review1st.com – Permasalahan limbah plastik di Indonesia masih terus menjadi kontroversi. Menurut data Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) kota Palembang, Sumatra Selatan, produksi sampah harian di kota ini mencapai 1.000 ton per hari pada Agustus 2022. Sampah tersebut terdiri dari limbah plastik dan organik yang berasal dari rumah tangga, toko, dan restoran yang tersebar di 18 kecamatan. Untuk mengurangi jumlah sampah plastik, pemerintah kota Palembang menerapkan larangan penggunaan kantong plastik di industri perhotelan dan kantor pemerintah.

Program Sharp Ecobition Workshop: Mengubah Limbah Plastik Menjadi Barang Bernilai di Palembang

Sharp, pionir brand elektronik global, merayakan hari jadinya yang ke-110 dengan mengedepankan perhatian pada lingkungan dan keanekaragaman hayati. Dalam upaya mendukung pemerintah Palembang dalam mengurangi sampah plastik, Sharp menyelenggarakan program Sharp Ecobition Workshop di SMAN 6 Palembang.

Agus Soewadjie, Asisten General Manager Marketing Communication Division di PT Sharp Electronics Indonesia, menyatakan, “Program Sharp Ecobition Workshop adalah bagian dari perayaan ulang tahun ke-110 Sharp. Kami ingin melibatkan masyarakat, terutama siswa sekolah, untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan.

“Sejalan dengan tema perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ‘Solusi untuk Polusi Plastik’, Sharp Indonesia mengajak siswa SMAN 6 Palembang untuk mengikuti workshop mengubah limbah plastik menjadi barang yang bernilai.”

Partisipasi Workshop Daur Ulang Limbah Plastik: Membentuk Kesadaran Lingkungan di Kalangan Generasi Muda

Program Sharp Ecobition Workshop: Mengubah Limbah Plastik Menjadi Barang Bernilai di Palembang

Sukses diselenggarakan di lima kota besar: Medan, Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Solo. Kini kami hadir di Palembang dengan tema “From Love Comes Green”. Bersama Kertabumi Recycling Center, Sharp Indonesia mengajarkan siswa dan tamu undangan untuk mendaur ulang limbah plastik menjadi sampul buku, wadah smartphone, dompet, dan lainnya.

BACA JUGA
Sharp Gelar Dealer Convention 2024 Libatkan Masyarakat Labuan Bajo

Sebelum sesi daur ulang, peserta diberi penjelasan tentang bahaya sampah dan melanjutkan dengan aksi bersih-bersih lingkungan sekolah dengan mengumpulkan sampah plastik untuk diolah di TPA terdekat. Pada workshop Sharp Ecobition sebelumnya, terkumpul 80 kg sampah. Harapan kami adalah meningkatkan kesadaran dan membentuk kebiasaan gaya hidup ramah lingkungan bagi generasi muda. – Agus.

Suwan, Branch Manager Cabang Palembang, PT Sharp Electronics Indonesia, menyatakan bahwa workshop ini adalah bagian dari pameran Sharp Ecobition di Main Atrium – Palembang Trade Center, 7-10 Juni 2023. Dalam pameran ini, Sharp mengajak masyarakat untuk menukarkan sampah plastik, kertas, kaleng, dan botol kaca dengan tas ecobag dari Sharp.

Program Sharp Ecobition Workshop: Mengubah Limbah Plastik Menjadi Barang Bernilai di Palembang

Untuk mendapatkan tas ecobag tersebut, pengunjung hanya perlu mendaftar melalui tautan https://forms.gle/U2Er1k3fUGquazry8, memasukkan sampah ke dalam drop box yang telah disediakan, memposting momen tersebut di feed Instagram dengan menandai @Sharpindonesia, dan menulis #Sharpdropbox pada keterangan foto. Ini adalah kontribusi Sharp dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan lingkungan yang sehat dan asri.

Shares: