Home Berita Samsung Hadirkan One UI 5, Ini Fitur-fitur Terbarunya

Samsung Hadirkan One UI 5, Ini Fitur-fitur Terbarunya

review1st.com – Smartphone telah menjadi hal yang esensial dalam hidup kita. Walaupun memiliki ukuran yang kecil, mereka mampu menyimpan dunia kita di dalamnya.

Inilah sebabnya mengapa Samsung Electronics awalnya mengembangkan One UI untuk menghubungkan perangkat keras inovatif dengan perangkat lunak intuitif dan mudah digunakan secara lebih baik, memberi pengguna kontrol yang lebih besar atas perangkat seluler mereka.

Pembaruan One UI 5 telah mulai digulirkan secara bertahap kepada jutaan pengguna Galaxy di seluruh dunia dengan fitur-fitur baru yang menawarkan kebebasan kepada semua orang untuk memilih pengalaman seluler mereka sendiri.

Berikut beberapa pembaruan di dalamnya: 

Gunakan Ponsel Anda Dengan Cara Anda

One UI 5 mewakili pengalaman seluler Samsung yang paling dipersonalisasi, dirancang untuk memberi pilihan yang lebih besar kepada para pengguna untuk mengkustomisasi perangkat mereka persis seperti yang mereka inginkan – dan hal ini dimulai dengan komunikasi.

Fitur Bixby Text Call yang baru memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan cara yang paling nyaman bagi mereka. Dengan Bixby Text Call, Anda dapat menjawab panggilan telepon hanya dengan mengetik pesan.

Platform cerdas Samsung, Bixby, mengubah teks menjadi audio dan membagikannya langsung dengan penelepon mewakili Anda, dan menunjukkan kepada Anda apa yang dikatakan penelepon dengan mengubah suaranya menjadi teks.

Fitur ini sangat cocok untuk saat-saat ketika Anda butuh berkomunikasi tetapi tidak selalu dapat didengar, seperti saat di kereta yang sibuk atau di konser yang bising. Dengan fitur ini, Anda dapat menerima telepon di lingkungan apa pun tanpa mengganggu atau melewatkan apa pun.

Sesuaikan Ponsel dengan Gaya Hidup Anda

Apa yang Anda butuhkan dari perangkat Anda dapat berubah sepanjang hari. Fitur yang Anda gunakan untuk rutinitas pagi untuk bangun dan beraktivitas mungkin tidak sama dengan apa yang membuat Anda tetap fokus bekerja sepanjang hari.

BACA JUGA
Kuasai Pasar di Madura, XL Axiata Selalu Jaga Kualitas Jaringan

Dengan Routines, Anda dapat membuat urutan tindakan pada perangkat Anda berdasarkan aktivitas Anda, dan dengan Modes pada One UI 5, Anda dapat membuat setting yang dikustomisasi untuk berbagai bagian yang berbeda dari kehidupan Anda mulai dari tidur dan bersantai hingga berolahraga dan mengemudi.

Contohnya, saat berolahraga, prioritas Anda mungkin adalah mematikan notifikasi agar tetap fokus olahraga dan memutar musik. Pada saat waktunya tidur, mematikan suara dan menurunkan kecerahan layar adalah cara yang bagus untuk membantu Anda rileks.

One UI 5 juga menawarkan tampilan dan nuansa baru yang membuat pengalaman pengguna lebih ramah dan mulus. Dari ikon aplikasi yang lebih menonjol dan sederhana hingga skema warna yang disederhanakan, Samsung telah memperhatikan detail yang rumit untuk pengalaman seluler yang lebih menarik.

Samsung juga menyempurnakan notifikasi di One UI 5 agar lebih intuitif, membuatnya mudah untuk dibaca sekilas serta menawarkan tombol jawab dan tolak yang lebih jelas untuk menerima panggilan telepon melalui pop-up call display yang didesain ulang.

Di luar aspek desain keseluruhan, personalisasi dan kemampuan untuk mengekspresikan diri juga merupakan bagian penting dari pengalaman seluler setiap orang. Untuk meningkatkannya, One UI 5 kini mendukung kustomisasi yang mudah dan beragam langsung di dalam lock screen.

Hanya dengan beberapa ketukan, Anda dapat memangkas video untuk mengubah momen-momen paling berkesan menjadi kilasan yang menggugah di ponsel Anda. Anda dapat membuat lock screen ini terasa lebih dikustomisasi dengan mengubah wallpaper, gaya jam, dan pop-up notifikasi semuanya dari satu layar.

Anda sebagai Pusat Pengalaman Seluler 

Selain memberi Anda opsi untuk mengatur tampilan dan nuansa yang dikustomisasi untuk perangkat Anda, One UI 5 juga menawarkan fitur baru yang membantu Anda menyelesaikan berbagai aktivitas dengan lebih efisien.

Misalnya, widget di One UI 5 hadir dengan opsi baru yang menarik dan kemampuan untuk menjaga Home screen Anda tetap rapi dengan Stack widget terbaru.

BACA JUGA
Mengintip Pembuatan OPPO Find N3 yang Diproduksi di Indonesia

Fitur baru ini memungkinkan Anda melakukan drag and drop pada widget di atas satu sama lain dan swipe ke kiri atau ke kanan untuk menggulir setiap widget dengan cepat dan mudah, untuk mengosongkan ruang di Home screen dan menggunakannya dengan lebih efisien.

Untuk membantu merampingkan tugas dan aktivitas seluler, One UI 5 juga dilengkapi dengan Smart suggestion untuk widget. Berdasarkan pola penggunaan dan konteks aktivitas seluler Anda, Smart suggestions secara otomatis menyarankan aplikasi dan tindakan yang membuat pengalaman seluler menjadi lebih personal.

Anda dapat dengan mudah mengekstrak teks dari gambar dan membagikannya ke dalam catatan. Baik menangkap detail acara secara cepat dari poster yang ingin Anda kirim ke teman, atau dengan mudah menyimpan nomor telepon dari kartu nama, One UI 5 membuat menjadi produktif lebih mudah dari sebelumnya berkat ekstraksi teks cerdas.

Selain itu, Anda juga dapat mengontrol semua perangkat yang terhubung ke smartphone di Connected devices menu terbaru, di mana Anda akan dapat mengakses semua fitur yang bekerja dengan perangkat lain seperti Quick Share, Smart View, dan Samsung DeX.

Sekarang Anda juga mendapatkan akses mudah ke menu Auto switch Buds, yang memungkinkan Anda secara otomatis mengalihkan Buds dari satu perangkat ke perangkat lain untuk pengoperasian antar perangkat yang lebih lancar.

Keamanan yang Nyaman dan Ketenangan Pikiran

Samsung memahami bahwa tidak ada privasi tanpa keamanan, jadi di One UI 5, kedua pengaturan ini disatukan dalam satu dasbor yang jelas dan mudah dinavigasi, sehingga memudahkan Anda untuk melindungi perangkat dan menjaga privasi informasi sensitif Anda. 

Security and privacy dashboard terbaru ini telah dirancang sesederhana mungkin untuk mempermudah dan memahami status perangkat Anda dengan cepat dan mudah.

BACA JUGA
Hands-On Garmin Venu 3 Series

Dalam sekilas pandang, Anda bisa cepat mendapatkan gambaran umum tentang keamanan perangkat Anda dan menemukan saran dan peringatan tergantung pada statusnya.

Untuk memastikan informasi pribadi Anda tetap pribadi, One UI 5 juga memiliki notifikasi di Share Panel terbaru yang memperingatkan Anda jika Anda akan tanpa sengaja membagikan foto yang berisi informasi yang berpotensi sensitif seperti gambar kartu kredit atau debit Anda, SIM, atau paspor.

Dikembangkan untuk Pengguna Galaxy, oleh Pengguna Galaxy

Samsung telah bekerja keras selama beberapa bulan terakhir untuk memastikan One UI 5 menghadirkan pengalaman seluler terbaik hingga kini, dan untuk memastikan perubahan ini selaras dengan pengguna sesungguhnya, Samsung menerima umpan balik dari ribuan pengguna Galaxy yang berpartisipasi dalam program One UI Beta. 

Program One UI Beta memastikan bahwa Samsung menghadirkan pengalaman seluler yang benar-benar memenuhi kebutuhan pengguna Galaxy.

Melalui program ini, peserta dapat memperoleh akses awal ke antarmuka ini dan membagikan umpan balik mereka untuk membantu menciptakan pengalaman terbaik.

Tahun ini Samsung membuka program Open Beta untuk One UI 5 lebih awal dari sebelumnya untuk memastikan semua orang memiliki akses ke antarmuka pengguna baru yang menarik sesegera mungkin.

Selanjutnya, umpan balik yang diterima selama proses ini telah membentuk pengalaman One UI 5 dengan lebih dari satu cara. Dari detail kecil, seperti gestur yang lebih mulus untuk tampilan dan nuansa yang lebih halus, hingga seluruh fitur, pengguna menginformasikan perjalanan pengembangannya.

Pengguna mencatat bahwa Security Dashboard adalah fitur yang sangat berharga, memberi tempat untuk pembaruan tambahan yang memberi orang kontrol lebih besar atas privasi mereka, dan umpan balik juga menunjukkan bahwa fitur Bixby Text Call baru dipandang sangat berguna untuk menjawab panggilan di lingkungan yang menantang.

Sebagai hasilnya, fitur ini akan mendukung bahasa Inggris pada awal tahun depan.

Previous articleTemukan Kembali Masa Lalu dan Rebut Masa Depan dalam The Brothers’ War
Next articleRedmi Pad Meluncur di Indonesia, Tablet Entry-Level Powerful