Pratinjau Pengembang Android 12. 1 Dirilis: Berikut Kompatibilitas dan Fitur Baru

review1st.com Google telah merilis pratinjau pengembang pertama Android 12 yang merupakan versi Android berikutnya yang akan memulai debutnya akhir tahun ini sebagai penerus Android 11.

System OS ini dijadwalkan akan rilis berjarak lima bulan setelah kedatangan rilis ublic Android 11 yang berlangsung pada September tahun lalu. Sama seperti pratinjau pengembang sebelumnya, rilis Pratinjau Pengembang Android 12 1 ditujukan untuk pengembang yang menyiapkan aplikasi mereka untuk pembaruan Android besar berikutnya.

Ini awalnya tersedia untuk diunduh di ponsel Google Pixel. Namun, developer juga dapat melihat fitur dan perubahan barunya di Android 11 melalui Android Emulator yang tersedia di Android Studio.

Kompatibilitas Pratinjau Pengembang Android 12

Google mengumumkan melalui posting blog bahwa Android 12 Developer Preview 1 dapat diinstal di ponsel Google Pixel 3 , Pixel 3 XL , Pixel 3a , Pixel 3a XL , Pixel 4 , Pixel 4XL , Pixel 4a , Pixel 4a 5G , dan Pixel 5 .

Gambar sistem untuk semua model ini telah disediakan untuk diunduh. Atau, pratinjau developer pertama Android 12 dapat diinstal pada sistem melalui Android Emulator di Android Studio. Pengembang yang mengerjakan Android TV aplikasi juga bisa mendapatkan pratinjau pengembang Android 12 pertama melalui perangkat ADT-3.

Sebelum melanjutkan untuk mengunduh citra sistem apa pun secara manual, penting untuk diperhatikan bahwa Pratinjau Pengembang Android 12 1 dimaksudkan khusus untuk pengembang dan tidak ditujukan untuk konsumen akhir. Oleh karena itu, pengguna mungkin mengalami beberapa bug atau masalah setelah menginstal pratinjau pengembang.

Jadwal Rilis Android 12

Bersamaan dengan mengumumkan pratinjau developer baru, Google membagikan timeline rilis Android 12 untuk merinci pencapaian dalam update baru. Anda dapat memeriksa timeline di bawah ini.

  • Pratinjau Pengembang Android 12 1: Februari
  • Pratinjau Pengembang Android 12 2: Maret
  • Pratinjau Pengembang Android 12 3: April
  • Android 12 Beta 1: Mei
  • Android 12 Beta 2, 3: Juni-Juli
  • Android 12 Beta 4: August

Selain jadwal yang disebutkan di atas, Google mengatakan bahwa Android 12 akan mencapai tahap ‘Stabilitas Platform’ melalui tahap Beta 4 pada bulan Agustus. Artinya sejak saat itu, tidak ka nada perubahan lebih lanjut untuk developer.

Fitur baru Android 12

Pratinjau pengembang pertama Android 12 menghadirkan perubahan tingkat antarmuka pada pemberitahuan. Google juga telah menyebutkan dalam posting blognya bahwa ia juga bekerja untuk mengoptimalkan transisi dan animasi di seluruh sistem untuk membuatnya lebih lancar.

Aplikasi yang menargetkan Android 12 juga dapat menyertakan pemberitahuan dengan tampilan konten khusus yang akan didasarkan pada template standar.

Selain pembaruan yang berfokus pada pemberitahuan khusus, Android 12 sedang dalam pengembangan untuk menghadirkan pemberitahuan yang lebih responsif. Anda akan melihat perubahan dalam pratinjau pengembang pertama yang kemungkinan akan disempurnakan lebih lanjut di pembaruan selanjutnya.

Android 12 Developer Preview 1 juga menghadirkan transcoding media yang kompatibel untuk mendukung format HEVC untuk perekaman video.

Google juga telah menyediakan dukungan platform untuk AV1 Image File Format (AVIF) menggunakan AV1. Ini diklaim dapat meningkatkan gambar secara dramatis dengan ukuran file yang sama jika dibandingkan dengan format gambar yang lebih lama, seperti JPEG.

Pratinjau developer pertama Android 11 juga menyertakan pengoptimalan layanan latar depan melalui tugas yang dipercepat di JobScheduler dan rilis baru library Jetpack WorkManager.

Ada juga API terpadu baru untuk mengaktifkan penyisipan konten kaya dan menerima konten kaya dari sumber termasuk clipboard, keyboard, dan bahkan gerakan seret dan lepas.

Aplikasi yang dirancang untuk Android 12 juga akan dapat menawarkan umpan balik haptik yang digabungkan dengan audio melalui vibrator ponsel. Ini berarti kamu akan mendapatkan pengalaman audio yang lebih imersif pada pembaruan Android generasi berikutnya.

Lebih lanjut, Google telah menyederhanakan mode imersif untuk memperlancar navigasi gerakan dan membuatnya lebih konsisten. Android 12 juga dilengkapi dengan modul Android Runtime (ART) yang memungkinkan Google memasukkan pembaruan perangkat lunak baru ke waktu proses inti dan pustaka yang tersedia di perangkat. Ini akan memungkinkan pengalaman yang lebih konsisten untuk aplikasi yang diinstal.

Android 12 juga tentang pengoptimalan untuk tablet, perangkat lipat, dan TV. Beberapa pengoptimalan tersebut dapat dilihat dari pratinjau pertama.

Pratinjau developer pertama Android 12 juga menyertakan perilaku cookie SameSite modern di WebView, Restricted Netlink MC, dan ekspor komponen yang lebih aman untuk mencegah aplikasi mengekspor aktivitas, layanan, dan penerima secara tidak sengaja. Juga akan ada perubahan privasi dan keamanan tersembunyi lainnya yang dijelaskan Google di laman web khusus.