review1st.com – Tokopedia dan TikTok (melalui Shop | Tokopedia) merayakan Hari Kartini dan Hari Bumi pada 21 dan 22 April 2024 dengan terus memberdayakan perempuan pelaku UMKM dan mendukung bisnis ramah lingkungan melalui teknologi.

Antonia Adega, Communications Senior Lead Tokopedia, menjelaskan, “Peran UMKM sangat penting dalam ekonomi nasional. Di Tokopedia dan Shop | Tokopedia, kami telah melibatkan lebih dari 21 juta penjual, dengan hampir 100% di antaranya adalah pelaku UMKM lokal, termasuk perempuan yang memiliki bisnis ramah lingkungan.”

Meningkatnya Peran Perempuan di UMKM melalui Tokopedia

Tokopedia mencatat peningkatan signifikan dalam partisipasi perempuan di sektor kewirausahaan. Selama pandemi, jumlah perempuan yang memulai bisnis meningkat 1,5 kali lipat dibandingkan laki-laki.

Selama tahun 2023, beberapa wilayah seperti Palembang, Tangerang, Surabaya, Makassar, dan Denpasar melihat peningkatan lebih dari 2,5 kali lipat dalam jumlah perempuan pelaku usaha.

Dukungan Tokopedia untuk Perempuan di Bisnis

Untuk mendorong partisipasi perempuan dalam sektor kewirausahaan, Tokopedia dan Shop | Tokopedia menyelenggarakan berbagai inisiatif, seperti Kelas Perempuan Maju Digital dan Modul Perempuan Maju Digital. Program-program ini memberikan pelatihan digitalisasi usaha dan literasi keuangan kepada perempuan pelaku UMKM.

Meningkatnya Permintaan Produk Ramah Lingkungan

Tokopedia juga memberikan dukungan kepada pelaku usaha yang bergerak di bisnis ramah lingkungan melalui gerakan Tokopedia Hijau. Melalui Tokopedia Hijau, masyarakat dapat dengan mudah menemukan produk ramah lingkungan yang terkurasi.

BACA JUGA
Nuon Digital Indonesia Berperan dalam Soundsfest 2024 sebagai Official Ticketing Partner

Hal ini telah meningkatkan minat masyarakat terhadap produk ramah lingkungan, dengan peningkatan transaksi lebih dari 3,5 kali lipat di beberapa daerah selama Juni 2023.

Kisah Sukses Pelaku Usaha Ramah Lingkungan di Tokopedia

Pelaku usaha seperti Klandizie dan Serenitree adalah contoh kesuksesan dalam bisnis ramah lingkungan di Tokopedia. Klandizie, yang menjual barang ramah lingkungan preloved, dan Serenitree, yang memproduksi sabun organik, telah berhasil membangun bisnis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan melalui platform Tokopedia.

Dengan berbagai inisiatif dan dukungan dari Tokopedia dan TikTok, perempuan pelaku UMKM dan pelaku usaha ramah lingkungan terus didorong untuk mencapai lebih banyak kesuksesan melalui pemanfaatan teknologi.

Shares: