review1st.com – Angka pengguna water purifier terus bertumbuh seiring kesadaran terhadap hygiene dan resiko penyakit. Water purifier menghilangkan bahan kimia berbahaya, logam berat, dan bakteri tak kasat mata.

Water purifier memiliki filter dan fitur yang lebih canggih dibanding dispenser air. Masyarakat semakin menyadari bahaya kontaminasi mikroplastik dan BPA pada air kemasan galon. Water purifier bukan lagi pelengkap, melainkan kebutuhan penting bagi keluarga.

Coway, perusahaan pemurni air dan udara terkemuka di Korea Selatan, mengungkapkan tiga faktor penting dalam menjaga kinerja optimal pemurni air. Dipersembahkan oleh tim ahli Coway Water Quality Laboratory, tips ini memastikan masa pakai yang lebih lama.

1. Instalasi dan Penempatan yang Tepat 

Water purifier sebaiknya tidak ditempatkan di area terkena sinar matahari langsung untuk menghindari overheating dan kerusakan. Ruangan yang terlalu lembab juga tidak ideal karena dapat memicu timbulnya jamur dan bakteri. Penting memiliki sistem ventilasi yang baik dan menjaga agar tidak terkena percikan air.

Jika menggunakan water purifier Coway, instalasi ditangani oleh tim Coway Technician (CT). Pengecekan kualitas air juga gratis. CT mengambil sampel air rumah dan menganalisanya di Coway Water Quality Laboratory. Komitmen Coway Indonesia untuk air minum berkualitas bagi pelanggan.

Penempatan produk juga akan disesuaikan dari sumber air terdekat. Misalnya saja, sumber air berasal dari keran dapur, maka CT akan memasang selang kecil untuk mengalirkan air dari titik sumber ke water purifier. Coway Technician (CT) biasanya juga akan merekomendasikan area yang tepat untuk menempatkan produk dan memastikan keamanan pada arus listrik. 

BACA JUGA
Rilis Resmi di Indonesia: HUAWEI MateBook X Pro & HUAWEI MateBook 14 Mengangkat Standar Baru Laptop Premium

2. Penggantian Filter Secara Berkala 

Menurut Jane Gulo, Coway Water Quality Laboratory Manager, ada tiga jenis kontaminasi yang membuat air minum tidak berkualitas: mikrobiologi, kimiawi, dan fisik. Jika filter tidak diganti secara rutin, bisa terjadi penyumbatan yang mempengaruhi jumlah dan kualitas air minum. Oleh karena itu, penggantian filter sangat penting karena filter terus bekerja menyaring sedimen kasar dan partikel tak terlihat.

Melihat pentingnya hal ini, Coway menawarkan layanan “Heart Service”, perawatan dan pengecekan fungsi produk setiap 2 bulan sekali serta penggantian filter secara berkala oleh Coway Lady (Cody). Periode penggantian filter disesuaikan dengan tipe–terdapat filter yang diganti setiap 6 bulan, 1 tahun, hingga 2 tahun sekali. Servis ini termasuk dalam benefit yang didapatkan jika pelanggan melakukan pembelian Paket 36 dan Paket 60**

3. Cegah Kontaminasi Silang 

Meski dimudahkan dengan adanya Heart Service, Jane juga menyarankan pengguna water purifier untuk tetap memperhatikan kebersihan produk agar terhindar dari kontaminasi silang. Caranya, dengan rutin melakukan pembersihan pada bagian luar produk, termasuk tombol, tuas air, dan penampung air.

Untuk menjaga produk dari serangga atau mikroba yang dapat membawa bakteri, hindari menempatkan tempat sampah basah, makanan, dan minuman berasa di sekitar produk. Mencuci tangan sebelum menyentuh produk juga dapat membantu mencegah cemaran bakteri. 

Shares: