Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y20S: Cek Sebelum Beli!

#kamisukareviewVivo baru saja meluncurkan produk terbarunya. Dan, ternyata ada kelebihan dan kekurangan Vivo Y20S ini yang menarik diulik. Sebelumnya, Agustus 2020 lalu Vivo sudah merilis Vivo Y20 dan kemudian meluncurkan Vivo Y20i yang hadir di bulan September 2020.

Vivo Y20s merupakan anggota terbaru dari keluarga Y-Series yang diklaim menawarkan kapasitas memori terbesar di kelasnya. HP ini dipersenjatai dengan RAM 8GB dan ROM 128GB. Kapasitas penyimpanan tersebut masih dapat diperluas dengan kartu memori microSD hingga 256 GB.

kelebihan dan kekurangan hp vivo y20s

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y20S

Lalu benarkah smartphone Vivo Y20s ini merupakan produk berkualitas secara paripurna dan layak disebut sebagai jagoan baru di kelas segmen pasar mid-range Worth-it untuk dibeli? Berikut kelebihan dan kekurangan Vivo Y20S:

Kelebihan dan Nilai Plus

kelebihan vivo y20s

Side-Mounted Fingerprint dengan Respon Cepat

Sebagian orang beranggapan sensor di belakang lebih bagus. Namun banyak juga yang memilih letak sensor di pinggir lebih baik, sebab dengan sensor di tombol power samping dapat membuat bodi belakang smartphone tampak lebih bersih dan pengalaman membuka kunci terasa lebih natural.

Juga membuat desain belakang smartphone terlihat lebih simpel dan elegan. Karena alasan inilah Vivo Y20s menghadirkan fingerprint scanner di samping bodi, digabung dengan tombol Power.

Yang paling utama adalah kecepatan membuka kunci pada ponsel ini yang hanya membutuhkan waktu dalam 0,22 detik saja melalui Pemindai Sidik Jari yang terletak di samping tersebut.

Vivo mengklaim jika desain baru yang cerdas ini disesuaikan dengan penggunaan ponsel sehari-hari agar dapat membuka kunci secara lebih instan dan intuitif. Selain itu, ponsel ini juga didukung dengan teknologi Face Access yang menyediakan opsi lain untuk membuka kunci ponsel dalam hitungan detik.

Baterai Tahan Lama 5000 mAh + 18W Flash-Charge

Salah satu sektor yang menjadi perhatian utama pengguna Smartphone kekinian adalah ketahanan baterai pada ponsel dan kecepatan pengisian daya.

Kelebihan Vivo Y20s menanamkan baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan teknologi flash-charge 18W yang mampu daya hingga 70% dalam waktu 69 menit saja.

Selain itu smartphone ini juga dilengkapi dengan teknologi AI hemat daya sehingga dalam satu kali pengisian daya penuh mampu memdukung streaming film HD online hingga 16 jam, atau bermain game online yang membutuhkan daya besar hingga 11 jam.

Tak sampai disitu, fitur reverse charging pada smartphone ini juga dapat mengisi daya perangkat lain, atau sama halnya dengan fungsi powerbank.

Layar 6.51″ Ultra All Screen Display dengan Eye Protection

Layar Y20s mengusung desain Ultra All Screen berukuran 6,51 inci, serta aspek rasio 20:9 dan resolusi HD+ (1600 x 720). Dengan tampilan yang lebih besar dipadu dengan teknologi In-Cell terbaru, sehingga membuat layar terlihat lebih berwarna dan hidup.

Detail pun akan semakin terlihat jelas, ideal untuk bermain game dan menonton video. Selain itu, mode Eye Protection yang menyaring cahaya biru berbahaya diklaim Vivo dapat melindungi penglihatan pengguna sepanjang hari.

Tampilan Desain 2.5D Dazzling Colors

Vivo Y20s tampil dengan bodi dengan lengkungan 2.5D yang didesain sempurna sehingga menghasilkan ponsel yang ringan, ergonomis, dan pas dalam genggaman pengguna.

Pilihan warna pun tergolong unik dengan dua pilihan yakni Obsidian Black atau Hitam gradasi, serta Purist Blue atau biru laut. Biru muda gradasi dengan titik impresi pada kamera yang menurut Vivo terinspirasi oleh biru jernih air laut.

RAM dan Penyimpanan Internal Mumpuni

Dengan memori 8GB +128GB & prosesor Qualcomm Snapdragon 460, membuat Vivo Y20s dapat memainkan berbagai jenis game yang membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar.

HP Vivo terbaru ini juga bisa menginstal & menjalankan aplikasi lebih banyak. Untuk memaksimalkannya, slot tiga kartu mendukung ekspansi memori hingga 256GB, sehingga semua musik, foto, dan film bisa lebih banyak tersimpan.

Kekurangan dan Nilai Minus

kekurangan vivo y20s

Chipset Kurang Bertenaga di Kelasnya

Kekurangan Vivo Y20s yang hanya ditenagai dengan dapur pacu prosesor Qualcomm Snapdragon 460 sebenarnya agak mengecewakan. Sebab sebanarnya prosesor Qualcomm Snapdragon 460 hanya kebanyakan digunakan untuk HP entry-level di harga Rp1 jutaan.

Memang Snapdragon 460 ini sebenarnya membawakan spesifikasi dan performa yang lebih baik dibandingkan Snapdragon 450, seperti dukungan terhadap UFS 2.1, clock speed CPU yang lebih tinggi, serta membawakan Adreno seri 600.

Perlu diketahui sebagus apapun Snapdragon 460, rasanya kurang layak untuk menjadi dapur pacu HP dengan harga Rp3 jutaan seperti vivo Y20S ini.

Nyatanya, banyak sekali ponsel-ponsel di rentang harga yang sama tapi sudah dibekali chipset Snapdragon seri 600 atau yang setara, seperti keluaran Redmi series 9 dan Redmi Note 8 yang berharga hampir sama serta tergolong lebih “jadul” namun performa lebih kencang.

Masih Pakai Port Micro USB

Poin lain yang juga mengecewakan dan merupakan kekurangan Vivo Y20s ini adalah masih menggunakan port pengecasan microUSB, yang sudah dianggap jadul.

Karena, sudah ada port pengecasan USB tipe-C yang memang lebih paripurna dari segi kenyamanan dan kecepatan mentransfer data dari HP ke/dari PC.

Untuk ponsel berharga 3 jutaan jelas ini merupakan suatu kekurangan, sebab saat sekarang ini ponsel keluaran baru yang masih menggunakan microUSB hanya dapat ditemukan pada ponsel entry-level seharga Rp1 jutaan saja.

Layar Masih HD+

Ketika produsen lain dengan harga yang sama bahkan lebih murah berani menghadirkan layar dengan resolusi Full HD+ atau bahkan AMOLED, maka kehadiran layar yang masih HD+ ini jelas terasa agak ketinggalan dan telak menjadi nilai minus.

Apalagi ditambah dengan ukuran layar yang lebar, tentu saja resolusi HD+ 720p dipastikan tidak akan menghadirkan ketajaman layar yang begitu bagus serta kekuatan dan ketahanan layar yang lebih rentan.

Namun kelebihan layar masih HD+ juga ada yakninya akan membuat baterai dan pemakaian daya menjadi lebih hemat dibandingkan Full HD+.

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan Vivo Y20s. Mudah-mudahan bisa jadi panduan sebelum membeli.