review1st.com – Pekerjaan bukan menjadi alasan bagi kita untuk tidak berolahraga. Di tengah hiruk pikuk kesibukan ibu kota, kita harus memperhatikan kondisi kebugaran dan kesehatan tubuh dengan banyak cara.

Oleh sebab itu, perusahaan jam tangan pintar, Garmin, hadir untuk pengguna dengan gaya hidup yang aktif di perkotaan melalui seri terbarunya, yaitu Garmin Venu 3. 

Seri Garmin Venu 3 menghadirkan rangkaian fitur kesehatan dan kebugaran yang mudah diakses melalui layar sentuh, dengan desain yang tetap stylish dan kompak sehingga ringan untuk dipakai seharian. Daya tahan baterainya yang panjang juga membantu pengguna yang hampir tidak punya waktu untuk mengisi daya jam tangan pintarnya setiap hari.

Review Garmin Venu 3S: Smartwatch ringan dengan fitur lengkap

Seri ini terdiri dari Venu 3 dan Venu 3S. Adapun, perbedaan antara keduanya terdapat pada ukuran diameter. Garmin Venu 3 memiliki diameter 1,4 inci, sedangkan Venu 3S hadir lebih kecil dengan ukuran diameter 1,2 inci. Kebetulan, kami berkesempatan untuk mencoba kebolehan dari Garmin Venu 3S.

Untuk mengetahui bagaimana pengalaman selama menggunakan Garmin Venu 3S secara lengkap, simak ulasan kami di bawah ini.

Desain dan layar

Kesan pertama setelah melihat Garmin Venu 3S adalah stylish dan kompak. Ini tidak tampak seperti jam tangan Garmin pada umumnya yang memiliki kesan gahar. Khususnya untuk varian Ivory – Soft Gold, perpaduan warna soft gold pada frame dan ivory pada strap-nya begitu manis sekaligus elegan.

Sama seperti pendahulunya, Garmin Venu 3S hadir dengan tiga tombol fisik di sisi kanan. Namun, ornamen garis di pinggir layar telah digantikan dengan titik-titik yang mengelilingi layar sentuh tersebut. Strap-nya yang berukuran 18 mm ini juga polos tanpa tekstur, tidak seperti di Garmin Venu 2.

Ukuran yang minimalis membuat Garmin Venu 3S memiliki bobot yang sangat ringan, yakni 36 gram. Dengan demikian, perangkat ini nyaman digunakan seharian tanpa khawatir pergelangan tangan akan pegal.

Beralih ke layar, Garmin Venu 3S mengusung layar sentuh AMOLED dengan opsi mode Always-On berukuran 1,2 inci. Layar ini memiliki resolusi 390 x 390 piksel yang dilengkapi dengan tiga tingkat kecerahan layar. Di bawah paparan sinar matahari, informasi yang tertera di layar Garmin Venu 3S ini masih dapat terlihat jelas. 

BACA JUGA
Tera Data Indonusa Konsisten Kembangkan Brand Laptop Lokal Axioo Selama 20 Tahun

Layar sentuh perangkat satu ini dapat digeser ke atas, ke bawah, ke kanan dan ke kiri. Geser ke atas atau ke bawah dari halaman depan, akan menampilkan daftar menu seperti langkah, denyut jantung, body battery, status HRV, skor tidur, sleep coach, cuaca, notifikasi dan masih banyak lagi. 

Kami dapat mengatur menu apa saja yang ingin ditampilkan dan tidak, dengan menekan tombol Edit di paling bawah daftar tersebut. Selain itu, menggeser layar ke kanan dapat menampilkan fitur-fitur rekomendasi. Salah satu yang menarik adalah fitur Asisten Suara, yang akan dibahas lebih lanjut di segmen fitur. 

Garmin Venu 3S menawarkan pilihan tampilan jam yang dapat dikustom warnanya sesuai keinginan. Kami bisa mengganti watch face melalui jam tangan langsung dengan cara menekan tombol tengah, kemudian pilih menu Tampilan. Selanjutnya, akan muncul deretan watch face yang bisa dipilih dan bisa diatur warnanya.

Tidak hanya itu, foto dari galeri ponsel juga bisa dijadikan sebagai wallpaper watch face, loh. Namun cara ini dapat diakses melalui aplikasi Garmin Connect IQ di ponsel yang terhubung dengan Venu 3S. Di aplikasi tersebut, kami juga bisa mengunduh watch face lain serta aplikasi seperti Spotify untuk dapat memutar lagu lewat jam tangan.

Fitur

Bagian yang ditunggu-tunggu akhirnya sampai juga. Sekarang, kami akan membahas fitur-fitur yang ditawarkan oleh Garmin Venu 3S. Ada banyak sekali kemampuan yang dimiliki smartwatch satu ini. Jika membahas semua fitur, mungkin akan menghabiskan berhalaman-halaman artikel. Untuk itu, kami hanya akan membahas fitur yang paling menarik dan paling berguna untuk kebanyakan orang. 

Dari segi kesehatan, Garmin Venu 3S merupakan paket lengkap karena dapat memonitoring kondisi tubuh mulai dari bangun tidur, beraktivitas, hingga tidur kembali. Dengan fitur Sleep Coach, kami bisa mengetahui skor tidur dan body battery yang akan muncul setelah bangun. Dengan demikian, kami jadi bisa tahu kualitas tidur pada malam itu dan apa yang perlu diperbaiki dari pola tidurnya.

Tidak ketinggalan, kami juga bisa mengukur variabilitas denyut jantung saat tidur melalui status HRV dan mengukur waktu tidur siang dengan fitur Nap Detection. Hal lainnya yang dapat dimonitor oleh smartwatch ini antara lain siklus menstruasi, saturasi oksigen dalam darah, tingkat stress, asupan cairan tiap hari, serta pola pernapasan.

BACA JUGA
TECNO Gandeng Asian Communication Research Centre diNTU Singapura

Untuk kebugaran, Garmin Venu 3S juga turut dibekali Garmin Coach. Ini dapat membantu pengguna merencanakan pelatihan yang dapat disesuaikan dengan body battery dan elemen lain dalam tubuh.

Selain itu, perangkat juga mendukung lebih dari 30 aplikasi olahraga indoor dan GPS bawaan, termasuk berjalan, berlari, bersepeda, hingga pool swimming. Seperti biasanya, semuanya dapat dicatat dan disimpan di aplikasi Garmin Connect.

Salah satu mode olahraga yang kami coba adalah mendaki. Dengan mode ini, perangkat dapat melakukan live tracking pada jalur pendakian yang kita lewati, memanfaatkan GPS yang didukung, serta mencatat denyut jantung, durasi, jarak dan kecepatan mendaki.

Uniknya, Garmin menghadirkan fitur khusus yang ramah disabilitas, yakni wheelchair mode. Dengan fitur ini, perangkat dapat melacak dorongan harian pengguna kursi roda, serta peringatan perubahan berat badan, aplikasi olahraga khusus untuk pengguna kursi roda, dan masih banyak lagi. 

Fitur lain yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk menerima dan melakukan panggilan langsung dari jam tangan. Kami dapat menyinkronkan kontak yang ada di ponsel ke Garmin Venu 3S, sehingga jika ingin memanggil seseorang dari kontak telepon, dapat dengan mudah dilakukan lewat pergelangan tangan. 

Sayangnya, panggilan yang bisa dilakukan lewat Garmin Venu 3S hanya panggilan nomor biasa. Panggilan melalui aplikasi seperti WhatsApp belum didukung. 

Kemampuan menerima dan melakukan panggilan telepon lewat Garmin Venu 3S memungkinkan karena perangkat dibekali mikrofon internal dan speaker. Oleh sebab itu, fitur seperti asisten suara juga dapat disematkan pada perangkat satu ini.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Garmin Venu 3S dibekali fitur Asisten Suara. Fitur ini akan menyambungkan pengguna ke asisten suara yang ada di ponsel, dengan memanggilnya lewat jam tangan.

Asisten suara yang digunakan menyesuaikan dengan yang dipakai di ponsel. Sejauh yang sudah kami coba, perangkat mendukung Google Assistant dan Bixby untuk asisten suara di ponsel Samsung Galaxy.

BACA JUGA
Menghadirkan vivo Y28: Desain Trendi dan Baterai Awet
Konektivitas dan daya tahan

Seperti perangkat Garmin lainnya, untuk menyempurnakan penggunaan Venu 3S kami menghubungkannya dengan aplikasi Garmin Connect di ponsel.

Aplikasi ini memungkinkan kami mengakses menu lebih detail dan lengkap. Misalnya, catatan kebugaran setelah berolahraga atau mengganti watch face, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Nah, berikut ini cara untuk menyambungkan Garmin Venu 3S ke ponsel melalui aplikasi Garmin Connect:

  1. Unduh Garmin Connect di Google Play Store atau App Store.
  2. Setelah diunduh, buka aplikasi dan buat akun.
  3. Kemudian pilih opsi untuk menambahkan perangkat Garmin ke akun Garmin Connect.
  4. Jika ini adalah perangkat pertama yang dipasangkan dengan aplikasi Garmin Connect Mobile, ikuti petunjuk di layar.
  5. Sementara itu, pastikan Garmin Venu 3S sudah memasuki mode untuk pemasangan, dengan menekan tombol bawah untuk masuk ke Pengaturan, lalu pilih Sistem > Konektivitas > Telepon > Hubungkan ponsel.

Terkait baterai, Garmin Venu 3S terbilang hemat daya khususnya dalam mode jam tangan biasa. Berdasarkan pengalaman kami, sisa daya 45% dapat bertahan selama tiga setengah hari. 

Kendati demikian, jangan mengharapkan durasi pengisian daya yang cepat. Garmin Venu 3S membutuhkan waktu sekitar 1 jam 8 menit untuk mengisi 90% daya.

Kelebihan dan kekurangan Garmin Venu 3S

Jadi, itu dia pengalaman kami selama menggunakan Garmin Venu 3S. Sebagai kesimpulan, perangkat ini memiliki kelebihan dan kekurangan, yang mungkin dapat menjadi pertimbangan kalian sebelum membelinya.

Kelebihan dari Garmin Venu 3S adalah desainnya yang trendi dan ukuran serta bobot yang sangat ringan. Sesuai target, perangkat sangat cocok untuk para pekerja kantoran.

Di samping desainnya yang stylish, fitur kebugaran dan kesehatan pada Garmin Venu 3S sangat lengkap dan ramah pengguna disabilitas. Perangkat juga mendukung GPS untuk aktivitas luar ruangan.

Sayangnya, Garmin Venu 3S belum mendukung aplikasi pihak ketiga untuk fitur panggilan suaranya. Durasi untuk mengisi dayanya juga cukup lama. 

Terakhir, Garmin Venu 3S dibanderol harga mulai dari Rp7.999.000.

Shares: