review1at.com – Seri laptop 2-in-1 Lenovo, Yoga, telah lama dikenal sebagai salah satu pilihan teratas untuk individu yang mencari laptop berbasis Windows dengan desain catchy, serbaguna, dapat diajak untuk berproses kreatif.

Laptop-laptop Yoga terkenal dengan desain convertible mereka, yang ditandai dengan engsel 360 derajat, layar sentuh, dan beberapa menyertakan stylus dalam paket pembeliannya.

Tak terkecuali Lenovo Yoga 7 14IRL8 yang diluncurkan beebrapa waktu lalu. Sekilas, laptop ini memiliki build quality yang baik dan dari spesifikasinya menjanjikan performa yang dapat diandalkan. Penambahan fitur-fitur yang memukau bias jadi menambah daya laptop ini. 

Kelebihan:

  • Layar OLED fenomenal dengan kemampuan sentuh
  • Performa solid mengingat ukurannya yang tipis
  • Kualitas konstruksi terbaik
  • Desain yang sederhana namun elegan yang terlihat dan terasa luar biasa
  • Keyboard yang nyaman digunakan
  • Engsel yang bisa dilipat terasa kuat dan kokoh

Kekurangan:

  • Umur baterai bisa lebih baik sedikit
  • Bisa menggunakan satu port USB-A tambahan

Ketika produsen laptop membangun sebuah laptop yang tipis dan ringan, tujuan adalah menyediakan pengguna perangkat yang portabel yang tidak hanya memiliki tampilan menarik tetapi juga memberikan pengalaman yang memuaskan. 

Sayangnya, sebagian besar laptop tipis dan ringan seringkali mengorbankan performa dan kadang-kadang juga memangkas kapasitas baterai. Hal ini sedikit banyak menghalangi kaum professional atau prosumer untuk memilih perangkat dengan tipe terrsebut.

Lenovo Yoga 7 14IRL8 secara umum mencoba mendobrak paradigma tersebut. Notebook tipis dan ringan ini menawarkan performa yang tangguh, menjadikannya mesin yang serbaguna yang cocok untuk tugas sehari-hari dan, yang lebih impresif lagi, mampu menangani operasi yang berat seperti editing video dan foto.

Selain itu, laptop ini memiliki semua syarat yang diharapkan dari perangkat tipis dan ringan tradisional: yaitu desain yang indah dan estetis, super ringan namun tetap kokoh.

Dalam review Lenovo Yoga 7 14IRL8 kali ini, Kami mencoba menyelami setiap aspek dari laptop konvertibel ini dan memberikan saran apakah lap[top ini layak untuk Anda pertimbangkan sesuai dengan perfroma dan juga budget yang Anda keluarkan.

Desain dan Build Quality

Ketika pertama kali memegang Lenovo Yoga 7, kesan pertama yang muncul adalah sebuah laptop yang kokoh, berbeda dari persepsi awal dimana kami berpikir Lenovo mungkin akan sedikit menurunkan build qualitynya dan focus untuk memperkuat engsel dan tampilan layar. Tetapi, kami keliru.

Review Laptop Lenovo Yoga 7 14IRL8: Laptop 2-in-1 Tipis dan Ringan dengan Perfroma Menjanjikan

Yoga 7 dibalut material aluminium di bagian atas maupun bawahnya. Pengerjaannya rapi. Ketika Anda menekan bagian-bagian laptop secara random, Anda bisa merasakan kepadatan di setiap sisinya, menandakan bahwa Lenovo Yoga 7 14IRL8 dirancang secara presisi dan memanfaatkan setiap ruangd engan optimal.

Unit yang Kami review kebetulan berwarna Tidal Teal yang tenang dan elegan. Yoga 7 juga tersedia dalam opsi Storm Grey yang lebih minimalis.

BACA JUGA
Telkomsel Berhasil Meraih Tiga Penghargaan Internasional TM Forum’s Innovation Awards 2024

Laptop ini memiliki bobot 1,5 kilogram dengan tepi yang mulus dan bersudut membulat dengan finishing bead-blasted pada bagian penutup, dek keyboard, dan bagian bawah sasis.

Tepi-tepi yang bulat ini seklaigus memastikan Anda dapat meletakkan tangan Anda di berbagai sudut laptop dengan lebih nyaman, bahkan saat digunakan dalam mode tablet.

Kami menyukai desain laptop Yoga 7 yang bersih dan minimalis. Sekedar catatan,  unit dengan warna Tidal Teal yang kami uji cenderung menarik lebih banyak sidik jari dan sensitif terhadap minyak. Jadi, jika hal ini agak mengganggu, sebaiknya Anda memilih opsi warna abu-abu.

Sekarang, kita langsung menuju salah satu fitur unggulan Yoga 7: engsel

Engsel 360 derajat milik Yoga 7 terasa kuat dan andal. Feel-nya tidak terlalu longgar atau terlalu kaku ketika dibuka atau saat beralih antar mode yang berbeda. Berkat mekanisme engsel ini, Anda dapat dengan mudah beralih antara mode laptop, mode stand, dan mode tablet.

Yoga 7 meneydiakana  beragam opsi konektivitas. Untuk port, Anda mendapatkan satu port USB 3.0 / 3.1 Gen1 berukuran penuh, dua port Thunderbolt dengan USB-C Power Delivery (PD), satu HDMI, jack kombo 3,5mm untuk audio, dan pembaca kartu microSD. Untuk konektivitas nirkabel, Yoga 7 14IRL8  sudah emneydiakan koneksi WiFi 6E, dan BlueTooth 5.1.

Layar

Yoga 7 14IRL8 menggunakan layar OLED  14 inci dengan resolusi 2880×1800, dengan refresh rate 90Hz, yang membuat tampilannya ekstra haslu dan menyuguhkan pengalaman visual yang imersif.

Panel OLED menampilkan warna hitam yang sangat dalam, dengan warna-warna lain tampil sangat hidup. Keberadaan refresh rate 90Hz meningkatkan kehalusan visual secara keseluruhan. Selain itu, layar Yoga 7 14IRL8  sudah mengantongi sertifikat Dolby Vision HDR, yang lebih meningkatkan pengalaman visual.

Dalam hal akurasi warna, layar Yoga 7 14IRL8  mengantongi 100% DCI-P3, yang memanjakan mata Anda saat menonton berbagai konten. Tingkat kecerahan 400 nits membuat tampilan layar terlihat sangat jelas.

Apakah Anda menggunakan laptop dalam mode tablet, menavigasi layar melalui ketukan dan sentuhan, atau membuat catatan tulisan tangan, layar 14 inci menawarkan kombinasi luar biasa dari representasi warna yang luas, kecerahan yang layak, dan keunggulan hitam yang sejati dari layar OLED. 

Keyboard dan Trackpad

Lenovo Yoga 7 memiliki keyboard dengan layout standar yang terorganisir dengan baik yang cukup ramah dengan jari pengguna.

Tombol-tombol bergaya chiclet pada keyboard ini menawarkan travel experience yang baik, menghindari jari-jari Anda untuk mengetuk terlalu keras atau terlalu lembut, pas.

Hal ini membuat pengalaman mengetik menjadi lebih konsisten dan mempermudah tugas-tugas sehari-hari Anda. Anda juga mendapatkan pencahayaan latar LED untuk keyboard, yang dilengkapi dengan dua tingkat kecerahan.

BACA JUGA
Mengungkap Rahasia Performa Ekstrem POCO Pad di Musim Baru POCO Extreme League by Team Liquid Aura

Di bawah keyboard, ada touchpad berukuran cukup besar tanpa tombol fisik, dan ukurannya Kami rasa pas. Permukaan kaca touchpad terasa sangat baik, menawarkan ruang yang cukup untuk navigasi yang lancar.

Touchpad menghasilkan klik yang akurat, dan mampu menangani gerakan multitouch dengan mudah. Akurasi dan kemampuan navigasi touchpad ini luar biasa, membuatnya mudah dan menyenangkan digunakan.

Dalam pengujian saya, saya tidak mengalami masalah menggunakan kedua klik baik kiri dan kanan, dan saya tidak pernah mengalami loncatan navigasi akibat respon tekanan yang terlewat.

Webcam dan Speaker

Lenovo Yoga 7 dilengkapi dengan webcam FHD yang diposisikan di bagian atas. Kamera yang disemtakan memiliki resolusi 2.1MP denga rasio 16:9, memungkinkan Anda untuk merekam video 1080p, yang bias Anda manfaatkan untuk situasi kerja jarak jauh. 

Webcam dilengkapi dengan IR dan privacy shiled, sebua fitur yang sangat berguna, terutama jika Anda concern dengan peretasan dan keamanan dunia maya.

Dalam hal audio, laptop ini memiliki setup speaker stereo yang memberikan pengalaman yang cukup solid dengan spesifikasi Dolby Atmos yang memunculkan output suara memukau.

Audio yang diusung  Yoga 7 14IRL8  menawarkan suara berkualitas tinggi meski dikencangkan hingga cukup keras. Keuntungan lain, speaker Yoga 7 ditempatkan dengan cerdas di kedua sisi keyboard, menghadap pengguna sehingga suara yang dihasilkan terkesan direct dan imersif.

Performa

Yoga 7 14IRL8  dilengkapi dengan prosesor Core i7 1360P, 16GB RAM LPDDR5, dan SSD PCIe 4 512GB. Core i7 1360P ini unik, memiliki 4 core (inti) kinerja tinggi dan 8 core (inti) untuk kinerja efisien.

Untuk mengoptimalkan daya baterai, Lenovo melalui aplikasi Lenovo Vantage, menawarkan tiga profil berbeda untuk pengaturan performa: Battery Saver, Intelligent Cooling, dan High Performance. Dalam pengujian ini, Kami mencoba menggeber kinerja Yoga 7 14IRL8   dengan memilih mode High-Performance.

Meskipun Intel Core i7-1360P bukanlah chipset terkuat, namun ia mampu memberikan performa yang luar biasa. Prosesor ini memberikan performa yang sangat baik dalam berbagai benchmark sintetis, secara konsisten mencapai skor tinggi.

Inti kinerja bisa mencapai 5GHz, sementara inti efisiensi meningkat hingga 3,70GHz. Dari sini etrlihat Core i7-1360P mampu bekerja sangat baik dalam tugas-tugas ringan hingga tugas berat yang lebih menuntut.

Dalam beban kerja yang lebih berat, laptop mengalami sedikit pemanasan, tetapi tetap dalam level yang masih dapat diterima. Desain pendinginan Lenovo untuk Yoga 7 secara efektif mencegah terjadinya thermal throttling meski digunakan untuk tugas yang ebrat seperti editing video dan rendering.

Performa grafis laptop ini juga patut dipuji, terutama jika Anda mengingat bahwa inia dalah laptop 2-in-1 yang juga mengejar desain yang ringkas. Yoga 7 14IRL8  unggul dalam tugas-tugas umum, seperti streaming media dan mengelola tugas-tugas pengeditan foto dan video ringan.

BACA JUGA
OJK Tingkatkan Batas Maksimum Pinjaman Fintech Lending hingga Rp10 Miliar untuk UMKM Produktif

Grafis terintegrasi Iris Xe dari Intel mungkin bukan pilihan teratas untuk bermain game atau rendering 3D intensif. Namun, untuk semua tugas lainnya, Anda dapat mengharapkan laptop ini beroperasi dengan lancar dan menangani berbagai scenario tanpa masalah.

Baterai

Yoga 7 dilengkapi dengan baterai LiPo 4-cell 71Wh. Secara rata-rata, Kami bisa menggunakannya hingga 8 jam dengan penggunaan apliaksi regular seperti browsing, mengedit dokumen dan edit foto.

Anda bisa memeprpanjang durasi pemakaian baterai hingga 9 jam atau lebih dengan satu kali pengisian daya jika menggunakan mode hemat baterau dan mengurangi kecerahan layar.

Menariknya, dengan hanya 15-20 menit pengisian, Anda mendapatkan cukup daya untuk beroperasi selama sekitar 2 jam.  

Kesimpulan

Lenovo Yoga 7 menampilkan desain yang rapi, presisi, dan ergonomis dalam berbagai mode penggunaan. Baterainya bsia diandalkan  sementara layar OLED-nya memanjakan pengguna dengan gambar yang tajam. Performa secara keseluruhan juga memenuhi harapan.

Dengan mempertimbangkan desain, hardware, dan pengalaman kami saat melakukan review, , Lenovo Yoga 7 14IRL8 adalah pilihan yang sangat andal bagi individu yang mencari laptop 2-in-1 yang menawarkan layar yang luar biasa, performa impresif, dan umur baterai yang solid.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan layar sentuh dan termasuk stylus, menjadikannya pilihan yang lengkap untuk berbagai tugas.

Spesifikasi

  • 14-inch WUXGA OLED TS Glossy Display
  • 60Hz Refresh Rate, VESA DisplayHDR™ True Black 500, TÜV Low Blue Light, Dolby Vision™
  • OGM Multi-touch, supports 10-point touch
  • 13th Gen Intel Core i7-1360P
  • Intel Iris Xe Graphics
  • 8, 16 GB LPDDR5-5200 RAM
  • 512GB, 1TB M.2 2242 SSD
  • Multi-mode: laptop, stand, and tablet mode supported by 360° hinge
  • Lenovo Digital Pen with replaceable AAAA alkaline battery, 4096 levels of pressure sensitivity
  • Buttonless glass-like Mylar® surface multi-touch touchpad
  • FHD 1080 + IR camera with privacy shutter
  • microSD card reader
  • Stereo speakers, 2W x 2, optimized with Dolby Atmos
  • Dual-microphone array with noise-cancelling
  • Wi-Fi® 6E, 802.11ax 2×2 Wi-Fi + Bluetooth 5.1, M.2 card
  • Standard Ports
    • 1x USB 3.2 Gen 1 (Always On)
    • 2x Thunderbolt 4 / USB4® 40Gbps (support data transfer, Power Delivery 3.0 and DisplayPort™ 1.4)
    • 1x HDMI 1.4b
    • 1x microSD card reader
    • 1x Headphone / microphone combo jack (3.5mm)
  • USB Type-C
  • Windows 11 Pro, Windows 11 Home, Windows 11 Home Single Language
  • 71Wh battery, with support for Rapid Charge Express (3 hrs of run time with 15-minute charge)
  • 317.87 x 222.50 x 16.49mm (12.51 x 8.76 x 0.65 inches)
  • OLED model – 1.49 kg (3.28 lbs)
  • Color: Tidal teal, Storm grey
Shares: