#kamisukareview – Di tengah pandemi Corona (Covid-19) tradisi mudik Lebaran yang jadi rutinitas tahunan tak bisa dilakukan. Tapi berkat kemajuan teknologi kita masih bisa merayakan dan silaturahmi secara online. Atau mungkin kita dipermudah buat mudik virtual cukup lewat smartphone.

Pemerintah sendiri memang sudah mengimbau masyarakat untuk tidak mudik dan memanfaatkan layanan data buat silaturahmi online atau mudik virtual. Hal ini terpaksa dilakukan guna mencegah penyebaran virus Covid-19 ke berbagai daerah tujuan mudik.

[bacajuga number=5 tag=”xl”]

Mudik Virtual dan Silaturahmi Online

Smartphone dan layanan data operator mempermudah kita untuk tetap mudik dan silaturahmi dengan keluarga meskipun berjauhan. Melalui teknologi komunikasi, kita bisa melakukan video call dari tempat masing-masing atau melakukan banyak hal.

Daripada memaksakan mudik yang hanya akan membahayakan keluarga di kampung halaman dalam situasi sekarang kita bisa memanfaatkan teknologi sebagai solusi dan langkah preventif.

Tim review1st pun melakukan mudik virtual serta silaturahmi online dengan keluarga di berbagai lokasi. Di Palembang, Subang, Karawang , Garut semuanya tetap bisa saling jumpa dan bertatap muka lewat video call.

mudik virtual silaturahmi online

Cukup dengan smartphone dan koneksi internet, kita tetap tak akan kehilangan momen seru saat bermaafan dengan keluarga. Karena semua hal saat mudik masih bisa dilakukan, ngobrol panjang lebar, berkumpul sekeluarga hingga bagi-bagi THR sekalipun.

Gunakan Koneksi Internet Stabil Dan Kencang

Catatan penting sebelum mudik virtual atau silaturahmi online via smartphone, kita wajib memperhatikan kecepatan koneksi internet operator. Jaringan seluler yang berkualitas menjadi faktor krusial untuk memberikan kenyaman saat video call atau melakukan aktivitas lewat internet.

BACA JUGA
Buruan Pre-Order Samsung Galaxy Z Series Terbaru di Blibli (10-30 Juli 2024), Nikmati Berbagai Keuntungan!
layanan data xl axiata

Ada banyak operator telekomunikasi di Indonesia, XL Axiata adalah salah satunya. Tapi guna memastikan kualitas internet dari operator seluler, ada baiknya kita menguji kualitas jaringannya terlebih dahulu. Aplikasi seperti Speedtest by Ookla, Nperf hingga OpenSignal bisa kita pakai buat pengujian. Tinggal download saja di Google Play Store.

Dari ketiga nama tersebut, kami memilih menggunakan alat uji Nperf untuk mengetahui kualitas jaringan internet dari XL Axiata, dan berikut hasilnya.
Jaringan internet mobile XL Axiata ternyata berhasil memberikan dukungan bandwidth yang cukup besar.

Kami mendapat 17.02 Mbps untuk download dan 18.55 Mbps untuk upload serta tingkat latency (ping) yang cukup wajar yakni hanya 39 millisecond (ms).
Dengan besaran bandwidth seperti itu, jaringan internet mobile ini sudah memenuhi standar mudik virtual dan silaturahmi online, sehingga aktivitas video call stabil dan lancar.

Pilih Paket Internet yang Tepat

paket internet mudik virtual

Supaya lebih efisien dan bisa mengirit budget, kita juga harus pintar memilih paket internet. Nah, XL Axiata adalah operator yang mempunyai beberapa paket layanan data menarik. Berikut adalah beberapa paket yang direkomendasikan:

Paket XTRA Combo dan XTRA Combo VIP yang terdiri dari paket data plus tambahan kuota youtube dan paket nelepon dengan harga mulai dari IDR54.000 yang
mendapatkan kuota 5GB, Kuota Youtube 5GB dan nelepon 20 menit ke semua operator.

BACA JUGA
Sinyal XL Axiata di Kepulauan Riau: Mendorong Konektivitas Digital dan Ekonomi

Paket HOTRod baru dengan harga mulai dari IDR5000 saja untuk mendapatkan kuota data 500MB-1GB selama 7 hari. Yang menarik adalah setelah membeli paket tersebut kita bisa mengaktifkan paket XTRA unlimited turbo jika kuota utama habis untuk gratis mengakses aplikasi favorit.

Paket XTRA kuota Ramadan yaitu unlimited ngabuburit dengan harga IDR21000 selama 7 hari mendapatkan akses internet Unlimited.

Dengan paket ini, kita bisa sepuasnya menumpahkan rasa kangen kepada kedua orangtua, saudara, bermaaf-maafan, bahkan sampai ngobrol ngalor ngidul selama berjam-jam. Bukan hanya suara yang terdengar, tapi juga bertatap muka meskipun cuma dari ponsel.

Berbagi dan Berkirim Ucapan

Kita juga bisa berbagai kebahagiaan dengan saudara atau keponakan tanpa harus mudik atau bertemu langsung. Transfer THR bisa dilakukan lewat internet banking atau mobile banking. Atau juga bisa memanfaatkan dompet digital.

Selain itu kita juga masih bisa berkomunikasi dan saling berkirim ucapan lewat layanan sosial media. Kita bisa berkirim komentar, emoticon lucu, foto, dan video untuk saling bermaaf-maafan biarpun hanya lewat WhatsApp, Instagram, Facebook atau Twitter.

Shares: