review1st.com – Mesin cuci digunakan banyak orang karena mempermudah pekerjaan rumah tangga, hemat waktu, dan mudah digunakan. Ini meningkatkan pasar mesin cuci di Indonesia.

Statista memprediksi market mesin cuci ini tumbuh 3,27 persen per tahun dari 2023-2028 dengan revenue US$2,1 miliar pada tahun ini.[1] 

Mesin cuci perlu perawatan hati-hati. Penggunaan yang efisien berdampak positif pada lingkungan, ekonomi, dan kenyamanan pribadi.

“Dengan penggunaan mesin cuci yang efisien, Anda dapat menghemat air, menghemat biaya, mengurangi dampak buruk bagi lingkungan, memaksimalkan hasil cuci, dan tak kalah penting adalah, mesin cuci jadi lebih tahan lama. Di Samsung kami membuat semua itu menjadi lebih mudah ketika merancang mesin cuci terbaru Samsung BESPOKE AI Washer Dryer Combo dan Samsung Top Load Inverter Ecobubble. Dengan penggunaan yang efisien, kedua mesin cuci ini menjadi real life solution yang akan memecahkan berbagai masalah mencuci yang kerap dihadapi keluarga masa kini,” kata Purnomo Mokale, Head of Home Appliances Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia.

Berikut ini adalah 5 cara menggunakan mesin cuci yang efisien agar cucian bersih maksimal dan mesin cuci tetap andal:

1 Pilih kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan

Saat mencuci, terkadang kita mencari cara untuk mempersingkat kegiatan mencuci. Caranya, dengan mencuci lebih banyak pakaian dalam satu kali siklus pencucian. Alhasil mesin cuci akan mengalami overloading.

Mesin cuci yang overloading dapat berdampak buruk. Kinerja mesin cuci menjadi tidak efektif sebab ruang yang dibutuhkan oleh pakaian untuk bergerak bebas selama siklus pencucian menjadi terbatas dan mengganggu gerakan drum. Belum lagi efek pada bagian internal mesin yang dapat mengalami kerusakan dan mempersingkat umur mesin cuci secara keseluruhan. Bahkan, overloading juga bisa merusak pakaian karena gesekan antar pakaian dan dinding mesin.

BACA JUGA
Acer Luncurkan Proyektor Laser Vero Terbaru untuk Pengalaman Hiburan yang Lebih Baik

Bila ingin mencuci dengan lebih banyak, pilih mesin cuci yang memang memiliki kapasitas yang besar. Contohnya mesin cuci Samsung Top Load Inverter Ecobubble. Mesin cuci ini hadir dengan kapasitas hingga 18kg, yang memberikan kebebasan kepada Anda untuk mencuci lebih banyak tapi tetap efisien dan hemat listrik dan air.

2 Pilih siklus mencuci yang tepat untuk pakaian

Mesin cuci biasanya memiliki berbagai pilihan siklus cuci. Pilihlah siklus mencuci yang paling sesuai dengan pakaian yang Anda cuci. Salah pilih siklus, dampaknya bisa merugikan. Mulai dari cucian menjadi kurang bersih sampai menimbulkan kerusakan pada pakaian.

Mesin cuci Samsung menawarkan cara yang pintar untuk menghindarkan Anda dari kesalahan seperti di atas. Mesin cuci Samsung BESPOKE AI Washer Dryer Combo sudah dibekali fitur cerdas AI Ecobubble™ dan AI wash. AI Ecobubble™ mengubah deterjen jadi busa, meluruhkan kotoran pada suhu rendah. Hemat energi 70%, bersihkan noda 24%, dan rawat pakaian 45% lebih baik.

AI Wash menggunakan sensor untuk deteksi berat dan kelembutan kain serta tingkat kekotoran pakaian berdasarkan air. Ini mengoptimalkan penggunaan air, deterjen, dan waktu mencuci. Hasilnya, pencucian bersih, hemat air, dan deterjen.

3 Gunakan deterjen yang sesuai dengan jenis mesin cuci dan takaran yang tepat

Deterjen merupakan komponen krusial dalam proses pencucian menggunakan mesin cuci. Pemilihan deterjen yang salah bisa merugikan. Penggunaan deterjen yang kurang tepat berpotensi meninggalkan residu dalam mesin cuci, yang akhirnya bisa merusak bagian internal mesin dan mengurangi umur mesin. Solusinya tentu saja memilih deterjen yang tepat untuk jenis mesin cuci Anda serta tidak menggunakan deterjen dalam jumlah berlebihan.

BACA JUGA
Acer Rilis Laptop TravelMate dan Chromebook Plus Enterprise Terbaru

Samsung BESPOKE AI Washer Dryer Combo memiliki kompartemen Auto Dispense yang otomatis dosis deterjen dan pelembut. Kapasitasnya mencukupi hingga 18 kali pencucian deterjen dan 14 kali pencucian softener. Tidak perlu takar manual lagi.

4 Pilih moda pencucian cepat

Dengan moda pencucian cepat, Anda akan menghemat waktu mencuci, di samping menghemat air dan listrik. Agar efektif, gunakan opsi pencucian cepat ini untuk pakaian yang tidak terlalu kotor.

Mesin cuci terbaru dari Samsung sudah dilengkapi dengan fitur pencucian cepat seperti ini. Samsung BESPOKE AI Washer Dryer Combo punya fitur bernama QuickDrive™ yang akan mengurangi waktu mencuci hingga 50 persen. Caranya, teknologi unik Q-Bubble™ akan mengombinasikan rotasi drum dengan semprotan air tambahan untuk menciptakan gelembung yang lebih banyak dan kuat. Sehingga deterjen meresap lebih cepat dan mencuci dengan cepat dan lembut. Untuk mengaktifkan fitur ini sangat mudah, cukup dengan menekan tombol QuickDrive.

Sementara mesin cuci Samsung Top Load Inverter Ecobubble memiliki fitur SuperSpeed yang akan menghemat waktu mencuci hingga 40%. SuperSpeed akan mempersingkat waktu pencucian dengan pembersihan yang lebih powerful dan mengurangi penggunaan air. Ia juga akan mempersingkat waktu pembilasan dengan semburan air yang kuat dan mempercepat putaran drum.

5 Hindari penumpukan kotoran di dalam drum

Pembersihan drum mesin cuci perlu dilakukan secara teratur agar tabung tetap higienis. Pada akhirnya, ini akan membuat mesin bisa beroperasi dengan efisien dan awet dalam jangka waktu lama.

BACA JUGA
Samsung Electronics Mendominasi Pasar Monitor OLED Global

Anda tidak perlu repot, Samsung BESPOKE AI Washer Dryer Combo memiliki fitur Drum Clean+ yang dapat mengangkat kotoran dan 99% bakteri penyebab bau tak sedap dari tabung dan juga sela-sela pintu mesin cuci. Samsung Top Load Inverter Ecobubble jga memiliki fitur serupa yaitu Fitur Eco Tub Clean yang dapat menghilangkan kotoran dan 95% bakteri yang dapat menumpuk di dalam drum mesin cuci.

Dengan mempraktikkan cara-cara di atas, Anda dapat menggunakan mesin cuci lebih efisien, menghemat sumber daya, dan mencapai hasil pencucian yang lebih baik. Selain itu, penggunaan yang bijak juga akan memperpanjang umur mesin cuci Anda.

Mesin cuci Samsung BESPOKE AI Washer Dryer Combo maupun Top Load Inverter Ecobubble dapat terhubung ke smartphone melalui aplikasi SmartThings. Aplikasi ini dapat mempelajari membantu anda untuk memantau dan mengatur mesin cuci anda. Terdapat fitur Laundry Recipe akan merekomendasikan siklus pencucian yang terbaik berdasarkan pola tersebut. Selanjutnya fitur Laundry Planner bisa digunakan untuk mengoptimalkan jadwal mencuci harian.

Teknologi Digital Inverter di kedua mesin cuci ini membuat kinerja tetap maksimal tapi lebih senyap serta hemat listrik, dan diproteksi dengan garansi 20 tahun untuk motornya.

Anda sudah bisa mendapatkan mesin cuci Samsung BESPOKE AI Washer Dryer Combo dengan harga Rp12.999.000 dan Top Load Inverter Ecobubble Washer dengan harga Rp7.329.000. Dapatkan paket handuk eksklusif dari Howel&Co dan 0% cicilan untuk pembelian di Samsung.com. Serta dapatkan berbagai promo menarik lainnya di toko-toko terdekat.

Shares: