya, ZV-E1 juga menyertakan Product Showcase Setting untuk video ulasan produk, sehingga pengguna dapat mengalihkan fokus secara mulus dari wajah presenter ke produk yang dipegang di depan lensa, dan kembali lagi.

BACA JUGA
ASUS Usung Tema "Ubiquitous AI. Incredible Possibilities" di Computex 2024

Zoom yang halus, sederhana, dan serbaguna

Pengguna dapat memperoleh kontrol zoom yang kreatif dengan ZV-E1. Tuas zoom yang terletak di bagian atas pegangan, tidak hanya mengontrol lensa power zoom yang kompatibel, tetapi juga memungkinkan Clear Image Zoom untuk digunakan dengan lensa unpowered zoom dan lensa prime dengan degradasi gambar yang lebih sedikit. Hal ini secara signifikan mengurangi jumlah lensa yang diperlukan untuk berbagai proyek.

Real-time Recognition AF, Real-time Tracking, dan pengaturan area fokus tetap aktif saat melakukan zoom secara digital atau dengan Clear Image Zoom, memastikan bahwa presisi dan kecepatan penuh sistem phase-detection AF kamera tercapai, bahkan sewaktu melakukan zoom digital.

Mengontrol waktu untuk menangkap momen dan situasi yang tak terlupakan

Pembuatan Time-lapse dalam kamera adalah fitur hebat bagi pengguna yang ingin merekam Time-lapse, seperti pergerakan awan, orang, kota dan subjek lainnya yang berubah secara perlahan dengan cara yang unik dan ekspresif. Interval pencahayaan dapat ditetapkan dari 1 detik hingga 60 detik, sehingga memudahkan untuk mengompres gerakan lambat ke dalam time-lapse yang menyenangkan.

Audio canggih untuk konten vlog yang unggul

ZV-E1 dilengkapi dengan mikrofon 3 kapsul berperforma tinggi dengan direktivitas variabel yang dapat menangkap audio yang jernih dalam situasi di luar ruangan, di mana angin dan kebisingan lingkungan dapat menjadi masalah, serta dilengkapi dengan windscreen yang secara signifikan mengurangi kebisingan angin ketika melakukan pengambilan gambar di luar ruangan yang berangin. Pengaturan direktivitas Auto, Front, All Directions, dan Rear tersedia untuk menyesuaikan dengan berbagai lingkungan, dan secara otomatis beralih ke arah yang sesuai dengan pengenalan wajah, sehingga pengguna dapat dengan mudah membuat rekaman yang optimal.

Kamera ini juga memiliki Multi Interface (MI) shoe dengan interface audio digital dan jack mikrofon serta headphone yang menawarkan kemampuan audio yang diperluas.

Dukungan pengeditan canggih untuk menyampaikan maksud kreator

ZV-E1 mendukung mode perekaman video canggih – kemampuan pembacaan cepat dan pemrosesan data volume tinggi dari sensor gambar full-frame memungkinkan pembacaan 4K full-frame tanpa pixel binning, ditambah lagi dengan berbagai format perekaman yang menghasilkan kualitas gambar yang sangat ditingkatkan serta pengeditan yang lebih fleksibel dan efisien pada saat pascaproduksi.

ZV-E1 dapat merekam video 10-bit 4:2:2 secara internal apabila menggunakan kompresi Long GOP atau All Intra, mendukung perekaman intra-frame (All-I) internal dan perekaman format XAVC HS menggunakan codec MPEG-H HEVC/H.265 sehingga menghasilkan efisiensi sekitar dua kali lipat.

Kamera vlog ini juga memiliki ISO Fleksibel, yang diatur ke AUTO atau secara manual diatur antara 640 dan 102400 (160 dan 409600 dalam mode ISO yang diperluas dan profil Gambar dengan LUT yang dapat ditetapkan), sehingga pengguna dapat menciptakan tampilan tertentu ketika melakukan pengambilan gambar dalam mode selain salah satu mode Log yang telah ditetapkan.

Didesain untuk vlogging yang mulus dan mudah

ZV-E1 telah didesain untuk kemudahan penggunaan, dengan Layar LCD vari-angle yang dapat dibuka ke samping untuk memudahkan pemantauan dan fungsi sentuh saat merekam, serta layout kontrol dan pegangan yang dioptimalkan untuk vlogging.

Fitur untuk pengambilan gambar yang nyaman dan percaya diri

Kamera vlog baru ini memiliki fitur daya tanpa gangguan untuk perekaman yang lebih lama dengan baterai Z berkapasitas tinggi dari Sony dan USB PD (Power Delivery) yang mendukung pengisian daya secara cepat. Untuk performa daya yang lebih baik lagi, mesin pemrosesan gambar, sensor gambar, dan sirkuit terkait telah didesain untuk mengoptimalkan penghematan daya dalam semua kondisi pengambilan gambar.

BACA JUGA
Tips Mabar Sejago Pro Player RRQ dengan Galaxy A35 5G

Ringkas dan ringan untuk mobilitas yang luar biasa

ZV-E1 adalah kamera vlog paling ringkas dan ringan di dunia dengan sensor CMOS full-frame dan lensa yang dapat dipertukarkan. Mobilitasnya yang luar biasa memberikan kemampuan baru bagi para vlogger untuk berekspresi secara kreatif.

Kamera ini memiliki desain tahan terhadap debu dan kelembapan. ZV-E1 bahkan dapat dioperasikan dengan satu tangan jika menggunakan Shooting Grip dengan Wireless Remote Commander (GP-VPT2BT).

Creator’s Cloud dan koneksi smartphone yang mudah

Para kreator dapat terhubung dan berbagi konten dengan mudah menggunakan platform Creator’s Cloud  yang baru saja diumumkan oleh Sony dan koneksi smartphone yang mudah.

Pengguna dapat dengan cepat mengunggah klip ke smartphone dengan menggunakan Shot Marks untuk mengidentifikasi bagian dari rekaman yang direkam dengan klip berdurasi 15, 30 dan 60 detik yang ditransfer untuk penggunaan aplikasi sosial.

Aplikasi Creator’s App dapat digunakan untuk mengontrol ZV-E1 dari smartphone, dan mentransfer foto dan video yang diambil pada kamera ke smartphone. Baterai kamera dan status media dapat dipantau dari smartphone. Tanggal serta nama kamera dapat diedit sesuai kebutuhan. Aplikasi Creator’s App juga menyediakan cara yang nyaman untuk memperbarui software kamera.

Pengeditan mendalam

ZV-E1 merekam stabilisasi gambar dan metadata rotasi kamera yang dapat berguna ketika mengedit dalam aplikasi desktop Catalyst Browse gratis, aplikasi desktop Catalyst Prepare berbayar, atau plugin, karena pengguna dapat dengan cepat dan tepat menstabilkan rekaman selama pengeditan. Breathing compensation lensa dapat diterapkan selama pengeditan.

Live streaming berkualitas tinggi

Streaming konten live berkualitas tinggi seperti saat terhubung ke komputer pribadi atau smartphone melalui USB. ZV-E1 dapat berfungsi sebagai webcam 4K (2160p) dan membawa rapat online, acara langsung, bahkan percakapan sederhana dengan keluarga dan teman ke level kreatif yang baru.

Didesain dengan mempertimbangkan keberlanjutan

Selain komitmen Sony terhadap masa depan yang berkelanjutan dengan inisiatif global seperti Road to Zero dan tujuan energi terbarukan 2030, ZV-E1 secara khusus dikembangkan dengan mempertimbangkan keberlanjutan.

Kamera ini memiliki windscreen yang menggunakan serat yang terbuat dari botol PET daur ulang untuk mengurangi dampak lingkungan Sony, tanpa mengorbankan fungsionalitasnya.

Terakhir, kemasan luar ZV-E1 ramah lingkungan dan dapat didaur ulang tanpa plastik dan menggunakan ‘Bahan Campuran Asli’ Sony – bambu, tebu dan kertas daur ulang. Selain itu, kain non-anyaman dari tanaman digunakan untuk tas produk untuk meminimalkan jejak lingkungan Sony.

Lebih lagi, ZV-E1 juga menyertakan fitur aksesibilitas baru yang memudahkan pengoperasian dalam sejumlah cara, termasuk fungsionalitas pembaca layar untuk tunanetra. Fitur aksesibilitas memungkinkan siapapun untuk menikmati pengambilan gambar dan pemutaran menggunakan CX89400.

Harga dan Ketersediaan

ZV-E1 terbaru ini akan tersedia di Indonesia pada bulan Juni 2023 dengan harga Rp34.999.000. Pembelian secara pre-order dapat dilakukan mulai dari tanggal 12 Mei – 4 Juni 2023 di seluruh Sony Authorized Dealer. Untuk pembelian pada masa pre-order, Sony menawarkan promo khusus berupa PWP Cashback hingga Rp3.300.000 untuk lensa SEL24F14FM, SELP1635G, SEL2070G, dan shooting grip GP-VPT2BT. Sony juga menyiapkan Sony Limited Jacket eksklusif bagi pelanggan yang melakukan pembelian pada masa pre-order.

Untuk informasi detail mengenai produk, silakan kunjungi: https://www.sony.co.id/id/electronics/kamera-dengan-lensa-yang-dapat-ditukar/zv-e1

Shares: