Home Berita OPPO Luncurkan ColorOS 13 Global Version, Fitur Cerdas Inovatif dari OPPO

OPPO Luncurkan ColorOS 13 Global Version, Fitur Cerdas Inovatif dari OPPO

review1st.com – OPPO hari ini telah resmi meluncurkan ColorOS 13 Global Version yang merupakan sistem operasi terbarunya yang dikembangkan dari Android 13.

ColorOS 13 ini memiliki fitur utama yang sudah terdapat dalam Android 13, dengan desain Aquamorphic yang cantik, ringkas, dan nyaman, serta User Interface yang mudah digunakan.

Didorong oleh inovasi teknologi terbaru OPPO, ColorOS 13 juga diperkaya dengan serangkaian fitur baru yang memungkinkannya untuk tetap terhubung dengan perangkat lain dan menghadirkan sebuah intelligent experience yang dapat meningkatkan produktivitas pengguna.

User Interface yang ringkas dan nyaman dengan desain Aquamorphic 

Dalam ColorOS 13 ini, OPPO memperkenalkan User Interface (UI) baru yang lebih user-friendly dengan desain Aquamorphic yang terinspirasi dari pesona warna biru air yang mengalir.

ColorOS 13 juga memiliki Theme Palette baru yang terinspirasi dari perubahan warna permukaan air laut yang terpapar kilau cahaya antara matahari saat terbit dan terbenam.

Font yang digunakan juga lebih mudah dibaca saat mengoperasikan perangkat dalam bahasa apa pun. Selain itu, ColorOS 13 memiliki Card-styled Layout yang menghadirkan tampilan visual yang lebih ringkas dan enak dipandang.

ColorOS 13 menghadirkan user experience yang lebih intuitif dengan menerapkan efek animasi Aquamorphic ke dalam sistem, UI, dan Quantum Animation Engine dengan teknologi Behavioral Prediction terbaru yang dapat memprediksi perilaku pengguna saat menggunakan perangkat.

ColorOS 13 juga menerapkan desain yang inklusif dan manusia sentris yang dikembangkan oleh OPPO, seperti Empty State Illustrations, Adaptive Layouts untuk berbagai ukuran layar, dan tampilan ikon yang kontras dan nyata sehingga lebih mudah terlihat oleh pengguna.

Ada pula fitur Homeland yang menampilkan ikon berbagai jenis binatang dan habitatnya yang muncul pada panel Always-On Display.

BACA JUGA
Rayakan Ramadan dengan Indosat Berkah 2024: Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal

Fitur Homeland ini memiliki animasi menarik yang akan merubah tampilan ikon tersebut berdasarkan suhu cuaca di lokasi pengguna.

Hal ini dilakukan OPPO agar pengguna lebih memperhatikan fenomena perubahan iklim yang terjadi di bumi ini. 

Performa sistem yang lebih mumpuni berkat teknologi yang dikembangkan sendiri oleh OPPO

ColorOS 13 menghadirkan teknologi Dynamic Computing Engine untuk pertama kalinya. Teknologi ini merupakan solusi yang dikembangkan secara mandiri oleh OPPO untuk menghadirkan performa sistem yang lebih mulus, stabil, dan meningkatkan user experience secara keseluruhan.

Dynamic Computing Engine mampu meningkatkan masa pakai baterai dan kestabilan sistem saat membuka berbagai aplikasi yang berbeda dalam jumlah banyak.

Dynamic Computing Engine ini juga meningkatkan efisiensi penggunaan hardware sehingga dapat memperpanjang masa pakai baterai dengan menyeimbangkan performa sistem dan konsumsi daya.

Dengan demikian, pengguna dapat membuka berbagai aplikasi dalam waktu yang bersamaan tanpa perlu khawatir ada aplikasi yang tertutup secara tidak sengaja. Teknologi ini juga mampu mengurangi lag saat beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Berbagai fitur cerdas baru untuk gaya hidup dan bekerja yang lebih baik

ColorOS 13 menyediakan fitur cerdas yang dapat meningkatkan gaya hidup dan dan pekerjaan bagi para penggunanya.

Panel Smart Always-On Display pada ColorOS 13 memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan gaya pribadi dan menampilkan aplikasi yang sering digunakan seperti Music, Food-Delivery, ataupun aplikasi lainnya.

Dengan  demikian, pengguna dapat mengakses dan mengoperasikan berbagai aplikasi tersebut dengan lebih cepat dan mudah.

OPPO juga telah bermitra dengan penyedia software dan layanan ternama seperti Bitmoji dan Spotify sehingga dapat ditampilkan dalam panel Smart Always-On Display.

Dengan teknologi LTPO2.0 dari OPPO, panel Always-On Display memiliki refresh rate yang minim hanya 1 hertz guna menghemat konsumsi daya hingga 30%.

BACA JUGA
Merekam Momen Bukber dengan Lebih Mudah dan Berkualitas Bersama Samsung Galaxy A35 5G

Terdapat pula berbagai fitur yang dapat memudahkan pengguna saat mengatur home screen, seperti Large Folders, Shelf, and Home Screen Widget.

Berbagai fitur ini disediakan agar para pengguna dapat mengakses informasi penting dengan mudah dan sesuai kebutuhan mereka.

Selama pandemi Covid-19, rapat secara online menjadi sebuah aktivitas yang semakin lumrah dilakukan.

Oleh karena itu, OPPO mengembangkan Meeting Assistant, sebuah inovasi terbaru untuk smartphone yang menjadikan rapat secara online lebih mudah.

Meeting Assistant secara otomatis memprioritaskan penggunaan mobile data untuk memastikan koneksi yang lebih stabil saat melakukan rapat.

Meeting Assistant juga dapat memperkecil ukuran banner notification agar tidak mengganggu tampilan layar dan menyediakan shortcut untuk menampilkan OPPO Notes dalam pop-up window kecil yang sangat mempermudah pengguna apabila ingin membuat notulen rapat.

Salah satu update yang cukup signifikan pada ColorOS 13 adalah fitur yang memungkinkan smartphone untuk terhubung dengan perangkat lainnya.

Dengan Multi-screen Connect, pengguna dapat menghubungkan smartphone dengan perangkat lain seperti OPPO Pad Air dan komputer yang dapat meningkatkan produktivitas dan kenyamanan.

Fitur ini dilengkapi dengan File Transfer yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan berbagai jenis file dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Saat menghubungkan smartphone dengan komputer, pengguna dapat menampilkan layar smartphone pada layar komputer.

Memprioritaskan privasi dan keamanan pengguna 

Privasi dan keamanan pengguna merupakan sebuah prioritas saat mengembangkan ColorOS. Kini, ColorOS 13 menerapkan berbagai fitur perlindungan privasi yang terdapat pada Android 13.

Sebagai salah satu contoh, terdapat fitur yang secara otomatis menghapus riwayat clipboard (saat pengguna melakukan copy-and-paste) yang sangat berguna untuk mencegah kebocoran informasi akibat malware.

Ada pula fitur Nearby Wi-Fi yang dapat menghubungkan perangkat pengguna dengan router Wi-Fi sambil menyembunyikan lokasi pengguna. 

BACA JUGA
OPPO Perkenalkan Inovasi AI pada Google Cloud Next '24: Era Smartphone AI Dimulai

Teknologi yang dikembangkan sendiri oleh OPPO memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan privasi dan keamanan pengguna.

Dengan teknologi on-device algorithm model, ColorOS 13 memiliki fitur Auto Pixelate yang dapat mengenali dan mengaburkan foto dan nama profil secara otomatis saat mengambil screenshot pada chat atau messaging app.

Ada pula fitur Private Safe yang dienkripsi menggunakan Advanced Encryption Standard (AES) untuk meningkatkan keamanan pengguna.

Dengan menerapkan standar ePrivacy, TRUSTe, ISO27701, dan ISO27001, ColorOS 13 dapat memastikan perlindungan privasi dan keamanan secara maksimal untuk pengguna.

Berkolaborasi dengan Google untuk mengembangkan fitur Android baru 

OPPO telah bekerja sama dengan Google dalam mengembangkan ColorOS 13 untuk menghadirkan nilai tambah baru pada OS Android.

Find N OPPO dan Find X5 Pro merupakan dua smartphone pertama di dunia yang akan menerima update Android 13 Beta.

OPPO juga telah meluncurkan ColorOS developer version yang dikembangkan dari Android 13 Beta dan akan terus bekerja sama dengan Google untuk membangun ekosistem Android yang lebih mutakhir.

Peluncuran ColorOS 13 dan update policy 

Untuk peluncuran ColorOS 13 secara global, OPPO berencana untuk menyediakan update untuk 35 jenis smartphone dalam setahun yang menjangkau 160 juta pengguna di lebih dari 60 negara dan wilayah.

Hal ini merupakan upaya pemberian update yang terbesar dalam sejarah ColorOS. Peluncuran ColorOS 13 akan dimulai dengan Find X5 Pro dan Find X5 hari ini. OPPO akan menghadirkan ColorOS 13 untuk lebih dari 20 perangkat pada tahun 2023.