review1st.com – NVIDIA merilis versi terbaru ChatRTX, aplikasi chatbot bertenaga AI yang telah mengubah paradigma komputasi modern. Kini tersedia untuk PC dengan sistem operasi Windows dan workstation yang menggunakan GPU NVIDIA RTX.

ChatRTX memungkinkan pengguna berinteraksi dengan data lokal di perangkat mereka. Setelah debutnya di acara GTC pada Maret 2024, pembaruan terbaru ChatRTX hadir dengan beragam fitur baru dan dukungan untuk model AI terkini.

NVIDIA Meluncurkan Pembaruan Terbaru ChatRTX

ChatRTX mengintegrasikan retrieval-augmented generation, perangkat lunak NVIDIA TensorRT-LLM, dan akselerator NVIDIA RTX untuk memberikan pengalaman chatbot di PC dan workstation. Dengan model bahasa besar (LLM), pengguna dapat mengajukan pertanyaan tentang catatan dan dokumen kepada ChatRTX yang tertanam di perangkat mereka, dan aplikasi ini akan memberikan respons yang cepat dan relevan.

Versi terbaru ChatRTX mendukung LLM tambahan, termasuk model AI Gemma dari Google, yang dibuat untuk pengembangan AI yang bertanggung jawab. ChatRTX juga mendukung ChatGLM3, model LLM terbuka dan dwibahasa (Inggris dan Mandarin) berbasis kerangka framework model bahasa umum.

Pengguna dapat berinteraksi dengan data visual menggunakan dukungan CLIP dari OpenAI, yang memungkinkan ChatRTX untuk memberikan deskripsi tentang aset visual di komputer pengguna melalui kata-kata, istilah, dan frase, tanpa memerlukan metadata yang rumit.

Selain itu, ChatRTX versi terbaru memperkenalkan fitur interaksi suara menggunakan aplikasi Whisper, sistem pengenalan suara otomatis yang menggunakan AI. Pengguna dapat mengirim perintah suara ke Whisper, dan ChatRTX akan meresponsnya dalam format teks.

BACA JUGA
ASUS Umumkan Jajaran Laptop Copilot+ PC Terlengkap di Computex 2024

Dengan pembaruan ini, ChatRTX semakin memperluas kemampuannya dalam memberikan pengalaman chatbot yang lebih interaktif dan responsif, menjadikannya solusi yang sangat efektif untuk berbagai kebutuhan komputasi modern.

Shares: