Home Berita Review Poco X6 Pro 5G: HP Powerful Buat Gaming + Spek Ekstra

Review Poco X6 Pro 5G: HP Powerful Buat Gaming + Spek Ekstra

Review Poco X6 Pro 5G: HP Powerful Buat Gaming Dengan Spek Ekstra

review1st.com – Dalam rubrik review kali ini, meja redaksi review1st kedatangan Poco X6 Pro 5G. Sebuah HP gaming yang memang sudah sangat dinantikan para fans Poco.

Seri ini memperkuat posisi lini produk X Series di segmen menengah atas yang dipenuhi dengan pesaing baru. So, buat yang penasaran kami akan mengulasnya untuk kalian.

Review Poco X6 Pro 5G

Seperti pendahulunya, Poco X6 Pro menonjolkan performa yang tangguh buat gaming dan produktivitas tinggi. Tapi tanpa mengesampingkan elemen penting lainnya seperti kamera, baterai, fitur dan lain-lain.

Sebelum memulai ulasan seputar aspek-aspek utamanya, kita unboxing terlebih dahulu perangkat ini. 

HP Poco terbaru ini datang dalam dus yang familar dengan skema warna hitam dan kuning. 

Di dalam kotak, pengguna akan menemukan case pelindung silikon lembut, pengisi daya 67W, dan kabel USB-A-to-C, kartu garansi dan buku panduan.

Rancangan Bodi

Review Poco X6 Pro 5G: Harga, Spek, Kelebihan dan Kekurangan

Poco X6 Pro 5G masih mempertahankan tradisi desain khas ala Poco. Dengan blok kamera berbentuk persegi panjang yang memenuhi seperempat sisi atas panel belakang.

Penampang seperti cermin yang memantulkan gambar menjadi background dudukan kamera. 

Tertanam tiga bulatan lensa besar dan satu bulatan LED flash yang tersusun dalam formasi kotak. Ini membuat tampilannya terlihat eksklusif dan premium. 

Soal warna, Poco menyodorkan opsi hitam, kuning, dan abu-abu. Kebetulan kami memegang unit review Poco X6 Pro yang berwarna abu-abu.

Tampilan glossy dengan material plastik yang solid saat dipegang namun mudah tertempel sidik jari. Permukaannya kesat sehingga tidak licin di tangan.

Poco X6 Pro 5G

Kontrol fisik berupa tombol daya dan volume, terletak di ruas kanan, Di sektor atas terdapat corong speaker, sensor infra merah dan mikrofon atas. 

Di ruas bawah, tertanam port USB-C, loudspeaker, mikrofon, dan slot SIM nano ganda yang terlindung dari debu dan air.

Untuk durabilitasnya, X6 Pro memiliki rating IP54 untuk perlindungan debu dan air. Masih oke menurut kami karena mampu menahan percikan air berat.

Layar

Unit review Poco X6 Pro 5G yang kami pegang mengusung layar OLED 6,67 inci. Mengedepankan resolusi 1.220×2.712px yang menyajikan gambar detil dan tajam.

BACA JUGA
POCO X6 Pro 5G dan Smartphone Performa Extreme Tersedia di Tokopedia Festival Ramadan!

Bezelnya yang tipis menampilan kesan premium di bagian depan. Tak hanya itu, X6 Pro menyisipkan sensor sidik jari optik di bawah layar.

Kamera selfie punch-hole, yang berada di bagian atas layar, melengkapi desain keseluruhan layar.

Selanjutnya, Poco juga menyematkan kecerahan layar hingga 1.800 nits. Layar HP ini juga sudah mendukung refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 2160Hz.

Alhasil Poco X6 Pro terasa nyaman di mata dan tetap tampil optimal saat dipakai dalam kondisi outdoor.

Buat para gamers dan penggemar streaming atau penyuka film, display-nya mampu memberikan experience yang mengasyikkan. Tampilan halus dan enak saat dipakai bernavigasi sentuh.

Menariknya lagi, X6 Pro mendukung berbagai format HDR, termasuk Dolby Vision, memberikan pengalaman streaming yang lebih kaya. 

Performa

Ditenagai chipset MediaTek Dimensity 8300 Ultra, X6 Pro menempatkan dirinya di antara perangkat kelas menengah dan flagship.

Dapur pacu ini dibangun melalui proses fabrikasi 4nm sehingga efisien dan hemat daya.

Dalam pengujian menggunakan aplikasi benchmark, Poco X6 Pro 5G mencatatkan angka nan impresif. Hasil GeekBench dan Antutu menunjukkan performa luar biasa.

Unit review Poco X6 Pro 5G yang kami ulas mengandalkan konfigurasi memori 12GB/512GB. Ganasnya lagi, RAM ini bisa diperluas lagi hingga 8GB.

Tak heran, jika perangkat ini mampu memperlihatkan kinerja impresif dalam menangani beban kerja dan grafis tinggi

Kami menginstal game seperti Mobile Legends, Free Fire hingga PUBG Mobile. Semuanya tetap tampil optimal minim lag dan ngebut meski dalam setting rata kanan.

Asyiknya, kita bisa menyetel refresh rate sesuai kebutuhan. X6 Pro bisa menyesuaikan diri menjadi 60Hz dalam kondisi normal.

Ada menu pengaturan memberikan opsi mode ‘Default’ dan ‘Custom’, menawarkan fleksibilitas dalam memilih antara 120Hz atau 60Hz.

Kamera

Sebagai HP yang mengusung kinerja dan performa sebagai value utama, sebenarnya ekspektasi kami tak terlalu tinggi soal kamera perangkat ini.

BACA JUGA
Redmi Note 13 Pro+ 5G Edisi Xiaomi Fan Festival: Perayaan Spesial untuk Xiaomi Fans

Tapi ternyata Poco memberikan apresiasi lebih kepada pengguna X6 Pro dengan menghadirkan sistem kamera yang cukup mumpuni.

Penawaran berupa kamera utama 64MP, ultrawide 8MP, dan kamera makro 2MP adalah sebuah hadiah menarik. Meski tanpa lensa telefoto.

Kamera utama menggunakan sensor OV64B, chip OmniVision 64MP dengan format optik 1/2.0″, piksel 0.7µm, lensa 25mm dan aperture f/1.7. 

Dukungan lensa utama ini memastikam hasil foto yang memuaskan di kelasnya. Gambar terlihat tajam, detil, natural dan saturasi warna mumpuni dalam kondisi cahaya melimpah.

Untuk kondisi low light ternyata kameranya masih mampu memproduksi foto-foto yang tak kalah bagus. Terutama saat mode malam diaktifkan.

Sementara kamera ultrawide 8MP (OV08D) yang mengusung optik 1/4.4″, piksel 1.0µm, dan aperture f/2.2 bisa menangkap obyek lebih luas.

Hasilnya tetap memuaskan meskipun dynamic range, ketajaman dan kejernihan warna agak menurun. Efek bokeh Poco X6 Pro juga cukup tegas.

Di sektor depan, memang hanya ada kamera selfie 16MP (OV16A). So, kami tak terlalu berharap banyak.

Tersedia ragam fitur yang bisa dicoba mulai mode Macro, mode Pro hingga Video ter-script.

Poco X6 Pro juga sudah mendukung perekaman video 4K30 dengan kamera utama dan 1080p30 dengan ultrawide. Hasilnya lumayan stabil dan baik.

Mode Auto 0.6X
Mode Auto 1X
Mode Auto 2X
Mode Auto 1X
Mode Auto 0.6X
Selfie Portrait x Auto
Night Mode

Fitur lain

Poco X6 Pro 5G mengandalkan HyperOS antarmuka Xiaomi yang sudah dimodernisasi. Berbasis Android 14, perangkat ini menjanjikan perangkat lunak dengan experience lebih segar 

Perubahan font dan sentuhan ikon modern membuat tampilan lebih atraktif. Antarmuka multi windows jadi lebih intuitif. Ada Task Switcher yang dapat digulir secara vertikal dengan dua kolom. 

Kita juga bisa memilih antarmuka app drawer secara lebih fleksibel sesuai selera. Aplikasi bawaan terbenam mulai dari Music Player hingga Mi Remote.

Satu lagi, Poco menanamkan Game Turbo di HyperOS. Sebuah fitur bagi penggemar game untuk pengalaman bermain tanpa gangguan.

Seri ini juga mengantongi setup dual speaker. Outputnya nendang dan memberikan value lebih buat gamers dan penyuka film dengan audio bagus.

BACA JUGA
15 HP NFC Murah Terbaik Maret 2024

Tak hanya itu, perangkat ini juga dibenami dengan fasilitas seperti NFC, Infra merah, jaringan 5G, Wifi 6 hingga Bluetooth 5.4

Baterai

Pada bagian sumber daya, Poco X6 Pro 5G memboyong kapasitas baterai 5.000mAh. Dalam pemakaian normal dan konsisten untuk aplikasi basic baterainya sanggup bertahan seharian.

Review Poco X6 Pro 5G

Baterai berukuran jumbo pada perangkat ini ditandem dengan pengisian cepat 67W. Jadi gamers tak perlu khawatir menunggu lama saat baterai mulai kritis.

Hanya dalam hitungan 43 menit, kita bisa mengisi daya hingga penuh dari nol. So, experience kalian yang sedang push rank atau mabar tak akan terganggu.

Kelebihan dan Kekurangan Poco X6 Pro

Poco X6 Pro adalah pilihan menarik di pasar smartphone kelas menengah. Khususnya buat pecinta gaming dan penyuka HP performa tinggi.

Kelebihan perangkat ini adalah performa dapur pacu powerful, layar optimal berbasis Dolby Vision, baterai efisien, pengisian cepat, HyperOS dan kinerja speaker memuaskan. 

Sektor kamera mungkin jadi area yang berada di tengah-tengah. Kualitasnya bagus tapi bukan yang terbaik.

Beberapa hal minor yang kami soroti mungkin pada material bodi yang rentan ternoda sidik jari dan tak adanya sensor telephoto pada kamera.

Harga Poco X6 Pro 5G

Poco X6 Pro 5G hadir di Indonesia dengan pilihan yang memiliki konfigurasi penyimpanan 512GB dan RAM 12GB. Tersedia dengan harga menarik Rp 4,9 Jutaan.

Spesifikasi Poco X6 Pro 5G:

  • Dimensi: 160,5×74,3×8,3mm, 186g
  • Layar: AMOLED 6,67 inci, 120Hz, HDR10+, Dolby Vision
  • Chipset: MediaTek Dimensity 8300 Ultra
  • Memori: 256GB/8GB RAM, 256GB/12GB RAM, 512GB/12GB RAM; UFS 4.
  • OS/Perangkat Lunak: Android 14, HyperOS
  • Kamera Belakang: Utama 64 MP, f/1,7, 25mm, 0,7µm, PDAF, OIS; Ultrawide 8 MP, f/2,2, 120?; Macro 2 MP, f/2,4.
  • Kamera Depan: 16 MP, f/2,4, (wide).
  • Pengambilan Video: Kamera Belakang: 4K@24/30fps, 1080p@30/60fps, gyro-EIS; Kamera Depan: 1080p@30/60fps.
  • Baterai: 5000mAh; Pengisian kabel 67W, 100% dalam 45 menit (diumumkan).
  • Konektivitas: 5G; Dual SIM; Wi-Fi 6; BT 5.4; NFC; Port Inframerah.
  • Lainnya: Pembaca sidik jari (di bawah layar, optik); dua speaker.