review1st.com – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) resmi meluncurkan AI Experience Center pertama di Indonesia yang berlokasi di Solo Technopark, Solo, Jawa Tengah.

Fasilitas canggih ini, didukung oleh teknologi 5G, menegaskan komitmen Indosat dalam memajukan Indonesia sebagai negara berdaya AI dan menempatkannya sebagai pemain kunci di komunitas AI global.

Peresmian AI Experience Center ini dihadiri oleh Wijaya Kusumawardhana, Staf Ahli Menteri Bidang Sosial, Ekonomi, dan Budaya, mewakili Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia; Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison; dan Walikota Surakarta, Teguh Prakosa.

Indosat Ooredoo Hutchison Resmikan AI Experience Center Pertama di Indonesia untuk Dorong Pertumbuhan Teknologi Nasional

Acara ini menandai langkah signifikan Indonesia dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045 melalui penerapan teknologi mutakhir, dengan 5G sebagai pendorong utama.

Wijaya Kusumawardhana menyatakan, “Kami mengucapkan selamat kepada Indosat Ooredoo Hutchison atas peluncuran AI Experience Center pertama di Indonesia. Inisiatif ini adalah langkah besar bagi evolusi industri telekomunikasi dan kami percaya bahwa fasilitas ini akan menjadi katalisator inovasi di berbagai sektor.”

Vikram Sinha menambahkan, “AI Experience Center ini adalah tonggak penting dalam upaya kami memberdayakan Indonesia melalui AI. Ini menegaskan komitmen kami dalam mentransformasi lanskap digital dan telekomunikasi Indonesia.

Kami menghargai dukungan dari Pemerintah Indonesia dan mitra strategis dalam mendorong Indonesia ke panggung global. Ini baru awal dari berbagai perkembangan menarik untuk membuka peluang baru bagi masyarakat Indonesia.”

BACA JUGA
Lenovo Indonesia: Pengalaman Bebas Khawatir dengan Premium Care 24/7 dan Accidental Damage Protection

Walikota Surakarta, Teguh Prakosa, mengatakan, “Kami bangga Solo terpilih sebagai lokasi AI Experience Center. Fasilitas ini akan meningkatkan keunggulan Solo Technopark serta memberikan dampak positif pada ekonomi lokal, digitalisasi, edukasi, pariwisata, dan penciptaan lapangan pekerjaan.”

Bermitra dengan perusahaan teknologi global seperti Huawei, AI Experience Center memamerkan teknologi AI terbaru yang dapat diterapkan dalam berbagai sektor seperti manajemen smart city, seni, industri makanan, dan industri kreatif.

Selain menunjukkan inovasi AI terkini, center ini juga akan berfungsi sebagai pusat pelatihan bagi pelajar, aparatur sipil negara, dan masyarakat umum untuk mempelajari manfaat AI dan meningkatkan produktivitas.

Fasilitas ini merupakan awal dari AI Center of Excellence yang akan segera didirikan oleh Indosat, didukung oleh teknologi 5G. Komitmen Indosat dalam memajukan teknologi di Solo dimulai sejak 2021 dengan peluncuran layanan 5G dan penetapan Solo Safari sebagai kebun binatang 5G pertama di Indonesia.

AI Experience Center ini tidak hanya sebagai simbol era baru teknologi di Indonesia tetapi juga sebagai langkah awal kebangkitan Indonesia sebagai pemimpin AI.

Dengan fasilitas ini, Indosat berinvestasi pada teknologi dan masa depan bangsa, memberdayakan masyarakat Indonesia untuk membuka peluang baru yang didukung oleh AI dan 5G, serta mendorong masa depan Indonesia yang lebih cerah dan inovatif.

Shares: