review1st.com Smartfren dan Xingtera Inc., penyedia solusi Artificial Intelligence of Things (AIoT), menandatangani nota kesepahaman pada awal Maret lalu di Barcelona. Tujuannya adalah memulai kerja sama untuk mewujudkan “Indonesia Industri 4.0”.

Nota kesepahaman ini diharapkan memberikan dampak positif pada perkembangan perangkat berbasis AI dan IoT di Indonesia.

Kolaborasi ini akan berfokus pada pengenalan teknologi canggih dan solusi sistem 5G cloud-native dari hulu-ke-hilir (end-to-end) yang telah terbukti. Tujuan kerja sama ini adalah membantu perusahaan manufaktur di Indonesia dalam mempercepat realisasi transformasi digital dan mewujudkan Indonesia 4.0.

Dua perusahaan ini berkomitmen untuk mengembangkan solusi, aplikasi kecerdasan buatan, manufaktur otonom, dan lain sejenisnya. Semua solusi ini dirancang berdasarkan teknologi 5G, kecerdasan buatan (AI), serta IoT untuk diterapkan oleh Smartfren. Diharapkan solusi ini perkuat posisi Smartfren, terutama Smartfren Business, selalu menyediakan solusi industri 4.0 untuk perusahaan atau UMKM.

Proyek percontohan pertama akan dilakukan di pelabuhan cerdas OKI Mills. Kerja sama ke dua perusahaan ini akan meningkatkan otomatisasi operasional dan diterapkan di pabrik OKI Mills dan lokasi manufaktur lain.

CEO Smartfren Business, Alim Gunadi, menyatakan bahwa fokus kerja sama ini adalah menciptakan teknologi inovatif dalam hal otomatisasi untuk perusahaan dan UMKM. Melalui kerja sama ini, mereka ingin menjelajah berbagai potensi baru dalam teknologi industri, salah satunya yang berbasis pada teknologi 5G.

BACA JUGA
Ini Jajaran Google TV Terbaru dari Xiaomi untuk Kumpul Keluarga

Yuqing Niu, President and CEO Xingtera Inc., menambahkan bahwa Xingtera, sebagai penyedia solusi AIoT global, sangat senang dapat berkontribusi pada revitalisasi industri di Indonesia. Mereka berharap proyek yang bekerja sama dengan Smartfren ini dapat segera terlaksana.

Shares: