TikTok Memperketat Fitur Privasi untuk Pengguna Di Bawah 18 Tahun

review1st.com – Sebulan setelah regulator federal AS memerintahkan untuk mengungkap dan menyelidiki bagaimana praktiknya mempengaruhi anak-anak dan remaja, TikTok memperketat praktik privasinya untuk kelompok di bawah 18 tahun.

Mulai Rabu (13/1), pengaturan privasi default untuk akun TikTok dengan pengguna berusia 13 hingga 15 tahun akan menjadi pribadi. Hal ini berarti hanya seseorang yang disetujui pengguna sebagai pengikut yang dapat melihat videonya.

TikTok Memperketat Fitur Privasi

Pengaturan ini sebelumnya tidak pernah diterapkan oleh Tiktok. Tetapi remaja masih dapat mengubah pengaturan ini menjadi publik jika mereka mau.

Remaja yang lebih tua tidak akan melihat perubahan pengaturan default ini. Untuk pengguna yang berusia 16 atau 17 tahun, setelan default yang memungkinkan orang mengunduh video yang mereka buat sekarang akan menjadi “nonaktif”, bukan “aktif”.

TikTok juga memblokir kemampuan pengguna untuk mengunduh video yang dibuat oleh mereka yang berusia 15 tahun atau lebih muda. Kelompok usia ini juga akan melihat pesan langsung dibatasi dan tidak dapat menyelenggarakan streaming langsung.

TikTok sangat populer di kalangan remaja dan anak-anak yang lebih muda. Sebuah fitur yang disebut TikTok untuk Pengguna Muda menawarkan video “sesuai usia” yang telah dipilih sebelumnya.

Fitur tersebut ditambahkan setelah pendahulu TikTok, Musica.ly, menyelesaikan tuduhan FTC bahwa mereka secara ilegal mengumpulkan informasi pribadi dari anak-anak.

Sebuah alat yang disebut “pasangan keluarga,” sementara itu, memungkinkan orang tua menautkan akun TikTok mereka ke akun remaja mereka untuk mengaktifkan pengaturan konten dan privasi akun.

Bulan lalu, Komisi Perdagangan Federal meminta perusahaan induk TikTok, bersama dengan Facebook, Twitter, Amazon, dan lima perusahaan media sosial lainnya.

Perusahaan diminta untuk memberikan informasi terperinci tentang bagaimana mereka mengumpulkan dan menggunakan data pribadi konsumen dan bagaimana praktik mereka memengaruhi anak-anak dan remaja.

Pengguna TikTok diminta untuk memberikan hari ulang tahun mereka ketika mereka mendaftar untuk layanan tersebut, tetapi, seperti platform media sosial lainnya, tidak ada verifikasi nyata untuk memastikannya akurat.