review1st.com – Pernah nonton film penyelidikan kejahatan yang memanfaatkan sinar UV untuk mencari jejak darah korban di alat pembunuhan? Atau, Anda hanya ingin menghindari bagian pada karpet yang sudah dijadikan tempat pipis hewan peliharaan Anda karena misal merasa jijik untuk menyentuhnya?

Atau, Anda ingin memastikan kamar hotel yang Anda kunjungi sudah dibersihkan dengan baik sebelum Anda beristirahat? Terutama di bagian sprei yang mungkin saja belum diganti atau dibersihkan secara sembarangan. Anda pun bisa menemukan noda khusus dengan memanfaatkan lampu ultraviolet.

Senter UV Bolder dari ANKER, Untuk Anda Pemilik Hewan Peliharaan hingga Penyidik Kejahatan

Karena itu, senter UV Bolder dari ANKER ini bisa Anda pertimbangkan. “Sinar UV memiliki panjang yang berbeda, dengan peruntukkan atau fungsi yang berbeda. Kali ini lewat merek Bolder, ANKER menawarkan sesuatu yang berbeda pula,” terang Country Manager ANKER Indonesia, Ridwan Hidayat.

Meski sekilas terlihat seperti senter kebanyakan, namun cahaya yang dipancarkan senter UV Bolder ini berjenis ultraviolet dengan panjang gelombang 380nm. “Artinya, Anda bisa mendeteksi jejak darah atau urin di permukaan padat meski sudah kering atau bahkan dibersihkan,” jelasnya lagi.

Jenis-jenis Gelombang UV

Sinar atau radiasi “adiungu”, mengutip dari Wikipedia, adalah radiasi elektromagnetik terhadap panjang gelombang yang lebih pendek dari daerah dengan sinar tampak, tetapi lebih panjang dari sinar-X yang kecil. Sinar ini dapat dibagi menjadi beberapa bagian berdasarkan pada panjang gelombangnya.

BACA JUGA
TECNO Gandeng Asian Communication Research Centre diNTU Singapura

“Pertama dengan panjang 315-400nm disebut dengan UV-A, kemudian UV-B di rentang 280-315nm, sementara UV-C memiliki panjang gelombang 100-280nm. Jadi dengan panjang 380nm, senter UV Bolder ini masuk kategori UV-A atau yang disebut juga UV dekat,” ungkap Ridwan.

Istilah ultraviolet berarti “melebihi ungu”. Sedangkan warna ungu merupakan warna panjang gelombang paling pendek dari cahaya dari sinar tampak. Beberapa hewan, termasuk burung, reptil, dan serangga seperti lebah dapat melihat hingga mencapai UV dekat alias near UV tersebut.

Sinar ultraviolet bisa dihasilkan oleh atom-atom dan molekul dalam loncatan listrik. Matahari merupakan sumber utama dari sinar ultraviolet. Sinar UV dari matahari dapat mengionisasi partikel-partikel di atmosfer yang berada pada ketinggian sekitar 80km yang disebut lapisan ionosfer.

Sinar UV biasanya juga diidentikkan dengan radiasi yang berbahaya bagi kulit manusia. Lalu apakah jenis sinar UV yang ada pada senter Bolder juga berbahaya? “Sinar UV-A dianggap yang paling aman bagi manusia. Namun tetap harus dijaga agar tidak disorot lama ke mata atau ke kulit,” jelas Ridwan.

Pemanfaatan sinar UV di masyarakat selama ini pun tergolong luas, seperti pendeteksi uang palsu, hingga mensterilkan permukaan dan air seperti yang biasa ditemukan di tempat pengisian ulang air minum. “Jadi, ANKER Bolder ini dijamin aman digunakan,” Ridwan meyakinkan.

Baterai berkapasitas 2600mAh telah ditanamkan ke senter berbobot sekitar 121gram saja ini. Untuk mengisi ulang dayanya, tinggal mencolokkan kabel microUSB ke port yang tersedia. Kabel microUSB juga sudah disertakan dalam paket pembelian produk yang bergaransi 18 bulan ini.

BACA JUGA
Kolaborasi Strategis antara Smartfren for Business dan Alita Praya Mitra untuk Penguatan Solusi IoT di Indonesia

Anda yang suka berpetualang di alam bebas bisa memanfaatkan senter UV untuk mengidentifikasi kalajengking di sekitar tenda Anda. Telah mengantongi sertifikasi IPX5, Anda pun tak perlu khawatir ketika senter tangguh ini kehujanan selama perjalanan. Lalu berapa banderol yang ditawarkan ANKER?

Baik di outlet fisik maupun di situs e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee, Anda bisa memperoleh senter berbahan aluminium ini di official store ANKER Indonesia dengan banderol harga Rp999,000. Saat ini, ANKER memberikan promosi berupa diskon hingga 60% menjadi Rp399,000 saja.

Namun seperti biasa, jangan lupa untuk menyimpan bukti pembelian serta membuat video unboxing saat membelinya secara daring untuk memudahkan klaim garansi ya!

Shares: