review1st.com — Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) berhasil meraih penghargaan bergengsi Stevie Awards 2024 untuk kategori HR Department of the Year. Indosat menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang memenangkan penghargaan ini, berkat inovasi dalam penerapan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang mendukung produktivitas dan kesejahteraan karyawan.

Keberhasilan Implementasi AI dan RPA di Indosat

Indosat telah mengadopsi AI dan Robotic Process Automation (RPA) untuk meningkatkan efisiensi operasional dengan mengotomatisasi tugas-tugas repetitif.

Indosat Ooredoo Hutchison Raih Penghargaan Internasional Berkat Implementasi AI Empatik

Proses administratif yang sebelumnya memakan waktu satu hari kini dapat diselesaikan dalam sepuluh menit. Selain itu, asisten virtual AI “ASTRID” (Assistant for Robotic Administration Indosat) tidak hanya mengelola data dan aplikasi, tetapi juga berinteraksi dengan karyawan secara personal, mengirim lebih dari 3.100 pesan dukungan.

Komitmen Indosat Terhadap Kesejahteraan Karyawan

Irsyad Sahroni, Director and Chief Human Resource Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, “Penghargaan ini menegaskan komitmen kami untuk menciptakan lingkungan kerja yang siap menghadapi masa depan.

Inovasi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi tetapi juga mempersiapkan karyawan untuk lebih agile dalam menggunakan teknologi canggih. Kami percaya AI harus mendukung nilai-nilai kemanusiaan dan memberikan dampak positif bagi semua.”

Pengembangan Career Simulator dan Peningkatan Kepuasan Karyawan

Indosat juga mengimplementasikan teknologi machine learning dan generative AI untuk mengembangkan Career Simulator, alat yang membantu karyawan merencanakan karir dengan merekomendasikan program pengembangan yang sesuai. Dengan adanya AI empatik, karyawan dapat fokus pada pekerjaan strategis dan pengembangan diri, meningkatkan kepuasan karyawan hingga 94% dan mencapai Employee Net Promoter Score (eNPS) yang tinggi.

BACA JUGA
Indosat Selesaikan Konsolidasi Jaringan PS Core Terbesar di Dunia, Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

Tentang Stevie International Business Awards

Stevie International Business Awards adalah program penghargaan global yang diadakan oleh organisasi berbasis di Amerika Serikat, mengakui prestasi di berbagai aspek tempat kerja di lebih dari 60 negara. Penilaian dilakukan oleh panel juri yang terdiri dari eksekutif dan profesional terkemuka dari seluruh dunia.

Irsyad Sahroni menutup, “Penghargaan ini memotivasi kami untuk terus menghadirkan inovasi dalam menciptakan lingkungan kerja terbaik, sebagai bagian dari proses transformasi Indosat menjadi AI Native TechCo.”

Shares: