review1st.com – Huawei mendorong kolaborasi dengan para pengembang untuk menciptakan aplikasi native untuk HarmonyOS, sistem operasi mobile terbaru Huawei. Eric Xu, Rotating Chairman Huawei, menyampaikan ajakan ini dalam acara Huawei Analyst Summit ke-21.

“Kami mengundang pengembang dan pemilik aplikasi di Tiongkok untuk bergabung dengan ekosistem native apps HarmonyOS kami, serta bersama-sama menyajikan pengalaman yang lebih baik bagi konsumen,” kata Xu.

HarmonyOS adalah sistem operasi generasi terbaru Huawei yang berfungsi pada berbagai perangkat pintar, termasuk smartphone, perangkat wearable, tablet, dan smart TV. Hingga akhir 2023, HarmonyOS telah diadopsi oleh lebih dari 800 juta perangkat.

Menurut Counterpoint Research, pangsa pasar HarmonyOS secara global telah mencapai 4%, sedangkan di Tiongkok mencapai lebih dari 16% pada kuartal keempat 2023.

Huawei telah membuat kemajuan signifikan dalam membangun ekosistem HarmonyOS dengan lebih dari 4.000 aplikasi sedang dalam proses porting ke sistem operasi baru tersebut. Xu menyatakan bahwa Huawei menargetkan setidaknya satu juta aplikasi untuk ekosistemnya.

Xu juga menjelaskan bahwa HarmonyOS memiliki arsitektur baru yang mendukung semua jenis perangkat, dari IoT dan mobile hingga perangkat rumah, laptop, dan komputer desktop.

“Pada tahun 2024, fokus kami adalah melakukan porting aplikasi ke HarmonyOS agar OS dan ekosistem aplikasi benar-benar terintegrasi,” ungkap Xu.

Huawei berencana untuk memperluas HarmonyOS ke negara-negara lain dan telah berinvestasi dalam pengembangan talenta dengan lebih dari 380.000 pengembang yang telah memperoleh sertifikasi HarmonyOS.

BACA JUGA
Hyundai Motors Indonesia Kembangkan Jaringan Pengisian Daya EV dengan Mitra Charging Point Operator di GIIAS 2024

Dalam menghadapi tantangan membangun ekosistem HarmonyOS, Xu menyatakan komitmen penuh Huawei untuk menyelesaikan tugas ini dengan serius dan upaya terbaik.

Shares: