Home Berita Smartfren Terus Tingkatkan Literasi Digital Masyarakat Lewat Gerakan 100% untuk Indonesia

Smartfren Terus Tingkatkan Literasi Digital Masyarakat Lewat Gerakan 100% untuk Indonesia

review1st.com – Gerakan 100 Persen Untuk Indonesia menjadi program Smartfren yang cukup memuaskan di 2023. Dan operator telekomunikasi ini konsisten untuk melanjutkannya di 2024 dengan konsep lebih mumpuni.

Seperti diketahui, Gerakan 100 Persen Untuk Indonesia adalah sebuah gerakan cinta tanah air yang mewakili semangat dan tujuan untuk menyatukan yang berbeda dan senantiasa memberikan yang terbaik untuk Indonesia..

Dani M Akhyar, Head of Community Development Smartfren dalam Podcast Thereviewers beberapa waktu lalu mengungkapkan jika di 2023, Smartfren mempunyai brand purpose atau brand vision yaitu Gerakan 100 Persen untuk Indonesia.

“Jadi ini adalah sebuah movement, sebuah visi dimana kami, para insan Smartfren dimana kami menyebutnya Smartfren-Z, bahwa kita baik itu karyawan atau komunitas punya tekad.

“Pertama untuk mengoptimalkan potensi kita. Kan, setiap orang punya potensi masing-masing, baik karyawan atau pribadi. Yuk 100 persen mencapai potensi paling optimal.

“Yang kedua, setelah kita mencapai potensi kita. Yuk, kita karyakan potensi kita 100 persen untuk membangun Indonesia.”

Ia menambahkan, dalam hal ini Smartfren ingin ikut berkontribusi dalam visi besar pemerintah yaitu Indonesia Maju 2045.

Nah, terkait dengan bidang yang dtanganinya di community development, Dani mengungkapkan bahwa tugasnya menerjemahkan Gerakan 100 Persen Untuk Indonesia dalam 4 program.

Beberapa aktivitasnya mencakup: Teman Pintar Indonesia: Pemantapan literasi digital lewat komunitas edukasi dan pedesaan. 

“Ke sekolah-sekolah dan kampus, lebih dari 300 sekolah. Kita visit 75 kota/ kabupaten di seluruh Indonesia. Dengan total audiens dari 250-an event sekitar 26 ribu siswa dan mahasiswa yang ikut kegiatan,” ujarnya.

Program Teman Pintar antara lain content creator academy untuk mendukung anak muda. Dan mengarahkan anak muda menjadi atlet E-sport.

Ada juga Teman UMKM Indonesia Mendorong UMKM Indonesia untuk naik kelas lewat digitalisasi. Selama 2023 membina 2400 UKM dari 41 kota.

Kemudian ada Teman Kreasi Indonesia:

Wadah kreativitas dan entrepreneurship generasi muda. Seperti musik, budaya, teather. Dan ada juga pemberdayaan perempuan lewat Bunda Pintar.

Tujuan Gerakan 100 Persen Untuk Indonesia adalah wujud tanggung jawab sosial Smartfren. “Kami melakukan itu sebagai bentuk CSR yang dipertanggungjawabkan setahun sekali lewat laporan tahunan,” tutur Dani.

Selain itu, tujuannya adalah sebagai economic responsibility dimana pihaknya juga mempunyai tanggung jawab dalam mendukung pertumbuhan perusahaan.

Di 2024, Smartfren menyiapkan sesuatu lebih segar. Payungnya tetap menggunakan Gerakan 100 Persen Untuk Indonesia, dengan semangat yang dirangkum dalam 5 Garda (5G) sebagai pilarnya.

“Ini adalah teman turunan dalam 5G. Garda Stabilitas mendukung terwujudnya internet positif. Kedua Garda Budaya mendukung konten lokal.

Garda Persatuan, untuk mendukung persatuan. Lalu ada Garda Lingkungan, ini adalah sesuatu yang baru di Smartfren dengan gerakan mendukung lingkungan yang tersistem dan terstruktur. 

Program ada dua mensosialisasikan Smartfren e-sim, dimana tanpa chip pengguna bisa menghemat sampah atau limbah kartu SIM. Yang kedua program tukar sampah jadi kuota.

Terakhir ada Garda Pertumbuhan. Dimana Smartfren bisa mendukung ekonomi rakyat dan ekonomi digital.