Home Berita Penjualan Produk Otomotif Melesat, Tokopedia Luncurkan Fitur Jasa Pasang Otomotif

Penjualan Produk Otomotif Melesat, Tokopedia Luncurkan Fitur Jasa Pasang Otomotif

review1st.com – Penjualan mobil dan motor di Tokopedia makin melesat belakangan ini, mengingat platform online memberi kemudahan dalam membeli kendaraan secara aman dan tanpa harus keluar dari rumah.

“Selama kuartal III 2023, kategori Otomotif merupakan salah satu kategori produk yang paling laris di Tokopedia,” ungkap Associate Vice President of Category Development Tokopedia, Fransiscus Leo Chandra.

Penjualan Produk Otomotif Melesat, Tokopedia Luncurkan Fitur Jasa Pasang Otomotif
Tokopedia Garage mempermudah masyarakat membeli produk otomotif, seperti mobil, motor dan onderdil kendaraan, secara online.

Untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat akan produk otomotif, mulai dari mobil, motor dan onderdil kendaraan, Tokopedia telah menyediakan kampanye Tokopedia Garage.

“Kehadiran Tokopedia Garage telah disambut dengan sangat baik oleh masyarakat. Hal ini terbukti dari jumlah transaksi yang terjadi lewat kampanye Tokopedia Garage yang naik hampir 4 kali lipat selama kuartal III 2023 dibandingkan saat Tokopedia Garage pertama kali hadir di kuartal I 2021,” jelas Fransiscus.

“Di sisi lain, jumlah penjual yang mengikuti kampanye Tokopedia Garage juga melonjak lebih dari 16 kali lipat selama kuartal III 2023 dibandingkan saat Tokopedia Garage pertama kali hadir di kuartal I 2021,” tambah Fransiscus.

Di era pascapandemi, Tokopedia pun melihat antusiasme masyarakat Indonesia dalam berbelanja berbagai produk otomotif secara online terus melesat. Misalnya, penjualan kaca film di Tokopedia selama semester I 2023 saat pascapandemi naik lebih dari 1,5 kali lipat dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi.

Selain itu, penjualan velg kendaraan naik lebih dari 2,5 kali lipat. “Sedangkan jumlah transaksi ban mobil di Tokopedia naik lebih dari 2 kali lipat dan jumlah transaksi ban motor naik hampir 4 kali lipat selama semester I 2023 saat pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi,” ungkap Fransiscus.

Ada pun jumlah transaksi produk aki motor, oli dan perawatan kendaraan yang mengalami kenaikan lebih dari 3 kali lipat selama semester I 2023 saat pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat pra pandemi. Deretan temuan ini mendorong Tokopedia untuk terus berinovasi bersama para mitra strategis dalam menghadirkan fitur Jasa Pasang Otomotif.

Tokopedia luncurkan fitur Jasa Pasang Otomotif, pengguna bisa beli produk otomotif dan mendapatkan fasilitas pemasangan dari mitra bengkel

Tokopedia meluncurkan fitur Jasa Pasang Otomotif, kini pengguna bisa mendapatkan produk otomotif yang lebih lengkap dan pasti dengan fasilitas pemasangan dari berbagai mitra bengkel.

“Tokopedia meluncurkan fitur Jasa Pasang Otomotif untuk memungkinkan masyarakat menerima jasa pemasangan atas produk otomotif, seperti onderdil mobil dan motor, yang dibeli lewat toko pelaku usaha otomotif di Tokopedia,” jelas Fransiscus.

Fitur Jasa Pasang Otomotif berlaku untuk berbagai produk atau onderdil mobil dan motor yang ditawarkan oleh penjual, termasuk kaca film mobil, ban kendaraan, oli, aki, velg, karpet dan masih banyak lainnya. 

“Cara menggunakan Jasa Pasang Otomotif pun sangat mudah. Pertama, pengguna dapat mencari produk otomotif yang dibutuhkan, memilih produk yang berlabelkan ‘Jasa Pasang’. Lalu, pengguna dapat membeli produk dan mencentang fitur Jasa Pasang Otomotif pada halaman checkout.

Kemudian pengguna dapat membawa produk otomotif yang telah dibeli ke bengkel pilihan dan mendapatkan kemudahan dari fitur Jasa Pasang Otomotif,” kata Fransiscus. 

Saat ini, fitur Jasa Pasang Otomotif telah hadir di wilayah Jabodetabek melalui kerja sama dengan berbagai mitra bengkel, dan akan terus bertambah ke banyak wilayah lainnya di Indonesia.