Home Berita Menciptakan Sinematik Video dengan vivo X80 Pro ala Joko Anwar

Menciptakan Sinematik Video dengan vivo X80 Pro ala Joko Anwar

review1st.com – Bersamaan dengan peluncuran vivo X80 Series di Indonesia pada 26 Juli 2022 kemarin, vivo kembali memperkenalkan Joko Anwar,seorang Sutradara Film kenamaan Indonesia, sebagai salah satu vivo X-Figure Representativedari vivo X-Series. 

Lewat teknologi dan inovasi terbaru yang dibawa oleh vivo X80 Series yang memberikan pengalaman one tap to cinematic professional imaging.

Joko Anwar dapat bereksplorasi membuat karya sinematik yang menampilkan foto maupun video dengan ragam cerita dan perspektif dari kesehariannya cukup menggunakan smartphone dalam satu sentuhan.

Sutradara Film dan vivo X-Figure Representative, Joko Anwar mengatakan, “Membuat karya sinematik layaknya sebuah film tidaklah mudah.

Diperlukan alat-alat pendukung yang dapat menunjang pengambilan gambar dengan efek visual yang tepat, sehingga cerita dapat tersampaikan dengan baik ke audiens.

Namun, kini semua kebutuhan perekaman tersebut sudah tersedia di dalam vivo X80 Pro, lewat ZEISS Optics yang menghadirkan fitur ZEISS Cinematics Video Bokeh, AI Video Enhancement, Super Night Video, dan HDR Video, yang memudahkan kita untuk merekam video maupun foto dari kegiatan sehari-hari tanpa repot, cukup pakai smartphone saja.“

Menurut Joko, elemen dasar yang paling penting dalam menghasilkan video sinematik berkualitas adalah lensa profesional, pencahayaan, tingkat stabilitas video yang tinggi, color tone, alur, hingga fokus. 

Seluruh aspek ini bisa ditemukan di vivo X80 Series, khususnya vivo X80 Pro. Berikut Joko Anwar membagi tips bagaimana memaksimalkan fitur-fitur sinematik pada vivo X80 Pro agar pengguna dapat menghasilkan video yang berkualitas tinggi dengan mudah:

  1. Maksimalkan fitur ZEISS Cinematic Video Bokeh untuk menampilkan latar video yang blur nan estetik

vivo X80 Series hadir dengan beragam inovasi baru guna memberikan pengalaman fotografi dan video yang sinematik hanya dengan sebuah smartphone. 

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh vivo X80 Series adalah smartphone ini telah dibekali kamera dengan ZEISS Cinematic Style Bokeh untuk mode portrait dan ZEISS Cinematic Video Bokeh untuk mode video yang akan menghasilkan efek bokehatau efek latar yang blur berbentuk oval dengan rasio 2,39:1 layaknya sebuah film.

BACA JUGA
HP Xiaomi 1 Jutaan Terbaik 2022 (Update Juli)

Pengguna bisa memanfaatkan fitur ini jika mereka menonjolkan atau mempertegas objek foto atau video; atau jika mereka ingin mendistorsi latar belakang objek yang kurang mendukung, seperti suasana keramaian.

Karena efek bokeh yang dihasilkan akan berbentuk oval, maka secara otomatis akan membuat hasil foto menjadi estetik dan ekspresif layaknya film profesional.

Lebih lagi, fitur bokeh pada vivo X80 Pro didukung dengan empat modul kamera belakang berupa kamera utama 50MP Ultra-Sensing GNV Sensor dengan OIS Camera, 12MP Gimbal Portrait Camera, 48MP Wide-Angle Camera, dan 8MP Periscope Camera.

Sedangkan pada vivo X80, kamera belakangnya memiliki konfigurasi triple camera berupa 50MP Ultra-Sensing Sensor, 12MP Portrait Camera, dan 12MP Wide-Angle Camera.

Pada kemera depan kedua seri dibekali kamera beresolusi 32MP. Dengan demikian, hasil tangkapan kamera pada ponsel ini dipastikan akan jernih and detail.

  1. Deteksi level cahaya sesuai kebutuhan dengan AI Video Enhancement

Elemen penting dalam sinematografi adalah cahaya. Karena sifatnya yang unik, maka proses perekaman gambar dalam keadaan minim cahaya akanlah challenging.

Untuk itu, sebelum mengambil video, sebaiknya perhatikan arah datangnya cahaya yang jatuh ke objek foto, kemudian lakukan tes kamera untuk menentukan angle yang tepat sesuai arah datangnya cahaya tersebut.

Umumnya, demi menghasilkan video yang tetap bagus dalam kondisi gelap, pengguna akan menyetel lensa kamera secara manual.

Namun kini dengan teknologi yang dikembangkan vivo, vivo X80 Pro memudahkan kebutuhan ini dengan menghadirkan teknologi AI Video Enhancement.

Fitur ini akan mendeteksi kadar cahaya di sekitar objek video, termasuk kegelapan cahaya ekstrem, dan kemudian menjadikannya terlihat lebih terang.

Sistem AI pada fitur inisecara otomatis akan mengaktifkan fitur Super Night Video pada kondisi gelap, sedangkan pada kondisi cahaya ekstrem terang atau gelap, HDR Video akan langsung menyelaraskan kontras cahaya sehingga video yang dihasilkan nampak profesional.

  1. Pengambilan video yang stabil dan bebas blur dengan Active Centering OIS System
BACA JUGA
Game Offline Terbaik HP Android, Gratis Tanpa Kuota

Video yang stabil merupakan salah satu indikasi dari video sinematik yang baik dan dapat dinikmati audiens.

Umumnya, dibutuhkan alat eksternal untuk menjaga agar kamera tetap stabil dan fokus objek bisa tetap terkunci.

Namun kini, melalui fitur Active Centering OIS System yang baru pada vivo X80 Series, hasil sinematografi pun akan memiliki stabilitas dan tingkat kejelasan terbaik, serta minim blur, karena fitur ini memastikan lensa dapat bergerak melawan guncangan selama pengambilan frame. 

Lebih lagi, semua seri di vivo X80 Series juga sudah dibekali dengan kemampuan 360o Horizon Levelling Stabilization yang mampu merekam video dalam gerakan cepat, sehingga pengguna dapat berkarya mengambil gambar ekstrem dan mengabadikan momen dari berbagai angle yang unik dan menghasilkan video layaknya film profesional.

  1. Pastikan color tone dan sequence yang seimbang demi hasil sinematik yang dramatis

Untuk menyempurnakan pengabadian momen sehari-hari layaknya video profesional, kita harus memastikan color tone yang seimbang dan gambar yang selaras agar pesan dan emosi di dalam video dapat tersampaikan. Untuk mendukung kebutuhan ini, vivo X80 Series telah disokong dengan fitur LOG Format agar video mendapatkan color tone yang berkualitas layaknya sebuah film.

Kemudian, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Time-Lapse yang akan meningkatkan pengambilan urutan foto dan membantu memeriksa dan menyesuaikan fokus dengan mudah, serta masih ada lagi fitur SAT (Spatial Align Transfer) di Pro Cinematic Mode yang secara otomatis akan menyelaraskan gambar saat bergerak, sehingga pengguna bisa mendapatkan zoom yang smooth dan konsisten. Terakhir, jangan lupa selaraskan audio sesuai dengan hasil shot yang telah didapat.

“Saya sangat senang dengan kehadiran vivo X80 Series di pasar Indonesia, karena kini, konsumen semakin dimudahkan untuk membuat video sinematik dan mereka juga bisa mewujudkan impian untuk membuat mahakarya sinematik berkualitas tinggi.

Dengan berbagai pembaharuan pada imaging system di vivo X80 Series, aktivitas perekaman video sinematik pasti akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.” tutup Joko Anwar.

BACA JUGA
Tetap Terkoneksi Saat Berwisata Alam dengan Powerbank InstantGo dari InfinityLab

Kemudahan Mendapatkan vivo X80 Series dan Program Kompetisi #shotonvivo

Bagi pengguna yang ingin mendapatkan vivo X80 Series, vivo Indonesia masih membuka program Pre-Order hingga tanggal 29 Juli 2022, eksklusif secara online di vivo E-Store, Blibli dan Tokopedia, dengan beragam benefit yang ditawarkan berupa cashback hingga Rp1.500.000.

Konsumen yang melakukan Pre-Order secara online di toko resmi vivo di Blibli dan Tokopedia akan mendapatkan hadiah menarik berupa vivo TWS 2e dan keanggotaan X CLUB Exclusive untuk pemesanan vivo X80; atau vivo TWS 2e, vivo 50W Wireless Flash Charger, keanggotaan X CLUB Exclusive untuk pemesanan vivo X80.

Tak hanya itu, konsumen juga dapat berkreasi dan menunjukkan hasil karya fotografi dan videografi sinematik dengan mengabadikan momen di sekitar melalui #shotonvivo Cinematics Video and Photography Competition.

Dengan mengusung “Joy to Create” sebagai tema utamanya, vivo ingin mengajak para kreator mencari insight dari segala hal yang terjadi di keseharian, interaksi dengan manusia dan sekelilingnya, dan mengabadikannya secara kreatif dalam sebuah ide film maupun foto dengan menggunakan perangkat teknologi dari vivo. Pendaftaran dan pengiriman portfolio karya akan dibuka dalam tiga periode, yakni:

  • Cinematics Video Competition: tanggal 26 Juli – 30 Agustus 2022,
  • Photography Competition periode Agustus: tanggal 26 Juli – 30 Agustus 2022,
  • Photography Competition periode September: tanggal 30 Agustus – 17 September 2022.

Kompetisi ini bisa diikuti oleh setiap konsumen dengan menggunakan smartphone vivo tipe apa saja dengan menghidupkan watermark vivo.

Peserta cukup mengunggah setiap karya video atau foto di Instagram Feed/Reels dengan menyebutkan (mention) akun Instagram @vivo_Indonesia serta memberikan tagar #shotonvivo dan #JoytoCreate.

Juara utama Cinematic Video Competition akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp20.000.000,- (dipotong pajak) dan 1 unit vivo X80 Pro. Lalu, dua pemenang untuk Photography Competition akan mendapatkan 1 unit vivo X80 masing-masing untuk periode bulan Agustus dan September.

Previous articleRazer Mengumumkan Lini Produk Terbaru: Razer DeathStalker V2
Next articleHP realme Baterai Besar Terbaik, Harga Murah