review1st.com – Pada Mobile World Congress (MWC) 2024, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) dan Tech Mahindra mengumumkan kemitraan strategis untuk mengembangkan ‘Garuda’, sebuah Large Language Model (LLM) yang bertujuan untuk melestarikan bahasa Indonesia dan dialeknya.

Ini merupakan langkah besar dalam mendukung keragaman linguistik serta meningkatkan aksesibilitas dalam era digital.

Fitur dan Penggunaan ‘Garuda’

‘Garuda’ akan menawarkan beragam fitur yang memungkinkan pelanggan Indosat untuk menggunakannya dalam berbagai aplikasi, seperti layanan dukungan pelanggan, pengalaman pengguna, dan pembuatan konten lintas industri.

Indosat Ooredoo Hutchison dan Tech Mahindra Mengembangkan 'Garuda'

Model ini akan memberikan pengalaman pengguna yang dipersonalisasi dengan menganalisis sentimen dan pola perilaku, sehingga memberikan pembelajaran yang fleksibel berdasarkan interaksi sebelumnya.

Komitmen Terhadap Transformasi Digital Indonesia

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menegaskan bahwa kolaborasi ini sejalan dengan visi besar Indosat untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia.

Dengan teknologi terkini, ‘Garuda’ akan menjadi langkah konkrit dalam melestarikan Bahasa Indonesia dan dialeknya, sambil mendukung transformasi digital Indonesia.

Pengembangan ‘Garuda’

‘Garuda’ akan dikembangkan dengan menggunakan 16 miliar token bahasa Indonesia asli, menghasilkan 1,2 miliar parameter untuk membentuk pemahaman model terhadap bahasa tersebut.

Model ini akan terus diperbaiki menggunakan teknik RLHF (Reinforcement Learning from Human Feedback) untuk memastikan keandalannya dalam percakapan.

Antusiasme Terhadap Dampak Transformasional

Harshvendra Soin, President – Asia Pasifik and Japan Business, Tech Mahindra, menyatakan antusiasme mereka dalam bekerja sama dengan Indosat dalam proyek ‘Garuda’.

BACA JUGA
Indosat Ooredoo Hutchison Luncurkan Empowering Indonesia Report 2024

Mereka percaya bahwa model ini akan secara signifikan mempromosikan keragaman linguistik Indonesia dan membuka peluang bisnis baru bagi perusahaan di wilayah tersebut.

Dengan semangat kolaboratif dan kemitraan strategis ini, Indosat dan Tech Mahindra berupaya untuk merevolusi teknologi pemahaman bahasa, menyumbangkan pada pelestarian keragaman linguistik, dan memajukan solusi komunikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan unik pasar Indonesia.

Shares: